

Sebetulnya umur si mayra, panggilan sayang utk si mirage merah ane, baru 1 tahun. Yup.. masih relatif baru. Namun bila mengintip belahan dada eh dashboard si mayra, akan terlihat angka 43rb km. Sepertinya sudah cukup pantas bila dibuatkan long term review. Thx to my job yg membuat angka odometer jadi cepat naiknya....


Utk urusan eksterior, cat merah mayra masih cukup mengundang perhatian. Biar sudah setaun, merahnya masih lumayan kinclong terutama klu abis dicuci. Tapi kalu dilihat detail, langsung keliatan byk sekali baret2 halus. Bagian depan termasuk yg parah. Maklum deh.. rute ane tol melulu. Tiap ada perbaikan jalan tol, bisa dipastikan byk krikil beterbangan. Belum lagi serangga-serangga yg iseng nyium2 dada montok eh bumper depan si mayra. Bikin toko2 obat2an mobil senyumannya makin lebar karena dagangan Bug & Tar Removernya jd laris. Ini belum termasuk baret2 di samping goresan alay2 beroda dua, dan yg terakhir (baru beberapa hari yg lalu), kena stang sepeda baru si kecil.... Hufftt.....

Bagian belakang relatif masih mulus, kecuali pintu yg penyok krn nabrak tiang billboard saat parkir... (kombinasi ngantuk pas puasa, plus cat tiang yg hitam doff).




Walau sudah setaun daleman mayra tetap mempesona seperti saat baru diterima dari mitsu bintaro. Hanya beberapa tambahan seperti hiasan hello kitty di depan dan payung besar gratisan kf di belakang. Dari depan, dashboard mayra sudah dilapisi debu tipis di beberapa bagian. Warna hitam mengkilap yg kata orang piano finished pd bingkai HU membuat debu semakin keliatan (harus rajin2 ngelap).




Utk jok driver terasa mulai kurang nyaman. Entah karena badan lg ga fit, atau memang keseringan diduduki jadi amblas. Yg terasa bgt jadi harus sering disetel ketinggian joknya. Utk sisi lain relatif masih seperti baru, karena memang jarang diduduki.


Utk tipe GLX memang masih sedikit primitif. Menyalakan mesin tetap harus pakai kunci mobil biasa. Tinggal tancap ke lubangnya, putar sedikit, mesin 1200ccnya lgsg menyala. Sedikit brisik memang, Tp itu memang karakter mesin 3 silindernya mayra. Indikator suhu hanya lampu hijau saja, dan bila sudah optimal lampu hijau akan mati secara otomatis.
Performa mayra di km ke 43ribu, terasa masih seperti baru. Kecepatan, akselerasi, deselerasi, ok semua. Utk kecepatan tetap bisa mencapai 175km/jam. Akselerasinya cukup lah utk membuat panas mobil2 yg ber-cc 2 kalinya. Deselerasinya awalnya sedikit mengkhawatirkan karena faktor ban yg tipis, namun beberapa kali hard braking, ternyata baik2 saja. Pengereman berjalan baik meski ga pakai label ABS dan EBD. Sempat ada trouble pada akhir taun kemarin, yakni pada bearing roda belakang kiri, terdengar bunyi mendengung. Namun begitu klaim diajukan, part yg harganya di atas 800rb (ga tau persisnya), diganti gratis. Thx to om Suriadi dr Mitsu Raden Inten yg bersedia membantu proses klaim (meski prosesnya di dealer mitsu lain).
Sedikit link dr youtube buatan ane :
http://www.youtube.com/watch?v=BSUOtbLi7Tw
Utk perawatan relatif wajar. dari awal sampai km 40rb, baru 3 kali keluar biaya perawatan masing2 sekitar 700-800rb, yakni pd km 20rb, 30rb dan 40rb. Sy ga tau kalau beres lain nge-chargenya berapa. Tp segitu kyknya masih wajar, mengingat dulu waktu merawat avanza, bisa habis di atas 1jt.
Berikut rincian biaya perawatan :
Km 1.000 & 10.000 skip, kertasnya keselip (atau emang ga ada...

Km. 20.000 : Total cost : 887rb
Part/Material yg diganti/ditambah : oli 5w30sm, gasket oil drain plug, oli filter, air refresher assy, brake cleaner, air accu.
Km. 30.000 : Total cost : 731rb
Part/Material yg diganti/ditambah : air refresher assy, oil filter, oli 5w30sm, gasket oil drain plug.
Km. 40.000 : Total cost : 741rb
Part/Material yg diganti/ditambah : gasket oil drain plug, oil filter, oli 5w30sm, tm oil 90gl4 (ga tau ini apaan)
Semua dilakukan di beres mitsu bintaro. (bukan sales mitsu bintaro)

Ok, demikian review singkat dari perjalanan 43km di atas Mirage GLX MT warna merah....
