maskopat wrote:
kurang tahu juga kalo bicara daya tahan ya. soalnya 6B ini full alloy. kebadakannya perlu diuji.
tapi kalo dari sisi spek, 6B31 lebih unggul daripada 2TR-FE. V6 vs I4. MIVEC vs VVTi (mivec di 6B31 sekelas dengan dual vvti toyota.. cmiiw).
errr Dual VVTI dan mivec mahluk yg berbeda deh om
..
dual vvti bearti menggunakan modul camphasing di camshaft intake dan exhaust.. so sarat pertama harus DOHC, 6B31 ini SOHC. dual vvti seperti ford TI-VCT,BI-Vanos,Dual CVVT dll.... durasi dan lift valve selalu fix kec ada embel2 lain kaya valvtronic,valvematic dll
MIVEC lebih mirip I-VTEC terutama di sesama SOHC yaitu camchanging...pakai mild - hot camshaft yang bearti durasi dan lift valve bisa robah.... low lift di low load, dan high lift di high engine load.
mivec jg ada yg bisa matiin valve 12v/16v saat idling/low engine load seperti beberapa ivtec.
bedanya mivec sohc ada yg tetep pke camphasing.. meski hasilnya merubah phase exhaust jg dan ga bisa mengatur valve overlap.
juga mekanisme camswitchingnya beda.. errr klw gw intip sih lebih rumit di mivec
dan camswitching modern g perlu nunggu rev tertentu untuk kick-in
so yeah performance wise MIVEC & *some I-VTEC* seharusnya lebih unggu dari VVTI atau pun Dual VVTI... *yg selevel* biasanya lebih rev happy.
Klw durability wise............ errr less cyld less risk for trouble..... dan rasanya mekanisme camswitching dgn pin yg geser saat berputar ribuan rpm... less reliable dari simple camphasing vvti
cmiiw
6B31 sepertinya bukan termasuk GEMA engine, jadi ga err blm sharing dengan hyundai dan chrysler