Review Tata Aria PURE MT 2014

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Review Tata Aria PURE MT 2014

Post by madcat015 »

Selamat petang ane haturkan kepada seluruh silent readers, kamen riders, members, momods dan momOOTs, juga para piyikz...

Perkenankan nubie untuk meripiu mobil lagi... :mky_01:

Kali ini mobil dari negeri pemilik Jaguar Land-Rover...

====================================

Setelah janjian dengan bro ChZ, akhirnya ane dijemput... *otot paha kanan dalam masih cedera... ouchie!* :ungg:

Segera kami ngelencer ke Surabaya Motor Show di GrandCity... Dan aha! Target sudah di depan mata... waktu nya menjajal...

Tata Aria Pure MT... :mky_02: :mky_02: :mky_02:

====================================

Eksterior


Tata Aria memiliki penampilan yang cukup menarik... karena jarang terlihat di jalan...

Muncung nya agresif dengan dual barreled head lamp (istilah marketing Tata untuk konfigurasi lampu proyektor nya dimana lampu jauh diletakkan di sebuah tabung di atas lampu utama proyektornya). Hmmm... terdengar seperti dual torpedo launcher...

Image

Kurangnya fog lamp pada tipe ini menjadi hal yang menyedihkan. Ane todong salesnya, dan dia bilang ini Aria mid-level. Yang high-end 4x4 dengan fitur dewa...

Dari samping, penampilan mobil ini benar2 menunjukkan dimensi nya yang besar... panjang badan 4780mm dengan wheelbase 2850mm dan lebar 1895mm... Nyaris menyamai dimensi Mazda8.

Image

Fender garnish dan door garnish cukup serasi untuk mempercantik tampilan nya... Pun dengan ban berukuran 235/70 R16 Bridgstone Dueler yang membuat kening kucing ane berkerut... Ban semi-offroad oi...

Dari belakang... penampilannya benar2 menyedihkan... :off_no:

Ya, kaca belakang besar itu baik... tapi tolong... bikin bokong nya lebih baik lagi... benar2 plain, tawar, hambar, souless... Ane hanya dapat menatap bokong Aria dengan miris...

Image

Meski terselamatkan oleh dual tail pipes...


Secara keseluruhan, penampilan Aria cukup segar... selama ente ga berada di tepat di belakang mobil ini... :upss:

=============================

Interior

Errrr....

Parah. :big_slap: :big_slap: :big_slap:

Kualitas plastiknya menyedihkan... amat sangat menyedihkan. Tekstur jelek, gap panel besar... dan faux-wood panel nya benar2 membuat mata ane katarak....

Image

Image

Image



Center dash untungnya cukup baik dengan HU integrated... sayangnya ancur di panel AC... Knob putarnya ringkih... meski terlihat lebih baik dari knob kompor di Grand New Kijang Inopahhhh... Tuas transmisi bertengger di center console segede gaban, menunjukkan ada versi 4x4 dari MPV mutan ini.

Image

Plus, ada ECO mode untuk AC..... entah buat apa gunanya...




Glovebox cukup berlimpah di depan, ada di bagian atas dan bawah...

Image


Dan tentu saja, overhead compartement ala kabin pesawat yang... berlebihan... tidak praktis kecuali untuk menyimpan kacamata hitam, fiesta, alcohol swab, tissue, dan segala macam perlengkapan tempur. :ngacir:

Image


Di bagian tengah kompartemen menggelikan ini, terdapat blower controller untuk baris kedua dan ketiga, secara elektrik.

Image





Door trim terlihat cukup baik, hingga saat ane menyentuhnya. Ringkih dan kualitas plastik tidak lebih baik dari dashboard... Jelek dan kasar.

Image

Image



Leg room baris kedua menyenangkan sekali... lega saat kursi depan di mundurkan penuh...

Image

Dengan airvent dari center console dan pillar B... *mana itu piyikz penggemar rear airvent...*

Image

Image

Dan leg room baris ketiga benar2 lega meski saat kursi baris kedua di mundurkan maksimum...

Image

Menurut standar di negeri inspektur Vijay sana... satu milimeter pun akan dicoba untuk dijejali dengan 10 orang dewasa... dan tentu saja, bonus airvent di pillar C...

Image

Airvents adalah kunci untuk membuat mobil yang bagus... :mky_03:


Satu hal yang cukup menarik, kursi baris kedua dan ketiga dapat dilipat... rata lantai menurut Tata...

Menurut ane...

Image

Mirip dengan jalur tanjakan di Batu... :big_slap:


Lanjut dengan melihat bagasi dan under tray yang biasa2 saja, hingga ane melirik ke tengah pintu bagasi...

Image

Waow! Toa? Subwoofer? Heat sink? Secret rocket air intake? Oxygen generator? :upss:



Image

Secara keseluruhan, kualitas kabin bagaikan buah delima... Kursi tebal dan empuk dengan fleksibilitas baik, tetapi ternoda oleh kualitas material dan perakitan serta gimmick tidak praktis.

Ane bimbang... :ungg:

=============================

Under the skin...

Balik ke depan, angkat kap mesin... Voila!

Image

Sebuah enjin 2197cc Direct Injection CommonRail Diesel dengan turbocharger bertengger di sana... Menghasilkan 140hp dan 320nm @1700rpm... yang dipasangkan ke transmisi 5sp MT dengan Synchromesh.

Terdengar dan terlihat biasa hingga saat ane melihat ke turbochargernya...

Image

GARRETT ui... :mky_02:

Dan yang bikin ane salut... ABS 4 channel dengan EBD... :off_good_job:

Image

Serta radiator dan intercooler yang diletakkan cukup jauh dari bumper... :off_good_job:

Image


Masalahnya, battery merek Amaron... yang diletakkan terlalu dekat dengan enjin...

Image

Pilihannya sulit, battery kepanasan dan mampus, atau modul ABD dan power steering yang kepanasan dan membuat mampus... :ungg:

=================================

Driving impression

Segera setelah semua paperwork untuk permohonan TD selesai, ane dan bro ChZ berjalan ke parkiran. Tekan tombol remote... buka pintu... dan, masuk ke dalam kabin butuh sedikit usaha karena cedera di paha kanan ane... pun profil mobil cukup tinggi dengan GC 200mm.

Dengan benda primitif berbentuk pipih itu, ane men-start mesin...

Image

Suara mesin cukup halus, getaran tidak terlalu terasa, dan kekedapan cukup membuat ane berpikir ini bukan mobil dari negeri pembuat kari dan roti prata dan kamasutra dan seni menari dibawah hujan badai sambil memeluk tiang listrik.

Asal interior diganti yang lebih manusiawi... dan instrument cluster diperbaiki... jelek sekali... :big_slap:


Ane segera mengamati pandangan keluar mobil... lega sekali, blind spot minimal, posisi duduk tinggi dan nyaman, grip setir baik... Pillar A tidak terlalu mengganggu pandangan, dan ahoy! ada tutup plastik untuk Airbag... Versi ultimate high-end nya Aria bakal benar2 menarik nih, sayangnya, tipe yg dimasukkan ke Indonesia adalah tipe menengah... Jarang ada mobil kelas menengah yang punya airbag di pillar A...

Baiklah, set AC ke posisi 3... panas ui...

Injak kopling yang ternyata ringan... masukkan gear ke posisi 1, lepas kopling... dan ane terkesan... Kopling cukup halus dengan pedal yang ringan, gear lever mudah masuk ke posisi gear manapun dengan tepat... dan setir nya... luar biasa berat!!! :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head:

Ajegile nih mobil... kayak nyetir KiSup 1988 yang non PS... Sang sales berkata "Pak, kalo mw parkir gini enak berat setirnya, kalo terlalu ringan jadi membahayakan. Pun untuk kencang juga enak." Ane mw protes tapi berpikir... yah, beginilah ATPM baru... Setir untuk parkir atau lowspeed enak yang ringan dan kalo kencang baru seberat ini cukup enak... :big_slap:


Apapun itu, ane menggelindingkan mobil menuju ke belakang GrandCity... suara ban teredam dengan baik. Ini mobil ladder frame... tentu saja baik untuk melibas jalan hancur tanpa suara rintihan suspensi ala monocoque...

Belok kiri dan ane segera injak gas... tenaga flat... biasa saja... cenderung membosankan hingga saat rpm menyentuh 1700... terdengar suara desingan dan hentakan saat turbocharger memompa udara padat ke ruang bakar... 320nm terasa sekali lebih dari cukup untuk menghela mobil berbobot nyaris 2.7 ton ini... Sensasi full powahh terus berlanjut hingga rpm 3000an untuk kemudian tenaga mesin kembali flat dan menjelang redline, mesin asma... :big_slap:

Segera ane melakukan quick shift ala madcat aka GymCatNa... kurangi tekanan pedal gas, injak pedal kopling, masukkan gear ke dua under 1 detik, lepas kopling sembari menginjak pedal gas hingga menempel ke lantai...

........

Oh my... mesin terasa benar2 effortless dan bekerjasama dengan 5sp MT nya, menyenangkan sekali... benar2 mampu dan pas untuk mobil ini... ane mencoba meliuk2 di tengah2 lalu lintas...

Feedback setir cukup baik dan body roll cukup manusiawi... tetapi bokong mobil yang firm memberi ane kepercayaan diri... Dan setelah nya, ane iseng tailgating sebuah Apanja... tekan rem dan hohoho... stopping power cukup besar, sayang butuh sedikit tuning di rem agar kaliper bisa menggigit discbrake dengan lebih percaya diri...

Ane penasaran dengan kemampuan melibas jalan jeleknya, dan sekali lagi, ane melewati belakang GrandCity dengan kecepatan medium, menghajar jalan jelek di ramp pintu keluar GrandCity... Benar2 impresif... peredaman suspensi superior dan chassis memberikan peredaman yang baik juga. Profil ban tebal juga membantu kenyamanan suspensi mobil ini...

Sayangnya, ane sudah menghabiskan 4km jatah TD, mw tidak mw ane harus mengembalikan mobil ini ke lokasi parkir... :ungg:

Sebelum kunci berpindah tangan, ane sempat mencoba fitur Follow-me-home. Tekan tombol di remote, seluruh lampu eksterior menyala, tekan kembali tombol... voila! lampu padam... :off_good_job:

=============================

Verdict

Tata Aria Pure MT 2013

Sebuah MPV dari India yang menurut ane... cukup baik. Dapat menjadi pilihan bagi yang sudah bosan dengan Tiada Duanya...

Ladder frame, diesel turbocharged bertenaga, transmisi mantab, sanggup minum solar busuk, 7 seater, kursi nyaman, GC tinggi, profil ban semi offroad...

Sayangnya, kualitas interior menyedihkan sekali dan beberapa gimmick yang diberikan kurang praktis seperti overhead compartment itu. Pun terkendala ATPM yang baru seumur jagung, image mobil murah India, dan keandalan yang belum teruji.

Secara sensible, akal sehat, Tata ARIA PURRRR dapat menjadi pilihan lain. Asal mata ane ditutup kain item... :ngacir:

Pro: :off_good_job:
- Penampilan segar... dan menyenangkan. Asal ga liat bokong nya yak.
- Enjin bertenaga dengan transmisi manual yang menyenangkan.
- Handling baik dengan suspensi nyaman dan rem dengan stopping power cukup besar
- Kursi tebal dan empuk, leg room lega, kursi row 3 dapat dilipat ke depan, posisi air vent unik tapi praktikal.
- Beberapa komponen nya membantu mobil ini secara harafiah: GARRETT turbo, posisi radiator jauh dari bumper.

Cons: :off_no:
- Tata
- Interior jelek... sangat jelek dengan finishing mengerikan. Panel gap di mana2.
- Overhead compartment yang aneh.
- Pengoperasian untuk pelipatan kursi kurang mulus.
- Setir naujubile beratnya
- Tata
- Tata

=================================

Setelah selesai, ane dan bro ChZ sempat melipir ke booth Subaru untuk menyapa teman ane...

"ko, kalo unit TD Forester 4th gen sudah datang, ane kontak ya. Mohon di TD mobil itu..."

"Ohohohoho... tentu saja bro..." :big_smoking: :big_smoking: :big_smoking:


*madcat style TD indeed you will have...* :drinking:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: Review Tata Aria PURE MT 2014

Post by axala »

Pertadex :mky_02: :mky_02:

such a wonderful nubie from indihey.... :mky_03:

dia memulai dengan baik dari design gembung n system2nya,handling nya...kompartemen2 yg tidak biasa (sgt "cerdas" :mky_03: ) ......apalagi rear airvent yg banyak.....dirancang berdasarkan salah satu regulasi indihe yg menyulitkan buat masang kaca pilem :mky_03:

ane setuju dengan anda capt.kitteh :mky_03: airvent adalah kunci membuat mobil yg bagus :mky_03:

soal interior quality. ...udh ane cek keburukannya.. :big_smoking: yg di konsol terasa kaya embler plastik :mky_01: .....dan yg di dalem laci2 terasa kaya mainan anak2....bahkan gapnya yg besar2 ....

Ane bakal pilih ini dibanding sang tiada duanya...kalo tata udh mulai berkeliaran banyak :mky_03: ....biar yg penting bukan cuma ane sendiri yg percaya ama tata :mky_01:



Kok....dipict yg setir yg ada faux woodnya...mengingatkan ane ama GL ya :big_slap: :big_slap:
Last edited by axala on Sun Mar 16, 2014 12:15, edited 4 times in total.
Pursuit of Perfection
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Tata Aria PURE MT 2014

Post by ChZ »

akhirnya meluncur juga :mky_02: duet ripiu SU-MPV hari ini lengkaplah sudah.... America+India :mky_03:

and the good news was from India... sebuah brand underqod yang sangat mengesankan dan tidak terduga...

siapa sangka sebuah brand underqod memberikan penawaran yang sangat baik di MPV seharga 260jeteng.... :mky_02:

ripiu dari sudut pandang ane, yang tidak nyetir (karena nggak biasa bawa manual :big_slap: ) :

ane akan setuju kalo beberapa dari orang-orang yang gak ngeh akan berpendapat : "ini mobil apaan sih? aneh banget?" ... karena ane juga melihatnya begitu... cukup aneh memang...

masuk ke interiornya... i'm f*cked up... finishing ga rapi, cheap plastics everywhere.... woodpanel yang..... jelek... merusak mata ane...

setelah kita in-depth sambil nunggu unit TD siap... ane masih blm menemukan impresi apa-apa di Aria ini...

setelah unit TD siap, masuk mobil, dan...... mod kucing start the engine.... loh suaranya kok halus... getarannya minim.... :big_chicken: diesel loh ini... seriously? :big_chicken: tata?

dan momOOT kucing menggelindingkan mobil ini keluar parkiran GC... kena jalanan agak hancur dan.... lah... getarannya nggak masuk kabin.... dan bantingannya jg manusiawi... what a car... :big_chicken:

waktu mod kucing gaspol mobil ini, sangat terasa tranny nggak kewalahan, enjin dan tranny bekerja dengan baik menyalurkan tenaga ke mobil.... apalagi waktu turbo udah spool up di 1700RPM.... :big_slap: sangar uy... this is a Tata? :big_slap:

ane sampe terakhir sesi TD masih blm tau berapa output HP dan torsinya.... dan ane kaget, 140hp & 320Nm.... :big_slap: such a powahhh....

dan setelah itu kami ubek-ubek enjin.... we found a GARRETT turbo... :big_chicken: plus intercooler... dan setelah itu mod kucing memberikan kuliah singkat yang-agak-panjang ke sales TATA... :ngacir:

point terakhir... jangan lupa ajak ane kalo TD Fozzy 4th gen :big_smoking:

bonus : wajah kucing yang berbahagia di balik kemudi Aria.... :mky_03:

Image
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
papico
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Tue Mar 05, 2013 3:25
Location: Pati - Jateng

Re: Review Tata Aria PURE MT 2014

Post by papico »

Berat 2.720kg ?? :big_chicken:

... wow
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Review Tata Aria PURE MT 2014

Post by JESKONENG »

140hp/320nm kayaknya masih kurang besar utk bobot 2.7 ton ....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: Review Tata Aria PURE MT 2014

Post by axala »

ChZ wrote:-----CUT-------

bonus : wajah kucing yang berbahagia di balik kemudi Aria.... :mky_03:

Image
Ane nampaknya tahu kenapa wajah kitteh yg berbahagia berbalik arah ke jendela didepan kemudi ariawiguna :mky_03:

Nampaknya sang kitteh sedang membandingkan si ariawiguna dengan ipah dono putih yg ada diluar itu :mky_03: :mky_03:

"Dalam hatinya ke ipah dono.....so long suckaa" :mky_03: :mky_03:
Pursuit of Perfection
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Review Tata Aria PURE MT 2014

Post by artoodetoo »

TATA ini grup musik ya? :big_chicken:


*itu TOTO* :big_slap:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Review Tata Aria PURE MT 2014

Post by NYoman »

acha acha i like it..
Btw that a massiv turbo.. Mobil ini berat apa karena memang body yg tebal seperti di iklan nya?
Untuk ATPM yg seumur jagung gw memahami bagaimana porduk TATA yg satu ini, tapi terlepas dari itu semua mobil ini banyak sekali memberikan sesuatu yg hampir tidak ada di kelasnya, airvent sebanyak itu cuma memang menambah harga jualnya..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Tata Aria PURE MT 2014

Post by madcat015 »

@bro airvent... errr... axala: nah, itulah fokusnya. Perbaikan besar di sektor interior dan sedikit refinement di eksterior akan jadi nilai tambah untuk Tata.

Pun untuk setir yg luar biasa beratnya, dan issue keandalan yg menghantui bisa diperbaiki...

Di India, Aria masih dibantai Ipah. Apalagi di Indonesia...

Tetapi, what a car Aria is. :mky_01:

Dibandingkan dono putih itu... :mky_03:


@bro ChZ: indeed bro ChZ... merek underqod yang ternyata cukup mumpuni... cukup bisa memberikan suatu kesan yg cukup mengena bagi ane...


Aria ini serba....... nanggung. Eksterior nanggung menariknya, enjin nanggung displacement nya (ane berharap 2500cc), setir ga tanggung2 berat nya dan interior ga tanggung2 buruknya.


Terbayar dengan pengalaman mengemudi menyenangkan dan satu hal yang harus dibuktikan Aria...


Dia harus dapat diandalkan dan tahan banting dgn kondisi jalan di Indonesia.


Anyway, terima kasih udah jadi chaffeur ane, bro ChZ... me leg is still hurting. :ungg:


@om papico: bener om. Ane juga kaget, 2.7 ton! Untung diesel... dan untung torsi cukup. :mrgreen:

@om jeskoneng: rasanya mesin ini bisa diperas outputnya. Cuman masalah ketahanan mesin ini yg masih jadi tanda tanya, om.


@moot droid: Toto itu bukannya merek Jacuzzi yak? :big_chicken:

@bli nyoman: nah, itu dia bli nyoman. Ada beberapa hal yg menarik yg diberikan Tata. Airvent itu yg bikin ane geleng2... they must be nuts... urusan ducting dan cabling pasti rumit...

Pun kompartemen di tengah atap... overkill... ga praktis.

Tapi di luar brosur, ane menyukai karakter enjin dan handling nya. :mky_01:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: Review Tata Aria PURE MT 2014

Post by axala »

artoodetoo wrote:TATA ini grup musik ya? :big_chicken:


*itu TOTO* :big_slap:
Toto bukannya kloset ya :ngacir: :ngacir:
Pursuit of Perfection
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Tata Aria PURE MT 2014

Post by ChZ »

madcat015 wrote: @bro ChZ: indeed bro ChZ... merek underqod yang ternyata cukup mumpuni... cukup bisa memberikan suatu kesan yg cukup mengena bagi ane...


Aria ini serba....... nanggung. Eksterior nanggung menariknya, enjin nanggung displacement nya (ane berharap 2500cc), setir ga tanggung2 berat nya dan interior ga tanggung2 buruknya.


Terbayar dengan pengalaman mengemudi menyenangkan dan satu hal yang harus dibuktikan Aria...


Dia harus dapat diandalkan dan tahan banting dgn kondisi jalan di Indonesia.


Anyway, terima kasih udah jadi chaffeur ane, bro ChZ... me leg is still hurting. :ungg:

kalo liat dari spek dan perawakannya... kayanya sih cukup robust yak mobil ini... :ungg: entah gimana ntar kelanjutannya... dan ASSnya terutama

soalnya, ASS itu hal yang susah, untuk brand yang lagi berkembang... yang ane amati selama ini, bahkan merek yang sudah berhasil bangkit pun ASSnya masih amburadul... Ford contohnya... :ungg:

hoho.. anytime mod... ur welcome :big_smoking:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
jason28
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Tue Dec 31, 2013 4:38

Re: Review Tata Aria PURE MT 2014

Post by jason28 »

Ane kemaren ke SMS 2014 :big_childish: , bokap ane lagi bingung buat gantiin tu xenia, jadi kemaren TD mobilinyong sama r3 (bukan kw8) sekaligus :mky_01:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Review Tata Aria PURE MT 2014

Post by billyd1773dz »

mantep review nya :D
ngarep versi 4x4 nya di jual lagi.. dan errr itu juga mikir 3x untuk minangnya sih hehehe :D ..... dan di bdg beres nya di mana.




btw 2.7T tepatnya 2675Kg itu Gross Vehicle Weight bukan kerb weight, kerb weight nya sendiri 1.920kg

bandingkan dengan Pajero Sport GVW nya 2710Kg dan kerb weight nya 2065Kg jadi TATA ARIA masih Lebih ringan dari Pajero Sport

jgn ketuker berat kotor dan berat kosong hehehe :D

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Tata Aria PURE MT 2014

Post by ChZ »

billyd1773dz wrote:mantep review nya :D
ngarep versi 4x4 nya di jual lagi.. dan errr itu juga mikir 3x untuk minangnya sih hehehe :D ..... dan di bdg beres nya di mana.




btw 2.7T tepatnya 2675Kg itu Gross Vehicle Weight bukan kerb weight, kerb weight nya sendiri 1.920kg

bandingkan dengan Pajero Sport GVW nya 2710Kg dan kerb weight nya 2065Kg jadi TATA ARIA masih Lebih ringan dari Pajero Sport

jgn ketuker berat kotor dan berat kosong hehehe :D

:beer:
ah ya... thanks bro billy ngingetin...

mOOT kucing... tadi itu Gross vehicle weight.... bukan kerb weight :mky_01:







ngomong ngomong.... gegara TD Aria tadi... ane jd banyak gugling soal tata :big_slap:

what a company... comes from a great vision...

India sudah bikin mobil sendiri, Malaysia udah... Indonesia? :big_slap:

ngomong2 mOOT... boleh nih kapan-kapan kita coba Proton... Exora Bold.. 1.6L Turbocharged... :mky_02:
Last edited by ChZ on Sun Mar 16, 2014 15:22, edited 2 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
Location: Bandung

Post by WongZo »

Om ModCat, fun to drivenya enak mna ma ipah D4D?
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: Review Tata Aria PURE MT 2014

Post by grandis_GT »

nice review bos :big_exellent: , tapi over all kayaknya kualitas mobil" india :mky_04: ini selevel lebih baik di banding mobil cina dan indonesia :big_slap: cmiiw
meter cluster nya jelek bnget :big_weee:
fayenatics
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: Sun Mar 13, 2005 13:26
Location: Surrrr

Re: Review Tata Aria PURE MT 2014

Post by fayenatics »

ChZ wrote:
billyd1773dz wrote:mantep review nya :D
ngarep versi 4x4 nya di jual lagi.. dan errr itu juga mikir 3x untuk minangnya sih hehehe :D ..... dan di bdg beres nya di mana.




btw 2.7T tepatnya 2675Kg itu Gross Vehicle Weight bukan kerb weight, kerb weight nya sendiri 1.920kg

bandingkan dengan Pajero Sport GVW nya 2710Kg dan kerb weight nya 2065Kg jadi TATA ARIA masih Lebih ringan dari Pajero Sport

jgn ketuker berat kotor dan berat kosong hehehe :D

:beer:
ah ya... thanks bro billy ngingetin...

mOOT kucing... tadi itu Gross vehicle weight.... bukan kerb weight :mky_01:







ngomong ngomong.... gegara TD Aria tadi... ane jd banyak gugling soal tata :big_slap:

what a company... comes from a great vision...

India sudah bikin mobil sendiri, Malaysia udah... Indonesia? :big_slap:

ngomong2 mOOT... boleh nih kapan-kapan kita coba Proton... Exora Bold.. 1.6L Turbocharged... :mky_02:
proton exora , menarik untuk di coba
nubie penasaran dengan tata dan proton, walau denger nama india sudah langsung ngga nafsu segala, tapi lebih ngga nafsu denger nama cungkwok :D
galauuu mode on
galau foreva
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Review Tata Aria PURE MT 2014

Post by NYoman »

oh ya satu lagi, bentuk ban nya garang amat ya.. itu A/T atau H/T ya.. Kalau H/T looks like geolandar ya ban punya bridgestone nya..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Tata Aria PURE MT 2014

Post by ChZ »

fayenatics wrote:
proton exora , menarik untuk di coba
nubie penasaran dengan tata dan proton, walau denger nama india sudah langsung ngga nafsu segala, tapi lebih ngga nafsu denger nama cungkwok :D
jadi.... agenda TD SM Surabaya berikutnya : Fozzy gen 4 dan Exora Turbo? :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Tata Aria PURE MT 2014

Post by ChZ »

NYoman wrote:oh ya satu lagi, bentuk ban nya garang amat ya.. itu A/T atau H/T ya.. Kalau H/T looks like geolandar ya ban punya bridgestone nya..
Bridgestone Dueler H/T...

geolandar kan yokohama bro nyoman :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Review Tata Aria PURE MT 2014

Post by ricz »

Cukup menarik ya mesin mbl ini...

Drpd Ipah... impoten sekaleee dibawah 3000 rpm... :big_slap:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Review Tata Aria PURE MT 2014

Post by VanzMatic »

Kok bagi saya, meter clusternya lumayan ya? Compare to mobil ini sebagai mobnas India.
Ane suka simplisitas meterclusternya. Informatif, ngga njelimet.

Facia depan.... ungngng... kurang sreg. Tapi radiator grille sebesar itu, ane suka.
Panel gap...?
Terlalu horror untuk ane jembrengkan disini berikut wooden panelnya.
Masih mendingan wooden panel avanza xenia yang norak untuk center dash itu, dibanding wood panel Aria ini. Kesannya terlalu maksa untuk dipasangin wood panel deh...
Bahkan mutu nya lebih jelek dibanding nempelin stiker scotchlite motif wood panel.. seriously..
:big_slap:

Ane suka dengan dieselnya. :big_exellent:

Excellent review, modcat! Jadi pengin melihat wujud beneran..!
:big_exellent: :big_exellent:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
ola_comoesta
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Sun May 19, 2013 10:00

Re: Review Tata Aria PURE MT 2014

Post by ola_comoesta »

Kesannya klo liat tata skrg interiornya kayak comotan sana sini ya, bayangan ane urutan gradenya gini :
Malaysia-india-china...heheheh

padahal yg divisi angkutan tata oke loh, diler di indo ada brp ya?
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Tata Aria PURE MT 2014

Post by madcat015 »

ola_comoesta wrote:Kesannya klo liat tata skrg interiornya kayak comotan sana sini ya, bayangan ane urutan gradenya gini :
Malaysia-india-china...heheheh

padahal yg divisi angkutan tata oke loh, diler di indo ada brp ya?

Nah, benar sekali bro ola... Ane kemaren sempat liat Tata Storm... Jangan tanya built quality nya... Gap antar panel di sisi kiri setir *bro ChZ yang menemukannya* benar2 kacau... tidak saling mengunci dan mangap...

Ane bisa parkir sebuah tanker VLCC diantara gap itu. Sampai ane seret sales dan Spv nya: "This... is... not... good" :big_slap:

Tata Truck merupakan salah satu truk paling populer di India sana... Murah, mudah dirawat, cukup manusiawi, dan akan meninggalkan spareparts di jalan. :ngacir:


Di Sby, ada dua diler: Satu di pucang, sebelah showroom temen ane "Star Motor", satunya di Arief Rachman Hakim, depan Arraya. Jadi satu sama FAW... Kedua diler itu milik orang yang sama, ex direktur marketing Indomobil dan ex management board Astra International jaman om William, juga teman kuliah ex presdir MMI: Yoshiya Horigome. Panggilannya: babe... kemaren ane sempat liat beliau, tp ane langsung kabur... :ngacir:

O iya, bos nya Tata Sby pake Mazda5 :mky_03: :mky_03: :mky_03:

VanzMatic wrote:Kok bagi saya, meter clusternya lumayan ya? Compare to mobil ini sebagai mobnas India.
Ane suka simplisitas meterclusternya. Informatif, ngga njelimet.

Facia depan.... ungngng... kurang sreg. Tapi radiator grille sebesar itu, ane suka.
Panel gap...?
Terlalu horror untuk ane jembrengkan disini berikut wooden panelnya.
Masih mendingan wooden panel avanza xenia yang norak untuk center dash itu, dibanding wood panel Aria ini. Kesannya terlalu maksa untuk dipasangin wood panel deh...
Bahkan mutu nya lebih jelek dibanding nempelin stiker scotchlite motif wood panel.. seriously..
:big_slap:

Ane suka dengan dieselnya. :big_exellent:

Excellent review, modcat! Jadi pengin melihat wujud beneran..!
:big_exellent: :big_exellent:
Terima kasih om VM... :mky_01:

Sangat informatif om VM, cuman mmg kurang atraktif... :ungg:

Betul, tadi malam ane diskusi om Turbo dan kami sepakat: LCGC punya panel gap dan kualitas dashboard yang sedikit lebih baik dari Aria.

Engine wise is good, if not impressive... :off_good_job:

Monggo di TD di diler Tata terdekat om... :ngacir:

ricz wrote:Cukup menarik ya mesin mbl ini...

Drpd Ipah... impoten sekaleee dibawah 3000 rpm... :big_slap:
Ipah turbo kick di berapa bro ricz?

Enjin tata tidak akan ane jabarkan dengan impoten... memang torsi flat... biasa saja... tapi begitu 1700rpm, all the fun begins! :mky_02:

ChZ wrote:
fayenatics wrote:
proton exora , menarik untuk di coba
nubie penasaran dengan tata dan proton, walau denger nama india sudah langsung ngga nafsu segala, tapi lebih ngga nafsu denger nama cungkwok :D
jadi.... agenda TD SM Surabaya berikutnya : Fozzy gen 4 dan Exora Turbo? :mky_03:
Fozzy Gen4 dan DoubleCab Ford... entah apa yang akan di TD nanti... :mky_01:

grandis_GT wrote:nice review bos :big_exellent: , tapi over all kayaknya kualitas mobil" india :mky_04: ini selevel lebih baik di banding mobil cina dan indonesia :big_slap: cmiiw
meter cluster nya jelek bnget :big_weee:
Terima kasih om grandis_GT... :mky_01:

Kualitas enjin dan mekanikal nya ane harus akui bagus... tapi untuk ketahanan ane belum tau.
Kualitas interior masih harus berbenah... tapi setidaknya, India dan China uda punya mobnas...


Indonesia...? :ungg:


WongZo wrote:Om ModCat, fun to drivenya enak mna ma ipah D4D?
Nah, di Ipah Diesel MT, transmisi 1-2 nya terlalu pendek nafasnya. Harus sering ganti 1-2-1-2... Kemudian power baru terasa di atas 2500, itu uda separuh rev mesin...

*mobil standar yak, bukan ipah nya om htannis atau om turbo yang brutal dan bikin kapal induk ane selemot... kapal induk.* :ungg:

Body roll dan sway Aria lebih baik dari Ipah dengan driving position tinggi dan feedback yang bagus... sayangnya, ane belum sempat mengeksplore steering system Aria. Tadi malam om turbo sempat diskusi sama ane dan dia menemukan kalau steering nya kurang linear...

Ane malah menemukan, setirnya berat sekaleeeee... :big_slap:

billyd1773dz wrote:mantep review nya :D
ngarep versi 4x4 nya di jual lagi.. dan errr itu juga mikir 3x untuk minangnya sih hehehe :D ..... dan di bdg beres nya di mana.




btw 2.7T tepatnya 2675Kg itu Gross Vehicle Weight bukan kerb weight, kerb weight nya sendiri 1.920kg

bandingkan dengan Pajero Sport GVW nya 2710Kg dan kerb weight nya 2065Kg jadi TATA ARIA masih Lebih ringan dari Pajero Sport

jgn ketuker berat kotor dan berat kosong hehehe :D

:beer:
Ahhh... terima kasih bro billy... :mky_01: *menjura ke master lumpur...*

Yep, itu GVW... sama kayak kapal induk, CW nya 1.7 ton, GVW 2.25 ton...

Berikutnya akan ane pake Curb Weight aja ya bro... :mky_01:

jason28 wrote:Ane kemaren ke SMS 2014 :big_childish: , bokap ane lagi bingung buat gantiin tu xenia, jadi kemaren TD mobilinyong sama r3 (bukan kw8) sekaligus :mky_01:
Kemaren ane sempat liat monyong keliaran...

Entah kenapa lekukan2 di samping monyong benar2... menyakitkan mata ane... Ini bagaikan antithesis CRV RE. Pertama kali keluar di 2007 "Mobil apa ini..." Seiring dengan berjalannya waktu, malah timeless itu RE...

Lah, monyong? :ungg: :ungg: :ungg:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
ola_comoesta
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Sun May 19, 2013 10:00

Re: Review Tata Aria PURE MT 2014

Post by ola_comoesta »

Wkkwkwkwkkw adiknya kapal induk donk...satu seperguruan fufufufu...emang setir seberat brp sih mod, penasaran koq kesannya g lazim beratnya hehehe.