Kebetulan beberapa minggu lalu ogut berkesempatan test drive Ipah D4 D yang sudah menggunakan "TransGo Reprogramming kit"
Pada saat berakselerasi kinerja matic jadi spt transmisi DogDrive yg biasa dipake pada mobil2 rally, shifing sangat cepat......dimana pada Matic konvensional kita sering merasakan pada proses perpindahan gigi penyaluran tenaga "agak melayang" dulu bbrp saat dan baru mengunci lagi setelah beberapa saat.........nah pada Matic dgn TransGo ini gak pake "melayang" dulu dan RPM hanya turun dikit dan segera mengunci lagi dengan cepat.
Dengan posisi di D pada saat gas dibejek putaran mesin lgs ngacir ke RPM tinggi tanpa harus pindah ke 3.....dan proses shifting pada saat pergantian gigi-nya juga sgt cepat.
Sedang jika kita nyetir santai perpindahan gigi tetap di RPM rendah.
Yg saya duga adalah sistem ini mengupayakan Torque Converter tetap nge-lock dan jika harus "un-lock" pada saat pergantian gigi itu proses-nya dipersingkat se-singkat2-nya......ngebuka bentar dan abis itu segera nge-lock lagi
alhasil kerja akselerasi juga jadi lebih cepat & konon karena Torque Converter lebih banyak nge-lock, scr teoritis suhu ATF akan lebih rendah........dimana biasanya ATF menjadi panas akibat tekanan di baling2 Torque Converter saat TC nggak nge-lock / melayang
Hanya saja kekurangannya = saat jalan santai, proses perindahan gigi ada sedikit hentakan spt halnya Matic zaman "baheula"......tapi hanya hentakan halus saja (nggak kasar).........
Demikian report dan ogut buka seles TransGo
Contoh Reprogramming kit buat Matic-nya Ipah & Fortuner :

sementara ada juga kit yg sifatnya utk street, namanya SK 340 mungkin shiftingnya tetap halus (mungkin)
Jadi buat pengguna mobil Matic konvensional, jika ingin merasakan sensasi transmisi Dog Drive, tinggal install si Reprogramming kit aza
Utk berbagai mobil lainnya :
http://www.transgo.com/products.php
*Bukan seles TransGo*