Page 35 of 61

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Tue Jun 02, 2020 10:33
by josomba
DOHC wrote: Tue Jun 02, 2020 9:31
Anehh

Saya sendiri jg tim #rendemDCS gapapa, malah slalu di rendem, biar enak bersihin tinggal d lap

Mungkin mobil nya perlu di biasain pake busi rendeman, biar jangan manja
Bisa jd mbah....

Coba nanti saya mulung d parts bekas dr BeRes Atoyot/daihatchiu... Soalnya ayla aja bs pake busi mazdut.... Berarti pake busi ayla juga bisa...

:big_biglaugh:

Kalau kata om kompre, gabole dibudakin mobil :big_chicken:

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Tue Jun 02, 2020 10:50
by Omnibus
evanbngdor wrote: Tue Jun 02, 2020 10:33

Saya jg selalu pake busi ini di Great Corolla. Ada banyak yg compatible, cuma rasanya ini busi yg paling pas buat di Great Corolla saya.
:big_okay:

Tipe yg saya pake itu BKR6EGP.
memang hrs coba2 ya om .... dan baru tau ini kl toyota cocok dgn ngk. dulu sy pernah pake corolla twin cam karbu itu kl pake ngk selalu fouling hitam, kl pake denso aman. begitu juga pas punya ipah. sampai sy pikir itu cocok2an dgn coil set nya juga barangkali krn didevelop bareng sbg oem pair.

sy paham kl busi ada compatibility chart nya tp maksud sy tetap ada bedanya misal denso heat range 16 vs ngk 5 atau denso 20 vs ngk 6 tetap tdk sama 100% itu heat range kedua merk itu. dr pengalaman sih gitu, pdhl maunya sih pake ngk krn kan dia khusus bikinnya busi kl denso kan campur2 jd ada feeling kl busi ngk lbh superior drpd busi denso. cuma feeling, fakta belum tentu hehe

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Tue Jun 02, 2020 11:25
by evanbngdor
Omnibus wrote: Tue Jun 02, 2020 10:50
evanbngdor wrote: Tue Jun 02, 2020 10:33

Saya jg selalu pake busi ini di Great Corolla. Ada banyak yg compatible, cuma rasanya ini busi yg paling pas buat di Great Corolla saya.
:big_okay:

Tipe yg saya pake itu BKR6EGP.
memang hrs coba2 ya om .... dan baru tau ini kl toyota cocok dgn ngk. dulu sy pernah pake corolla twin cam karbu itu kl pake ngk selalu fouling hitam, kl pake denso aman. begitu juga pas punya ipah. sampai sy pikir itu cocok2an dgn coil set nya juga barangkali krn didevelop bareng sbg oem pair.

sy paham kl busi ada compatibility chart nya tp maksud sy tetap ada bedanya misal denso heat range 16 vs ngk 5 atau denso 20 vs ngk 6 tetap tdk sama 100% itu heat range kedua merk itu. dr pengalaman sih gitu, pdhl maunya sih pake ngk krn kan dia khusus bikinnya busi kl denso kan campur2 jd ada feeling kl busi ngk lbh superior drpd busi denso. cuma feeling, fakta belum tentu hehe
Mungkin kalo dibandingin NGK dan Denso dengan spesifikasi yg sama sih bakal sama aja hasilnya. Cuma dr segi opsi jenis busi itu NGK lebih banyak sih ada yg biasa, g-power, iridium, laser platinum, laser iridium dll

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Tue Jun 02, 2020 12:57
by b8099ok
Msh ada yg pake busi merk minyak rambut ya,... 😖😓

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Tue Jun 02, 2020 13:30
by josomba
b8099ok wrote: Tue Jun 02, 2020 12:57 Msh ada yg pake busi merk minyak rambut ya,... 😖😓
Kan dah tobat mbah semenjak dibaptis d wasem ... semenjak mobil cenat cenut gajelas... :big_weee:

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Tue Jun 02, 2020 14:49
by marmut
josomba wrote: Tue Jun 02, 2020 9:26

Percaya atau tidak, ntuh busi dipindah ke Ayla...dan lancar.... sampe penulisan ini, masih lancar dipake di ayla kakak-nya salah satu mbah di mari

Padahal pas test drive bareng samasang mbah, ajrut2an gajelas tiap digas melewati 2000 rpm, ganti busi brisk nickel cadangan normal2 aja.... :big_biglaugh:

viewtopic.php?f=19&t=19638&hilit=sepatupuma


semenjak ganti busi masda, metiknya langsung jadi 6 spit.



b8099ok wrote: Tue Jun 02, 2020 12:57 Msh ada yg pake busi merk minyak rambut ya,... 😖😓
20200424_125044.jpg

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Tue Jun 02, 2020 15:32
by josomba
marmut wrote: Tue Jun 02, 2020 14:49
viewtopic.php?f=19&t=19638&hilit=sepatupuma


semenjak ganti busi masda, metiknya langsung jadi 6 spit.
:microwave:

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Wed Jun 03, 2020 2:46
by azu
Pengalaman dulu di motor Supra X 125 Karbu, antara Denso dan NGK sih lebih enak NGK. Ini perbandingannya untuk busi dengan jenis dan heat range yang sebanding, yaitu sama2 iridium (Denso IU20 vs NGK CPR6EA-9IX) dengan BBM Pertamax Plus. Karena motor 1 silinder, jadi kalau ada perbedaan lebih terasa.

Kelebihan NGK di durability yg lebih baik dari Denso (NGK sampai 20ribu KM masih enak, Denso di 15rb KM juga sudah berkurang performanya) dan perasaan sih akselerasi lebih kencang NGK. Oiya harga Denso dan NGK juga biasanya lebih mahal NGK utk yg Iridium (bisa selisih 20ribu per busi).

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Tue Jun 16, 2020 1:56
by lawyerone
josomba wrote: Tue Jun 02, 2020 7:38
blloewy wrote: Tue Jun 02, 2020 7:14 busi Engine BatuMakam di Beres lumayan harganya 110 rebu per ea dikali 4 pc.
terakhir ganti di 80k km dari mobil baru liat history pemilik sebelumnya dan ngga tau yg skrg thn brp lama.
so fat sdh dipake 9k km msh aman.
kira2 iridium Denso ama NGK bagusan mana ya?
Yg dipake skrg sich Denso katanya Beres BatuMakam.
Asal aseli n tipe sejenis (sama2 standard misalkan), merk2 ternama mirip2 aja om.... Yg penting nilai panas, panjang busi, dan gap sesuai spek...

Saya dah pernah pake 3 merk busi....

Bawaan oem mazda (tapi NGK aslinya), cmn pake sampe 30k abis itu iseng ganti ke brisk.

Brisk premium evo, tewas di 25k. Entah ni busi aneh cmn 25k dah bikin brebet.

NGK ga sengaja tewas karena kerendam DCS :big_biglaugh:

Sekarang lg pake BOSCH baru jalan 15k.

Pas masi baru...semuanya sama aja...sama2 enteng tarikan
Pake Bosch tipe apa om? Beli di tokoijo?

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Tue Jun 16, 2020 3:18
by DOHC
:big_smoking:
azu wrote: Wed Jun 03, 2020 2:46 Pengalaman dulu di motor Supra X 125 Karbu, antara Denso dan NGK sih lebih enak NGK. Ini perbandingannya untuk busi dengan jenis dan heat range yang sebanding, yaitu sama2 iridium (Denso IU20 vs NGK CPR6EA-9IX) dengan BBM Pertamax Plus. Karena motor 1 silinder, jadi kalau ada perbedaan lebih terasa.

Kelebihan NGK di durability yg lebih baik dari Denso (NGK sampai 20ribu KM masih enak, Denso di 15rb KM juga sudah berkurang performanya) dan perasaan sih akselerasi lebih kencang NGK. Oiya harga Denso dan NGK juga biasanya lebih mahal NGK utk yg Iridium (bisa selisih 20ribu per busi).
Kl saya dl pengalaman patah busi nikel 2 kali ama denso bawaan ipah lama, yg NGK nikel d hrv perna busi lupa dibuka ampe 3 taon macet dan jalan sejauh 40an rebu, dibuka paksa ga patah dan busi masi blom mati

Akhirnya ikut saran mods hansen, yg denso nikel ganti pake yg twin tip, ud made in japan

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Tue Jun 16, 2020 3:31
by josomba
lawyerone wrote: Tue Jun 16, 2020 1:56
Pake Bosch tipe apa om? Beli di tokoijo?
bosch tipe VR7NII33X atau ada yg nulis juga bosch 0242135529. E-Bay om taun lalu.

Tp belum lama ini ane liat BOSCH Autopart di tokped dah masukin n jadi lebi murah :big_cry:

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Tue Jun 16, 2020 3:55
by lawyerone
josomba wrote: Tue Jun 16, 2020 3:31
lawyerone wrote: Tue Jun 16, 2020 1:56
Pake Bosch tipe apa om? Beli di tokoijo?
bosch tipe VR7NII33X atau ada yg nulis juga bosch 0242135529. E-Bay om taun lalu.

Tp belum lama ini ane liat BOSCH Autopart di tokped dah masukin n jadi lebi murah :big_cry:
Nahhhh dah liat, nanti cobain deh. Busi lama masih bagus tapi, hahahahaha. 5 years and running...

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Tue Jun 16, 2020 6:57
by adityabp
blloewy wrote: Tue Jun 02, 2020 7:14 busi Engine BatuMakam di Beres lumayan harganya 110 rebu per ea dikali 4 pc.
terakhir ganti di 80k km dari mobil baru liat history pemilik sebelumnya dan ngga tau yg skrg thn brp lama.
so fat sdh dipake 9k km msh aman.
kira2 iridium Denso ama NGK bagusan mana ya?
Yg dipake skrg sich Denso katanya Beres BatuMakam.
Waktu baru angkat C24, saya langsung bawa ke Nissan Halim.
Ganti busi (LFR5A-11) cuma 25rb per pc.
Trus iseng ke Atrium beli busi yg sama. Masak 100rb per pc??? Apa krn dusnya Nissan yak?
:big_childish:

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Jun 18, 2020 3:04
by Suryaputra
Omnibus wrote: Thu May 28, 2020 17:14
Suryaputra wrote: Thu May 28, 2020 16:49
Kata SA sih tiap 40rb KM.
tp aman nya sy ambil tengah ajah. jd kisaran 20rb-an Km ya ganti aja.

Harga murah ini, drpd ntar di jalan kenapa2 bisa repot urusan.
lgpula masang busi jg torsi bautnya harus pas.
betul om .... ahond torsi businya 18 Nm. baut coilnya 9.8 Nm

memangnya kl di beres pasang busi pakai torque wrench om?
iyap klo di beres soekarno hatta bandung, mereka pk torque wrench.
dari oil pan sampai buat kaki2 juga mereka pakai.

gw demen sama nih beres :big_biglaugh:

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Jun 18, 2020 3:15
by josomba
adityabp wrote: Tue Jun 16, 2020 6:57
Waktu baru angkat C24, saya langsung bawa ke Nissan Halim.
Ganti busi (LFR5A-11) cuma 25rb per pc.
Trus iseng ke Atrium beli busi yg sama. Masak 100rb per pc??? Apa krn dusnya Nissan yak?
:big_childish:
coba ke BeRes masdut ... minta busi buat cx-3/cx-5/2.... 500 rb per pcs, backdoor orang mazda 450 ribu per pcs.... babi bener ....

ke amazon tempo hari saya beli barang warehouse mereka (asli), 600 ribu dapet 4 dah ongkir + pajak pula.... gelok yg d indo ambil dari planet mars pa gimana ....

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Jun 18, 2020 5:11
by DOHC
Suryaputra wrote: Thu Jun 18, 2020 3:04
Omnibus wrote: Thu May 28, 2020 17:14
Suryaputra wrote: Thu May 28, 2020 16:49
Kata SA sih tiap 40rb KM.
tp aman nya sy ambil tengah ajah. jd kisaran 20rb-an Km ya ganti aja.

Harga murah ini, drpd ntar di jalan kenapa2 bisa repot urusan.
lgpula masang busi jg torsi bautnya harus pas.
betul om .... ahond torsi businya 18 Nm. baut coilnya 9.8 Nm

memangnya kl di beres pasang busi pakai torque wrench om?
iyap klo di beres soekarno hatta bandung, mereka pk torque wrench.
dari oil pan sampai buat kaki2 juga mereka pakai.

gw demen sama nih beres :big_biglaugh:
Jarang2 tuh beres pake TW

Saya perna servis d imora ama pluit aj ga perna beres pasang busi, 2 2 nya kendor banget, ampe ring washer busi nya aj ga gepeng, d buka nya jg gampang banget

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Jun 18, 2020 5:29
by MSU
DOHC wrote: Tue Jun 16, 2020 3:18 :big_smoking:
azu wrote: Wed Jun 03, 2020 2:46 Pengalaman dulu di motor Supra X 125 Karbu, antara Denso dan NGK sih lebih enak NGK. Ini perbandingannya untuk busi dengan jenis dan heat range yang sebanding, yaitu sama2 iridium (Denso IU20 vs NGK CPR6EA-9IX) dengan BBM Pertamax Plus. Karena motor 1 silinder, jadi kalau ada perbedaan lebih terasa.

Kelebihan NGK di durability yg lebih baik dari Denso (NGK sampai 20ribu KM masih enak, Denso di 15rb KM juga sudah berkurang performanya) dan perasaan sih akselerasi lebih kencang NGK. Oiya harga Denso dan NGK juga biasanya lebih mahal NGK utk yg Iridium (bisa selisih 20ribu per busi).
Kl saya dl pengalaman patah busi nikel 2 kali ama denso bawaan ipah lama, yg NGK nikel d hrv perna busi lupa dibuka ampe 3 taon macet dan jalan sejauh 40an rebu, dibuka paksa ga patah dan busi masi blom mati

Akhirnya ikut saran mods hansen, yg denso nikel ganti pake yg twin tip, ud made in japan
denso twin tip ini interval pake-nya brp km om? krn saya browsing2 ga ketemu info-nya
cuma secara harga kl ga salah mirip2 ama platinum

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Jun 18, 2020 6:04
by DOHC
MSU wrote: Thu Jun 18, 2020 5:29
DOHC wrote: Tue Jun 16, 2020 3:18 :big_smoking:
azu wrote: Wed Jun 03, 2020 2:46 Pengalaman dulu di motor Supra X 125 Karbu, antara Denso dan NGK sih lebih enak NGK. Ini perbandingannya untuk busi dengan jenis dan heat range yang sebanding, yaitu sama2 iridium (Denso IU20 vs NGK CPR6EA-9IX) dengan BBM Pertamax Plus. Karena motor 1 silinder, jadi kalau ada perbedaan lebih terasa.

Kelebihan NGK di durability yg lebih baik dari Denso (NGK sampai 20ribu KM masih enak, Denso di 15rb KM juga sudah berkurang performanya) dan perasaan sih akselerasi lebih kencang NGK. Oiya harga Denso dan NGK juga biasanya lebih mahal NGK utk yg Iridium (bisa selisih 20ribu per busi).
Kl saya dl pengalaman patah busi nikel 2 kali ama denso bawaan ipah lama, yg NGK nikel d hrv perna busi lupa dibuka ampe 3 taon macet dan jalan sejauh 40an rebu, dibuka paksa ga patah dan busi masi blom mati

Akhirnya ikut saran mods hansen, yg denso nikel ganti pake yg twin tip, ud made in japan
denso twin tip ini interval pake-nya brp km om? krn saya browsing2 ga ketemu info-nya
cuma secara harga kl ga salah mirip2 ama platinum
Wahh ama platinum mahh jauhh, ini twintip cuman stengah nya platinum koq harganya

Interval biasa 30an rebu saya ganti, kdg 20 rebuan jg kl babak belur saya ganti

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Jun 18, 2020 6:12
by Suryaputra
DOHC wrote: Thu Jun 18, 2020 5:11
Suryaputra wrote: Thu Jun 18, 2020 3:04
Omnibus wrote: Thu May 28, 2020 17:14

betul om .... ahond torsi businya 18 Nm. baut coilnya 9.8 Nm

memangnya kl di beres pasang busi pakai torque wrench om?
iyap klo di beres soekarno hatta bandung, mereka pk torque wrench.
dari oil pan sampai buat kaki2 juga mereka pakai.

gw demen sama nih beres :big_biglaugh:
Jarang2 tuh beres pake TW

Saya perna servis d imora ama pluit aj ga perna beres pasang busi, 2 2 nya kendor banget, ampe ring washer busi nya aj ga gepeng, d buka nya jg gampang banget
beres honda emang owner / manajemen nya beda2 sih ya.
jadi SOP juga beda2.

padahal punya TW di bengkel kan suatu kewajiban :upss:

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Jun 18, 2020 6:59
by Omnibus
Suryaputra wrote: Thu Jun 18, 2020 6:12
DOHC wrote: Thu Jun 18, 2020 5:11
Suryaputra wrote: Thu Jun 18, 2020 3:04

iyap klo di beres soekarno hatta bandung, mereka pk torque wrench.
dari oil pan sampai buat kaki2 juga mereka pakai.

gw demen sama nih beres :big_biglaugh:
Jarang2 tuh beres pake TW

Saya perna servis d imora ama pluit aj ga perna beres pasang busi, 2 2 nya kendor banget, ampe ring washer busi nya aj ga gepeng, d buka nya jg gampang banget
beres honda emang owner / manajemen nya beda2 sih ya.
jadi SOP juga beda2.

padahal punya TW di bengkel kan suatu kewajiban :upss:
mungkin dipikir manajemen para mekaniknya sdh "jago mainin perasaan" ....... :mky_03:

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Jun 18, 2020 8:09
by adityabp
Omnibus wrote: Thu Jun 18, 2020 6:59
Suryaputra wrote: Thu Jun 18, 2020 6:12
DOHC wrote: Thu Jun 18, 2020 5:11

Jarang2 tuh beres pake TW

Saya perna servis d imora ama pluit aj ga perna beres pasang busi, 2 2 nya kendor banget, ampe ring washer busi nya aj ga gepeng, d buka nya jg gampang banget
beres honda emang owner / manajemen nya beda2 sih ya.
jadi SOP juga beda2.

padahal punya TW di bengkel kan suatu kewajiban :upss:
mungkin dipikir manajemen para mekaniknya sdh "jago mainin perasaan" ....... :mky_03:
Soal main perasaan, IMHO justru kalo ngencengin busi gak perlu pake perasaan krn sampe titik tertentu busi emg dah gak bisa diputer lebih kenceng lagi. Beda dgn ngencengin mur yg tetep bisa diputer walaupun perasaan bilang dah cukup kenceng.
:mky_01:

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Jun 18, 2020 8:14
by adityabp
josomba wrote: Thu Jun 18, 2020 3:15
adityabp wrote: Tue Jun 16, 2020 6:57
Waktu baru angkat C24, saya langsung bawa ke Nissan Halim.
Ganti busi (LFR5A-11) cuma 25rb per pc.
Trus iseng ke Atrium beli busi yg sama. Masak 100rb per pc??? Apa krn dusnya Nissan yak?
:big_childish:
coba ke BeRes masdut ... minta busi buat cx-3/cx-5/2.... 500 rb per pcs, backdoor orang mazda 450 ribu per pcs.... babi bener ....

ke amazon tempo hari saya beli barang warehouse mereka (asli), 600 ribu dapet 4 dah ongkir + pajak pula.... gelok yg d indo ambil dari planet mars pa gimana ....
Sialnya, saya baru tau harga busi beres cuma segitu setelah saya beli busi di Atrium. :big_biglaugh:
Gara2x iseng bongkar buku servis trus gak sengaja nemu bon servisnya.
Makanya dah saya blacklist tuh toko. Sial bener dah. :big_childish:

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Jun 18, 2020 11:29
by DOHC
adityabp wrote: Thu Jun 18, 2020 8:14
josomba wrote: Thu Jun 18, 2020 3:15
adityabp wrote: Tue Jun 16, 2020 6:57
Waktu baru angkat C24, saya langsung bawa ke Nissan Halim.
Ganti busi (LFR5A-11) cuma 25rb per pc.
Trus iseng ke Atrium beli busi yg sama. Masak 100rb per pc??? Apa krn dusnya Nissan yak?
:big_childish:
coba ke BeRes masdut ... minta busi buat cx-3/cx-5/2.... 500 rb per pcs, backdoor orang mazda 450 ribu per pcs.... babi bener ....

ke amazon tempo hari saya beli barang warehouse mereka (asli), 600 ribu dapet 4 dah ongkir + pajak pula.... gelok yg d indo ambil dari planet mars pa gimana ....
Sialnya, saya baru tau harga busi beres cuma segitu setelah saya beli busi di Atrium. :big_biglaugh:
Gara2x iseng bongkar buku servis trus gak sengaja nemu bon servisnya.
Makanya dah saya blacklist tuh toko. Sial bener dah. :big_childish:
beli busi batu makam di kibulin harganya ? kayanya saya tau nehh toko nya yg mana, yg sebelah toko nya skrg jualan spare part honda yah om ?

perna jual busi nikel merk champion ke saya sbiji nya 85 rebu, blg nya itu busi iridium jenis baru, pake dus batu makam jg, bahkan dus nya pake part number busi iridium yg denso bawaan

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Jun 18, 2020 13:38
by Omnibus
adityabp wrote: Thu Jun 18, 2020 8:09
Soal main perasaan, IMHO justru kalo ngencengin busi gak perlu pake perasaan krn sampe titik tertentu busi emg dah gak bisa diputer lebih kenceng lagi. Beda dgn ngencengin mur yg tetep bisa diputer walaupun perasaan bilang dah cukup kenceng.
:mky_01:
umm nganu om .... ngencengin busi itu bukan sekencang2nya sampai ga bisa muter.

cylinder head dgn bahan aluminum jg rawan slek kl melewati batas krn bahan aluminum itu soft. torque range nya 18 s/d 25 Nm. Dan itu kl sdh sesuai spec lalu dikencangkan manual sekuat tenaga msh bisa muter jauh....apalagi kl pake ratchet gagang panjang aww i feel good ...... tp ya say goodbye sm cylinder head nya .... :mky_01:

imho justru masang busi termasuk salah satu yg paling perlu torque wrench, kl bicara proper SOP.

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Jun 18, 2020 14:23
by MSU
Omnibus wrote: Thu Jun 18, 2020 13:38
adityabp wrote: Thu Jun 18, 2020 8:09
Soal main perasaan, IMHO justru kalo ngencengin busi gak perlu pake perasaan krn sampe titik tertentu busi emg dah gak bisa diputer lebih kenceng lagi. Beda dgn ngencengin mur yg tetep bisa diputer walaupun perasaan bilang dah cukup kenceng.
:mky_01:
umm nganu om .... ngencengin busi itu bukan sekencang2nya sampai ga bisa muter.

cylinder head dgn bahan aluminum jg rawan slek kl melewati batas krn bahan aluminum itu soft. torque range nya 18 s/d 25 Nm. Dan itu kl sdh sesuai spec lalu dikencangkan manual sekuat tenaga msh bisa muter jauh....apalagi kl pake ratchet gagang panjang aww i feel good ...... tp ya say goodbye sm cylinder head nya .... :mky_01:

imho justru masang busi termasuk salah satu yg paling perlu torque wrench, kl bicara proper SOP.
Setuju sekali om...cm kalo ga punya torque wrench..sy pake patokan yg di dus busi aja..kl ga salah kan kencengin pake tangan dulu kl udh mentok baru kencengin lg pake kunci busi kl ga salah 1/4 - 1/2 putaran dah..
Torque wrench wishlist tp mahal bgt wkwk..