Perkenalkan ane nubie mencoba me review Mazda M2 V AT 2013, artic white yang baru datang Rabu 30/4, kemaren. Setelah mencoba 3 hari, ane coba kesan dan pesannya disini…..
Sebetulnya Mazda ini secara tak sengaja dipilih mentri keuangan sama anak-anak ketika ada pameran di Giant Sentul….Waktu itu pas pameran kebetulan sebelahan sama Mobilio, dan waktu itu ane malah lagi nyari Satya. Dan sempet kepikiran Mobilinyong juga….Tapi berhub indent yang lamaaaaaa, yah walaupun over budget akhirnya diputuskan ambil M2 ini….. Kenapa M2? Ga ambil Yasir, Swift, atau Sirion ? Yah karena alasan anak2 menyukainya dan mentri keuangan yang malah lebih tertarik sama M2 ini berhub dia nantinya yang akan pakai…. Sementara saya udah cukup puas dengan mobil perang kantor…duo kaleng atau kadang make Gmax..

Zoom zoom…
Untuk 2013 pertengahan ada tiga tipe : V, R, RZ dengan pilihan manual/matic untuk semua tipe, yang membedakan : velg, Spion bisa ditekuk elektrik, projector head lamp dan yang RZ malah bisa internetan di LCD touch screen
Interior all black termasuk jok dari bahan fabric dan karpet juga hitamm…dash semua plastic keras … meskipun di pintu ada soft pad. Setir cukup enak digenggam dengan PS electric. EPS ini rasanya pass, tidak terlalu ringan serasa melayang kaya Satya. Ane belum tau reaksi EPS di Toll, berhub rute kemaren hanya sekitar dalam kota Bogor. Minggu depan rencana mau nyoba ke Bandung…
Mesin 1,5 MZR power max 76 kw (103PS)/6000rpm, Maks torque 135 Nm(13.76 kgm) 4000 rpm cukup halus dan responsif. Suara mesin teredam cukup baik berhubung sudah ada peredam di kap mesin dan di firewall…. juga karet balon di sekitaran pintu. Di jalan ane coba buka kaca…..nyata benar bedanya…. suara motor cukup keras terdengar… ane segera tutup kaca dan kembali hening…. Cukup hening untuk mendengar lagu dari cd/mp3/aux/radio/usb. Audio yang entah bermerk apa, dengan 4 speaker menurut telinga ane yang bukan freak SQL ( apalagi SPL) sudah cukup baik…
Posisi duduk cukup nyaman, untuk saya dgn tinggi 171, 80kg kursi harus dimundurin penuh dan tilt steering disetel hingga dapat posisi yang nyaman. Duduk dibelakang agak sempit yak…beberapa kali kepala hampir nyundul atap…dan dengan kursi depan mentok belakang, lutut ane hampir bersentuhan dengan sandaran jok depan.

Peredaman suspensi agak keras... Kalau lewat pol*s* tidur pelan-pelan sih masih enak ayunannya…Kalau melindas lubang? Hehe… ane berusaha menghindar dari lubang-lubang yang makin banyak aja di kota Bogor. Lain halnya kl pake mobil perang ane….mau lubang/jalan becek berlumpur/polisi tidur, ane lewatin dgn percaya diri… Bener spt agan DDR dgn GX nya….Ertiga nya sebisa mungkin akan dilewatin di jalan mulus ….dan yang ga bisa dihindarin adalah kalau lewat garis kejut seperti area sebelum Rumah Sakit, Pertokon/mall atau Sekolah.. akan terasa guncangannya. Body bergetar. Getaran ini munkin disumbangkan juga lewat ban Dunlop 185/55R15 82V yang kabarnya peredamannya kurang bagus…? Sementara dinikmatin aja dulu, nanti kalau udah botak baru nyari ban lain…

Yang agak aneh laci dash board. Laci ini depannya kebuka, yang menurut Mazda bagus untuk meletakan majalah/buku….dan yang menurut ane malah mengurangi kapasitas laci……
Untuk factor keselamatan, semua tipe sudah lengkap ABS/EBD/BA. Dual air bag dgn safety belt Elr 3 point dan jok belakang sudah mendukung Isofix anchor buat baby.
Transmisi P-R-N-D-S-L + tombol hold ( kl di mobil lain mungkin sama kaya OD ya..) Injek gas di D melesat dengan gesit, apalagi kalau tombol hold di-on. Gear akan berhenti di gigi 3 yang enak untuk nyelip-nyelip diantara belantara angkot kota Bogor…
Untuk konsumsi bensin belum tau pasti …. Sales blg bisa 1:14 dalam kota…..(mosok ya..) Di Mazdanya salesnya blg cuma diisi 100rb pertamax, ane tambahin pertamax 300rb dan indicator naek hingga 7 strip. Setelah 3 hari pemakaian ( Kamis-Sabtu ) dengan rute lancar jaya dan macet (Sabtu siang kemaren malah macet parahh…2 jam beringsut kayak keong…), indicator berada ditengah ( 4 strip) dgn odometer 98, sekian…. Ane coba nyari average di Mid.. pencet-pencet tombol yang ada cuma Odometer, trip A dan trip B…ane buka lagi manual book yang belum tamat (berhub tebalnya hampir menyamai kamus)…


ane coba menghibur diri dengan mainin audio control di kemudi…dan yang terpenting anak-anak sama ibunya menyukainya, memberikan kebahagiaan buat mereka adalah merupakan kebahagiaan tersendiri bukan ….
Demikian sekilas info dari nubie..
Zoom-zoom
Point + : kelincahan, enak buat tarikan, fitur safety buat tipe terendah (V),
Point - : laci yang agak aneh, belakang sempit, ga ada mid, suspensi agak keras, errr ban Dunlop…
https://drive.google.com/folderview?id= ... sp=sharing
wahh maaf neh, foto2 nya ga muncul. file kegedean? gimana cara munculin foto ya?