Leonhart wrote:Mungkin bukan masalah transmisi manual-otomatis yg jadi pertimbangan Suzuki untuk mengeluarkan mesin diesel.
The BIG question-nya bila Suzuki ngeluarin mesin diesel: Adakah mesin diesel Suzuki yg reliable? Apakah Suzuki bersedia menjadikan produk Ertiga sebagai produk uji coba untuk mesin dieselnya yg belum ketahuan ketahanannya disiksa kondisi iklim tropis plus kondisi macet jalanan plus kondisi solar busuk di negara kita?

Umm... diesel suzuki sdh terbukti kuat dipake di India...
Yg notabene kondisinya lbh parah dr Indonesia...
Kl mau tau lbh banyak, bs browsing di team-bhp.com (forum otomotif besar di India)[/quote]
semoga waktu masuk kesini udah ada pilihan otomatisnya

jangan blunder lagi kayak dulu,,, manual SB pulak

bikin gondok sebagian orang yg ambil batch pertama

btw india yak? Hmm negara yg hampir gak ada aturan di jalan

lawan arus ayok,, berhenti ditengah jalan ayok,, kecelakaan? Tinggal aja

oh ya mesin diesel yg dipake neng erti nanti sama seperti yg dipakai Spin diesel ya?
Code: Select all
http://en.wikipedia.org/wiki/JTD_engine

[/quote]
india mah mobilnya jauh lbh bagus n harga lbh murah dari indonesia jauhh
contoh : Crv disana udah HID bawaan + AWD + GPS
cm 470 juta
di sini kopong HID gk ada, 2WD gps gk ada
450 juta (prestige)
https://www.hondacarindia.com/ownahonda/pricelist.aspx
indonesia kalo mau spec lengkap kyk india bisa2 harganya semahal di malingsia sono
CRV 2.4 AWD 600 juta disono
ertiga di sini yg bensin GX udah 190 juta ya ?
di india sono cm 138 jutaan tipe plg tinggi bensin
klo solar tipe plg tinggi 160 jutaan
http://www.marutisuzuki.com/ertiga/ErtigaPrice.aspx
di indo ertiga solar bisa 210 - 220 juta

[/quote]
om di malaysia, apanjah peloz hrgnya > 300jt... di singapore, peloz > 800jt ... di indonesia terutama jakarta, dgn hrg skr aja macet2nya udh gila2an, apalagi klo disamain dgn hrg di india...
