Teknologi Drive by Wire KILLS speed ??

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 853
Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
Location: Paragon City

Teknologi Drive by Wire KILLS speed ??

Post by fabreguz »

sesuai dengan judul
benarkah ? :big_think: :big_think:

berhubung setelah cari dan googling ndak ketemu berita yang bisa jadi referensi :mky_05: :mky_06:
makanya sengaja tak perbesar kata kills nya :mky_03: :mky_01:
memang sebelum teknologi drive ny wire itu sistem teknologi apa tho ?
maklumin newbie thok seperti saya yang ndak tahu tentang mesin :big_sorry: :big_childish:
berhubung saya ndak pernah tahu mobil sebelum teknologi drive by wire, hanya denger2 kalau sebelum drive by wire mobil lebih enak dan responsif :big_think: :big_think:
kemarin2 lihat pameran dan gondol brosur2 mobil, ternyata semua mobil terbaru sudah drive by wire, bahkan untuk low mpv : er3 , mobilio, dan juga city car brio
trus adakah mobil produksi sekarang yang masih tidak memakai drive by wire ?
:thanks:
Don't Imageate
philosophie
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 167
Joined: Tue Mar 29, 2011 1:37

Re: Teknologi Drive by Wire KILLS speed ??

Post by philosophie »

avanza si belom..
innova jg seinget saya belum..
mobil macem agya ayla, wagon r, grand max pun belum..

enak apa ngganya pake drive by wire kyknya feeling deh.. mbl dlu klo digas full langsung semprot bbm full katup buka trus.. suara jd lebih nendang.. tp gataw cepetan kana si nariknya klo pake tali gas ato DBW... klo mnurut gw hrusnya klo std si ga bakal bda jauh jg cman bda iritnya karna sistem mbl skrng smua dah sensor untuk optimalisasi dan efisiensi
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Teknologi Drive by Wire KILLS speed ??

Post by NYoman »

Kill speed? Ndak juga, tergantung si driver juga.. Saya sendiri punya mobil dengan DBW/TPS, memang sepintas kita bisa merasakan karena setelah gas di tekan lgsg narik jika kita menggunakan gas puntir/tarik dengan kabel, padahal hal seperti ini malah bikin ruang bakar jadi terlalu basah sehingga yang terjadi malah ngempos.. Menggunakan DBW/TPS ya dengan cara pulls and glide tau dimana rpm yang pas untuk menambah gas, karena mobil yang di produksi sekarang merupakan kendaraan yang di buat agar semakin ekonomis dari sisi bahan bakar, kebanyakan mobil sekarang yang dijual adalah mobil keluarga jadi ya how matter speed is?
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Teknologi Drive by Wire KILLS speed ??

Post by Turboman »

Kalo zaman dulu ya sistem kawat baja dari pedal gas ke Throttle body

Emang TS jarang buka kap mesin kah ?
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
F272
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4780
Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2019

Re: Teknologi Drive by Wire KILLS speed ??

Post by F272 »

Mobil pertama yang saya pake dg sistem Drive By Wire (DBW) = CRV 2.4 L th.2005 (Gen 2)..
saya pun tau nya juga dari Brosur Honda nya..
drive by wire.jpg
disitu terlihat Logo DBW dengan icon Mobil Formula 1 (siluet), sempat juga saya bingung.. dalam hati : Apa bener..? :e-clap:

Setelah dipelajari, cari referensi & tanya2.. ternyata bener.. DBW emang dipake di F1
saat itu saya engga tau apakah mobil2 lain juga sudah menggunakan teknologi DBw atau belum..
feeling saya mobil2 canggih lain mustinya sih sudah Dbw..

Suatu hari saya beli innova G-Manual bensin, di tahun 2008..
ada teman yg sama2 pake mobil ini.. tiba2 juga bilang bahwa Innova saya sudah DBW
Wah... kaget campur ga percaya.. Plus saya bilang : ah ga mungkin, Dbw yg saya pake itu dulu ada nya di CRV Gen2.
Hahaha.. sampe skarang saya ga pernah cari tau apakah benar innova sudah Dbw juga...?

:big_peace: :big_peace:

Ada artikel DBW nih yang mungkin bisa tambah2 pengetahuan kita2 semua.. (From auto-bild)
http://tips.autobild.co.id/read/2010/12 ... ve-by-Wire
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: Teknologi Drive by Wire KILLS speed ??

Post by hariy »

teknologi drive by wire (dbw) pertamakalinya buat pesawat terbang...dimana peranti elektronik yang maha rumit menggantikan peran mekanikal dan memudahkan manusia untuk mengoperasikan pesawat terbang terutama yang super jumbo...kalo di kendaraan (mobil), sebenarnya istilah drive by wire (dbw) kurang tepat, yang lebih tepat throttle by wire (tbw), dimana buka-tutup gas throttle body diatur oleh ECU, jadi kabel gas tidak lagi langsung ke throttle body, melainkan melalui sensor2 dahulu, menuju ECU, barulah ke throttle body. tbw berguna untuk mengefektifkan pembakaran di mesin. sehingga bbm tidak terbuang percuma. efek negatifnya, kadang driver ingin agresif, tapi dihambat oleh ECU yg di set irit. kecuali mobil sport yang biasanya ada tombol/kenop mode sport buat tarikan lebih responsif.. buat mobil2 biasa, bisa pakai piggyback biar responsif ngga lelet tarikannya...cmiiw...
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Teknologi Drive by Wire KILLS speed ??

Post by billyd1773dz »

innova uda DBW deh..
kill speed tentu saja tidak..... klw response bisa jadi ya bisa juga tidak.

DBW bisa bikin pertambahan percepatan mesin tidak linier dri mulai di teken sampai flatout. dan memungkinkan di buat throttle profile bergantung kebutuhan.

seperti profile sport yang jd lebih sensitif di teken dikit seperti sudah di teken banyak, gas 80% dibacanya sudah 100% which is malah ningkatin response, eco di teken dalem setara baru diteken dikit jd less responsive dan lebih mudah untuk nyupir sopan.

ada juga di beberapa jeep yg otomatis engage saat di lowgir profile DBW jadi less responsif 25% awal untuk ngurangin getaran kaki saat oprut, dan bisa ngerayap dgn lebih smooth, d XJ saya yg masih kabel..kaki hrs di latih agar gas tetep stabil tidak berubah ke teken saat berguncang ngerayap d jalur oprut ancur.. klw kaki goyang loncat2 deh.. six straight on 4L first gear responsif bngt.


dimobil yg tidak ada profile DBW nya bisa pke throttlecontroller aftermarket.

imho DBW is a good thing from tech perspective....

next ada DBW steering ada d infinity Q50 hehe :D ntah jd kya gmn.

cmiiw
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
philosophie
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 167
Joined: Tue Mar 29, 2011 1:37

Re: Teknologi Drive by Wire KILLS speed ??

Post by philosophie »

oh innova uda ya.. brarti dr euro2 donk DBW.. ntah yg gen1 ada apa blm.. soalnya dlu wktu livina kluar pertama sala satu hal yg diiklanin kan DBW hahaha
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 611
Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36

Re: Teknologi Drive by Wire KILLS speed ??

Post by alexdonovan »

philosophie wrote:oh innova uda ya.. brarti dr euro2 donk DBW.. ntah yg gen1 ada apa blm.. soalnya dlu wktu livina kluar pertama sala satu hal yg diiklanin kan DBW hahaha
Innova generasi 1 sudah throttle-by-wire (TbW). Itu salah satu selling point Innova saat itu.

Problem utama TbW menurut saya adalah aging di wiring penghubung pedal throttle ke throttle body. Masalah ini kejadian di Renault Clio 2003 saya. Akibatnya, throttle lock di 2000 RPM dan tidak mau merespon pijakan pedal gas. Mobil langka, spare part ga ada, terpaksa istirahat :off_no: :off_no: :off_no:

Kalo pakai kawat baja, throttle lock tinggal dikasih oli... Paling paling kabel-nya seret
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Teknologi Drive by Wire KILLS speed ??

Post by htannis »

tinggal pasang ecushop boostspeed, atau dastek throttle module :big_weee:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Teknologi Drive by Wire KILLS speed ??

Post by Turboman »

DBW sebetulnya utk simplicity aza pada mobil2 yg dilengkapi fitur Tract cont / ESP

Tapi mungkin krn faktor commonality dlm produksi dan parts akhirnya diaplikasikan ke mobil2 yg simple juga

Kalo sy sih percaya perubahan2 sistem pada kendaraan itu pasti ada pertimbangan efisiensi dlm produksi, either penghematan waktu assembling / pengurangan jumlah item parts / efisiensi biaya

Istilah Teknologi "anu" = bahasa marketing aza

Hehe
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 853
Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
Location: Paragon City

Re: Teknologi Drive by Wire KILLS speed ??

Post by fabreguz »

thanks untuk replynya master2 dan maaf baru sempat reply skarang :mky_03: :mky_01:
oh ya deng kata drive by wire enakan disingkat dbw wae hehehe :mky_03: :mky_01:
philosophie wrote:avanza si belom..
innova jg seinget saya belum..
mobil macem agya ayla, wagon r, grand max pun belum..

enak apa ngganya pake drive by wire kyknya feeling deh.. mbl dlu klo digas full langsung semprot bbm full katup buka trus.. suara jd lebih nendang.. tp gataw cepetan kana si nariknya klo pake tali gas ato DBW... klo mnurut gw hrusnya klo std si ga bakal bda jauh jg cman bda iritnya karna sistem mbl skrng smua dah sensor untuk optimalisasi dan efisiensi
avanza belum dbw tho ?
pantes ay pernah denger katanya mesin avanza itu responsif dan kenceng , selain memang susah diselip di jalan tol karena ndak habis habis ketemunya :wkkk: :big_biglaugh:
berarti salan satu low mpv yang masih konsisten nih ye :mky_03: :mky_01:
saingannya sesama low mpv er3, mobilio, livina grand semuanya sudah dbw, malahan city car brio dan march saya lihat brosurnya sudah dbw
wah kebanyakan mobil produksi toyota daihatsu nih ternyata yg belum dbw :mky_03: :mky_01:
NYoman wrote:Kill speed? Ndak juga, tergantung si driver juga.. Saya sendiri punya mobil dengan DBW/TPS, memang sepintas kita bisa merasakan karena setelah gas di tekan lgsg narik jika kita menggunakan gas puntir/tarik dengan kabel, padahal hal seperti ini malah bikin ruang bakar jadi terlalu basah sehingga yang terjadi malah ngempos.. Menggunakan DBW/TPS ya dengan cara pulls and glide tau dimana rpm yang pas untuk menambah gas, karena mobil yang di produksi sekarang merupakan kendaraan yang di buat agar semakin ekonomis dari sisi bahan bakar, kebanyakan mobil sekarang yang dijual adalah mobil keluarga jadi ya how matter speed is?
setuju bung nyoman
sekarang ini memang mobil keluarga semakin naik daun di sini , apalagi lihat produsen yang sebelumnya spesialis sedan dan suv macam honda pun sudah masuk ke kelas low mpv dan selalu dipatok pada mesin 1500 cc
betul saya gugel dan baca kalau dbw diciptakan untuk efisiensi bahan bakar, mestinya teknologi sebelum dbw memang jauh lebih boros dalan penggunaan bahan bakar sementara harga minyak sudah semakin mahal
mungkinkah dbw dengan sistem sebelumnya lebih terasa perbedaan nya di luar negeri sana? di kapasitas mesin dan mobil yang lebih besar :big_think: :big_think:
kita ambil contoh amerika, dimana jelas orang sana masih menyukai mobil sedan dengan kapasitas mesin besar yang berarti mementingakn power. infrastruktur pun juga sangat mendukung karena seluruh jalan sudah highway dari west ke east coast.
sepertinya feelingnya bisa beda dengan di indonesia yang highway luar kota masih belum terkoneksi total dan kondisi dalam kota semakin macet dan semrawut
cuman perkiraan sih :big_think: :big_think:
Don't Imageate
User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 853
Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
Location: Paragon City

Re: Teknologi Drive by Wire KILLS speed ??

Post by fabreguz »

Turboman wrote:Kalo zaman dulu ya sistem kawat baja dari pedal gas ke Throttle body

Emang TS jarang buka kap mesin kah ?
terima kasih moderator bung turboman untuk info sistem sebelum dbw
yah hehe, memang saya kalo buka kap mesin paling cuman cek dipstick, air aki dan radiator
jujur mengenai pengetahuan mesin tahunya sohc, dohc dan injection atau karburator :mky_03: :big_blushing: :big_blushing:
drive by wire itu baru bikin penasaran setelah lihat brosur dan gugel browsing tentang infonya di internet. dan ternyata banyak ketemu banyak komplen mengenainya di forum otomotif luar negeri
jadi dugaan saya yang newbie ini seperti pada reply saya kepada bung nyoman,
mungkin perbedaan kapasitas mesin, jenis mobil dan kondisi mayoritas jalanan juga berpengaruh ke feeling dari si pengendara kepada perbedaan antara dbw dengan kawat baja dari pedal gas ke Throttle body
:thanks: :thanks:
F 272 wrote:Mobil pertama yang saya pake dg sistem Drive By Wire (DBW) = CRV 2.4 L th.2005 (Gen 2)..
saya pun tau nya juga dari Brosur Honda nya..
drive by wire.jpg
disitu terlihat Logo DBW dengan icon Mobil Formula 1 (siluet), sempat juga saya bingung.. dalam hati : Apa bener..? :e-clap:

Setelah dipelajari, cari referensi & tanya2.. ternyata bener.. DBW emang dipake di F1
saat itu saya engga tau apakah mobil2 lain juga sudah menggunakan teknologi DBw atau belum..
feeling saya mobil2 canggih lain mustinya sih sudah Dbw..

Suatu hari saya beli innova G-Manual bensin, di tahun 2008..
ada teman yg sama2 pake mobil ini.. tiba2 juga bilang bahwa Innova saya sudah DBW
Wah... kaget campur ga percaya.. Plus saya bilang : ah ga mungkin, Dbw yg saya pake itu dulu ada nya di CRV Gen2.
Hahaha.. sampe skarang saya ga pernah cari tau apakah benar innova sudah Dbw juga...?

:big_peace: :big_peace:

Ada artikel DBW nih yang mungkin bisa tambah2 pengetahuan kita2 semua.. (From auto-bild)
http://tips.autobild.co.id/read/2010/12 ... ve-by-Wire
halo bung f272, sama persis dengan saya tho
pertama kali saya tahunya dbw juga dari brosur2 mobil, denger temen dan sales lalu mulai googling info2 nya
jika sudah ada di crv 2.4 2005 berarti honda termasuk pelopor penggunaan dbw tho ya
berarti crv generasi ke 3 sudah dbw juga pastinya, mobil awal masuk kuliah nih :mky_01: :mky_02:
ternyata skrg ini ndak cuman merk honda saja yang dbw, tapi sudah menyeluruh di nissan, suzuki dan lain lain
kalo innova generasi awal, waktu skul pakai, seinget saya sih boros banget bbm nya
trys innova temen yang facelift beberapa tahun kemudian, katanya sudah lebih irit karena sudah teknologi euro 2
dia ndak bilang karena dbw, sepertinya dia juga ndak tahu dbw :wkkk: :mky_07:
mestinya itu karena sudah dbw juga seperti milik bung f272 :mky_03: :mky_02:
mantep juga jika dbw sudah dipakai di f1 dan thanks sahring artikel dbw autobildnya :mky_01: :mky_02:
Don't Imageate
User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 853
Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
Location: Paragon City

Re: Teknologi Drive by Wire KILLS speed ??

Post by fabreguz »

hariy wrote:teknologi drive by wire (dbw) pertamakalinya buat pesawat terbang...dimana peranti elektronik yang maha rumit menggantikan peran mekanikal dan memudahkan manusia untuk mengoperasikan pesawat terbang terutama yang super jumbo...kalo di kendaraan (mobil), sebenarnya istilah drive by wire (dbw) kurang tepat, yang lebih tepat throttle by wire (tbw), dimana buka-tutup gas throttle body diatur oleh ECU, jadi kabel gas tidak lagi langsung ke throttle body, melainkan melalui sensor2 dahulu, menuju ECU, barulah ke throttle body. tbw berguna untuk mengefektifkan pembakaran di mesin. sehingga bbm tidak terbuang percuma. efek negatifnya, kadang driver ingin agresif, tapi dihambat oleh ECU yg di set irit. kecuali mobil sport yang biasanya ada tombol/kenop mode sport buat tarikan lebih responsif.. buat mobil2 biasa, bisa pakai piggyback biar responsif ngga lelet tarikannya...cmiiw...
benar bung hariy, ternyata memang penggunaan sensor untuk efisiensi bbm menggantikan kabel
benar ini peranti maha rumit, keren juga mirip pesawat terbang
thanks infonya :thanks:
billyd1773dz wrote:innova uda DBW deh..
kill speed tentu saja tidak..... klw response bisa jadi ya bisa juga tidak.

DBW bisa bikin pertambahan percepatan mesin tidak linier dri mulai di teken sampai flatout. dan memungkinkan di buat throttle profile bergantung kebutuhan.

seperti profile sport yang jd lebih sensitif di teken dikit seperti sudah di teken banyak, gas 80% dibacanya sudah 100% which is malah ningkatin response, eco di teken dalem setara baru diteken dikit jd less responsive dan lebih mudah untuk nyupir sopan.

ada juga di beberapa jeep yg otomatis engage saat di lowgir profile DBW jadi less responsif 25% awal untuk ngurangin getaran kaki saat oprut, dan bisa ngerayap dgn lebih smooth, d XJ saya yg masih kabel..kaki hrs di latih agar gas tetep stabil tidak berubah ke teken saat berguncang ngerayap d jalur oprut ancur.. klw kaki goyang loncat2 deh.. six straight on 4L first gear responsif bngt.


dimobil yg tidak ada profile DBW nya bisa pke throttlecontroller aftermarket.

imho DBW is a good thing from tech perspective....

next ada DBW steering ada d infinity Q50 hehe :D ntah jd kya gmn.

cmiiw
:beer:
thanks sharingnya bung billy :mky_02: :mky_01:
newbies seperti saya masih harus belajar mencerna info teknikal, maklum newbie thok :mky_03: :mky_01:
tapi memang mantep penjelasan dbw nya :thanks: :thanks:
philosophie wrote:oh innova uda ya.. brarti dr euro2 donk DBW.. ntah yg gen1 ada apa blm.. soalnya dlu wktu livina kluar pertama sala satu hal yg diiklanin kan DBW hahaha
livina sudah dbw, yang generasi pertama ?
seinget saya kalo ndak salah keluar hampir berbarengan dengan crv gen 3
jgn2 selling pointnya livina waktu itu memang dbw :big_think: :big_think:
Don't Imageate
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Teknologi Drive by Wire KILLS speed ??

Post by Turboman »

Mending kita bahas detail parameter DBW nya aja yuk

Kalo di Ipah dia ada VPA 1 dan VPA2

VPA1 = main signal from Throttle pedal to ECU

VPA 2 = mirror from VPA1

Jadi gerakan voltage swing VPA1 dan 2 harus seiring sejalan, otherwise check engine nyala

Di mobil2 lain tentu sistemnya juga ada signal utama dan signal mirror-nya, kadang disebut juga APP (Accel Pedal Position)

Seirinh perkembangan teknik ECU apa ada dgn sistem lain ya ?

Yuk monggo sharing
* Bukan ajakan Beli *
mojacko
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: Mon Oct 29, 2012 4:39

Re: Teknologi Drive by Wire KILLS speed ??

Post by mojacko »

E39 saya, tahun 2001, engine M54, udah DBW kok
2011 BMW 520d
2011 BMW X5 35i
2012 Audi Q3 2.0 quattro
User avatar
loadeddiapers
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Fri Jan 24, 2014 5:06

Re: Teknologi Drive by Wire KILLS speed ??

Post by loadeddiapers »

tentu tidak.
Yg kills speed kl enginenya di lock ada maksimum speed sama RPM nya :mky_01:
Image
User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 853
Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
Location: Paragon City

Re: Teknologi Drive by Wire KILLS speed ??

Post by fabreguz »

alexdonovan wrote:
philosophie wrote:oh innova uda ya.. brarti dr euro2 donk DBW.. ntah yg gen1 ada apa blm.. soalnya dlu wktu livina kluar pertama sala satu hal yg diiklanin kan DBW hahaha
Innova generasi 1 sudah throttle-by-wire (TbW). Itu salah satu selling point Innova saat itu.

Problem utama TbW menurut saya adalah aging di wiring penghubung pedal throttle ke throttle body. Masalah ini kejadian di Renault Clio 2003 saya. Akibatnya, throttle lock di 2000 RPM dan tidak mau merespon pijakan pedal gas. Mobil langka, spare part ga ada, terpaksa istirahat :off_no: :off_no: :off_no:

Kalo pakai kawat baja, throttle lock tinggal dikasih oli... Paling paling kabel-nya seret
throttle by wire itu drive ny wire yang sederhana ya ? :big_think: :big_think:
soalnya saya juga dengar dbw tu ada beberapa tingkatan kecanggihan juga
innova gen 1 sepertinya belum dbw, akibatnya boros ndak ketulungan :big_childish: :big_think:
skrg setelah bensin naik lagi lebih terasa banget, untung waktu saya pakai bbm belum semahal skrg :big_grin: :big_grin:
beberapa tahun setelahnya katanya sudah lebih irit, karena teknologi euro 2, mestinya juga dbw kan ya
htannis wrote:tinggal pasang ecushop boostspeed, atau dastek throttle module :big_weee:
:mky_03: :mky_03:
Turboman wrote:DBW sebetulnya utk simplicity aza pada mobil2 yg dilengkapi fitur Tract cont / ESP

Tapi mungkin krn faktor commonality dlm produksi dan parts akhirnya diaplikasikan ke mobil2 yg simple juga

Kalo sy sih percaya perubahan2 sistem pada kendaraan itu pasti ada pertimbangan efisiensi dlm produksi, either penghematan waktu assembling / pengurangan jumlah item parts / efisiensi biaya

Istilah Teknologi "anu" = bahasa marketing aza

Hehe
saya suka banget bahasa moderator bung turboman ini
teknologi "anu" = bahasa marketing saza
:big_exellent: :big_exellent:
Don't Imageate