[ Sharing ] pengalaman bagi yang pernah punya jazz idsi 2004
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Thu Dec 19, 2013 16:18
[ Sharing ] pengalaman bagi yang pernah punya jazz idsi 2004
Permisi suhu-suhu yang ada di forum otomotif ini , ane sebagai nubitol pengen minta masukan dan saran , serta mau nanya beberapa hal , ane punya rencana buat beli jazz idsi 2004 yg pas di kocek ane secara spesifikasi ane belom tau , ane ga mau beli ini mobil kayak beli kucing dalam karung , ane pengen tau donk spek interior dan eksteriornya dan juga mesinnya , untuk jazz idsi 2004 ada fitur abs ebd , eps , keyless , audio cd dengan usb plug in , airbag , immbolizer dan tilt steering belom? Kalo ga ada apakah fitur teraebut bisa ditambahkan? Terus untuk perawatannya di tahun 2014 mahal ga sih?saya denger" kalo mobil ud umur lewat 5 taon perawatannya mhal banget , kyk koil busi contohnya , koil busi idsi ad 8 kalo rusak bisa tekor 6jt , terus banyak yg blg jg kalo beli mobil bekas itu enakknya cm 4 bulanan awal aja , seterusnya masalah akan terus bermunciulan , ane minta saran"nya dong suhu , dan jg bagaimana cara perawatan mobil kyk jazz idsi ini , ane beli kalo bisa pakenya itu bisa spe 10 taun k depan , terima kasih dimohon sharing pengalaman berkendara jazz idsi dan bantuannya suhu
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: [ Sharing ] pengalaman bagi yang pernah punya jazz idsi
Saya belum pernah punya/pelihara Jazz idsi
Tapi......
Honda sendiri setau saya (cmiiw) sudah ngga keluarin mobil lagi dengan teknologi idsi.
Bahkan paket lcgc yang katanya harus hemat dan efisien bbm saja, di Honda sudah ngga pake idsi, sekarang semuanya pakai vtec
Artinya....???
Tapi......
Honda sendiri setau saya (cmiiw) sudah ngga keluarin mobil lagi dengan teknologi idsi.
Bahkan paket lcgc yang katanya harus hemat dan efisien bbm saja, di Honda sudah ngga pake idsi, sekarang semuanya pakai vtec
Artinya....???
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: [ Sharing ] pengalaman bagi yang pernah punya jazz idsi
Lha tapi koil busi kan jarng rusak. mobil baru juga udh ga pake distributor semua.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2083
- Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
- Location: Bandung
Nubie jg ikut bantu, jazz idsi ga dpt abs, ebd, eps, keyles, airbag, immobilizer. Fitur" itu cmn ad di VTEC 2006 keatas tpi yg khusus jg atau ada di Jazz yg sh CBU atau FIT namanya tpi taun 2002-2003 an. Jazz IDSI bnyak CVT nya yg jebol, klw mw dipake mpe 10 taun lgi harus agak siap juga biaya perbaikannya. Klw mw cari mobil yg lebih muda, klw mw cri yg msh <3 tahun atau cari yang baru kya LCGCericsepbriana wrote:Permisi suhu-suhu yang ada di forum otomotif ini , ane sebagai nubitol pengen minta masukan dan saran , serta mau nanya beberapa hal , ane punya rencana buat beli jazz idsi 2004 yg pas di kocek ane secara spesifikasi ane belom tau , ane ga mau beli ini mobil kayak beli kucing dalam karung , ane pengen tau donk spek interior dan eksteriornya dan juga mesinnya , untuk jazz idsi 2004 ada fitur abs ebd , eps , keyless , audio cd dengan usb plug in , airbag , immbolizer dan tilt steering belom? Kalo ga ada apakah fitur teraebut bisa ditambahkan? Terus untuk perawatannya di tahun 2014 mahal ga sih?saya denger" kalo mobil ud umur lewat 5 taon perawatannya mhal banget , kyk koil busi contohnya , koil busi idsi ad 8 kalo rusak bisa tekor 6jt , terus banyak yg blg jg kalo beli mobil bekas itu enakknya cm 4 bulanan awal aja , seterusnya masalah akan terus bermunciulan , ane minta saran"nya dong suhu , dan jg bagaimana cara perawatan mobil kyk jazz idsi ini , ane beli kalo bisa pakenya itu bisa spe 10 taun k depan , terima kasih dimohon sharing pengalaman berkendara jazz idsi dan bantuannya suhu

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Fri May 14, 2004 14:23
Re: [ Sharing ] pengalaman bagi yang pernah punya jazz idsi
Koreksi sedikit ...
Ane pernah punya Jazz 2004 idsi, pake mulai baru sampe dijual 2009
Sudah ada EPS dan Tilt Steering .. lainnya tidak ...
Lumayan awet juga .. selama pake itu, (80.000km) ... tidak ada masalah berarti, hanya GC rendah, lumayan irit, kabin lumayan senyap
HU sudah ada CD tapi tanpa USB (Kenwood)
Modelnya agak aneh waktu pertama lihat, head lamp benjol seperti mata ikan mas koki, lama kelamaan terbiasa juga ...
Itu saja
Ane pernah punya Jazz 2004 idsi, pake mulai baru sampe dijual 2009
Sudah ada EPS dan Tilt Steering .. lainnya tidak ...
Lumayan awet juga .. selama pake itu, (80.000km) ... tidak ada masalah berarti, hanya GC rendah, lumayan irit, kabin lumayan senyap
HU sudah ada CD tapi tanpa USB (Kenwood)
Modelnya agak aneh waktu pertama lihat, head lamp benjol seperti mata ikan mas koki, lama kelamaan terbiasa juga ...
Itu saja
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1239
- Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
- Location: Surabaya
Re: [ Sharing ] pengalaman bagi yang pernah punya jazz idsi
Ikutan ahh. Ane ada GD3 05, beli taun 09 sampe skg d pakenya. trima km sktr 48an ribu skg uda 98an ribu. Dulu inget sy ambil d harga 127an. Plat L asli (d sby klo mau murah dikit eks Plat B). Klo fitur2 spt d tls TS yg ada d GD3 ini cm tilt steering aja, yg laen g ada smua. bahkan HU aj kenwood jadul yg skg kdg g nyala n kudu sedia bolpen tekan tombol resetnya agar bs idup (malas service). bensin full premium 1:9an dalkot sby. Kekurangannya menurut ane adalah kurang senyap, glodakan, nyantolan krn GC rendah, rpm atas super hambar, bantingan keras. Kelebihannya bagasinya eui mantap, posisi duduk cukup nyaman, cukup irit, epsnya ringan klo buat cewe. Soal koil jujur ane blm perna ganti, temen2 yg pake GD3 taun sama jg blm perna. ada pun yang ganti itu d karenakan montir yg kasar wkt service. stlh pindah bengkel laen, ketauan klo tuh koil hbs d "kasarin". Punya saya Matik lho, cm ganti oli cvt rutin aja tanpa flushing/kuras total krn mahal eui hbs byk, so far fine2 saja tuh girbok. Jd klo kata sy, matik cvt jebol, yah bearti user krg tau klo cvt olinya beda sm atf.
Klo soal perawatan, coba nti sy share y, klo pas unit d sy, ada nota2nya msh seharusnya. Part? its honda, pasti d atas toyota rata2 walau tdk smua item hehe.
Klo soal perawatan, coba nti sy share y, klo pas unit d sy, ada nota2nya msh seharusnya. Part? its honda, pasti d atas toyota rata2 walau tdk smua item hehe.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2269
- Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
- Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT
Re: [ Sharing ] pengalaman bagi yang pernah punya jazz idsi
ikut nambah :
pernah punya 3x, yg kluaran 2004 sekali, yg 2005 dua kali. saya pakainya yg idsi M/T. entah kenapa di gigi 1 mau pindah ke gigi 2 sering ndut2an / tersendat (kurang smooth). busi kalo bermasalah ga mesti ganti 8 biji. kalo pun ada yg koit, biasanya cuma 4 biji. kan dicek satu2 dulu sama bengkelnya. tarikan maha lemooootttt (dibanding enjin vtec). iritnya enjin idsi kalo sering meluncur di tol dengan kaki kanan 'lulus sekolah'. bisa 20kpl. kalo bejeknya kasar (sering aksel), ya tetep aja boros. FC dalkot kombinasi macet, lumayan. bisa dapet 9-11kpl (premium). seperti post rekan2 di atas, karakter suspensi Honda cenderung keras, tapi terbayar dg kestabilan & handling lumayan presisi. perawatan, apalagi unitnya seken, kalo bisa ada service record beres. terakhir, saran saya jangan ambil jes idsi apalagi taun tua dg transmisi CVTnya...ketuaan. saya aja jual GD3 ganti ke GE8 (lagi-lagi) M/T..irit dapat, tarikan lebih baik daripada GD3 idsi, tidak terlalu tua (unit masih segar), gen khas Honda (fun 2 drive). cuma......harga seken paling mahal di kelasnya! sekian.
pernah punya 3x, yg kluaran 2004 sekali, yg 2005 dua kali. saya pakainya yg idsi M/T. entah kenapa di gigi 1 mau pindah ke gigi 2 sering ndut2an / tersendat (kurang smooth). busi kalo bermasalah ga mesti ganti 8 biji. kalo pun ada yg koit, biasanya cuma 4 biji. kan dicek satu2 dulu sama bengkelnya. tarikan maha lemooootttt (dibanding enjin vtec). iritnya enjin idsi kalo sering meluncur di tol dengan kaki kanan 'lulus sekolah'. bisa 20kpl. kalo bejeknya kasar (sering aksel), ya tetep aja boros. FC dalkot kombinasi macet, lumayan. bisa dapet 9-11kpl (premium). seperti post rekan2 di atas, karakter suspensi Honda cenderung keras, tapi terbayar dg kestabilan & handling lumayan presisi. perawatan, apalagi unitnya seken, kalo bisa ada service record beres. terakhir, saran saya jangan ambil jes idsi apalagi taun tua dg transmisi CVTnya...ketuaan. saya aja jual GD3 ganti ke GE8 (lagi-lagi) M/T..irit dapat, tarikan lebih baik daripada GD3 idsi, tidak terlalu tua (unit masih segar), gen khas Honda (fun 2 drive). cuma......harga seken paling mahal di kelasnya! sekian.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 833
- Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Brio Dipanjangin
Re: [ Sharing ] pengalaman bagi yang pernah punya jazz idsi
sebagai salah satu yg masih pakai jazz idsi rasanya wajib ikut sharing disini. Beli 2nd di KM 64000, sekarang sudah 120rb KM lewat sedikit.
Yg rutin diganti adalah oli tiap 5000 km, oli transmisi CVT tiap 10000 km.
Yang pernah diganti dan lumayan mahal antara lain shockbreaker depan belakang, 2 ban depan dah ganti 2x pertama pakai B250, terus ganti ke champiro eco, skrg ecopia.
Sebelum ganti shockbreaker sering kepentok di polisi tidur, setelah ganti lumayan jarang. Pernah pas turunan di jalan pengalihan ke terminal 2 bandara masuk lubang di perbatasan turunan sama jalan rata, radiator kepentok. retak di bagian bawah radiator gara2 itu sehingga pas mo pulang lihat di parkiran ada cairan ijo2 byk. akhirnya beli air mineral 4 botol gede n diisi full di tangki cadangan. berhasil juga dari airport sampai mega kuningan tanpa indikator overheat nyala. setelah itu di bengkel diganti jadi pakai yang besi / aluminium utk bagian yang retak sampai sekarang aman sentosa.
Peredaman kurang baik, mgkn krn sudah tua juga dan karet-karet sudah getas.
Demikian sharing yang bisa saya bagi.
Yg rutin diganti adalah oli tiap 5000 km, oli transmisi CVT tiap 10000 km.
Yang pernah diganti dan lumayan mahal antara lain shockbreaker depan belakang, 2 ban depan dah ganti 2x pertama pakai B250, terus ganti ke champiro eco, skrg ecopia.
Sebelum ganti shockbreaker sering kepentok di polisi tidur, setelah ganti lumayan jarang. Pernah pas turunan di jalan pengalihan ke terminal 2 bandara masuk lubang di perbatasan turunan sama jalan rata, radiator kepentok. retak di bagian bawah radiator gara2 itu sehingga pas mo pulang lihat di parkiran ada cairan ijo2 byk. akhirnya beli air mineral 4 botol gede n diisi full di tangki cadangan. berhasil juga dari airport sampai mega kuningan tanpa indikator overheat nyala. setelah itu di bengkel diganti jadi pakai yang besi / aluminium utk bagian yang retak sampai sekarang aman sentosa.
Peredaman kurang baik, mgkn krn sudah tua juga dan karet-karet sudah getas.
Demikian sharing yang bisa saya bagi.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 254
- Joined: Fri Dec 27, 2013 11:59
Re: [ Sharing ] pengalaman bagi yang pernah punya jazz idsi
IMHO, menurut saya nomor 1 lihat owner mobil nya, rawatan ato ndak. service record nya jelas / ndak.
Sebab city / jazz ini kalau di rawat, semestinya ga ada problem yang besar. Saya ada 2003 city idsi, problem major nya adalah ganti flywheel matic nya, karena bunyi kasar sekali waktu 80km.
Diluar itu, sampai 120rb km, hanya problem kecil annoying, recurring, tapi tidak stopper (konon memang penyakit wajib city / jazz generasi GD). Misalnya, alarm, central lock, powerwindow, seal plastik pintu bocor..
even kasus magnet clutch AC yang katanya juga penyakit city / jazz belum saya alami...
di sektor enjin, kalo owner nya rawatan, oli mesin, transmisi, rem, air radiator di ganti rutin, harusnya fine2 saja.
annual maintenance, even ke berespun sama2 saja dgn honda pd umumnya, selain busi ya.. 8 x 22rb tuk sekitar 20-30rb km, terbayar lah dengan pengiritan bensin di vtec & torsi berlimpah saat stop n go ala idsi..
Just imho & CMIIW..
Sebab city / jazz ini kalau di rawat, semestinya ga ada problem yang besar. Saya ada 2003 city idsi, problem major nya adalah ganti flywheel matic nya, karena bunyi kasar sekali waktu 80km.
Diluar itu, sampai 120rb km, hanya problem kecil annoying, recurring, tapi tidak stopper (konon memang penyakit wajib city / jazz generasi GD). Misalnya, alarm, central lock, powerwindow, seal plastik pintu bocor..
even kasus magnet clutch AC yang katanya juga penyakit city / jazz belum saya alami...

di sektor enjin, kalo owner nya rawatan, oli mesin, transmisi, rem, air radiator di ganti rutin, harusnya fine2 saja.
annual maintenance, even ke berespun sama2 saja dgn honda pd umumnya, selain busi ya.. 8 x 22rb tuk sekitar 20-30rb km, terbayar lah dengan pengiritan bensin di vtec & torsi berlimpah saat stop n go ala idsi..
Just imho & CMIIW..
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Fri Feb 07, 2014 15:43
Re: [ Sharing ] pengalaman bagi yang pernah punya jazz idsi
ikutan sharing yah , saya wkt itu punya jazz i-dsi beli dr baru inden 4 bulan pas thn 2004 , dipakai sampai tahun 2013 , km sekitar 24.000
selama periode pemakaian itu 2004 - 2013 mobil paling jauh dipakai ke magelang , ke rumah nenek , tahun 2008-2013 saya yang pake soalnya udah sma dan punya sim hehe,
mobil full standar cm ganti audio sq ajah , selama saya pake cuma ganti kaki2 depan kiri kanan (tierod,long tierod , balljoint , dkk) ,ganti bohlam lampu belakang yang mati, ganti karet wiper yang getas dan ganti aki 1 kali . diluar itu ya ganti oli mesin , dan oli transmisi , filter bensin dan oli , dan busi
keluhannya cuma itu selama pake jazz idsi ini
cm nambahin temen saya pake jazz idsi ini kena masalah brisik pas dicek kena magnet clutch ac nya
sekian dari saya hehe
selama periode pemakaian itu 2004 - 2013 mobil paling jauh dipakai ke magelang , ke rumah nenek , tahun 2008-2013 saya yang pake soalnya udah sma dan punya sim hehe,
mobil full standar cm ganti audio sq ajah , selama saya pake cuma ganti kaki2 depan kiri kanan (tierod,long tierod , balljoint , dkk) ,ganti bohlam lampu belakang yang mati, ganti karet wiper yang getas dan ganti aki 1 kali . diluar itu ya ganti oli mesin , dan oli transmisi , filter bensin dan oli , dan busi
keluhannya cuma itu selama pake jazz idsi ini
cm nambahin temen saya pake jazz idsi ini kena masalah brisik pas dicek kena magnet clutch ac nya
sekian dari saya hehe
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 177
- Joined: Mon May 12, 2014 12:02
Re: [ Sharing ] pengalaman bagi yang pernah punya jazz idsi
Numpang share ya..tapi mobil ane city..bukan jazz..tapi ane pikir sama lah...
City ane I-dsi 2004 akhir...beli second dapet sekitar 2 tahun..dari 94 ribu ke 125 ribu KM...
Mobil ane gk ada masalah apapun kecuali suspensi..sering bnget kepentok..apalagi waktu pulkam jalanx rusak2..waduh gk brani jalan ane...
Klo soal irit...jangan dtanya...1:16 luar kota..1:11 dalkot..iritkan??
Malah pernah jakarta trenggalek cuman abis duit 300 ribu aja...pokok klo honda asal bner aja perawatanx fine2 smw...
City ane I-dsi 2004 akhir...beli second dapet sekitar 2 tahun..dari 94 ribu ke 125 ribu KM...
Mobil ane gk ada masalah apapun kecuali suspensi..sering bnget kepentok..apalagi waktu pulkam jalanx rusak2..waduh gk brani jalan ane...
Klo soal irit...jangan dtanya...1:16 luar kota..1:11 dalkot..iritkan??
Malah pernah jakarta trenggalek cuman abis duit 300 ribu aja...pokok klo honda asal bner aja perawatanx fine2 smw...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 701
- Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59
Re: [ Sharing ] pengalaman bagi yang pernah punya jazz idsi
numpang share..ex user jazz i-dsi 2004 dari baru, jual taun 2012..kilometer saat jual 125rb..
Mobil ini ga ada abs, ebd, ba, airbag dan tetek bengek lain..cuma EPS alias electronic power steering
Penyakit Jazz ini selama pake :
- kaki2...all honda rasanya gitu semua. Shock belakang murah, dulu beli orisinil honda di beres (2008) cm 340rb satu buah, waktu itu lg promo. Aslinya 400rban...(non per), kalo shock depan yg aga mahal, tp tetep ga sampe sejuta, cmiiw
- Awasin seal2 karet jendela. Kalo udah getas aer ujan/cuci mobil bisa ngeresep masuk ke pintu yg ujung2nya bisa ngerusak power window, bahkan sampe bisa bikin karatan mobil..
- Pernah ganti seal paking oli di be-res (tahun 2012, pas mau dijual) , lupa harganya. Udah rembes gara2 usia dan pemakaian..wajar sih saya rasa..
- Seal transmisi jg udah mulai rembes pas deket2 mau jual (2012). itu harga sealnya ga mahal, cm ongkos bongkar transmisi yg mahal...
- EPS perlu diwaspadain Power steeringnya. Jazz ini dah pake Electronic Power Steering alias EPS. power steering hidraulik rusak bisa servis, kalo EPS kudu ganti baru..cmiiw...mengingat mobil ini udah berumur, dan EPS rentan rusak kalo sering hajar jalan2 lobang dgn kasar. Tp selama 8 tahun pake, ga pernah bermasalah kok EPSnya....
lain dr itu sih mesin sehat2 aja selama pake 8 taun, ga ada kerusakan berarti diluar faktor pemakaian.
Pemakaian bbm: isi premium full tank bisa jalan sampe 430km..itu jg share sama orang2 forum malah ada yg bisa lebih..
Interior :
- ornamen2 Warna2 silver gampang ngelotok..ati2 kl pemakai sebelomnya jorok dijamin interior pada ngelotok2 semua..
itu aja sih..so far puasssss bgt pake ni mobil..menang banyak..
beli baru taun 2004 seharga 127jt (manual), jual 2012 laku di 103jt...
Trus kl ga salah yg tahun 2004-2005 masih CBU, masuk 2005 keatas udah ckd..overall ga ada bedanya sih baik spec maupun printilan..
Mobil ini ga ada abs, ebd, ba, airbag dan tetek bengek lain..cuma EPS alias electronic power steering
Penyakit Jazz ini selama pake :
- kaki2...all honda rasanya gitu semua. Shock belakang murah, dulu beli orisinil honda di beres (2008) cm 340rb satu buah, waktu itu lg promo. Aslinya 400rban...(non per), kalo shock depan yg aga mahal, tp tetep ga sampe sejuta, cmiiw
- Awasin seal2 karet jendela. Kalo udah getas aer ujan/cuci mobil bisa ngeresep masuk ke pintu yg ujung2nya bisa ngerusak power window, bahkan sampe bisa bikin karatan mobil..
- Pernah ganti seal paking oli di be-res (tahun 2012, pas mau dijual) , lupa harganya. Udah rembes gara2 usia dan pemakaian..wajar sih saya rasa..
- Seal transmisi jg udah mulai rembes pas deket2 mau jual (2012). itu harga sealnya ga mahal, cm ongkos bongkar transmisi yg mahal...
- EPS perlu diwaspadain Power steeringnya. Jazz ini dah pake Electronic Power Steering alias EPS. power steering hidraulik rusak bisa servis, kalo EPS kudu ganti baru..cmiiw...mengingat mobil ini udah berumur, dan EPS rentan rusak kalo sering hajar jalan2 lobang dgn kasar. Tp selama 8 tahun pake, ga pernah bermasalah kok EPSnya....
lain dr itu sih mesin sehat2 aja selama pake 8 taun, ga ada kerusakan berarti diluar faktor pemakaian.
Pemakaian bbm: isi premium full tank bisa jalan sampe 430km..itu jg share sama orang2 forum malah ada yg bisa lebih..
Interior :
- ornamen2 Warna2 silver gampang ngelotok..ati2 kl pemakai sebelomnya jorok dijamin interior pada ngelotok2 semua..
itu aja sih..so far puasssss bgt pake ni mobil..menang banyak..
beli baru taun 2004 seharga 127jt (manual), jual 2012 laku di 103jt...
Trus kl ga salah yg tahun 2004-2005 masih CBU, masuk 2005 keatas udah ckd..overall ga ada bedanya sih baik spec maupun printilan..
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Thu Dec 31, 2015 0:27
Re: [ Sharing ] pengalaman bagi yang pernah punya jazz idsi 2004
Sy pnya hnda jazz idsi 2004, knp air radiator sllu brkurang