Serba Serbi Busi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Umur busi iridium

Post by asudarsono »

Kalau hitam tapi tipis biasanya gak apa2. Merahnya karena aditif?
Ready to Race
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Umur busi iridium

Post by JESKONENG »

asudarsono wrote:Kalau hitam tapi tipis biasanya gak apa2. Merahnya karena aditif?
merah karna pewarna dalam aditif, bukan karna pembakaran yg sempurna..
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Umur busi iridium

Post by imsus2c »

v4ldi5 wrote:Saya punya freed tahun 2010 akhir,baru jalan 24rb km. Sekitar bulan maret tiba2 akselerasi jadi lambat dan nyendal2 di 4rb rpm keatas. Awalnya saya menduga filter udara yang kotor karena udah 6 bulan belum service berkala. Kemudian saya bawa ke beres Honda semarang center. Setelah ngobrol ama SA nya, dia bilang akhir2 ini sudah ada beberapa honda freed yang ngalamin kejadian seperti saya. Dari hasil pengecekan freed yang sebelumnya mulai dari filter bensin, pompa, injector, filter udara, koil, engine scan semua normal. Pihak bengkel tidak menduga bahwa yang bermasalah businya karena busi yang dipakai freed tipe iridium yang umur pemakaiannya mencapai 100rb km(buku manual)
Berdasar pengalaman tsb beres langsung mengganti busi mobil saya dan memang benar akselerasi jadi normal dan tarikan jadi enteng. Selama ini saya memakai premium dan pernah sekali memakai octane booster yang di campur ke dalam tangki. Yang menjadi pertanyaan saya apakah umur busi yang pendek disebabkan pemakaian premium atau karena kesalahan desain mesin.
Rugi donk beli busi yang harganya mahal kalo umur pemakaiannya ga beda jauh ama busi biasa.
kemungkinan kena catalyst poisoning,

jika businya positif kena itu, ada baiknya juga cek catalytic converter dan sensor oxygen, karena selain busi, bagian inilah yg rawan kena duluan
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
v4ldi5
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 242
Joined: Tue Apr 24, 2007 12:26

Re: Umur busi iridium

Post by v4ldi5 »

ak4ng wrote:bagusnya si emg diganti semua... biar apinya seragam... ga pincang... btw ditanggung atpm atw tanggung sendiri??
Ditanggung sendiri, termasuk jasa gantinya 1,150jt. Saya coba kirim email ke NGK tanya kira2 apa penyebab matinya busi iridium nih jawabannya





--- Pada Sel, 15/5/12, Ahmad Fauzi <[email protected]> menulis:


Dari: Ahmad Fauzi <[email protected]>
Judul: RE: Umur busi iridium IZFR6K
Kepada: "'Suryo Wibowo'" <[email protected]>
Tanggal: Selasa, 15 Mei, 2012, 8:34 AM

· Untuk membersihkan busi Irridium cukup memakai cleaner dan disemprotkan dengan angin bertekanan sedang,tunggu sampai kering lalu dipasang kembali.

· Busi mengalami umur pendek/carbon fouling karena sering mengalami stationer lama(berhenti mesin dalam keaadaan hidup) ini penyebab Utama karbon fouling.

Busi Irridium paling cepat mengalami karbon fouling dibandingkan nickel/standart bila terjadi kemacetan atau stationer.

Busi Irridium digunakan untuk kendaraan yang biasa di pacu dengan kecepatan tinggi dan tidak mengalami hambatan/macet

Bila hal ini sering terjadi usahakan kendaraan dipacu di jalan tol dengan kecepatan minimal 80KM/jam selama 10 menit (minimal 1 minggu sekali),ini cara cepat untuk membersihkan kerak di mesin dan di busi (Self Cleaning).

· Untuk Honda Freed,busi OEM (bawaannya) memang sudah iridium dan tidak ada type standartnya.





Demikian penjelasan kami.



Regards,

FAUZI

PT.NGK Busi Indonesia



From: Suryo Wibowo [mailto:[email protected]]
Sent: Monday, May 14, 2012 9:52 PM
To: [email protected]
Subject: FW: Umur busi iridium IZFR6K



Terima kasih atas responnya Pak Fauzi,

Apakah kerak atau karbon yang menempel di busi iridium bisa di bersihkan? Kalau iya di bagian yang mana? Setahu saya elektroda di busi iridium tidak boleh dibersihkan karena akan mengikis lapisan iridiumnya. Ya saya memang memakai premium, tetapi dari sesama pengguna Freed yang lain, mereka bilang bahwa sampai sampai 40rb km pun tidak ada masalah dengan busi walau memakai premium. Busi saya ganti karena akselerasi mobil saya tersendat-sendat. Kemudian pihak bengkel langsung mengganti businya karena sudah beberapa kali menangani Freed yang bermasalah seperti mobil saya.
Saat ini saya masih penasaran apa yang menjadi penyebab utama pendeknya umur busi iridium di mobil saya. Semoga hal ini bisa menjadi masukan NGK untuk untuk peningkatan kualitas produk-produk yang dihasilkan.
Mohon info tipe busi NGK biasa (bukan iridium) yang cocok dengan Honda Freed. Terima kasih
User avatar
v4ldi5
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 242
Joined: Tue Apr 24, 2007 12:26

Re: Umur busi iridium

Post by v4ldi5 »

imsus2c wrote:
v4ldi5 wrote:Saya punya freed tahun 2010 akhir,baru jalan 24rb km. Sekitar bulan maret tiba2 akselerasi jadi lambat dan nyendal2 di 4rb rpm keatas. Awalnya saya menduga filter udara yang kotor karena udah 6 bulan belum service berkala. Kemudian saya bawa ke beres Honda semarang center. Setelah ngobrol ama SA nya, dia bilang akhir2 ini sudah ada beberapa honda freed yang ngalamin kejadian seperti saya. Dari hasil pengecekan freed yang sebelumnya mulai dari filter bensin, pompa, injector, filter udara, koil, engine scan semua normal. Pihak bengkel tidak menduga bahwa yang bermasalah businya karena busi yang dipakai freed tipe iridium yang umur pemakaiannya mencapai 100rb km(buku manual)
Berdasar pengalaman tsb beres langsung mengganti busi mobil saya dan memang benar akselerasi jadi normal dan tarikan jadi enteng. Selama ini saya memakai premium dan pernah sekali memakai octane booster yang di campur ke dalam tangki. Yang menjadi pertanyaan saya apakah umur busi yang pendek disebabkan pemakaian premium atau karena kesalahan desain mesin.
Rugi donk beli busi yang harganya mahal kalo umur pemakaiannya ga beda jauh ama busi biasa.
kemungkinan kena catalyst poisoning,

jika businya positif kena itu, ada baiknya juga cek catalytic converter dan sensor oxygen, karena selain busi, bagian inilah yg rawan kena duluan
Waduh separah itukah penyakit freed saya. Kaloo gak garansi mending jual aja yah.
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Umur busi iridium

Post by ak4ng »

biasanya sih gitu awal mula rentetan kejadiannya... tp ane malah ngalamin langsung fuel pump jebol, ga berapa minggu O2sensor rusak.. tp ini mobilnya yaris.. kl g salah waktu odo 90rban... inti masalah nya kualitas bbm. ..
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Umur busi iridium

Post by asudarsono »

Kalau mobil pakai carbu sih, wajar ada carbon fouling. Carbon fouling disebabkan kebanyakan bensin, harusnya ECU bisa menakar. Campuran bensin - udara. Tapi aku gak blame Honda, mungkin mereka punya pertimbangan lain.

Mumet juga ya ganti busi cuma sepuluh menit ditagih sejeti. Mumet mumet mumet.
Ready to Race
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2288
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Umur busi iridium

Post by ilhami »

Busi apa harga sejuta? Busi iridium harganya sekitar 300-400ribuan kan ?
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Umur busi iridium

Post by ak4ng »

om TS uda pernah nyoba italian tune up??? ya seminggu sekali gitu???
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Umur busi iridium

Post by Hansen »

ilhami wrote:Busi apa harga sejuta? Busi iridium harganya sekitar 300-400ribuan kan ?
kayaknya TS ganti businya di beres bro, biasanya ya segituan harganya.
contoh new x-trail 2.5 yg std juga pake iridium harga businya 246rb per biji di beres.
Image
User avatar
v4ldi5
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 242
Joined: Tue Apr 24, 2007 12:26

Re: Umur busi iridium

Post by v4ldi5 »

ak4ng wrote:om TS uda pernah nyoba italian tune up??? ya seminggu sekali gitu???
Kalo rutin sih nggak paling kalo keluar kota aja lari 120-140 paling cuma 3-5 menit.
User avatar
v4ldi5
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 242
Joined: Tue Apr 24, 2007 12:26

Re: Umur busi iridium

Post by v4ldi5 »

Hansen wrote:
ilhami wrote:Busi apa harga sejuta? Busi iridium harganya sekitar 300-400ribuan kan ?
kayaknya TS ganti businya di beres bro, biasanya ya segituan harganya.
contoh new x-trail 2.5 yg std juga pake iridium harga businya 246rb per biji di beres.
satu 237rbX4+jasa masih di tambah ppn 10%. Ane aja sampe kaget huaaaaaa :mky_06: :mky_06: :mky_06:

Kalo beli di toko umum mungkin lebih murahhh
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Umur busi iridium

Post by DOHC »

kalo nissan sehh harga busi iridium nya ga begitu jauh beda nya antara beres dan di luaran.... rata2 yg ane temuin cuman beda 10 rebu malah... cuman lebi aman beli di beres karena itu barang asli... di atrium (tokonya nama nya karya 3) ane perna nyaris ketipu malah waktu mo beli busi.. dibilang busi buat livina, harga cuman 85 rebu, bungkus nya persis kaya OEM nissan punya, ternyata bgitu dibuka, malah busi biasa merek champion... masi ngotot lagi dibilang itu bisa buat livina, padahal jelas2 kode nya aja beda ama bawaan nissan...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Umur busi iridium

Post by asudarsono »

Di Atrium ada beberapa toko yg curang, tapi tidak semuanya.
Ready to Race
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Umur busi iridium

Post by imsus2c »

v4ldi5 wrote:
imsus2c wrote:
v4ldi5 wrote:Saya punya freed tahun 2010 akhir,baru jalan 24rb km. Sekitar bulan maret tiba2 akselerasi jadi lambat dan nyendal2 di 4rb rpm keatas. Awalnya saya menduga filter udara yang kotor karena udah 6 bulan belum service berkala. Kemudian saya bawa ke beres Honda semarang center. Setelah ngobrol ama SA nya, dia bilang akhir2 ini sudah ada beberapa honda freed yang ngalamin kejadian seperti saya. Dari hasil pengecekan freed yang sebelumnya mulai dari filter bensin, pompa, injector, filter udara, koil, engine scan semua normal. Pihak bengkel tidak menduga bahwa yang bermasalah businya karena busi yang dipakai freed tipe iridium yang umur pemakaiannya mencapai 100rb km(buku manual)
Berdasar pengalaman tsb beres langsung mengganti busi mobil saya dan memang benar akselerasi jadi normal dan tarikan jadi enteng. Selama ini saya memakai premium dan pernah sekali memakai octane booster yang di campur ke dalam tangki. Yang menjadi pertanyaan saya apakah umur busi yang pendek disebabkan pemakaian premium atau karena kesalahan desain mesin.
Rugi donk beli busi yang harganya mahal kalo umur pemakaiannya ga beda jauh ama busi biasa.
kemungkinan kena catalyst poisoning,

jika businya positif kena itu, ada baiknya juga cek catalytic converter dan sensor oxygen, karena selain busi, bagian inilah yg rawan kena duluan
Waduh separah itukah penyakit freed saya. Kaloo gak garansi mending jual aja yah.
saya hanya menulis "kemungkinan" pak :D
"kemungkinan" juga ngga separah itu :D

catalyst poisoning, umumnya disebabkan pemakaian BBM yang kurang baik, bisa dari BBM-nya itu sendiri, atau BBM sebenarnya sudah baik tapi terkontaminasi zat2 yg bikin cemaran logam, misalnya dari additive, OB, dll...

coba search dan baca2 topik lama macam "octane booster" atau "warna busi", mungkin bisa dapat masukkan dari situ :D
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Umur busi iridium

Post by imsus2c »

v4ldi5 wrote:
ak4ng wrote:om TS uda pernah nyoba italian tune up??? ya seminggu sekali gitu???
Kalo rutin sih nggak paling kalo keluar kota aja lari 120-140 paling cuma 3-5 menit.
italian tune up, yg penting bukan kecepatannya pak, tapi putaran mesinnya

usahakan masuk atau hampir ke redline selama beberapa detik (10/15/20an detik)

kalo mobil manual, cukup gigi 2 atau 3 saja, jadi redline masuk tapi kecepatan mobil masih relatif aman (sekitar 100-120 kpj)

kalo matik, mungkin harus kickdown atau gigi rendah
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Umur busi iridium

Post by ak4ng »

imsus2c wrote:
v4ldi5 wrote:
ak4ng wrote:om TS uda pernah nyoba italian tune up??? ya seminggu sekali gitu???
Kalo rutin sih nggak paling kalo keluar kota aja lari 120-140 paling cuma 3-5 menit.
italian tune up, yg penting bukan kecepatannya pak, tapi putaran mesinnya

usahakan masuk atau hampir ke redline selama beberapa detik (10/15/20an detik)

kalo mobil manual, cukup gigi 2 atau 3 saja, jadi redline masuk tapi kecepatan mobil masih relatif aman (sekitar 100-120 kpj)

kalo matik, mungkin harus kickdown atau gigi rendah
kl freed bisa ditahan di 2.... yg penting nyampe redline
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Umur busi iridium

Post by asudarsono »

Kalau dimungkinkan diposisikan di 2 aja, paling main gigi 1 dan 2.

Masalahnya kalau cuma ada D ama S, gak ada tiptronik?
Ready to Race
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Umur busi iridium

Post by imsus2c »

asudarsono wrote:Kalau dimungkinkan diposisikan di 2 aja, paling main gigi 1 dan 2.

Masalahnya kalau cuma ada D ama S, gak ada tiptronik?
ga ada jalan lain selain sering kickdown pak :D
pastikan jalannya sepi dan aman dulu :D
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Umur busi iridium

Post by imsus2c »

DOHC wrote:kalo nissan sehh harga busi iridium nya ga begitu jauh beda nya antara beres dan di luaran.... rata2 yg ane temuin cuman beda 10 rebu malah... cuman lebi aman beli di beres karena itu barang asli... di atrium (tokonya nama nya karya 3) ane perna nyaris ketipu malah waktu mo beli busi.. dibilang busi buat livina, harga cuman 85 rebu, bungkus nya persis kaya OEM nissan punya, ternyata bgitu dibuka, malah busi biasa merek champion... masi ngotot lagi dibilang itu bisa buat livina, padahal jelas2 kode nya aja beda ama bawaan nissan...
saya ga tau businya buat freed,

tapi saya pakai denso iridium buat ody RA, tipenya IK16L, harganya kalo ga salah ingat 80-85ribu/biji
belinya langsung di agen/distributor Denso di surabaya, jadi dijamin asli :D
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: please anlisa warna businya

Post by andy1800 »

singachu wrote:
imsus2c wrote:
DOHC wrote:sbenernya busi iridium gt diperuntukan utk constant high speed atau utk cruising doank sehh meneer ???
saya rasa (yg mungkin banyak salahnya), material iridium lebih kearah "optimized" aja dibanding material dibawahnya (misalnya platinum atau copper), jadi lebih efektif, efisien, awet, dsb...

mengenai peruntukannya (misalnya buat ngebut, nyantai, sinkronisasi spek mesin, dsb...) saya lebih melihatnya dari spek businya itu sendiri

misalnya dilihat dari nilai tahanan, heat range, gap elektroda, dsb...

silakan dikoreksi loh... :ungg:
nimbrung dikit saya rasa juga (CMIIW) busi dengan electroda kecil maka api semakin fokus dan bagus.... tapi dengan permukaan yang semakin kecil maka membuat "erosi" semakin tinggi maka diberikan lapisan supaya lebih tahan "erosi". Nah lapisan ini ada yang pake platinum ada yang pake iridium

regards,
singachu
imsus2c wrote: nah iya..itu tuh
sering ditulis di brosur-nya busi iridium (segala merk), keunggulannya dengan ukuran elektroda kecil (kalo ngga salah 0.4 mm), pantikan api jadi lebih fokus :D


udah adakah yg merasakan, iridium Denso dan NGK tu feel nya sama aja atau beda ya?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: please anlisa warna businya

Post by andy1800 »

kalau busi busi ini, masih ada kah yg berani menganalisanya ?
:mky_08:


Image



merk: NGK R
type: LFR 5 A
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: please anlisa warna businya

Post by imsus2c »

^^^
serem banget businya?
itu beneran baru nyopot dari mesin? atau nyomot dari "entah-darimana-asalnya"...? :ungg:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: please anlisa warna businya

Post by imsus2c »

andy1800 wrote: udah adakah yg merasakan, iridium Denso dan NGK tu feel nya sama aja atau beda ya?
udah ngerasain 2-2nya tapi di mobil yg berbeda....jad susah buat bandingin :upss:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: please anlisa warna businya

Post by andy1800 »

imsus2c wrote:
andy1800 wrote: udah adakah yg merasakan, iridium Denso dan NGK tu feel nya sama aja atau beda ya?
udah ngerasain 2-2nya tapi di mobil yg berbeda....jad susah buat bandingin :upss:
gpp laah.... bukan dibandingkan, tp smacam review aja....jd feelnya msg2 gmana? di yg satu gimana, di yg satunya lg gimana meneer?




imsus2c wrote:^^^
serem banget businya?
itu beneran baru nyopot dari mesin? atau nyomot dari "entah-darimana-asalnya"...? :ungg:
beneran baru nyopot dr mesin.
dan hbs itu dipasang lagi.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image