ChZ wrote:billyd1773dz wrote:
gtw std nya altis depan blkng, atau baru depan saja?
klw ngeganti per/shock breaker pasti ada pengaruh kenyamanan, ntah jd lebih baik atau lebih buruk tergantung setup.
klw sway bar di rintangan yang kedua ban kanan kiri lewat bersama seperti poldur/ rel kereta/speed grid guncangan tidak berubah,namun di cross obstacle/ dimana ban kanan dan kiri lewatnya ga bareng *jalan ancur dgn lobang2 random* jadi lebih berguncang.... karna fungsinya memang ngejaga suspensi dan chassis tetap level untuk ngurangin bodyroll saat cornering highspeed.
klw tujuanya ngurangin bodyroll ya swaybar is the way to go...... resikonya di jalan ancur lebih berguncang. tp di rintangan umum kya speed barrier/railway crossing tetep sama.

ahh baru mau jawab... udah dijawab duluan sama bro billy
yup, chassis reinforcement adalah pilihan plg tepat buat ngurangin limbung tanpa harus mengorbankan kenyamanan terlalu banyak....
bener om chris

namun chassis reinforcement dan swaybar itu sebenernya hal yang berbeda fungsinya.
chassis reinforcement tujuannya ningkatin kekakuan chasis dengan bracket suspensi.....
tidak ada hubungan sama sekali dengan lengan ayun atau gerak main si suspensi. bisa jadi urusan bantingan minim sekali pengaruhny,jika ada akibat sasisnya itu sendiri. dia berperan agar saat cornering extrim bracket suspensi tidak bergeser/flexing dan tetap align dengan sasis. sasis pun di reinforce agar tidak flex, terutama pada ladder frame yg rawan flexing. in theory stir akan terasa lebih responsif dan body lebih nurut saat cornering atau berubah arah mendadak.... body roll seharusnya tetap ada,karna suspensi tidak di sentuh.
sedangkan swaybar kerja di lengan ayun suspensi.... tujuan untuk ngebatasi perbedaan gerak ban kanan dan kiri.. saat terjadi body roll,suspensi ban bagian dalam kehilangan beban otomatis jd di posisi extent(down), bagian luar menerima beban mobil jadi di posisi compress(up).... yang satu up satu lagi down...... body jadi miring/roll..
nah ini yang dicoba di kurangin dgn swaybar, dgn nambah resistansi batang torsi yg melintang di kedua sisi suspensi. sehingga butuh energi yg lebih tinggi untuk membuat bodyroll atau saat terjadi perbedaan arah gerakan di kedua sisi ban
sway bar bekerja hanya jika terjadi perbedaan arah gerakan di kedua sisi ban. jadi jika lewat poldur keduanya sama2 bergerak searah,resistansi swaybar tidak menggangu.
namun saat lewat jalan ancur, sering ban kiri masuk lobang yg berarti bergerak turun, kanan bergerak naik, kedua nya bergerak berbeda arah disini resistansi sway bar bisa menggangu gerak independen suspensi dan berpengaruh ke kenyamanan suspensi jadi kerasa lebih kaku dan suspensi kurang bisa main ngikutin kontur jalan,kontur jalan jadi di transfer dgn jujur ke sasis/kabin *berguncang* tp road feel jd lebih kerasa juga karna suspensi bergerak bareng dgn sasis. hal yg sama jika lewat poldur dengan miring.
klw saya pribadi lebih suka ngelepas semua swaybar. di jalan ancur kaki bisa main dan terasa minim guncangan semua kaki bisa bergerak bebas tampa ada yg batasin.
downside nya bodyroll dan road feel tidak sebaik dgn swaybar. jln keluarnya ya spring rate suspensi di naikin,shock ganti yg lebih baik untuk ngurangin bodyroll. memang poldur jd lebih keras.. kedepannya mungkin chassis reinforcemen saat mbl ini sudah berumur dan sasisnya mulai lelah dan butuh reinforce...
memang saya jarang masuk tol sih, dan jalan ancur is every where.. so this is the setup that i choose for daily.
klw suatu saat jalan membaik atau tiba2 ada yg ngajakin ke sentul g menutup kemungkinan ta pasang swaybar hehe
pingin nya swaybar dibikin quick release atau bisa di disconect via tombol di dashboard seperti pada jeep rubicon hehe...
swaybar aftermarket ada yang adjustable stiffness nya. good for compromising road condition or needed.
swaybar berpengaruh ke karakter mobil, lebih kaku di belakang will increase over steer tendency,stiffer di depan ningkatin under steer tendency so choose it wisely.
tinggal masing2 aja lebih prioritas kemana.
know what you need & know what it is for.
err panjang lebar lg semoga g salah.. cmiiw
