le prolog
----------------
Hikayatnya dimulai ketika ane mengajukan mendaftarkan diri untuk pergi ke batam bersama sodara ane di hari libur sekolah yg mendadak ini, perjalanan yg tenang n mendadak disambut dengan tante ane yg muncul dengan Wish nya
Wish ini sebenernya bukan asli dibeli lewat batam pk plat bodong2an....tp udh ada sejak dulu...sejak paman ane dipindah tugas dibatam,so pasti wish kesayangannya ikut dibawa dimarih
Selanjutnya,tante ane n sodara ane memutuskan untuk ambil cucian baju di suatu daerah yg nggak ane pahami,maka ane manfaatkan saat2 tersebut untuk mendalami si wish itu

----------------------
Le history
Wish ini adalah mobil JDM yg sebenernya dijual resmi dimalay,taiwan n SG, kecuali indo yg penjualannya langsung dr IU. Terdiri mobil ini atas 4 type yg terdiri atas 3 buah type 1.8 n 1 buah type 2.0 bermesin D4 (direct injection ayoyot) yg tak bisa minum pulemium...sehingga jarang populasinya disini
Berikut kelengkapannya yg ane tahu berdasarkan pemantauan ditokobaik n wiki

1.8 G
-Kelengkapan standart ala ipah G
(Tanpa double blower...gaada wish yg double blower)
-Ac digital
-jok fabric sporty

1.8Z (yg kita coba hari ini

-kelengkapan 1.8G dengan
-Auto window (semuanya)
-sunroof
Lalu type 1.8 full option
-type 1.8Z ditambah
-leather seat
-captain seat
-body kit (jd mirip grandis GT bodykitnya)
Dan type 2.0Z
-type 1.8 G ditambah
-7 speed CVT tiptronic
- no leather seat
Juga type 2.0Q
-type 2.0Z dengan ditambah
-leather seat
-captain seat
- bodykit
-GBook system
Sudah dulu deh...aga rada2 sotoy ni penempatan type2nya...berhubung Ini mobil JDM dari IU yg ada banyak option2 macem2 kaya harrier yg bisa tambah fitur ini itu yg bikin bingung ngeliat kelengkapannya
Makanya ane kurang bisa ngejamin pasti kelengkapan2 yg ada di type2 tadi

So...mari kita lanjut aja ke mobil yg bakal ane impresikan...( namanya juga first impression ,bukan review yg ada TD nya...iya nggak

Da First impression
Mobil ini didisain streamline...sebagai pesaing honda stream yg line n mazda premacy aka mazda5

When I see this car...ane merasa ini mobil lumayan mewah (gara2 langka Kali ya


Bokongnya yg imut mirip2 hatch...gakerasa kalo disainnya panjang n sekali lagi...streammliinnnee....

--------------------
Selanjutnya...interior (part yg ane suka)

Dashnya menganut desain non simetris...lebih ke unsur fungsional yg memang kelihatan keren...sayang motif carbon


Konsol tengah yg memang amat2 sangat fungsional di desainnya....terdiri atas tuas transmisi gate model yg didalamnya terdapat matic 4speed
Lalu ada juga kontrol ac digital single zone dan HU yg aslinya bukan monitor

Terdapat sebuah vent ac ukuran normal yg nyempil di dataran atas dash...buat menggantikan fungsi dr rear air vent yg tidak eksis dimobil indah ini


Mobil ini juga punya auto up/down power window...fitur yg biasanya disunat2in ama atpm indo....sementara Trim pintu juga no softpad all hard material....yg tentunya berbuild quality baik


Mobil ini memiliki legroom yg luas dan jok menopang banget memurut piyik seukuran 170cm ini dengan bahan jok aslinya seharusnya fabric item...tp pas ane kesini udh dilapis ama kulit sintetik abu2 imho lebi bagus dilapis pk jok ungu ala dakkar 4x4 /coklat tan ala ferrari/sonata

Mobil ini juga dilengkapi jendela ajaib nan indah diatas kepala....
-----------------------------
La below Da Bonnet
(Kondisi gak memungkinkan untuk memotonya....so ane ambil dr wikik)

Memiliki mesin 1ZZ-FE 1.8 liter serupa dengan milik corolla altis 2000an...yg teruji sudah keReliableannya n keiritannya dengan bensin national masyarakat indonesia
--------------------------
Le me as a rider
Bantingannya enak....dengan kecepatan 60km/jam masi terasa enak...dipadu dengan jok yg amat menopang kaya pjs ane

Desain yg streamline bikin mobil ga serasa terhalang ama aliran angin....ane akui...mobil JDM atoyot bisa dibilang sebagai mobil yg baik
--------------------------
what happen when I seating in the driver side
(Mohon maaf,ane belum boleh nyobain ini mobil


Ane duduk di driver seat ,gear position di P ane coba nginjek pedal rem yg panjaaaang bangeet...diinjek ampe ujung...dengan gas yg responsif pas ane injek diparkiran
Posisi duduk rendah ala sedan....lumayan berbeda jauh dengan mindset ane yg kebiasaan bawa serena C24 yg posisinya kaya van commercial....kebiasaan duduk dibenda macam itu membuat ane agak kaget ama driving positionnya....
Lalu...ane gabisa melanjutkan duduk di driver seat lagi...tante ane n sodara ane udh dateng dr kejauhan...ane segera tutup sunroof n melanjutkan perjalanan ke tempat tukang perbaikan sepatu n koper
---------
epilog
Good car, reliable, rare,easy maintenance,nyaman, no sunat2 ,built quality yg baik....very recommended dengan harga seken 2004-2007 udh di 130-180jutaan.....

Pesaing =
honda stream (110-160jt)
Mazda5 (170-220jt)