Kali ini gw mau ngeripiu salah satu hatchback yg menjadi tulang punggung Ahond di Indo sblm kehadiran Brio & antek2nya yaitu Honda Jazz tipe S AT 2009...
Bbrp bulan yg lalu habis les... tmn gw mau TD CRV RM padang gw yg kebetulan baru dibeli sekitar 1 bulanan, ya udh sekalian gw minta "Bro, pinjam jazz lu dah, gw mau coba" ya udh kunci Jazz "dibarter" dgn kunci RM padang...

History
Ahond jazz ini adlh generasi kedua (GE8) dan udh beredar di Indo sejak tahun 2008 pertengahan... Beredar di Indo dgn mesin L15A 1500 cc dan dgn 2 tipe (S dan RS) dan udh mengalami 2x facelift (2011 dan 2013) dan di FL 2013 ad tambahan tipe A yang tdk lama kemudian disuntik mati ama HPM...


Okeh, udh cukup mengenai history, skrg lanjut ke bagian repiew...
Eksterior

With my RM padang


Secara keseluruhan, desain eksterior Jazz ini lumayan lah mnrt gw, namun bosen juga krn terlalu byk berkeliaran di kota Medan... Pribadi lebi suka Jazz S krn selain lebi tinggi, bodykit RS jelek...

Dr bagian depan, cakep, apalagi bemper tipe S cakep, ga kek tipe S FL yg jelek... RS lebi cakep menurut gw di bumper depan ini... Headlamp jg sinkron & nyambung dgn bumper..
Bagian samping, tarikan garis mbl ini biasa2 aja, plain, hambarrr... Gw ga terlalu suka handle pintu yg jungkit ke atas, mending model tarik...
Bagian blkg, taillamp jelek bgt yg pre FL, mending diganti tipe RS 2013 yg bening smua mikanya... Bumper belakang masi acceptable lah...
Velg STD tipe S jg bagus, tp py tmn gw udh diganti velg racing seukuran tipe RS... Ban menggunakan BS Turanza ER33 kek tipe RS..
Interior

Pinjem dr mbah google

Kabin norak, didominasi hard plastic yg gampang gores & plastik silver norak (khas Ahond... Ahond gt lohh).. Desain interior cenderung futuristik tp lebay...

Stir bagus, tp setelah dilihat2 koq kek bra cewek ya (setuju ama bro ChZ)

Handbrake panjang banget, bahkan klo dinaikkan, temen2 selalu nyeletuk, "ini koq kek p*nis cowok ya"

Transmisi matic terlalu rendah, ntah krn posisi duduk ato tongkatnya kerendahan, gw jg ga tau...

Posisi mengemudi enak, jok pengemudi mendekap badan dgn baik... Loncat ke jok baris kedua, kabin luas & plg nyaman diantara hatch laen...
Bagasi jg tergolong luas... Good job Ahond!

Utk sound system sih udh diupgrade jadi bassnya nendang & treblenya jg... Tp gw pernah duduk didlm Jazz RS 2012, cempreng betul audio bawaannya...
Enjigay...eh enjin bay
Mbl ini menggunakan mesin L15A 1500 cc bertenaga 120 DK dan ditandem dgn tranny 5 speed manual ato matic... Utk kinerja akan kubahas di bagian berikut...
Impressions
-Me as driver
Puter kunci, stater mesin cempreng bener kek sesak napas gt... Pindahkan gigi ke D, dan injak gas full... Respon mesin cepat, tenaga ga abis2... 120 HP emang ga boong... Naik 100 KMH juga gampang... Emang L15A kuat di putaran atas, tp ngempos di putaran bawah... Tipe S ga ad paddleshift, tp tinggal main L-2-D3-D aja... Gw lebi suka cara ini sih drpd paddlepop ala tipe RS... Pun ga terlalu beda jauh performanya..
Respon mesin juga cepat, klo banding CRV RM padang sih lebi cepat Jazz ini... Di RM padang, ad jeda sedikit sblm kickdown & mbl melontar... Nah, di Jazz ini hampir ga ad jeda... Ntah krn settingan ECU (owner mbl ini ababil style bgt bawanya) ato apa gw ga tau...
Handling masi kalah ama Mazda2... Tp klo bikin powerslide gampang.. Handbrake gt loh... Stir ringan tp ad feedbacknya drpd RM padang yg lebi ringan dr Jazz (keterlaluan)

Utk konsumsi BBM, boros.. Pengakuan owner, cuma dpt 1:7.3 plg irit di MID (dalkot dan pake subsidi)
-Me as passenger
Kabin belakang Jazz ini luas ruang kakinya & ruang kepalanya klo banding dgn yg laen... Bantingan Jazz ini cukup keras... Rattle di subwoofer & doortrim (dikit) cukup mengganggu...
Verdict
Hatchback yg bagus utk harian & performanya yg enak... Tp melihat pricetagnya yg cukup sadis dan tipe RS yg ga guna gimmicknya bagi gue, mending tipe S ajah (mumpung bonusnya lg banyak) ato incer seken janda muda...

Pros:
-Tenaga ajib utk hatch 1500 cc
-Reliable
-Harga seken kuat
-Kabin luas, bagasi luas
-Byk parts modifikasi
-Fun to drive
Cons:
-Overpriced (damn you Jonpis)
-Bantingan keras
-Panel plastik gampang rusak (plastic dekat head unit & emblem H di stir udh lepas catnya)
-Interior norak
-Perpindahan transmisi AT kasar
