
1. Pendahuluan
Oke…jujur, gw gak tau mesti mulai darimana, yang pasti di depan mata gw adalah sebuah hot hatchback asal Eropa yang bisa mencuri perhatian orang di jalanan. Scirocco yang akan ane review ini adalah Scirocco generasi ketiga, dan setelah absen dari line up Volkswagen selama 16 tahun, Scirocco kembali untuk melengkapi 2 unit hatchback lain Volkswagen, yaitu Polo dan Golf.
Scirocco terlahir pada tahun 1974 dalam bentuk hot hatchback 3 door coupe, mobil ini mengambil nama dari julukan angin dari Meditterania “Sirocco” yang berhembus dari Sahara dan kemudian menjadi angin berkecepatan tinggi di Afrika Utara dan Eropa Selatan. Generasi pertama diproduksi tahun 1974 – 1981, diikuti generasi kedua diproduksi tahun 1981 – 1992. Setelah menempuh hidup selama 18 tahun, Scirocco tertidur untuk digantikan oleh Volkswagen Corrado.
Pada tahun 2008, Scirocco dilahirkan kembali setelah absen cukup lama dan masih dalam style hot hatchback 3 door coupe. Mobil ini berhasil memenangkan penghargaan “Car of The Year 2008” versi majalah Top Gear UK.
Ya kira-kira cukuplah penjelasan sejarahnya. Mari kita tengok mobilnya secara langsung
2. Eksterior

Dari luar, mobil ini terkesan cantik, kalo dilihat dari samping bentuknya pipih dan purrrrrfeecctt, tapi ntah kenapa kalo dilihat dari samping sekilas mengingatkan ane ama Honda Civic Estillo.. Dari depan, ia sangat cantik, tampangnya agresif dan honeycomb grillnya seperti mulut yang mencari jalanan lurus atau berliku untuk dilahap sang mobil.

Lampu depannya Xenon Headlamp with Cornering Light. Ada juga DRL yang bisa dinyalakan dan lampu yang menyala ketika kita pergi meninggalkan mobil dan ketika kembali ke mobil, tentu saja dengan menekan tombol kunci seperti di Mercedes dan Lexus, tapi empunya tidak mengaktifkan ketiga fitur tersebut.

Dari belakang, kesannya, sangat cantik, apalagi kalau lampu LED nya menyala, cantik pol, gw sampe bingung harus nulis apalagi karena emang cantik banget, ane harus angkat topi untuk desainernya Scirocco 3rd gen !
Dari semua sisi pengelihatan, mobil cantik ini layak mencuri perhatian, ntah itu di jalanan atau di parkiran..yes, saya bilang dia mirip Estillo, sepintas..tapi dia punya aura yang berbeda 180 derajat dengan Estillo..
Nilai : 9/10
3. Interior
Masuk ke interior, ane akan mengharapkan..well, sebenernya ane nggak mengharapkan begitu banyak dari base model Scirocco yang ditawarkan di Indonesia..dan benar..karena…desainnya konvensional, simpel…mengingatkan ane ama Subaru yang juga menawarkan kabin simpel dan konvensional..i’m sorry to say, interiornya terkesan hambar.


Untuk visibilitas keluar, mobil ini, menurut ane tidak begitu bagus untuk pandangan ke samping dan belakang. Taruh teman anda di kursi samping anda, dan anda akan merasakan sedikit kesulitan untuk melihat pandangan ke samping kiri, ditambah lagi jendela kecil di “2nd row” tidak begitu membantu. Dan pandangan ke belakang, rada bikin merepotkan ketika harus parkir mundur, empunya pun mengiyakan pendapat ane untuk masalah ini. Untuk visibilitas spion, ane nggak begitu kerepotan untuk melihat apa yang ada di samping belakang ane,masih acceptable.

Bagian favorit gw dari interiornya yaitu stirnya, enak banget untuk digenggam, kulitnya halus, bagian bawahnya yang flat memberikan kesan sport yang kuat, silver finishnya pun tidak ada kesan murahan sama sekali. Ada banyak fitur di stirnya, mulai dari paddleshifter, audio steering switch, pengaturan MID, tuas sen, pengaturan wiper, dan cruise control.
Pengaturan cahaya instrument dan lampu eksterior Scirocco


Tombol ESP ada di center console, again, ntah kenapa ditaruh di sisi penumpang, kalo punya temen yang suka iseng pencetin tombol di dalem mobil..menurut ane rada bahaya untuk safety..ooh ya, sebagai informasi, Scirocco 1.4 TSI ada opsi panoramic moonroof dengan biaya tambahan 80jt rupiah. Pengerjaan pun bisa dilakukan ketika mobil sudah ditangan customer, mobil akan dikirim ke pabriknya di Eropa untuk pemasangan moonroof.
General score: 6.75/10
3a. build quality
Build Quality mobil ini…RAPIH ! awesome, gap antar panel benar-benar minim, kualitas bahannya pun jempolan, silver finish di interior tidak memiliki kesan murahan SAMA SEKALI, sentuhlah silver finishnya, kesannya berbeda dari silver finish yang biasa saya temui di mobil buatan Jepang dan Korea, dashboard pun dipenuhi oleh softpad yang enak sekali disentuh, tidak memiliki kesan kasar seperti di MINI.
Overall, build qualitynya mantap sekali untuk mobil di harga 450an jt rupiah
Score: 9/10
3b. Entertainment System

Tidak ada audio premium class di mobil ini, dan ane gak akan berekspektasi banyak untuk urusan audio mobil ini..untuk mengetesnya, teman ane memutar beberapa lagu dari HP nya melalui kabel AUX secara gak ada Bluetooth di mobil ini. 1 lagu, 2 lagu, 3 lagu……eh ajegile…kok mantap begini suaranya, 8 speaker menghasilkan kualitas suara yang SUPERB ! Kami mencoba setel music dengan Bass yang gede, doortrim tetap anteng tidak ada getaran ! Widiihh, macet-macetan sih bukan menjadi masalah, suaranya aja mantap untuk memberikan hiburan !
Tempat mencolok kabel AUX dan kabel IPod/IPhone…fatalnya, mobil ini nggak ada colokan USB ! fatal sekali untuk selera ane.

Sebagai informasi, setelah browsing sana-sini, user Volkswagen bisa membeli Head Unit khusus yang telah disiapkan oleh Kenwood dengan kode DNX-531vbt, DNX-520vbt, DNX-521dab/vbt jika dirasa kurang puas dengan HU bawaan dan ingin ganti HU yang touchscreen, bisa menampilkan sensor jarak parkir, dan dilengkapi Navigation System

DNX-521VBT on Volkswagen
Score: 8.5/10
3c. Storage
Untuk tempat penyimpanan, untuk baris ke 1 bisa dibilang cukup, ada glove box yang bisa nampung 1 botol air gede, lalu tempat penyimpanan di center console yang cukup buat nampung HP, dompet, dan buat nyimpen kaleng softdrink. Di bagian pintu juga ada tempat untuk nyimpen barang. Bergeser ke row 2….tidak ada tempat penyimpanan, mungkin karena konsep awalnya sebagai mobil 2+2 jadi row ke 2 practically tidak ada tempat untuk menyimpan barang.

Bergeser ke bagasi, bagasinya gak gede amat, setidaknya muat 2 koper ukuran kecil + 2 kardus kecil seukuran kardus buat bungkus pempek. Tidak ada yang bisa dibanggakan untuk storage space, bisa gw maklumin kalo melihat dari body style mobil.
Score: 7.75/10
3d. Seating
Begitu masuk, langsung duduk manis di kursi pengemudi. Beugh, posisi duduknya enak, sekarang tinggal atur senderan kursi….eh tuasnya mana ya…ooh ternyata pake semacam knob. Pertama gw merasa aneh dengan cara menaikkan/menurunkan sandaran kursi, tapi ada untungnya, posisi senderan bisa kita tentukan dengan presisi.

Begitu mau coba duduk di 2nd row, ekspektasi gw adalah..sempit..pasti kaki gw mentok, setelah mencoba langsung…luas ya, leg roomnya luas yaa..hebat, nggak nyangka loh, kelihatannya menipu, gw bisa duduk dengan nyaman di 2nd row walaupun headroom gak begitu bagus (tinggi saya sekitar 180-185cm). Kekurangannya palingan ya, visibilitas minim sekali di 2nd row ini, tapi overall ini nyaman untuk diduduki orang dewasa.

Score: 8.75/10
4. Driving Impression
Masuk ke mobil, dan nyalakan mesinnya. Mesinnya adalah 1.4L inline4 Supercharger + Turbocharger yang menghasilkan 160bhp @5800 rpm dan Torsi sebesar 240Nm @1500-4500 rpm. Mesin ini dikawinkan dengan 7 speed automatic DSG, double clutch, dimana transmisi ini sangat halus baik pada saat upshift dan downshift pada mode berkendara “D”.

engine bay rapih

Volkswagen TSI engine
Sebagai informasi, untuk ban Pirelli Cinturato P7 ukuran 235/40/R18

Menggelinding ke arah jalanan, tuas gas cukup responsive ama pijakan kaki. Berdasarkan empunya, saya dianjurkan mengajak keliling santai dulu ini mobil sambil menunggu suhu mesin di angka 90 derajat celcius agar bisa digeber di atas 4000rpm. Melewati beberapa jalanan bergelombang, suspensi terasa firm..hmm..oke, semoga handlingnya baik untuk membayar suspensi yang firm ini. Ane jalankan mobil dengan kecepatan konstan 60km/h…..lihat sekeliling, gak ada kendaraan lain..oke, ane coba bawa zigzag untuk mengetes respon stir dan body roll..tentu saja body roll minim, tapi bagaimana respon stir ? MENAKJUBKAN ! feedback bagus sekali ! input stir benar-benar bagus, flawless ! awesome ! mobil ini menuruti keinginan drivernya hendak dikemanakan itu moncong mobil.
Temperature mesin menunjukkan angka yang pas untuk mengajak olahraga si mobil, berbelok ke jalanan buntu yang kosong, siapkan transmisi di posisi “S”….Gaspol ! wussss…dahsyat ! di mode “S” ini mobil berubah menjadi sangat garang, walaupun liar upshift tetap halus, tarikannya membuat badan gw seakan mau tenggelam masuk ke dalam jok kursi, cukup impresif untuk mobil yang bisa menuntaskan 0-100km/h dalam waktu 7,7 - 8 detik. Setelah akselerasi, bagaimana stopping powernya ? mari tes mobil ini yang dilengkapi dengan cakram ventilasi di depan, dan cakram solid di belakang lalu ditambah perangkat ABS EBD BA, ane jalankan di kecepatan 60km/h dan langsung injek pol rem…stoppingnya enak, rem sangat menggigit, gak ada hentakan. Oh ya, sebagai informasi, empunya kasi minum V-Power di mobil ini.
Kebetulan ada bunderan besar deket tempat ane tes, ane arahkan mobil kesitu dan mencoba melaju konstan 60km/h sambil berbelok, mobil tetap anteng mengikuti input stir driver..mobil ini enak sekali handlingnya, wuenak tenan..gw pengen banget melahap jalanan pegunungan ala eropa/jepang dengan mobil ini..pasti rasanya nikmat..
Ooh ya, MID di speedometer menunjukkan posisi gigi ketika kita taro posisi di “D” maupun di “S”, lumayan informatif menurut ane.
"D" Mode 1st gear

"S" Mode 1st gear

Mobil ini memiliki satu masalah yang rada fatal, nggak ada tombol shift lock buat parkir..kalo parkir paraller nggak bisa didorong..ane baca buku manualnya..kok ribet amat ya ampe harus ngelepas cover kulit di transimisi..agar mobil bisa dipindahkan dari “P” ke “N” pas mesin mati..hmm..keliatan gak nih tulisan dari buku manualnya untuk prosedur pindahin dari "P" ke "N" ketika mesin mati ?

Permasalahan lainnya ya pas parkir mundur, seperti yang gw jelaskan, visibilitas mobil ini nggak begitu bagus, jadi akan sedikit merepotkan kita kalau harus parkir dengan posisi yang rada ekstrim..
overall, mobil ini memberikan driving experience yang mantap, it creates a smile in my face !
Score: 9/10
5. Safety Feature
Ya, standar mobil Eropa..tinggi lah ya..6 airbags (dual front + dual front side + dual curtain), ABS EBD BA, ESP TRC, Electronic Differential Lock, Anti Slip Regulation, ISOFIX anchorage points. Bagus, cukup bagus, ia berhasil meraih 5 bintang hasil crash test EuroNCAP.
Score: 9.25/10
6. Conclusion
Bagi gw, Scirocco adalah hothatchback dengan harga terjangkau yang bisa menghasilkan driving experience yang baik. Mobil ini akan membuat sebagian orang menoleh kearahnya, baik itu di jalanan maupun di parkiran. Mobil ini sendiri laku loh di Indonesia, principal Volkswagen sendiri tidak menyangka dan bangga atas Scirocco. Sebuah hot hatchback asal Eropa yang value for money menurut gw. Mobil ini pantas dimiliki keluarga kecil yang ingin memiliki mobil Coupe untuk sekedar berwisata kuliner di akhir pekan di kota sebelah..
lalu..kira-kira..apakah mobil ini layak dimiliki..coba kita pikir..
- Apa anda mempunyai keluarga kecil dan ingin memiliki coupe ? jika ya, mobil ini sangat pantas dimiliki karena cukup affordable dari sisi harga dan memiliki sensasi berkendara luar bisa serta 2nd row yang luas..tentu saja apabila anda tidak keberatan soal angkut bagasi dan visibilitas yang gak begitu bagus
- Apa anda mencari hot hatchback yang kencang dan affordable ? Jika ya, mobil ini cocok buat anda
- Apa anda sedikit concern dengan kenyamanan untuk mobil Eropa ? kalo iya, cari mobil lain deh, bantingan Scirocco ini rada stiff, jadi nyaman empuk bukan sesuatu yang bisa diunggulkan di mobil ini
- Apa anda concern soal kapasitas bagasi untuk menampung koper besar ? jika ya, mobil ini nggak cocok buat anda karena kapsitas bagasinya gak gede-gede amat
- Apa anda mencari mobil Eropa yang irit tapi kencang ? ya, mobil ini cocok untuk itu, empunya mengatakan dia average seminggu bisa 10km/l dalam keadaan macet-macetan campur lancar
Dari saya, Volkswagen Scirocco “A Hot Hatchback that will create a smile on your face”
Apakah saya sendiri menyukainya ? tentu saja ! sebuah hot hatchatchback yang memberikan sensasi mengemudi sangat baik, walaupun saya gak suka ama visibilitas mobil ini..saya hanya ingin mengemudikannya melewati jalanan berliku, untuk urusan parkir..gw serahin ama yang ahlinya deh..
Pros
- Irit dan Bertenaga
- Handling Mantap
- Range harga affordable untuk sebuah Coupe/Hot Hatchback
- Kabin luas
- Build Quality interior rapih
Cons
- Kapasitas bagasi kecil
- Suspensi rada firm untuk jalanan local
- Visibilitas gak bagus untuk ke belakang dan samping
- Multimedianya dikit, gak ada USB option, harus ganti HU
7. Score
Scorenya untuk Volkswagen Scirocco menurut penilaian saya…….. 8.85/10

sorry kalo ada salah kata dan kekurangan sana sini, ane hanya seorang nubitol bon sotoy

sekian dari ane, terima kasih
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)