Long Term Review : Proton Exora
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Sat Jan 11, 2014 15:41
Long Term Review : Proton Exora
Permisi gan nubitol mau review sedikit tentang mobil ane tercinta Proton Exora Supreme AT 2010, gausah lama2 so let's get started....
Kok mau sih beli proton ????? Ini pasti yang ada di benak agan. Dulu ane juga begitu, paling anti sama yang namanya proton. Bokap ane pun sama, tapi suatu ketika bokap ane pergi ke malaysia buat berobat dan sepulangnya dari sana langsung beli proton exora tanpa babibu macem2. Ane bertanya2 kenapa beli ini mobil ??? Nanti akan terjawab di sesi riding and driving...
Apaan aja isi ini mobil ? Ane jabarin apa yang agan dapet di mobil ini :
-Ada cruise control
-abs ebd ba
-ac di setiap baris
-bluetooth
-steering audio & phone switches
-dapet GPS mio S550
-automatic gearbox
-roof monitor yang multifungsi
-aux
-airbag 2
-parking sensor
-lotus ride and handling
-plenty of space !
-7 leather proper seat + room for luggage + height adjuster
-garansi 3 tahun atau 150 rb km.
-adjustable steering wheel
Dan harga untuk semuanya ? 190 juta + diskon 30 juta. Terdengar dahsyat, tapi bokap ane bukan tipikal yg gampang tergoda oleh rayuan fitur + diskon... jadi alasan utama dia beli mobil ini bukan karena harganya atau fiturnya...
Riding test ! Disinilah alasan bokap ane mau beli mobil ini kelihatan, ternyata sama sekali gak seperti yang ane harapkan dari sebuah proton ! Bantingan keras tapi nyaman khas mobil eropa, duduk di depan disuguhkan dengan captain seat berbalut kulit yang dipadukan dengan suede yang terkesan mahal dan eksklusif. Duduk di baris kedua anda disuguhkan dengan kursi kulit berpadukan suede + tons of leg room ! Pertama kali ane duduk di tengah ane senyum2 sendiri karena berasa duduk di dalam alphard (lebay) hahahaha, dan duduk di belakang tidak akan kepanasan... karena ada ac di kiri kanan, selain itu lumayan nyaman kok dan tidak akan merasa di anak tirikan seperti halnya di grand livina atau pajero sport... dan ane amazed dengan betapa luasnya mobil ini, padahal exterior menyiratkan kalau di dalamnya biasa aja. Ternyata kebalikan 180 derajat dari yang ane perkirakan, bahkan lebih nyaman dari PS ane... bravo proton !
Driving Test !
Ane membayangkan kalau driving impression dari mobil sekelas proton akan mengecewakan, ane berpendapat comfort and fun to drive bagaikan minyak dan air, dan lotus ride and handling yang digadang2 hanyalah strategi marketing belaka. ternyata perkiraan ane tentang Campro CPS 1.6 liter N/A ataupun tentang handlingnya yang lotus2an salah besar !
Begitu menyalakan mesin terdengar geraman berat khas bmw. Respon gas cukup baik, tapi anehnya jarak main pedal rem sangat dalam sekali ! Agak berbahaya kalau belum terbiasa dan ternyata ini adalah salah satu ciri proton.
langsung aja ane ajak bermain2 di dalam kemacetan jakarta. Vroooommmm.... lambat bangett. Disini semakin tidak jelas alasan bokap ane langsung beli mobil ini, ane terheran2 sampai tachometer menjukan 3000 rpm tiba2 ia langsung menunjukan kebringasannya tanpa ragu2 ataupun peringatan. 60.... 80... 100.... injak remmm dan vroomm..... gearbox langsung menurunkan gigi untuk memberikan engine brake... nice !
Saatnya untuk mencoba handlingnya dan sebuah komplek sepi pun menjadi proving ground. Sambil menginjak gas ane bermanuver menghindari ranjau (baca: lobang) setir pun di putar ke kiri dan ke kanan... wow ! Setirnya mungkin bagi sebagian orang agak berat, tapi sangat komunikatif ! Feedback dan feelingnya sangat menyenangkan ! Dan jika anda apes terkena ranjau bantingannya firm and stabil tapi ga bikin ajrut2an, pas deh pokoknya. Lalu ane dapet jalan mulus dan mencoba slalom dan.... disinilah chassisnya menunjukan kualitasnya. Understeer sangat minim dan stirnya terasa lumayan direct namun ga super presisi, tapi cukuplah untuk bersenang2. Seketika itu paradigma saya tentang proton berubah total. Mesinnya masih butuh perbaikan tapi handlingnya untuk sekelas mpv sangat bagus bahkan mungkin par dengan sedan2 eropa. Lalu yang paling menyenangkan adalah walaupun dimensinya lebih besar dari innova tapi ia tidak terasa lebih besar dari hatchback biasa. Benar2 seperti sebuah magic... besarnya baru terasa ketika akan parkir dan melewati jalan kecil.
Namun semua ini bukan tanpa kekurangan.... Posisi duduknya seperti duduk di bangku sekolah, tidak selonjor, kaki tegak ke bawah karena joknya lumayan tinggi dan kurang ergonimis. lalu walaupun terlihat mewah, joknya terlalu kecil dan kurang supportive ! Lalu spionnya yang menurut ane terlalu kecil dibandingin sama mobil2 lain. Dan yang terburuk dari yang buruk adalah.... PLASTIK, it's all over the place ! Semua plastiknya seakan kumpulan plastik terburuk dalam industri mobil. Jujur ane sangat kecewa dengan plastiknya. It's the worst of them all.
Owning one : jadi, gimana rasanya memiliki sebuah proton ? Ane bisa simpulkan mobil ini bener2 berasa di tune oleh legenda ride and handling LOTUS, namun ia mewarisi sesuatu yang lain dari sebuah lotus. Yakni reabilitas, terutama gimmick2 kecil yang sebenernya ga penting2 banget seperti elektrikal, tombol2 dan aksesoris yang lain. Buat yang belum tau gimana reabilitas sebuah lotus, it's not a good thing, kualitas elektrikal interior dan refinement sangat kurang dan murahan. Coba nonton top gear yang ngebahas tentang sport car inggris dan disana richard hammond memperagakan bagaimana reabilitas sebuah LOTUS.
Menurut ane, mobil ini cocok buat yang nyari mobil lega, relatively good looking, gampang di modifikasi ( kalau tenaga kurang bisa pasang turbo dan supercharger, atau bisa pasang beragam light performance kit mulai dari simota, Q-Max, SCAI Jet, dll.), dengan safety yang sangat baik dan value for money yang tinggi, Mobil ini sangat layak dijadikan pilihan. Dan terlepas dari cibiran orang tentang proton dan segala kekurangannya, ane benar2 jatuh cinta dengan mobil ane yang ini. Bravo proton !
Kok mau sih beli proton ????? Ini pasti yang ada di benak agan. Dulu ane juga begitu, paling anti sama yang namanya proton. Bokap ane pun sama, tapi suatu ketika bokap ane pergi ke malaysia buat berobat dan sepulangnya dari sana langsung beli proton exora tanpa babibu macem2. Ane bertanya2 kenapa beli ini mobil ??? Nanti akan terjawab di sesi riding and driving...
Apaan aja isi ini mobil ? Ane jabarin apa yang agan dapet di mobil ini :
-Ada cruise control
-abs ebd ba
-ac di setiap baris
-bluetooth
-steering audio & phone switches
-dapet GPS mio S550
-automatic gearbox
-roof monitor yang multifungsi
-aux
-airbag 2
-parking sensor
-lotus ride and handling
-plenty of space !
-7 leather proper seat + room for luggage + height adjuster
-garansi 3 tahun atau 150 rb km.
-adjustable steering wheel
Dan harga untuk semuanya ? 190 juta + diskon 30 juta. Terdengar dahsyat, tapi bokap ane bukan tipikal yg gampang tergoda oleh rayuan fitur + diskon... jadi alasan utama dia beli mobil ini bukan karena harganya atau fiturnya...
Riding test ! Disinilah alasan bokap ane mau beli mobil ini kelihatan, ternyata sama sekali gak seperti yang ane harapkan dari sebuah proton ! Bantingan keras tapi nyaman khas mobil eropa, duduk di depan disuguhkan dengan captain seat berbalut kulit yang dipadukan dengan suede yang terkesan mahal dan eksklusif. Duduk di baris kedua anda disuguhkan dengan kursi kulit berpadukan suede + tons of leg room ! Pertama kali ane duduk di tengah ane senyum2 sendiri karena berasa duduk di dalam alphard (lebay) hahahaha, dan duduk di belakang tidak akan kepanasan... karena ada ac di kiri kanan, selain itu lumayan nyaman kok dan tidak akan merasa di anak tirikan seperti halnya di grand livina atau pajero sport... dan ane amazed dengan betapa luasnya mobil ini, padahal exterior menyiratkan kalau di dalamnya biasa aja. Ternyata kebalikan 180 derajat dari yang ane perkirakan, bahkan lebih nyaman dari PS ane... bravo proton !
Driving Test !
Ane membayangkan kalau driving impression dari mobil sekelas proton akan mengecewakan, ane berpendapat comfort and fun to drive bagaikan minyak dan air, dan lotus ride and handling yang digadang2 hanyalah strategi marketing belaka. ternyata perkiraan ane tentang Campro CPS 1.6 liter N/A ataupun tentang handlingnya yang lotus2an salah besar !
Begitu menyalakan mesin terdengar geraman berat khas bmw. Respon gas cukup baik, tapi anehnya jarak main pedal rem sangat dalam sekali ! Agak berbahaya kalau belum terbiasa dan ternyata ini adalah salah satu ciri proton.
langsung aja ane ajak bermain2 di dalam kemacetan jakarta. Vroooommmm.... lambat bangett. Disini semakin tidak jelas alasan bokap ane langsung beli mobil ini, ane terheran2 sampai tachometer menjukan 3000 rpm tiba2 ia langsung menunjukan kebringasannya tanpa ragu2 ataupun peringatan. 60.... 80... 100.... injak remmm dan vroomm..... gearbox langsung menurunkan gigi untuk memberikan engine brake... nice !
Saatnya untuk mencoba handlingnya dan sebuah komplek sepi pun menjadi proving ground. Sambil menginjak gas ane bermanuver menghindari ranjau (baca: lobang) setir pun di putar ke kiri dan ke kanan... wow ! Setirnya mungkin bagi sebagian orang agak berat, tapi sangat komunikatif ! Feedback dan feelingnya sangat menyenangkan ! Dan jika anda apes terkena ranjau bantingannya firm and stabil tapi ga bikin ajrut2an, pas deh pokoknya. Lalu ane dapet jalan mulus dan mencoba slalom dan.... disinilah chassisnya menunjukan kualitasnya. Understeer sangat minim dan stirnya terasa lumayan direct namun ga super presisi, tapi cukuplah untuk bersenang2. Seketika itu paradigma saya tentang proton berubah total. Mesinnya masih butuh perbaikan tapi handlingnya untuk sekelas mpv sangat bagus bahkan mungkin par dengan sedan2 eropa. Lalu yang paling menyenangkan adalah walaupun dimensinya lebih besar dari innova tapi ia tidak terasa lebih besar dari hatchback biasa. Benar2 seperti sebuah magic... besarnya baru terasa ketika akan parkir dan melewati jalan kecil.
Namun semua ini bukan tanpa kekurangan.... Posisi duduknya seperti duduk di bangku sekolah, tidak selonjor, kaki tegak ke bawah karena joknya lumayan tinggi dan kurang ergonimis. lalu walaupun terlihat mewah, joknya terlalu kecil dan kurang supportive ! Lalu spionnya yang menurut ane terlalu kecil dibandingin sama mobil2 lain. Dan yang terburuk dari yang buruk adalah.... PLASTIK, it's all over the place ! Semua plastiknya seakan kumpulan plastik terburuk dalam industri mobil. Jujur ane sangat kecewa dengan plastiknya. It's the worst of them all.
Owning one : jadi, gimana rasanya memiliki sebuah proton ? Ane bisa simpulkan mobil ini bener2 berasa di tune oleh legenda ride and handling LOTUS, namun ia mewarisi sesuatu yang lain dari sebuah lotus. Yakni reabilitas, terutama gimmick2 kecil yang sebenernya ga penting2 banget seperti elektrikal, tombol2 dan aksesoris yang lain. Buat yang belum tau gimana reabilitas sebuah lotus, it's not a good thing, kualitas elektrikal interior dan refinement sangat kurang dan murahan. Coba nonton top gear yang ngebahas tentang sport car inggris dan disana richard hammond memperagakan bagaimana reabilitas sebuah LOTUS.
Menurut ane, mobil ini cocok buat yang nyari mobil lega, relatively good looking, gampang di modifikasi ( kalau tenaga kurang bisa pasang turbo dan supercharger, atau bisa pasang beragam light performance kit mulai dari simota, Q-Max, SCAI Jet, dll.), dengan safety yang sangat baik dan value for money yang tinggi, Mobil ini sangat layak dijadikan pilihan. Dan terlepas dari cibiran orang tentang proton dan segala kekurangannya, ane benar2 jatuh cinta dengan mobil ane yang ini. Bravo proton !
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 645
- Joined: Tue Dec 31, 2013 4:38
Re: Long Term Review : Proton Exora
Nice review om ....
Errrr, tapi fotonya mana om? ....
.....
Errrr, tapi fotonya mana om? ....

.....

-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Long Term Review : Proton Exora
nice review bro...
exora ini secara keseluruhan looknya mirip Grandis yak.... ya wajar mgkn memang ada sedikit pengaruh dari Mitsu... Proton kan masih affiliates sama Mitsu
enjin aja masih kerjasama dengan mitsu ngembanginnya. ane masih naksir ama Exora 1.6T... berani bener mereka masukin enjin turbocharged di kelas ini...
secara fitur kalo mau dibandingin pesaingnya, Exora worth banget
cuma sayang, kualitas interiornya ampun ampunan...
gmn soal reliabilitas dan ASS nya selama pemakaian bro? ada keluhan kah??
ditunggu foto fotonya juga bro

exora ini secara keseluruhan looknya mirip Grandis yak.... ya wajar mgkn memang ada sedikit pengaruh dari Mitsu... Proton kan masih affiliates sama Mitsu


secara fitur kalo mau dibandingin pesaingnya, Exora worth banget


gmn soal reliabilitas dan ASS nya selama pemakaian bro? ada keluhan kah??
ditunggu foto fotonya juga bro

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Long Term Review : Proton Exora
Nice review om...
Proton keliatannya cukup berkualitas, sayang masih terbentur sentimen nasionalisme dan ASS ancur...
Tapi lebih baik dibandingkan Indonesia yang belum punya mobnas... yang layak.... haloooooooo?
PS: Mohon diupload poto2 mobil nya om...

Proton keliatannya cukup berkualitas, sayang masih terbentur sentimen nasionalisme dan ASS ancur...
Tapi lebih baik dibandingkan Indonesia yang belum punya mobnas... yang layak.... haloooooooo?

PS: Mohon diupload poto2 mobil nya om...

Obey the mahakitteh. 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3220
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
Re: Long Term Review : Proton Exora
nice review..
oke lah ac kiri kanan
dingin
ane perna cuba duduk tipe prime nice, hu touchscreen wood panel..bagasi ajib bisa dilipat rata..
tapi ntah knp ane rasa joknya ga enak.. mayan keras euyy..
lebih menyenangkan duduk di yaris dgn ac kipas
ane ga bisa komen soal ride dan handling ..soalnya kapan ari ane tolak tawaran TD exora karena ga sempat dan yang tawarin ga menarik batangan pulak

oke lah ac kiri kanan

ane perna cuba duduk tipe prime nice, hu touchscreen wood panel..bagasi ajib bisa dilipat rata..
tapi ntah knp ane rasa joknya ga enak.. mayan keras euyy..


ane ga bisa komen soal ride dan handling ..soalnya kapan ari ane tolak tawaran TD exora karena ga sempat dan yang tawarin ga menarik batangan pulak


[TYCI 917]
[YKC]
[YKC]
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2160
- Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
- Location: Indonesia
Re: Long Term Review : Proton Exora
kereta malaysie ni
best juge ni review
*balik bahasa indonesia
fotonya mana om...
memang sebenernya bagus ni mobil....cuma kurang cucok buat masarakat brandminded macam (kebanyakan) urang indo ni.....



best juge ni review
*balik bahasa indonesia
fotonya mana om...



Pursuit of Perfection
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Long Term Review : Proton Exora
mantaapp

long term review uda di miliki berapa km ni bro? selama ini gmn pemeliharaan dan kualitas beresnya?
galak di high rev khas mesin CPS yah.. hehehe
rev nya sampai 7000 kan ini yah?
d tunggu foto2nya



long term review uda di miliki berapa km ni bro? selama ini gmn pemeliharaan dan kualitas beresnya?
galak di high rev khas mesin CPS yah.. hehehe

d tunggu foto2nya

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2083
- Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
- Location: Bandung
Re: Long Term Review : Proton Exora
@ bro galistanfrizky, tipe ini udh pake turbo atau belom? Soalnya ane dnger" klw yg turbo udh ga lemot lgi puteran bwahnya. 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1239
- Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
- Location: Surabaya
Re: Long Term Review : Proton Exora
Om, d lengkapi lg dunk, kan long term review neh(skg ud km brp, daily car kaga, d tengah macet jakarta, pengalaman berenang nya gimana scr jkt n sby kolamnya msh byk, full premium or campur, slalu d beres or bengkel biasa servicenya). dan tentunya menu wajib penampakkannya. Haha.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 194
- Joined: Tue Nov 19, 2013 14:32
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Long Term Review : Proton Exora
Repost:
Ane pernah dulu di kantor lama, bawa ini mobil. Punyanya Direktur marketing. persneling matik.
Yang jelas, kesan yang ane dapat:
1. Luas ngga kira kira untuk row satu dan dua. Row ketiga sedikit anaktiri, tapi itu karena depannya pada mundurin kursi. Tapi ruang antara kaki dan doortrim terasa lega sekali.
2. Driving position seperti gabungan sedan dan avanza.
3. Gir nya menganut kombinasi gir halus. Speed 100kpj, tachometer menunjuk 2.200 rpm. Bukan tipikal kendaraan untuk sodok kanan tusuk kiri di belantara kemacetan ibukota.
4. Body besar, ditambah hood ngga keliatan. Sedikit disaster bagi ane...
5. Relatif sedikit boros.
6. Plastik? Mobil ini juara belanja plastik untuk interior... Satu satunya yang terasa manis dilihat adalah kombinasi meterclusternya yang lumayan enak dipandang, mengobati klilipen mata ane liat kualitas dasbornya.
7. Kekedapan suara lumayan baik, setara Innova, IMO.
8. Suspensi lumayan empuk menghajar bumpynya jalan tol merak. Tapi limbungnya sedikit menakutkan bagi ane kalau mau manuver mendadak di kecepatan 100kpj. Masih dalam toleransi, mengingat ini mpv, bukan sedan.
Itu aja.

Ane pernah dulu di kantor lama, bawa ini mobil. Punyanya Direktur marketing. persneling matik.
Yang jelas, kesan yang ane dapat:
1. Luas ngga kira kira untuk row satu dan dua. Row ketiga sedikit anaktiri, tapi itu karena depannya pada mundurin kursi. Tapi ruang antara kaki dan doortrim terasa lega sekali.
2. Driving position seperti gabungan sedan dan avanza.
3. Gir nya menganut kombinasi gir halus. Speed 100kpj, tachometer menunjuk 2.200 rpm. Bukan tipikal kendaraan untuk sodok kanan tusuk kiri di belantara kemacetan ibukota.
4. Body besar, ditambah hood ngga keliatan. Sedikit disaster bagi ane...
5. Relatif sedikit boros.
6. Plastik? Mobil ini juara belanja plastik untuk interior... Satu satunya yang terasa manis dilihat adalah kombinasi meterclusternya yang lumayan enak dipandang, mengobati klilipen mata ane liat kualitas dasbornya.
7. Kekedapan suara lumayan baik, setara Innova, IMO.
8. Suspensi lumayan empuk menghajar bumpynya jalan tol merak. Tapi limbungnya sedikit menakutkan bagi ane kalau mau manuver mendadak di kecepatan 100kpj. Masih dalam toleransi, mengingat ini mpv, bukan sedan.
Itu aja.

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Long Term Review : Proton Exora
exora? emang sih ane biasa masuk mobil exora customer langsung berasa bener suasana plastiknya 

STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Sat Jan 11, 2014 15:41
Re: Long Term Review : Proton Exora
Sorry gan kelupaan ditambahinXous wrote:Om, d lengkapi lg dunk, kan lg term review neh(skg ud km brp, daily car kaga, d tengah macet jakarta, pengalaman berenang nya gimana scr jkt n sby kolamnya msh byk, full premium or campur, slalu d beres or bengkel biasa servicenya). dan tentunya menu wajib penampakkannya. Haha.

- KM udah 45 rban untuk daily use dalam kota jarang pake luar kota
- sampe KM 30 rb pake pertamax tapi selanjutnya pake premium + Obat
- kemampuan berenang buat ane OK yang penting JANGAN BERHENTI DI GENANGAN TINGGI mobil ane pernah turun mesin gara2 kesalahan pemakaian supir ane
- selalu di beres proton. Tapi ente harus nyoodorin buku servis kalo enggak orang protonnya ga pernah ngecek dan service recordnya nanti cacat
- buat ane, mobil ini gede tapi pas dibawa ga berasa gedenya, ukurannya baru berasa ketika mau parkir
- Fuel Con lumayan boros tapi wajar karena body bongsor dan mesin kecil. Sebenernya bisa dipaksain irit tapi ane ga kuat mental buat fuel saving bawaannya pengen di geber terus


- rem mobil ini agak beda sama mobil lain, kallo belom biasa bisa2 mabok atau nabrak

- after sales servicenya mungkin ga sempurna, tapi mereka ramah dan selalu berusaha ngebantu kita kok

Belom om ini masih pake CPS biasa. Klo mau gak lemot tinggal pasang scai jet sama simotaWongZo wrote:@ bro galistanfrizky, tipe ini udh pake turbo atau belom? Soalnya ane dnger" klw yg turbo udh ga lemot lgi puteran bwahnya.

Sorry gan ane belom sempet upload foto soalnya ini mobil tiap hari jalan terus, pergi pagi pulang malemjason28 wrote:Nie review om ..
Errrr, tapi fotonya mana om? ...
.....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2083
- Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
- Location: Bandung
Re: Long Term Review : Proton Exora
Belom om ini masih pake CPS biasa. Klo mau gak lemot tinggal pasang scai jet sama simotagalistanfrizky wrote:WongZo wrote:@ bro galistanfrizky, tipe ini udh pake turbo atau belom? Soalnya ane dnger" klw yg turbo udh ga lemot lgi puteran bwahnya.

Ow gtu, btw klw sma ipah bensin lemot mana yh? Klw bodi kn mirip" tpi mesinnya beda 400 cc hehehehe.
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Sat Jan 11, 2014 15:41
Re: Long Term Review : Proton Exora
Ow gtu, btw klw sma ipah bensin lemot mana yh? Klw bodi kn mirip" tpi mesinnya beda 400 cc hehehehe.[/quote]WongZo wrote:Belom om ini masih pake CPS biasa. Klo mau gak lemot tinggal pasang scai jet sama simotagalistanfrizky wrote:WongZo wrote:@ bro galistanfrizky, tipe ini udh pake turbo atau belom? Soalnya ane dnger" klw yg turbo udh ga lemot lgi puteran bwahnya.![]()
Ane sih belom pernah bawa ipah

Oya gan sekalian ane lengkapin foto2nya yaa
Tampak depan

Ekor

Dapur pacu CPS Campro, sudah pakai busi iridium

Doping SCAI JET, menggunakan udara dingin dan padat dari ac untuk mensuplai ruang bakar

Aki, harus diberi perhatian lebih karena rawan tekor

Ban, buatan lokal lebih mantap dari bawaan pabrik


Interior, sangat mewah untuk harganya


Bangku baris ke tiga, lumayan luas kan ?

Interior lagi, lihat dvd player yang nangkring di atas ? Baru setahun udah rusak !


HU dan Gearshift, penempatan gearshift apik dan berasa sport banget karena benar2 di samping stir


Panel instrument, tingkat terang lampunya ga bisa di setel


Feeling dan Feedback stirnya memang superb, tapi kualitas material stirnya itu sendiri




Tuh kan kena kuku aja baret


Rakom, untuk konvoi

Cruise control-nya ada disini...
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Sat Jan 11, 2014 15:41
Re: Long Term Review : Proton Exora
Fuel con tergantung gan gaya bawanya gimana, pare part gampang kok gan gak seribet yang ane kira. Rata2 beres proton udah lengkap banget menurut ane, jarang barang indenCloneySM wrote:FC and sparepartnya gimana?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Long Term Review : Proton Exora
mantaph nih... sedikit kurang rapi, tapi informasinya nyampe..... lanjut terus om.... jd inget exora tetangga, ada stiker edci-nya juga
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Long Term Review : Proton Exora








Sayang hanya jelek di interior quality, tapi bisa disiasati dengan bungkusan kulit dan alcantara




Once again, mantappp


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1068
- Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41
Re: Long Term Review : Proton Exora
gambarnya hilang,om. boleh juga nih mobil jadi alternatif gue.karena suka bawa pasukan sekampung di mobil.hehe.
kalo di tanjakan gimana,om performancenya ?
kalo di tanjakan gimana,om performancenya ?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10471
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Long Term Review : Proton Exora
belom turbo ya ini???
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Sat Jan 11, 2014 15:41
Re: Long Term Review : Proton Exora
Waduh ? Kalo di ane masih keliatan gan, tapi emang sih kadang2 gak keluar gitu. Coba refresh aja gann. Kalovipere wrote:gambarnya hilang,om. boleh juga nih mobil jadi alternatif gue.karena suka bawa pasukan sekampung di mobil.hehe.
kalo di tanjakan gimana,om performancenya ?
Di taanjakan oke gan cuma agan harus tega sama mesinnya dan bisa atur momentum rpm soalnya karakter mesin ini torsinya di rpm 3000-5000


Belom om, tapi ane udah TD yang turbo dan menurut ane yang paling berasa dari tambahan turbonya itu lebih ke torsinya yang udah seperti mesin diesel tapiii gak ngos2an di rpm atasak4ng wrote:belom turbo ya ini???

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Long Term Review : Proton Exora
Sy cuma sering naik taxi proton kalo di KL kalo dr spore KL spore sy lbh baik naik mobil sendiri ...jadi byk kenalan krn sering mampir petrol station utk enam atau tjuh jam drive
Kalo rolls itu butuh keberanian u belinya
Kalo proton itu butuh keihlasan u memilikinya ...sy tdk tau apakah butuh xtra kesabaran (n skill) u resale effort nya?
Sy coba ingat ingat kolega kolega sy profesi sama dari malay ...siapa ya yg pakai proton sehariharian
Coba kalo malay tdk suka cemooh indo ...pasti org indo (yg doyan belanja apapun imported goods) jadikan ini mobil laris kacang goreng (kentang goreng ...kalo jaman skrg, krn skrg ini kacang goreng cuma byk laku di kebon binatang) ...sayang skali malay lbh suka ambil resiko brang tdk laku di .indo (tuh petronas pd tutup n tinggal resto ayam kremes sj yg buka) ...demi teruskan offensive behav mrk
Maaf kalo tersinggung ...tapi sy terkesan (positive maupun negative) dg cara org malay (puak bumiputera , puak lain itu tidak) building up self confidence fast track (over confident) meski sering hasilnya berantakan (n salahkan fihak lain) ha ha ha
Trimakasih byk u yg bikin thread ini ...sy juga punya kesan bagus saat satu anak sy testdrive proton suprema ...hanya sj sy blm mau keluar uang u beli brand ini entah kenapa. Padahal sy tdk merasa offended bila ada malay vs indo saling serang kata kata
Kalo rolls itu butuh keberanian u belinya
Kalo proton itu butuh keihlasan u memilikinya ...sy tdk tau apakah butuh xtra kesabaran (n skill) u resale effort nya?
Sy coba ingat ingat kolega kolega sy profesi sama dari malay ...siapa ya yg pakai proton sehariharian
Coba kalo malay tdk suka cemooh indo ...pasti org indo (yg doyan belanja apapun imported goods) jadikan ini mobil laris kacang goreng (kentang goreng ...kalo jaman skrg, krn skrg ini kacang goreng cuma byk laku di kebon binatang) ...sayang skali malay lbh suka ambil resiko brang tdk laku di .indo (tuh petronas pd tutup n tinggal resto ayam kremes sj yg buka) ...demi teruskan offensive behav mrk
Maaf kalo tersinggung ...tapi sy terkesan (positive maupun negative) dg cara org malay (puak bumiputera , puak lain itu tidak) building up self confidence fast track (over confident) meski sering hasilnya berantakan (n salahkan fihak lain) ha ha ha
Trimakasih byk u yg bikin thread ini ...sy juga punya kesan bagus saat satu anak sy testdrive proton suprema ...hanya sj sy blm mau keluar uang u beli brand ini entah kenapa. Padahal sy tdk merasa offended bila ada malay vs indo saling serang kata kata
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Sat Jan 11, 2014 15:41
Re: Long Term Review : Proton Exora
a
memang saya akui no body is perfect, mungkin behave tetangga kita kurang berkenan tapi saya selalu ambil positifnya
memang mereka terkesan over confidence tapi saya juga introspeksi diri dan menyadari terkadang kita juga sering khilaf. Memang pandangan negatif indo-malay akan menjadi ganjalan terbesar proton di indonesia, tapi kali ini saya mencoba berfikir obyektif dan hasilnya sejujurnya membuat tamparan malu saya sebagai warga indonesia. Bagaimana tidak ? Sementara kita masih sibuk rakit mobil punya bangsa lain mereka sibuk mengembangkan industri lokal mereka yang didukung penuh pemerintah mereka dan berhasil membuat mobil yang sangat berkesan bagi saya karena saya sangat kagum betapa majunya industri mereka sampai mampu mengakuisisi Lotus dan menggunakan sumber daya yang ada walaupun terbatas tapi mampu menghadirkan produk yang superb.
Bayangkan berapa tahun ketertinggalan kita terhadap tetangga kita padahal sumber daya kita jauh lebih unggul, manusia kita jutaan yang jenius tapi kita tidak bisa membangun industri lokal dan pemerintah kita terkesan asal tidak seperti saudara kita... memang memiliki proton memerlukan keihklasan dan jujur ane sering dicemooh karena dikira tidak ada rasa nasionalis. Tapi dibalik itu ada renungan yang jauh lebih dalam lagi, dan buat ane proton lebih dari sekedar merek tapi sebagai cerminan atas bangsa kita yang tertinggal jauh sehingga ane ga heran kalau mereka sering mencemooh kita. Tapi ane berharap suatu saat nanti kita bisa setara dengan saudara jiran kita dan tidak berseteru lagi, tidak mencemooh satu sama lain lagi dan bisa saling menghargai. Amin dan terima kasih om newrubble atas responnya di thread saya

Salam kenal om newrubblenewrubble wrote:Sy cuma sering naik taxi proton kalo di KL kalo dr spore KL spore sy lbh baik naik mobil sendiri ...jadi byk kenalan krn sering mampir petrol station utk enam atau tjuh jam drive
Kalo rolls itu butuh keberanian u belinya
Kalo proton itu butuh keihlasan u memilikinya ...sy tdk tau apakah butuh xtra kesabaran (n skill) u resale effort nya?
Sy coba ingat ingat kolega kolega sy profesi sama dari malay ...siapa ya yg pakai proton sehariharian
Coba kalo malay tdk suka cemooh indo ...pasti org indo (yg doyan belanja apapun imported goods) jadikan ini mobil laris kacang goreng (kentang goreng ...kalo jaman skrg, krn skrg ini kacang goreng cuma byk laku di kebon binatang) ...sayang skali malay lbh suka ambil resiko brang tdk laku di .indo (tuh petronas pd tutup n tinggal resto ayam kremes sj yg buka) ...demi teruskan offensive behav mrk
Maaf kalo tersinggung ...tapi sy terkesan (positive maupun negative) dg cara org malay (puak bumiputera , puak lain itu tidak) building up self confidence fast track (over confident) meski sering hasilnya berantakan (n salahkan fihak lain) ha ha ha
Trimakasih byk u yg bikin thread ini ...sy juga punya kesan bagus saat satu anak sy testdrive proton suprema ...hanya sj sy blm mau keluar uang u beli brand ini entah kenapa. Padahal sy tdk merasa offended bila ada malay vs indo saling serang kata kata
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Bayangkan berapa tahun ketertinggalan kita terhadap tetangga kita padahal sumber daya kita jauh lebih unggul, manusia kita jutaan yang jenius tapi kita tidak bisa membangun industri lokal dan pemerintah kita terkesan asal tidak seperti saudara kita... memang memiliki proton memerlukan keihklasan dan jujur ane sering dicemooh karena dikira tidak ada rasa nasionalis. Tapi dibalik itu ada renungan yang jauh lebih dalam lagi, dan buat ane proton lebih dari sekedar merek tapi sebagai cerminan atas bangsa kita yang tertinggal jauh sehingga ane ga heran kalau mereka sering mencemooh kita. Tapi ane berharap suatu saat nanti kita bisa setara dengan saudara jiran kita dan tidak berseteru lagi, tidak mencemooh satu sama lain lagi dan bisa saling menghargai. Amin dan terima kasih om newrubble atas responnya di thread saya


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Long Term Review : Proton Exora
Knp proton laku di malay ...krn dia cuma kena pajak tahunan ...full CKD malay itu lbh murah drpd di indo krn malay tdk kenal bea masuk komponen, tariff listrik industri, bea masuk tambahan ...mrk cuma ada pajak import dan pajak tahunan serta pajak penjualan
Husus proton, perodua dan bufori
Mrk contoh cara indo u timor sbg mobnas
Hanya saja indo gagal krn kalah dlm sidang WTO n malay tdk ada yg bisa seret dia ke sidang WTO
Indo full membership atau ratification party to WTO charter
Malay merasa cukup dgn reservationship to WTO rules ...apa yg mrk anggap untungkan mrk ya mrk adopt yg tdk ya mrk buang
Tiap sepuluh mobil yg terjual di malay itu tujuh mtk proton atau perodua...krn beda harga jauh dr yg foreign brands
Tariff barrier yg dikenakan malay thd foreign brand belajar dr sistem perpajakan berlapis indo yg aslinya dijalankan oleh korea selatan saat hyundai motors masih CKD pug604 dan fiat132 th74-78 ...agar tdh melanggar prinsip prinsip AFTA sehingga yg "disikat isi dompetnya" adalah end users atau pemilik mobil ...bukan para fabrieken
Husus proton, perodua dan bufori
Mrk contoh cara indo u timor sbg mobnas
Hanya saja indo gagal krn kalah dlm sidang WTO n malay tdk ada yg bisa seret dia ke sidang WTO
Indo full membership atau ratification party to WTO charter
Malay merasa cukup dgn reservationship to WTO rules ...apa yg mrk anggap untungkan mrk ya mrk adopt yg tdk ya mrk buang
Tiap sepuluh mobil yg terjual di malay itu tujuh mtk proton atau perodua...krn beda harga jauh dr yg foreign brands
Tariff barrier yg dikenakan malay thd foreign brand belajar dr sistem perpajakan berlapis indo yg aslinya dijalankan oleh korea selatan saat hyundai motors masih CKD pug604 dan fiat132 th74-78 ...agar tdh melanggar prinsip prinsip AFTA sehingga yg "disikat isi dompetnya" adalah end users atau pemilik mobil ...bukan para fabrieken
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Long Term Review : Proton Exora
Knp indo tdk bikin BUMN mobil nasional krn bikin mobil itu risk level nya jauh lbh besar drpd bikin aircraft industry ...after sales n customer care nya menyerap byk energy, effort n funding ...n dja hrs main volume spy bisa untung besar ...ini homework besar yg sampai skrg masih malay kerjakan n jauh dr klaar. Tanpa beli lotus ...mustahil proton bisa punya retail expandion spt skrg
Bukan krn lotus image tapi mrk trtolong dg r and d lotus yg bisa mrk dptkan nyaris gratis dgn brand to brand complimentation scheme antara parent vs subsidiary companies. Sementara floor pan ...dan engin block serta cyl head masih import dr mitsi (proton) dan toyota (dai) u perodus ...yg dln hal ini berperan sbg anchor vendors
Bukan krn lotus image tapi mrk trtolong dg r and d lotus yg bisa mrk dptkan nyaris gratis dgn brand to brand complimentation scheme antara parent vs subsidiary companies. Sementara floor pan ...dan engin block serta cyl head masih import dr mitsi (proton) dan toyota (dai) u perodus ...yg dln hal ini berperan sbg anchor vendors