Perawatan biaya service WRX STI banding GOLF GTI
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Mon Apr 07, 2014 7:28
Perawatan biaya service WRX STI banding GOLF GTI
Selamat Sore,
Para SMers, saya ingin menayakan dari segi realiable dan worted to buy untuk kedua mobil ini :
1. WRX STI
2. GOLF GTI mk 6 or MK 7
Pertanyaan saya adalah :
- Mana yang biaya perawatannya lebih murah ?
- Mana yang lebih kuat tahan banting apabila di jadikan mobil harian
- Dari segi Reliable ?
- Worted to buy GTI or WRX STI ?
Terima Kasih atas jawabannya dan saya ucapkan banyak terima kasih atas bantuannya.
Para SMers, saya ingin menayakan dari segi realiable dan worted to buy untuk kedua mobil ini :
1. WRX STI
2. GOLF GTI mk 6 or MK 7
Pertanyaan saya adalah :
- Mana yang biaya perawatannya lebih murah ?
- Mana yang lebih kuat tahan banting apabila di jadikan mobil harian
- Dari segi Reliable ?
- Worted to buy GTI or WRX STI ?
Terima Kasih atas jawabannya dan saya ucapkan banyak terima kasih atas bantuannya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Perawatan biaya service WRX STI banding GOLF GTI
PERTAMAX
STI manual dong
golf GTI mah hatchback
tapi kalau buat harian sih GTI lah, kan matic, kalau STI kopling keras
STI manual dong
golf GTI mah hatchback
tapi kalau buat harian sih GTI lah, kan matic, kalau STI kopling keras
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 536
- Joined: Fri Feb 07, 2014 9:46
Re: Perawatan biaya service WRX STI banding GOLF GTI
STi kan ada yang matic juga.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1109
- Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30
Re: Perawatan biaya service WRX STI banding GOLF GTI
Kalo murni cari murah: gti, fuel cons better, reliability should be ok. Servis paling2 11 12
Tapi kalo cari sensasinya jelas sti.
Kalo saya vote sti saja, nanggung pake gti, kalo dibilang kenceng, gak lebih kenceng dari sti (200hp vs 300hp, cmiiw?) - bicara sensasi FWD hatch banding AWD sedan, jelas lebih stabil sti.
Drpd gti utk harian, mending mercy c klasse, atau bimmer 3 series - mewahnya lebih dapet.
Tapi kalo cari sensasinya jelas sti.
Kalo saya vote sti saja, nanggung pake gti, kalo dibilang kenceng, gak lebih kenceng dari sti (200hp vs 300hp, cmiiw?) - bicara sensasi FWD hatch banding AWD sedan, jelas lebih stabil sti.
Drpd gti utk harian, mending mercy c klasse, atau bimmer 3 series - mewahnya lebih dapet.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Perawatan biaya service WRX STI banding GOLF GTI
STI 300HP matic? yg 0-100kmh nya 7 detik? sama kayak innova itu kencengnya?teppey wrote:STi kan ada yang matic juga.

STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Perawatan biaya service WRX STI banding GOLF GTI
Asal compared to GTI Mk7, ngapain masih ngeliat STI sih?....
Hehehe... Seriously..
Different class.. Dari segi apapun.. IMO
Hehehe... Seriously..
Different class.. Dari segi apapun.. IMO
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Wed Apr 09, 2014 2:53
Re: Perawatan biaya service WRX STI banding GOLF GTI
kalau mau cek adu performance pls follow this link:
http://www.zeperfs.com/en/duel1720-2969.htm
http://www.zeperfs.com/en/duel1720-2969.htm
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 536
- Joined: Fri Feb 07, 2014 9:46
Re: Perawatan biaya service WRX STI banding GOLF GTI
Innova 0-100 kan 13s
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 608
- Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
- Location: Lamongan - Jawa Timur
Re: Perawatan biaya service WRX STI banding GOLF GTI
itu mgkn yg dimaksud om htannis, ipah diesel nya om htannis sendiri omteppey wrote:Innova 0-100 kan 13s


> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Perawatan biaya service WRX STI banding GOLF GTI
iya maksudnya itu om, ntar malu punya sti kok diasepin sama innova 300HP di jalan lurus, malah dibawah 7 detik 0-100kmh nya tuh kalau dah upgrade pake transgomr-saga wrote:itu mgkn yg dimaksud om htannis, ipah diesel nya om htannis sendiri omteppey wrote:Innova 0-100 kan 13s![]()
salute to om htannis

STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Perawatan biaya service WRX STI banding GOLF GTI
terus sti atnya kasih transgo n dimodalin budget yg sama dgn ipah 300Hp......


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Perawatan biaya service WRX STI banding GOLF GTI
Bedanya, pas ketemu tikungan...
STI matic belok ngikutin jalan...
Ipah 300hpnya belok ngikutin tiang or tembok terdekat...
STI matic belok ngikutin jalan...
Ipah 300hpnya belok ngikutin tiang or tembok terdekat...

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7650
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Perawatan biaya service WRX STI banding GOLF GTI
Ga tau mana mahal mana murah
Krn harga keduanya tdk lagi murah
Hrsnya di level ini fun n satisfaction r the issues
Krn harga keduanya tdk lagi murah
Hrsnya di level ini fun n satisfaction r the issues
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 536
- Joined: Fri Feb 07, 2014 9:46
Re: Perawatan biaya service WRX STI banding GOLF GTI
Kalau mobil Jepang biasanya lebih murah maintenance nya kan?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 832
- Joined: Sun May 19, 2013 10:00
Re: Perawatan biaya service WRX STI banding GOLF GTI
errr...jelas GTI om, interior, bahan, kualitas, model, pemakaian harian, far far dari subby IMO
-
- SM Specialist
- Posts: 16665
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Perawatan biaya service WRX STI banding GOLF GTI
STI matic mah cenderung understeer fibamfibi wrote:Bedanya, pas ketemu tikungan...
STI matic belok ngikutin jalan...
Ipah 300hpnya belok ngikutin tiang or tembok terdekat...

ipah 300hp oversteeeeeeeeeeeeeerrrrrrr.... powahhhhslide baby

dari 2 pilihan itu kayanya GTI aja buat daily.... STI terlalu "keras" mau dipake harian....
meskipun 2 2nya mobil impian ane di masa depan

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Perawatan biaya service WRX STI banding GOLF GTI
Tetep mpv ladder ya ga boong atuhChZ wrote:STI matic mah cenderung understeer fibamfibi wrote:Bedanya, pas ketemu tikungan...
STI matic belok ngikutin jalan...
Ipah 300hpnya belok ngikutin tiang or tembok terdekat...![]()
ipah 300hp oversteeeeeeeeeeeeeerrrrrrr.... powahhhhslide baby![]()
dari 2 pilihan itu kayanya GTI aja buat daily.... STI terlalu "keras" mau dipake harian....
meskipun 2 2nya mobil impian ane di masa depan

-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Perawatan biaya service WRX STI banding GOLF GTI
^^
klw g pke lsd sih, rwd jg pling slip ban sebelah g akan keluar oversteer
malah bisa jd understeer kya video donut kemarin wkwk
sti ada dccd hrsnya centerdiffnya bisa di atur lebih loose atw biasnya lebih bnyk ke rear axle utk ngurangin understeer.. defaultnya uda dominan rear axle at 41:59 errr waitt dccd only on 6mt
salah satu alasan ambil yg mt wkwk

klw g pke lsd sih, rwd jg pling slip ban sebelah g akan keluar oversteer

sti ada dccd hrsnya centerdiffnya bisa di atur lebih loose atw biasnya lebih bnyk ke rear axle utk ngurangin understeer.. defaultnya uda dominan rear axle at 41:59 errr waitt dccd only on 6mt


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Perawatan biaya service WRX STI banding GOLF GTI
tau aja om kemarin pas masuk tikungan, ane terlalu cepet injek gas, oversteer hampir masuk rumput deket rumahChZ wrote:STI matic mah cenderung understeer fibamfibi wrote:Bedanya, pas ketemu tikungan...
STI matic belok ngikutin jalan...
Ipah 300hpnya belok ngikutin tiang or tembok terdekat...![]()
ipah 300hp oversteeeeeeeeeeeeeerrrrrrr.... powahhhhslide baby![]()
dari 2 pilihan itu kayanya GTI aja buat daily.... STI terlalu "keras" mau dipake harian....
meskipun 2 2nya mobil impian ane di masa depan

STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Perawatan biaya service WRX STI banding GOLF GTI
^^


katanya kemarin spin ban selebelah di belokan g liar wkwkwkwhtannis wrote: Singkat cerita sampe PIK, pas tikungan, injek gas 2/3, waduh dari masuk nikung sampe keluar tikungan, ban spin sebelah terus, tapi gak liar soalnya sebelah doang sih gak ada lsd kayak di dakar, emang di PIK kan berpasir jalanannya juga makanya spin terus gak berhenti.


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 701
- Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59
Re: Perawatan biaya service WRX STI banding GOLF GTI
Dari segi beli:
- GTI mk7 = 700jtan (waktu pameran iims 617jt..
)
- STI manual 2013..540jt..kalo unit 2012 masi ada di 515jt..SpecUK di 465 tp dah ludes..
- MK6, dulu barunya 575..secondnya kurang lebih di 450jt keatas..
STI win...
- Dari segi Kenceng: STI win
- Dari segi kenyamanan:
MK7 (untuk daily driving lebih enak, karena matic, matic subbie is a no no..udah test..enakan gti, sti berasa aga lemot utk 300hp dan 357nm torque, gti mk 6 aja lebih nendang)
Dan baca review, bantingan MK7 nyaman utk hot hatch (Mk6 juga masih tergolong nyaman, kecuali set suspensi di sport, baru keras).
STI: keras..tp masih manusiawi...pas Tes drive bawa istri yg lagi hamil 7 bulan..no complain..dan road noisenyga mayan kenceng..
- Dari segi perawatan: mungkin 11-12
- Dari segi warranty:
Golf 2 tahun,
SUbbie 5 tahun + free biaya jasa selama 5 tahun
- Aftersales (harga jual kembali):
kayaknya GTI lebih bagus..(MK6 2010 masih di 400jt-an..)
STI: ga tau..soalnya mobl hobby
- Kualitas interior: deffinitely Golf GTI...sti all plastic..
- Ketahanan mesin:
Kata orang dan review2...subbie itu reliable bgt dibanding gti...untuk bahan pertimbangan aja (kebetulan ane ada diposisi galau yg sama):
STI: ringland busted..random..ada yg bilang kl STI salah modif, ringland piston bisa jebol dan perbaikan lumayan fatal (bisa sampe ganti engine block, piston dll, ibarat turun mesin. Kecuali STI Spec C yg udah pake forged piston, jauh lebih kuat, tp MI udah abis stock..dan harganya juga waktu itu 700jtan). Dan ga nutup kemungkinan juga stock STI ngalemin ringland busted ini. Kasus ini ga semua STI begini, tp serem ga sih kl dapet bad batch?. Jujur ini yg buat ane galau mau ambil STI ini.
GTI: Mechatronic pada DSG-nya..rawan busted juga..dan kasus random juga. Tapi kakak pake MK6 2012 februari sampe sekarang sih aman2 aja...
- Konsumsi BBM:
STI: seirit2nya 1:10, nyetir biasa 1:5-1:6, nyetik edan 1:4 (klaim Subaru di 1:8-1:11)
GTI: seirit2nya 1:14-1:15, dalkot 1:6-1:7, nyetir kaya orang gila: 1:4-1:5 (at least ini saya tes di MK6, harusnya mk7 lebih irit lagi. Klaim VW di 1:11-1:15)
- Music to my ears:
STI: Rumble all the way..
GTI: love that DSG fart noise when upshift/downshift...
-Looks: beda2 selera..tp gw jatoh hati ama STI..tp bagi sebagian orang awam mobil:
STI ga lebih dari sekedar daily sedan di kasih wing gede
Golf GTI, ga lebih dari sekedar Hatchback biasa macam Rio, Jazz dll..
Kalo untuk daily driving, dan ada dana..disuruh pilih antara STI dan MK7..pilihan gw di GTI mk7..kenapa?
- Lebih irit utk DD
- Performa juga dapet..(masih sangat berkharisma kalau dijalan)
- Lebih nyaman bantingannya
- Kabin lebih terasa mewah
at least GTI lebih manusiawi drpd STI..dan soal STI a-line alias auto..saran gw..don't..2 x test drive STI auto..dua2nya kurang greget..and you gonna lost all the boxer rumble sound...alus bgt mesinnya..hampir terdengar seperti mesin 4 silinder biasa kl dr dalem kabin.
Yg gw suka dari STI auto ada 3 hal: 1. Matic, enak buat macet, 2. Blipping downshift (kalo downshift ada rev-matchnya ), 3. Jok udah elektrik..both passenger and driver
tp kalo saya punya unlimited money, dan harus milih 2 mobil ini....saya pilih STI manual..
cmiiw yah..
- GTI mk7 = 700jtan (waktu pameran iims 617jt..

- STI manual 2013..540jt..kalo unit 2012 masi ada di 515jt..SpecUK di 465 tp dah ludes..
- MK6, dulu barunya 575..secondnya kurang lebih di 450jt keatas..
STI win...
- Dari segi Kenceng: STI win
- Dari segi kenyamanan:
MK7 (untuk daily driving lebih enak, karena matic, matic subbie is a no no..udah test..enakan gti, sti berasa aga lemot utk 300hp dan 357nm torque, gti mk 6 aja lebih nendang)
Dan baca review, bantingan MK7 nyaman utk hot hatch (Mk6 juga masih tergolong nyaman, kecuali set suspensi di sport, baru keras).
STI: keras..tp masih manusiawi...pas Tes drive bawa istri yg lagi hamil 7 bulan..no complain..dan road noisenyga mayan kenceng..
- Dari segi perawatan: mungkin 11-12
- Dari segi warranty:
Golf 2 tahun,
SUbbie 5 tahun + free biaya jasa selama 5 tahun
- Aftersales (harga jual kembali):
kayaknya GTI lebih bagus..(MK6 2010 masih di 400jt-an..)
STI: ga tau..soalnya mobl hobby
- Kualitas interior: deffinitely Golf GTI...sti all plastic..
- Ketahanan mesin:
Kata orang dan review2...subbie itu reliable bgt dibanding gti...untuk bahan pertimbangan aja (kebetulan ane ada diposisi galau yg sama):
STI: ringland busted..random..ada yg bilang kl STI salah modif, ringland piston bisa jebol dan perbaikan lumayan fatal (bisa sampe ganti engine block, piston dll, ibarat turun mesin. Kecuali STI Spec C yg udah pake forged piston, jauh lebih kuat, tp MI udah abis stock..dan harganya juga waktu itu 700jtan). Dan ga nutup kemungkinan juga stock STI ngalemin ringland busted ini. Kasus ini ga semua STI begini, tp serem ga sih kl dapet bad batch?. Jujur ini yg buat ane galau mau ambil STI ini.
GTI: Mechatronic pada DSG-nya..rawan busted juga..dan kasus random juga. Tapi kakak pake MK6 2012 februari sampe sekarang sih aman2 aja...
- Konsumsi BBM:
STI: seirit2nya 1:10, nyetir biasa 1:5-1:6, nyetik edan 1:4 (klaim Subaru di 1:8-1:11)
GTI: seirit2nya 1:14-1:15, dalkot 1:6-1:7, nyetir kaya orang gila: 1:4-1:5 (at least ini saya tes di MK6, harusnya mk7 lebih irit lagi. Klaim VW di 1:11-1:15)
- Music to my ears:
STI: Rumble all the way..
GTI: love that DSG fart noise when upshift/downshift...
-Looks: beda2 selera..tp gw jatoh hati ama STI..tp bagi sebagian orang awam mobil:
STI ga lebih dari sekedar daily sedan di kasih wing gede
Golf GTI, ga lebih dari sekedar Hatchback biasa macam Rio, Jazz dll..
Kalo untuk daily driving, dan ada dana..disuruh pilih antara STI dan MK7..pilihan gw di GTI mk7..kenapa?
- Lebih irit utk DD
- Performa juga dapet..(masih sangat berkharisma kalau dijalan)
- Lebih nyaman bantingannya
- Kabin lebih terasa mewah
at least GTI lebih manusiawi drpd STI..dan soal STI a-line alias auto..saran gw..don't..2 x test drive STI auto..dua2nya kurang greget..and you gonna lost all the boxer rumble sound...alus bgt mesinnya..hampir terdengar seperti mesin 4 silinder biasa kl dr dalem kabin.
Yg gw suka dari STI auto ada 3 hal: 1. Matic, enak buat macet, 2. Blipping downshift (kalo downshift ada rev-matchnya ), 3. Jok udah elektrik..both passenger and driver
tp kalo saya punya unlimited money, dan harus milih 2 mobil ini....saya pilih STI manual..
cmiiw yah..
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Perawatan biaya service WRX STI banding GOLF GTI
Temen ane ada yang pakai manual STI taun 2007, masih ada sampai sekarang.. Clutch nya harus diganti tiap 7000 km.. Untuk versi terbaru seharusnya udah diperbaiki dengan clutch yang lebih baik.. Saya hanya pernah indepth yang matic STI 2011 dengan bucket seat recaro... Kata anak2 di wasem sih UK.. Ane gak ngerti
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Perawatan biaya service WRX STI banding GOLF GTI
nice comparism
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 536
- Joined: Fri Feb 07, 2014 9:46
Re: Perawatan biaya service WRX STI banding GOLF GTI
pilotgaruda hebat banget comparisonnya, he he he pernah gundah juga ya bang. Akhirnya kemarin jadi ambil STi juga ga?
Kalau personal preference saya sih, STi ga enak dipakai buat DD, boros (harus pakai Pertamax+ dan sekelasnya) dan bantingannya keras, pakai seharian lumayan juga kerasa tuh badan. Kalau GTI ga pengalaman tapi ngelihat dari harganya kayanya tanggung, mending dengan dana yang ada beli STi manual buat performance dan mobil DD lain kaya Jazz etc.
Kalau personal preference saya sih, STi ga enak dipakai buat DD, boros (harus pakai Pertamax+ dan sekelasnya) dan bantingannya keras, pakai seharian lumayan juga kerasa tuh badan. Kalau GTI ga pengalaman tapi ngelihat dari harganya kayanya tanggung, mending dengan dana yang ada beli STi manual buat performance dan mobil DD lain kaya Jazz etc.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Perawatan biaya service WRX STI banding GOLF GTI
understeer sih, hampir gak bisa belok, kecepetan bejek gas nyabillyd1773dz wrote:^^katanya kemarin spin ban selebelah di belokan g liar wkwkwkwhtannis wrote: Singkat cerita sampe PIK, pas tikungan, injek gas 2/3, waduh dari masuk nikung sampe keluar tikungan, ban spin sebelah terus, tapi gak liar soalnya sebelah doang sih gak ada lsd kayak di dakar, emang di PIK kan berpasir jalanannya juga makanya spin terus gak berhenti.

yg oversteer dakar waktu itu lagi hujan, bejek pol, ada lsd nya jadi ngedorong muter
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares