Wuihh... mantep tuh. Kalo jadi pake mesin yg sama, secara spare part harusnya gak jadi masalah karena sudah dipake Spin duluan. Tapi umur Spin diesel juga baru setahun lewat 2 bulan, dan populasinya belum begitu banyak karena masih MT. Masih belum jelas terang-gelapnya.batumakam wrote:semoga waktu masuk kesini udah ada pilihan otomatisnya jangan blunder lagi kayak dulu,,, manual SB pulak bikin gondok sebagian orang yg ambil batch pertama btw india yak? Hmm negara yg hampir gak ada aturan di jalan lawan arus ayok,, berhenti ditengah jalan ayok,, kecelakaan? Tinggal aja oh ya mesin diesel yg dipake neng erti nanti sama seperti yg dipakai Spin diesel ya?Code: Select all
http://en.wikipedia.org/wiki/JTD_engine
Sharing tentang Suzuki Ertiga
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3454
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 705
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
kalau lihat di India justru kebalikan di Indonesia, dimana Diesel lebih mendominasi dibanding bensin..
mesin Diesel yang digunakan Suzuki di India berdasarkan lisensi FIAT Multijet.. bener yg dikatakan om billy, ini versi VGT dari dieselnya Chevy Spin (dimana mesin Spin sendiri juga kerjasama GM dengan FIAT)..
mesin diesel FIAT Multijet FGT (sama dengan SPIN) sudah dipakai sejak 2007 di Maruti Swift, juga dipakai di Maruti Ritz (disini Splash).. sedangkan yg versi VGT digunakan pertama kali di Maruti SX4 sejak 2011..
FYI, standar emisi di India:
Mulai 2010 diterapkan BSIII setara Euro 3 secara nasional. Spek Diesel: Sulfur max 500ppm, Cetane Number min 51
Mulai 2010 diterapkan BSIV setara Euro 4 si daerah terbatas (14 region). Spek Diesel: Sulfur max 50ppm, Cetane Number Min 51
Untuk spek BBM Diesel Pertamina:
Solar, Cetane Number Max 48, Sulfur Max 3500ppm
Bio Solar, Cetane Number 48-51, Sulfur Max 500ppm
Pertamina Dex, Cetane Number Min 53, Sulfur Max 300ppm
Secara spek, Bio Solar sudah mendekati BBM Diesel standar BSIII yg sudah diterapkan nationwide di India, jadi seharusnya sih kuat ya dengan BioSolar sini..
mesin Diesel yang digunakan Suzuki di India berdasarkan lisensi FIAT Multijet.. bener yg dikatakan om billy, ini versi VGT dari dieselnya Chevy Spin (dimana mesin Spin sendiri juga kerjasama GM dengan FIAT)..
mesin diesel FIAT Multijet FGT (sama dengan SPIN) sudah dipakai sejak 2007 di Maruti Swift, juga dipakai di Maruti Ritz (disini Splash).. sedangkan yg versi VGT digunakan pertama kali di Maruti SX4 sejak 2011..
FYI, standar emisi di India:
Mulai 2010 diterapkan BSIII setara Euro 3 secara nasional. Spek Diesel: Sulfur max 500ppm, Cetane Number min 51
Mulai 2010 diterapkan BSIV setara Euro 4 si daerah terbatas (14 region). Spek Diesel: Sulfur max 50ppm, Cetane Number Min 51
Untuk spek BBM Diesel Pertamina:
Solar, Cetane Number Max 48, Sulfur Max 3500ppm
Bio Solar, Cetane Number 48-51, Sulfur Max 500ppm
Pertamina Dex, Cetane Number Min 53, Sulfur Max 300ppm
Secara spek, Bio Solar sudah mendekati BBM Diesel standar BSIII yg sudah diterapkan nationwide di India, jadi seharusnya sih kuat ya dengan BioSolar sini..
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1239
- Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
- Location: Surabaya
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
Sy berharap ertelu keluarin disel matik shg bs jd alternatif sy ketika inova sy bakal pensiun nantinya, mengingat inova yg bener2 baru pasti nantinya harga nya bakal terbang tinggi deh.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2269
- Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
- Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
mungkin petinggi suzuki juga ga gegabah / ga mau ambil resiko memasukkan enjin diesel ke indonesia,niru saingannya juga yg ogah memasukkan enjin diesel..apalagi R3 kan lagi hot-hotnya nempel avanza dan xenia,tambah ada mobilio..CMIIW
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 34
- Joined: Tue Mar 04, 2014 9:02
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
Skrg penjualannya ertiga gak terlalu hot, boro-boro ngejer papanjah, ama si lio yg baru aja udah jauh tertinggal. Mungkin bisa jadi erti diesel dikeluarin, tapi butuh effort yg sangat tinggi terutama di bidang sdm nya biar semua teknisi beres juki se indonesia bisa handle mesin dieselnya, ini yg susah.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2269
- Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
- Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
iyyah om ddjt,waktu ngepost kemarin lupa cantumin : di daerah saya.di daerah lain kan trennya beda2.o ya,saya ga pake lagi R3 silver GL 2012,udah pindah tangan.soalnya kemarin butuh duid lumayan banyak...smoga bs beli baru lagi,sukur2 kalo ada facelift.
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Mon Apr 28, 2014 5:18
- Location: DKI Jakarta
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
DDR wrote:Wah ada Ertiga user juga hehe... sama dengan bro Azu, mengenai headlamp ngembun, saya cuekin bro hehehe... soalnya di Xenia 2013 saya ngembun juga... terus di forum forum luar ternyata memang mobil sekarang banyak yang ngembun headlamp nya... selama nggak sampe menggenang air... tapi kalau bro nggak nyaman dengan banyak nya embun boleh coba di claim koq ke Suzuki...
iya bray sekedar nambah in info nya.. kalo head lamp yang asli itu malah memang sering berembun, kalo gak ORI malah gak berembun CMIIW
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3454
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
woro2 di sini aja daripada bikin thread baru.
Setelah rIII diplesetkan menjadi Ertiga, apa iV ini akan diplesetkan menjadi Ilima?
Setelah rIII diplesetkan menjadi Ertiga, apa iV ini akan diplesetkan menjadi Ilima?
Code: Select all
http://otomotif.news.viva.co.id/news/read/500106-suzuki-iv-4--bakal-jadi-penantang-nissan-juke
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 37
- Joined: Tue Jul 30, 2013 2:34
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
Dah lama ga mampir d SM, keasyikan pake ertiga ane nh,trakhir ane posting wktu ane mnta pndapat beli mbl dan akhir nya oktober 2013 ane jd nya beli ertiga dan abis beli ane ga ksh review prtama krna ane ga ahli dlm permobilan (tau nya pake za) trus yg k-2 mbl msh baru jd blm krasa apa2,skrng ane mau cba nambahin review,lsng za:
1. Suara yg lumayan keras d roda depan sperti bunyi ber-adu ketika mbl melindas lobang dgn kecepatan yg agak tingi (bukan sengaja ane libas tu lobang tp ga smpt k rem za) dan ketika ane baca2 d comunity banyak user jg ngalamin gtu,skrng dh lama ga denger bunyi itu soal nya ane ga prnah nghajar lobang lg.
2. Stir kalo belok full baik k kanan or kiri d roda depan suka krasa bunyi tek tek,baca d comunity kg banyak jg yg ngalamin trus ane bilang kmrn pas service rutin d beres,trus da yg d gnti masuk claim gratis skrng dh ga bunyi lg.
3. Di roda belakang jg sering kedenger bunyi tek tek,kmrn jg dh d bilangin pas service d beres bareng ma kasus stir,tp ma beres ga d gnti cma d kencenginza bilang nya tp trnyata msh da bunyi2 d roda belakang,mungkin nanti kalo wktu nya service rutin lg,ane bilang lg.
4. Mslh lampu depan idem
5. Roof/atap kalo lg hujan bagi ane ngrasa berisik bgt,
ertiga ane dh k semarang (start dr sukabumi) berangkat lewat pantura akhir tahun kmrn kebetulan ade ane nikah dapetin orang semarang, trus k jogja trus pulang lewat jalur selatan,bagi ane yg tau pake mbl doank sh cukup nyaman ga limbung.
ane d sukabumi usaha jd suplier alat kesehatan,jd ni mbl jg suka ane masukin barang2 yg lumayan banyak,jok tengah + bekakang ane lipat buat naro barang,emang ga selega avania yg model lipat nyak depan tp ga mslh toh ertiga bukan buat bwa barang justru dgn sistem lipat yg rata gtu malah enak buat tiduran d dlm mbl plgi tiduran nya da yg nemenin,hehehe.... kaburrrr
sekian,wassalam
nubitol
1. Suara yg lumayan keras d roda depan sperti bunyi ber-adu ketika mbl melindas lobang dgn kecepatan yg agak tingi (bukan sengaja ane libas tu lobang tp ga smpt k rem za) dan ketika ane baca2 d comunity banyak user jg ngalamin gtu,skrng dh lama ga denger bunyi itu soal nya ane ga prnah nghajar lobang lg.
2. Stir kalo belok full baik k kanan or kiri d roda depan suka krasa bunyi tek tek,baca d comunity kg banyak jg yg ngalamin trus ane bilang kmrn pas service rutin d beres,trus da yg d gnti masuk claim gratis skrng dh ga bunyi lg.
3. Di roda belakang jg sering kedenger bunyi tek tek,kmrn jg dh d bilangin pas service d beres bareng ma kasus stir,tp ma beres ga d gnti cma d kencenginza bilang nya tp trnyata msh da bunyi2 d roda belakang,mungkin nanti kalo wktu nya service rutin lg,ane bilang lg.
4. Mslh lampu depan idem
5. Roof/atap kalo lg hujan bagi ane ngrasa berisik bgt,
ertiga ane dh k semarang (start dr sukabumi) berangkat lewat pantura akhir tahun kmrn kebetulan ade ane nikah dapetin orang semarang, trus k jogja trus pulang lewat jalur selatan,bagi ane yg tau pake mbl doank sh cukup nyaman ga limbung.
ane d sukabumi usaha jd suplier alat kesehatan,jd ni mbl jg suka ane masukin barang2 yg lumayan banyak,jok tengah + bekakang ane lipat buat naro barang,emang ga selega avania yg model lipat nyak depan tp ga mslh toh ertiga bukan buat bwa barang justru dgn sistem lipat yg rata gtu malah enak buat tiduran d dlm mbl plgi tiduran nya da yg nemenin,hehehe.... kaburrrr
sekian,wassalam
nubitol
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 705
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
salam om helmixiuhelmixiu wrote:Dah lama ga mampir d SM, keasyikan pake ertiga ane nh,trakhir ane posting wktu ane mnta pndapat beli mbl dan akhir nya oktober 2013 ane jd nya beli ertiga dan abis beli ane ga ksh review prtama krna ane ga ahli dlm permobilan (tau nya pake za) trus yg k-2 mbl msh baru jd blm krasa apa2,skrng ane mau cba nambahin review,lsng za:
1. Suara yg lumayan keras d roda depan sperti bunyi ber-adu ketika mbl melindas lobang dgn kecepatan yg agak tingi (bukan sengaja ane libas tu lobang tp ga smpt k rem za) dan ketika ane baca2 d comunity banyak user jg ngalamin gtu,skrng dh lama ga denger bunyi itu soal nya ane ga prnah nghajar lobang lg.
2. Stir kalo belok full baik k kanan or kiri d roda depan suka krasa bunyi tek tek,baca d comunity kg banyak jg yg ngalamin trus ane bilang kmrn pas service rutin d beres,trus da yg d gnti masuk claim gratis skrng dh ga bunyi lg.
3. Di roda belakang jg sering kedenger bunyi tek tek,kmrn jg dh d bilangin pas service d beres bareng ma kasus stir,tp ma beres ga d gnti cma d kencenginza bilang nya tp trnyata msh da bunyi2 d roda belakang,mungkin nanti kalo wktu nya service rutin lg,ane bilang lg.
4. Mslh lampu depan idem
5. Roof/atap kalo lg hujan bagi ane ngrasa berisik bgt,
ertiga ane dh k semarang (start dr sukabumi) berangkat lewat pantura akhir tahun kmrn kebetulan ade ane nikah dapetin orang semarang, trus k jogja trus pulang lewat jalur selatan,bagi ane yg tau pake mbl doank sh cukup nyaman ga limbung.
ane d sukabumi usaha jd suplier alat kesehatan,jd ni mbl jg suka ane masukin barang2 yg lumayan banyak,jok tengah + bekakang ane lipat buat naro barang,emang ga selega avania yg model lipat nyak depan tp ga mslh toh ertiga bukan buat bwa barang justru dgn sistem lipat yg rata gtu malah enak buat tiduran d dlm mbl plgi tiduran nya da yg nemenin,hehehe.... kaburrrr
sekian,wassalam
nubitol
kalau disini tolong jangan dipakai istilah nubitol
untuk yang 1 dan 2, itu masalah di steerong rack.. kalau sudah diganti bia claim, bagus lah om.. saya juga dulu claim dan diganti 1minggu kemudian karena partsnya harus inden..
no 3 itu axle beam.. kalau masih bunyi claim lagi saja om utk diganti.. kebetulan punya saya utk axle beam tidak bermasalah
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 531
- Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
- Location: South Sumatera
- Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
batumakam wrote:semoga waktu masuk kesini udah ada pilihan otomatisnya jangan blunder lagi kayak dulu,,, manual SB pulak bikin gondok sebagian orang yg ambil batch pertama btw india yak? Hmm negara yg hampir gak ada aturan di jalan lawan arus ayok,, berhenti ditengah jalan ayok,, kecelakaan? Tinggal aja oh ya mesin diesel yg dipake neng erti nanti sama seperti yg dipakai Spin diesel ya?amfibi wrote:Umm... diesel suzuki sdh terbukti kuat dipake di India...TUFF Stough wrote:Mungkin bukan masalah transmisi manual-otomatis yg jadi pertimbangan Suzuki untuk mengeluarkan mesin diesel.
The BIG question-nya bila Suzuki ngeluarin mesin diesel: Adakah mesin diesel Suzuki yg reliable? Apakah Suzuki bersedia menjadikan produk Ertiga sebagai produk uji coba untuk mesin dieselnya yg belum ketahuan ketahanannya disiksa kondisi iklim tropis plus kondisi macet jalanan plus kondisi solar busuk di negara kita?
Yg notabene kondisinya lbh parah dr Indonesia...
Kl mau tau lbh banyak, bs browsing di team-bhp.com (forum otomotif besar di India)Code: Select all
http://en.wikipedia.org/wiki/JTD_engine
india mah mobilnya jauh lbh bagus n harga lbh murah dari indonesia jauhh
contoh : Crv disana udah HID bawaan + AWD + GPS
cm 470 juta
di sini kopong HID gk ada, 2WD gps gk ada
450 juta (prestige)
https://www.hondacarindia.com/ownahonda/pricelist.aspx
indonesia kalo mau spec lengkap kyk india bisa2 harganya semahal di malingsia sono
CRV 2.4 AWD 600 juta disono
ertiga di sini yg bensin GX udah 190 juta ya ?
di india sono cm 138 jutaan tipe plg tinggi bensin
klo solar tipe plg tinggi 160 jutaan
http://www.marutisuzuki.com/ertiga/ErtigaPrice.aspx
di indo ertiga solar bisa 210 - 220 juta
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 37
- Joined: Tue Jul 30, 2013 2:34
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
Oiya maaf....
mudah2an za msh bsa claim.
kalo d atas SM-ers pda berandai2 ertiga diesel,kalo ane mah berandai2 mazda + suzuki abis buat cx-1 + ertiga buat biante versi suzuki dgn hrga d bwah biante,ngumpulin duit deh ntar buat next car,hehe
mudah2an za msh bsa claim.
kalo d atas SM-ers pda berandai2 ertiga diesel,kalo ane mah berandai2 mazda + suzuki abis buat cx-1 + ertiga buat biante versi suzuki dgn hrga d bwah biante,ngumpulin duit deh ntar buat next car,hehe
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 189
- Joined: Sun Feb 23, 2014 4:16
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
Umm... diesel suzuki sdh terbukti kuat dipake di India...Leonhart wrote:Mungkin bukan masalah transmisi manual-otomatis yg jadi pertimbangan Suzuki untuk mengeluarkan mesin diesel.
The BIG question-nya bila Suzuki ngeluarin mesin diesel: Adakah mesin diesel Suzuki yg reliable? Apakah Suzuki bersedia menjadikan produk Ertiga sebagai produk uji coba untuk mesin dieselnya yg belum ketahuan ketahanannya disiksa kondisi iklim tropis plus kondisi macet jalanan plus kondisi solar busuk di negara kita?
Yg notabene kondisinya lbh parah dr Indonesia...
Kl mau tau lbh banyak, bs browsing di team-bhp.com (forum otomotif besar di India)[/quote]
semoga waktu masuk kesini udah ada pilihan otomatisnya jangan blunder lagi kayak dulu,,, manual SB pulak bikin gondok sebagian orang yg ambil batch pertama btw india yak? Hmm negara yg hampir gak ada aturan di jalan lawan arus ayok,, berhenti ditengah jalan ayok,, kecelakaan? Tinggal aja oh ya mesin diesel yg dipake neng erti nanti sama seperti yg dipakai Spin diesel ya?
Code: Select all
http://en.wikipedia.org/wiki/JTD_engine
india mah mobilnya jauh lbh bagus n harga lbh murah dari indonesia jauhh
contoh : Crv disana udah HID bawaan + AWD + GPS
cm 470 juta
di sini kopong HID gk ada, 2WD gps gk ada
450 juta (prestige)
https://www.hondacarindia.com/ownahonda/pricelist.aspx
indonesia kalo mau spec lengkap kyk india bisa2 harganya semahal di malingsia sono
CRV 2.4 AWD 600 juta disono
ertiga di sini yg bensin GX udah 190 juta ya ?
di india sono cm 138 jutaan tipe plg tinggi bensin
klo solar tipe plg tinggi 160 jutaan
http://www.marutisuzuki.com/ertiga/ErtigaPrice.aspx
di indo ertiga solar bisa 210 - 220 juta [/quote]
om di malaysia, apanjah peloz hrgnya > 300jt... di singapore, peloz > 800jt ... di indonesia terutama jakarta, dgn hrg skr aja macet2nya udh gila2an, apalagi klo disamain dgn hrg di india...
-
- SM Specialist
- Posts: 4723
- Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
- Location: Kota Bogor
- Daily Vehicle: ANF 2019
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
Wah...seru juga ya Ertiga, saya baru tau ada beberapa problem di ertiga ini
Saya jg ambil ertiga gen 1, malah termasuk unit paling awal yg beredar di bogor...
Cuma sampe sekarang itu ertiga saya engga pernah dengar ada keluhan...
Kebetulan yg pake bukan saya, dan saya baru merasakan pake itu ertiga 1x saja... Rute bogor ke cikarang pp
Setelah itu saya serah terimakan ke seorang Spv di kantor... Jadilah dia pengendara ertiga sampai sekarang..
Nanti akan coba saya tanya apakah terjadi masalah atau engg di ertiga yg dia pake...
Saya pengguna suzuki Apv GL juga dari 2008 sampai sekarang masih dipake operasional.. Km sudah 145.000 lebih..
Dan cukup puas dengan performa nya, srcara apv masih dibawah ertiga.. Jadi saya cukup yakin ertiga jg akan memuaskan..
Saya jg ambil ertiga gen 1, malah termasuk unit paling awal yg beredar di bogor...
Cuma sampe sekarang itu ertiga saya engga pernah dengar ada keluhan...
Kebetulan yg pake bukan saya, dan saya baru merasakan pake itu ertiga 1x saja... Rute bogor ke cikarang pp
Setelah itu saya serah terimakan ke seorang Spv di kantor... Jadilah dia pengendara ertiga sampai sekarang..
Nanti akan coba saya tanya apakah terjadi masalah atau engg di ertiga yg dia pake...
Saya pengguna suzuki Apv GL juga dari 2008 sampai sekarang masih dipake operasional.. Km sudah 145.000 lebih..
Dan cukup puas dengan performa nya, srcara apv masih dibawah ertiga.. Jadi saya cukup yakin ertiga jg akan memuaskan..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 189
- Joined: Sun Feb 23, 2014 4:16
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
Produk suzuki dari dulu sampe awal praktis tdk terlalu byk masalah, malah byk produk2nya yg fenomenal di masanya seperti Jimny, Katana, Escudo, Vitara & Forsa ... blm lg produk2 lain spt Carry (spesialis jagoan angkot nasional & mungkin pelopor MPV di Indonesia hehe), Baleno, Esteem, SX4, swift, APV dan kini Ertiga ... Suzuki yg beredar di Indonesia dari dulu sampe skr kualitas mesinnya cukup bagus, mslh2 yg ada relatif mslh2 umum, hrg sparepart jg relatif kompetitif dgn kompetitornya... Cuma sayangnya Indomobil sbg pemegang ATPM tunggal suzuki tdk terlalu jor2an utk promosinya, jaringan beres di luar pulau Jawa jg relatif hanya kuat di kota2 besar ...F 272 wrote:Wah...seru juga ya Ertiga, saya baru tau ada beberapa problem di ertiga ini
Saya jg ambil ertiga gen 1, malah termasuk unit paling awal yg beredar di bogor...
Cuma sampe sekarang itu ertiga saya engga pernah dengar ada keluhan...
Kebetulan yg pake bukan saya, dan saya baru merasakan pake itu ertiga 1x saja... Rute bogor ke cikarang pp
Setelah itu saya serah terimakan ke seorang Spv di kantor... Jadilah dia pengendara ertiga sampai sekarang..
Nanti akan coba saya tanya apakah terjadi masalah atau engg di ertiga yg dia pake...
Saya pengguna suzuki Apv GL juga dari 2008 sampai sekarang masih dipake operasional.. Km sudah 145.000 lebih..
Dan cukup puas dengan performa nya, srcara apv masih dibawah ertiga.. Jadi saya cukup yakin ertiga jg akan memuaskan..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
Beda di regulasi pajak dan hakikat mobil itu sendiri.Leonhart wrote:batumakam wrote:semoga waktu masuk kesini udah ada pilihan otomatisnya jangan blunder lagi kayak dulu,,, manual SB pulak bikin gondok sebagian orang yg ambil batch pertama btw india yak? Hmm negara yg hampir gak ada aturan di jalan lawan arus ayok,, berhenti ditengah jalan ayok,, kecelakaan? Tinggal aja oh ya mesin diesel yg dipake neng erti nanti sama seperti yg dipakai Spin diesel ya?amfibi wrote:
Umm... diesel suzuki sdh terbukti kuat dipake di India...
Yg notabene kondisinya lbh parah dr Indonesia...
Kl mau tau lbh banyak, bs browsing di team-bhp.com (forum otomotif besar di India)Code: Select all
http://en.wikipedia.org/wiki/JTD_engine
india mah mobilnya jauh lbh bagus n harga lbh murah dari indonesia jauhh
contoh : Crv disana udah HID bawaan + AWD + GPS
cm 470 juta
di sini kopong HID gk ada, 2WD gps gk ada
450 juta (prestige)
https://www.hondacarindia.com/ownahonda/pricelist.aspx
indonesia kalo mau spec lengkap kyk india bisa2 harganya semahal di malingsia sono
CRV 2.4 AWD 600 juta disono
ertiga di sini yg bensin GX udah 190 juta ya ?
di india sono cm 138 jutaan tipe plg tinggi bensin
klo solar tipe plg tinggi 160 jutaan
http://www.marutisuzuki.com/ertiga/ErtigaPrice.aspx
di indo ertiga solar bisa 210 - 220 juta
Di malaysia, harga mobil on the road bukan hanya pajak dan balik nama, tapi ada juga namanya izin pakai jalan spt di singapore dan australia.
Untuk ertiga di India, disana mobil nasionalnya India. Wajar lah kalau mendapat sedikit perlakuan istimewa sehingga harganya lebih terjangkau dibanding sini, plus pajak berlapis dan biaya ini itu yg dibebankan kepada harga jual produk. Ngga ada pengusaha yang mau gratisin biaya preman dan siluman, kan?
Untuk struktur pajak di India, saya kurang tau persis, tapi kalau dilihat dari fitur yang diberikan dan harga jual, nampaknya sih struktur pajak nya ga se kemaruk endonesyah ya...
CMIIW..
Hmmm... solar disana lebih busuk? Seingat saya, India sudah menerapkan standar BharatIII yang setara Euro3, untuk emisi gas buang DAN mutu bahan bakarnya.
Kalau proven nya disana, hanyalah battle proven kalo nyetir di India..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 705
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
kabar om medket mengenai ertiga diesel bener euy.. kesuksesan Mobilio memaksa Sijuki utk masukin yg Diesel, rencananya akhir tahun launching katanya.. mudah2an ada yg AT dan sekalian facelift
Suzuki Ertiga Diesel Diperkenalkan Akhir Tahun
Jakarta, KompasOtomotif - Memasuki usia kedua, prestasi Suzuki Ertiga sebagai salah satu model terlaris di Indonesia terbilang cukup gemilang. Merek berlambang "S" ini terus mengembangkan varian baru Ertiga untuk menghadapi ketatnya persaingan di segmen kendaraan multi guna bawah (MPV low). Setelah Elegant dan Sporty, kini Suzuki menyiapkan varian terbaru bermesin diesel.
Davy Jeffry Tuilan, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Jaringan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan, varian terbaru ini akan dibekali mesin pasokan dari Fiat, 1.3 liter diesel turbo. Mesin ini notabene sama dengan yang digunakan Chevrolet Spin.
"Sekarang lagi tes 50.000 km, mudah-mudahan akhir tahun kami bisa diluncurkan," jelas Davy menjawab KompasOtomotif, di Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (2/5/2014).
Ertiga diesel sebenarnya bukan produk baru, karena Suzuki sudah memasarkannya di India sejak diluncurkan dua tahun lalu. Di sana, Ertiga menawarkan tenaga 89 hp @4.000 rpm dan torsi 200 Nm @1.750 rpm.
Soal harga, Davy masih belum mau menyampaikan berapa Ertiga diesel akan dipasarakan. Jika jadi dipasarkan, Ertiga diesel akan menambah sembilan varian yang sudah dipasarkan Suzuki, yakni GA (M/T dan A/T), GL (M/T dan A/T), GX (M/T dan A/T), Sporty (GL) M/T dan A/T, serta Elegant Plus (GX) M/T dan A/T. Banderolnya terbentang mulai Rp 154,7 juta sampai Rp 214,5 juta on the road Jakarta.
http://m.kompas.com/otomotif/read/2014/ ... erkenalkan
Suzuki Ertiga Diesel Diperkenalkan Akhir Tahun
Jakarta, KompasOtomotif - Memasuki usia kedua, prestasi Suzuki Ertiga sebagai salah satu model terlaris di Indonesia terbilang cukup gemilang. Merek berlambang "S" ini terus mengembangkan varian baru Ertiga untuk menghadapi ketatnya persaingan di segmen kendaraan multi guna bawah (MPV low). Setelah Elegant dan Sporty, kini Suzuki menyiapkan varian terbaru bermesin diesel.
Davy Jeffry Tuilan, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Jaringan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan, varian terbaru ini akan dibekali mesin pasokan dari Fiat, 1.3 liter diesel turbo. Mesin ini notabene sama dengan yang digunakan Chevrolet Spin.
"Sekarang lagi tes 50.000 km, mudah-mudahan akhir tahun kami bisa diluncurkan," jelas Davy menjawab KompasOtomotif, di Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (2/5/2014).
Ertiga diesel sebenarnya bukan produk baru, karena Suzuki sudah memasarkannya di India sejak diluncurkan dua tahun lalu. Di sana, Ertiga menawarkan tenaga 89 hp @4.000 rpm dan torsi 200 Nm @1.750 rpm.
Soal harga, Davy masih belum mau menyampaikan berapa Ertiga diesel akan dipasarakan. Jika jadi dipasarkan, Ertiga diesel akan menambah sembilan varian yang sudah dipasarkan Suzuki, yakni GA (M/T dan A/T), GL (M/T dan A/T), GX (M/T dan A/T), Sporty (GL) M/T dan A/T, serta Elegant Plus (GX) M/T dan A/T. Banderolnya terbentang mulai Rp 154,7 juta sampai Rp 214,5 juta on the road Jakarta.
http://m.kompas.com/otomotif/read/2014/ ... erkenalkan
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2083
- Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
- Location: Bandung
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
Bkal ad AT dong artinya, hrganya mayan nih beda dkit sma si piluz .azu wrote:kabar om medket mengenai ertiga diesel bener euy.. kesuksesan Mobilio memaksa Sijuki utk masukin yg Diesel, rencananya akhir tahun launching katanya.. mudah2an ada yg AT dan sekalian facelift
Suzuki Ertiga Diesel Diperkenalkan Akhir Tahun
Jakarta, KompasOtomotif - Memasuki usia kedua, prestasi Suzuki Ertiga sebagai salah satu model terlaris di Indonesia terbilang cukup gemilang. Merek berlambang "S" ini terus mengembangkan varian baru Ertiga untuk menghadapi ketatnya persaingan di segmen kendaraan multi guna bawah (MPV low). Setelah Elegant dan Sporty, kini Suzuki menyiapkan varian terbaru bermesin diesel.
Davy Jeffry Tuilan, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Jaringan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan, varian terbaru ini akan dibekali mesin pasokan dari Fiat, 1.3 liter diesel turbo. Mesin ini notabene sama dengan yang digunakan Chevrolet Spin.
"Sekarang lagi tes 50.000 km, mudah-mudahan akhir tahun kami bisa diluncurkan," jelas Davy menjawab KompasOtomotif, di Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (2/5/2014).
Ertiga diesel sebenarnya bukan produk baru, karena Suzuki sudah memasarkannya di India sejak diluncurkan dua tahun lalu. Di sana, Ertiga menawarkan tenaga 89 hp @4.000 rpm dan torsi 200 Nm @1.750 rpm.
Soal harga, Davy masih belum mau menyampaikan berapa Ertiga diesel akan dipasarakan. Jika jadi dipasarkan, Ertiga diesel akan menambah sembilan varian yang sudah dipasarkan Suzuki, yakni GA (M/T dan A/T), GL (M/T dan A/T), GX (M/T dan A/T), Sporty (GL) M/T dan A/T, serta Elegant Plus (GX) M/T dan A/T. Banderolnya terbentang mulai Rp 154,7 juta sampai Rp 214,5 juta on the road Jakarta.
http://m.kompas.com/otomotif/read/2014/ ... erkenalkan
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
Nahhhh... kadang informasi nya maknyus... dan tepat sasaran...
Seringkali: maknyoss dan meleset ke mana2...
Anyway, ane tidak sabar nunggu R3 Diesel MT... uhuyyyyy...
Interior ajib, kualitas baik, dan penenggak solar...
Seringkali: maknyoss dan meleset ke mana2...
Anyway, ane tidak sabar nunggu R3 Diesel MT... uhuyyyyy...
Interior ajib, kualitas baik, dan penenggak solar...
Obey the mahakitteh.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 304
- Joined: Sun Dec 30, 2012 12:48
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
eits......pakar mazda ertiga keluar juga nih komentnyamadcat015 wrote:Nahhhh... kadang informasi nya maknyus... dan tepat sasaran...
Seringkali: maknyoss dan meleset ke mana2...
Anyway, ane tidak sabar nunggu R3 Diesel MT... uhuyyyyy...
Interior ajib, kualitas baik, dan penenggak solar...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 332
- Joined: Tue Dec 18, 2012 7:05
- Location: Balikpapan-Yogyakarta
- Daily Vehicle: ANKI G 2016 - Ertiga GX 2013
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
Waduh, yg gx petrol belum lunas kok ini keluar yg diesel, bisa tukar tambah Ndak ya?
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
Apa?Prast84 wrote:eits......pakar mazda ertiga keluar juga nih komentnyamadcat015 wrote:Nahhhh... kadang informasi nya maknyus... dan tepat sasaran...
Seringkali: maknyoss dan meleset ke mana2...
Anyway, ane tidak sabar nunggu R3 Diesel MT... uhuyyyyy...
Interior ajib, kualitas baik, dan penenggak solar...
Mazda Ertiga?
Obey the mahakitteh.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
Truly pakar mazda...
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
*segera kontak supplier, minta emblem "Bukan Ertiga"*amfibi wrote:Truly pakar mazda...
Obey the mahakitteh.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2269
- Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
- Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT
Re: Sharing tentang Suzuki Ertiga
diesel di R3 ? (buruan jual GE8 manula) ....................................