Review: Volkswagen Scirocco 1.4 TSI

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Review: Volkswagen Scirocco 1.4 TSI

Post by haristk7 »

Halo rekan2 SM...kebetulan ane sedang berusaha kembali ke rutinitas yang...rada membosankan..tiba-tiba ada tawaran buat TD..mobil apaan ya ? ya udah ane nurut aja..eh...ternyata..Volkswagen Scirocco..ooh my Image

1. Pendahuluan

Oke…jujur, gw gak tau mesti mulai darimana, yang pasti di depan mata gw adalah sebuah hot hatchback asal Eropa yang bisa mencuri perhatian orang di jalanan. Scirocco yang akan ane review ini adalah Scirocco generasi ketiga, dan setelah absen dari line up Volkswagen selama 16 tahun, Scirocco kembali untuk melengkapi 2 unit hatchback lain Volkswagen, yaitu Polo dan Golf.

Scirocco terlahir pada tahun 1974 dalam bentuk hot hatchback 3 door coupe, mobil ini mengambil nama dari julukan angin dari Meditterania “Sirocco” yang berhembus dari Sahara dan kemudian menjadi angin berkecepatan tinggi di Afrika Utara dan Eropa Selatan. Generasi pertama diproduksi tahun 1974 – 1981, diikuti generasi kedua diproduksi tahun 1981 – 1992. Setelah menempuh hidup selama 18 tahun, Scirocco tertidur untuk digantikan oleh Volkswagen Corrado.

Pada tahun 2008, Scirocco dilahirkan kembali setelah absen cukup lama dan masih dalam style hot hatchback 3 door coupe. Mobil ini berhasil memenangkan penghargaan “Car of The Year 2008” versi majalah Top Gear UK.
Ya kira-kira cukuplah penjelasan sejarahnya. Mari kita tengok mobilnya secara langsung

2. Eksterior

Image

Dari luar, mobil ini terkesan cantik, kalo dilihat dari samping bentuknya pipih dan purrrrrfeecctt, tapi ntah kenapa kalo dilihat dari samping sekilas mengingatkan ane ama Honda Civic Estillo.. Dari depan, ia sangat cantik, tampangnya agresif dan honeycomb grillnya seperti mulut yang mencari jalanan lurus atau berliku untuk dilahap sang mobil.

Image

Lampu depannya Xenon Headlamp with Cornering Light. Ada juga DRL yang bisa dinyalakan dan lampu yang menyala ketika kita pergi meninggalkan mobil dan ketika kembali ke mobil, tentu saja dengan menekan tombol kunci seperti di Mercedes dan Lexus, tapi empunya tidak mengaktifkan ketiga fitur tersebut.

Image

Dari belakang, kesannya, sangat cantik, apalagi kalau lampu LED nya menyala, cantik pol, gw sampe bingung harus nulis apalagi karena emang cantik banget, ane harus angkat topi untuk desainernya Scirocco 3rd gen !

Dari semua sisi pengelihatan, mobil cantik ini layak mencuri perhatian, ntah itu di jalanan atau di parkiran..yes, saya bilang dia mirip Estillo, sepintas..tapi dia punya aura yang berbeda 180 derajat dengan Estillo..

Nilai : 9/10

3. Interior

Masuk ke interior, ane akan mengharapkan..well, sebenernya ane nggak mengharapkan begitu banyak dari base model Scirocco yang ditawarkan di Indonesia..dan benar..karena…desainnya konvensional, simpel…mengingatkan ane ama Subaru yang juga menawarkan kabin simpel dan konvensional..i’m sorry to say, interiornya terkesan hambar.

Image

Image

Untuk visibilitas keluar, mobil ini, menurut ane tidak begitu bagus untuk pandangan ke samping dan belakang. Taruh teman anda di kursi samping anda, dan anda akan merasakan sedikit kesulitan untuk melihat pandangan ke samping kiri, ditambah lagi jendela kecil di “2nd row” tidak begitu membantu. Dan pandangan ke belakang, rada bikin merepotkan ketika harus parkir mundur, empunya pun mengiyakan pendapat ane untuk masalah ini. Untuk visibilitas spion, ane nggak begitu kerepotan untuk melihat apa yang ada di samping belakang ane,masih acceptable.

Image

Bagian favorit gw dari interiornya yaitu stirnya, enak banget untuk digenggam, kulitnya halus, bagian bawahnya yang flat memberikan kesan sport yang kuat, silver finishnya pun tidak ada kesan murahan sama sekali. Ada banyak fitur di stirnya, mulai dari paddleshifter, audio steering switch, pengaturan MID, tuas sen, pengaturan wiper, dan cruise control.

Pengaturan cahaya instrument dan lampu eksterior Scirocco

Image

Image

Tombol ESP ada di center console, again, ntah kenapa ditaruh di sisi penumpang, kalo punya temen yang suka iseng pencetin tombol di dalem mobil..menurut ane rada bahaya untuk safety..ooh ya, sebagai informasi, Scirocco 1.4 TSI ada opsi panoramic moonroof dengan biaya tambahan 80jt rupiah. Pengerjaan pun bisa dilakukan ketika mobil sudah ditangan customer, mobil akan dikirim ke pabriknya di Eropa untuk pemasangan moonroof.

General score: 6.75/10

3a. build quality

Build Quality mobil ini…RAPIH ! awesome, gap antar panel benar-benar minim, kualitas bahannya pun jempolan, silver finish di interior tidak memiliki kesan murahan SAMA SEKALI, sentuhlah silver finishnya, kesannya berbeda dari silver finish yang biasa saya temui di mobil buatan Jepang dan Korea, dashboard pun dipenuhi oleh softpad yang enak sekali disentuh, tidak memiliki kesan kasar seperti di MINI.

Overall, build qualitynya mantap sekali untuk mobil di harga 450an jt rupiah

Score: 9/10

3b. Entertainment System

Image

Tidak ada audio premium class di mobil ini, dan ane gak akan berekspektasi banyak untuk urusan audio mobil ini..untuk mengetesnya, teman ane memutar beberapa lagu dari HP nya melalui kabel AUX secara gak ada Bluetooth di mobil ini. 1 lagu, 2 lagu, 3 lagu……eh ajegile…kok mantap begini suaranya, 8 speaker menghasilkan kualitas suara yang SUPERB ! Kami mencoba setel music dengan Bass yang gede, doortrim tetap anteng tidak ada getaran ! Widiihh, macet-macetan sih bukan menjadi masalah, suaranya aja mantap untuk memberikan hiburan !

Tempat mencolok kabel AUX dan kabel IPod/IPhone…fatalnya, mobil ini nggak ada colokan USB ! fatal sekali untuk selera ane.

Image

Sebagai informasi, setelah browsing sana-sini, user Volkswagen bisa membeli Head Unit khusus yang telah disiapkan oleh Kenwood dengan kode DNX-531vbt, DNX-520vbt, DNX-521dab/vbt jika dirasa kurang puas dengan HU bawaan dan ingin ganti HU yang touchscreen, bisa menampilkan sensor jarak parkir, dan dilengkapi Navigation System

Image

DNX-521VBT on Volkswagen

Score: 8.5/10

3c. Storage

Untuk tempat penyimpanan, untuk baris ke 1 bisa dibilang cukup, ada glove box yang bisa nampung 1 botol air gede, lalu tempat penyimpanan di center console yang cukup buat nampung HP, dompet, dan buat nyimpen kaleng softdrink. Di bagian pintu juga ada tempat untuk nyimpen barang. Bergeser ke row 2….tidak ada tempat penyimpanan, mungkin karena konsep awalnya sebagai mobil 2+2 jadi row ke 2 practically tidak ada tempat untuk menyimpan barang.

Image

Bergeser ke bagasi, bagasinya gak gede amat, setidaknya muat 2 koper ukuran kecil + 2 kardus kecil seukuran kardus buat bungkus pempek. Tidak ada yang bisa dibanggakan untuk storage space, bisa gw maklumin kalo melihat dari body style mobil.

Score: 7.75/10

3d. Seating


Begitu masuk, langsung duduk manis di kursi pengemudi. Beugh, posisi duduknya enak, sekarang tinggal atur senderan kursi….eh tuasnya mana ya…ooh ternyata pake semacam knob. Pertama gw merasa aneh dengan cara menaikkan/menurunkan sandaran kursi, tapi ada untungnya, posisi senderan bisa kita tentukan dengan presisi.

Image

Begitu mau coba duduk di 2nd row, ekspektasi gw adalah..sempit..pasti kaki gw mentok, setelah mencoba langsung…luas ya, leg roomnya luas yaa..hebat, nggak nyangka loh, kelihatannya menipu, gw bisa duduk dengan nyaman di 2nd row walaupun headroom gak begitu bagus (tinggi saya sekitar 180-185cm). Kekurangannya palingan ya, visibilitas minim sekali di 2nd row ini, tapi overall ini nyaman untuk diduduki orang dewasa.

Image

Score: 8.75/10

4. Driving Impression

Masuk ke mobil, dan nyalakan mesinnya. Mesinnya adalah 1.4L inline4 Supercharger + Turbocharger yang menghasilkan 160bhp @5800 rpm dan Torsi sebesar 240Nm @1500-4500 rpm. Mesin ini dikawinkan dengan 7 speed automatic DSG, double clutch, dimana transmisi ini sangat halus baik pada saat upshift dan downshift pada mode berkendara “D”.

Image

engine bay rapih

Image

Volkswagen TSI engine

Sebagai informasi, untuk ban Pirelli Cinturato P7 ukuran 235/40/R18

Image

Menggelinding ke arah jalanan, tuas gas cukup responsive ama pijakan kaki. Berdasarkan empunya, saya dianjurkan mengajak keliling santai dulu ini mobil sambil menunggu suhu mesin di angka 90 derajat celcius agar bisa digeber di atas 4000rpm. Melewati beberapa jalanan bergelombang, suspensi terasa firm..hmm..oke, semoga handlingnya baik untuk membayar suspensi yang firm ini. Ane jalankan mobil dengan kecepatan konstan 60km/h…..lihat sekeliling, gak ada kendaraan lain..oke, ane coba bawa zigzag untuk mengetes respon stir dan body roll..tentu saja body roll minim, tapi bagaimana respon stir ? MENAKJUBKAN ! feedback bagus sekali ! input stir benar-benar bagus, flawless ! awesome ! mobil ini menuruti keinginan drivernya hendak dikemanakan itu moncong mobil.

Temperature mesin menunjukkan angka yang pas untuk mengajak olahraga si mobil, berbelok ke jalanan buntu yang kosong, siapkan transmisi di posisi “S”….Gaspol ! wussss…dahsyat ! di mode “S” ini mobil berubah menjadi sangat garang, walaupun liar upshift tetap halus, tarikannya membuat badan gw seakan mau tenggelam masuk ke dalam jok kursi, cukup impresif untuk mobil yang bisa menuntaskan 0-100km/h dalam waktu 7,7 - 8 detik. Setelah akselerasi, bagaimana stopping powernya ? mari tes mobil ini yang dilengkapi dengan cakram ventilasi di depan, dan cakram solid di belakang lalu ditambah perangkat ABS EBD BA, ane jalankan di kecepatan 60km/h dan langsung injek pol rem…stoppingnya enak, rem sangat menggigit, gak ada hentakan. Oh ya, sebagai informasi, empunya kasi minum V-Power di mobil ini.

Kebetulan ada bunderan besar deket tempat ane tes, ane arahkan mobil kesitu dan mencoba melaju konstan 60km/h sambil berbelok, mobil tetap anteng mengikuti input stir driver..mobil ini enak sekali handlingnya, wuenak tenan..gw pengen banget melahap jalanan pegunungan ala eropa/jepang dengan mobil ini..pasti rasanya nikmat..

Ooh ya, MID di speedometer menunjukkan posisi gigi ketika kita taro posisi di “D” maupun di “S”, lumayan informatif menurut ane.

"D" Mode 1st gear

Image

"S" Mode 1st gear

Image

Mobil ini memiliki satu masalah yang rada fatal, nggak ada tombol shift lock buat parkir..kalo parkir paraller nggak bisa didorong..ane baca buku manualnya..kok ribet amat ya ampe harus ngelepas cover kulit di transimisi..agar mobil bisa dipindahkan dari “P” ke “N” pas mesin mati..hmm..keliatan gak nih tulisan dari buku manualnya untuk prosedur pindahin dari "P" ke "N" ketika mesin mati ?

Image

Permasalahan lainnya ya pas parkir mundur, seperti yang gw jelaskan, visibilitas mobil ini nggak begitu bagus, jadi akan sedikit merepotkan kita kalau harus parkir dengan posisi yang rada ekstrim..

overall, mobil ini memberikan driving experience yang mantap, it creates a smile in my face !

Score: 9/10

5. Safety Feature

Ya, standar mobil Eropa..tinggi lah ya..6 airbags (dual front + dual front side + dual curtain), ABS EBD BA, ESP TRC, Electronic Differential Lock, Anti Slip Regulation, ISOFIX anchorage points. Bagus, cukup bagus, ia berhasil meraih 5 bintang hasil crash test EuroNCAP.

Score: 9.25/10

6. Conclusion

Bagi gw, Scirocco adalah hothatchback dengan harga terjangkau yang bisa menghasilkan driving experience yang baik. Mobil ini akan membuat sebagian orang menoleh kearahnya, baik itu di jalanan maupun di parkiran. Mobil ini sendiri laku loh di Indonesia, principal Volkswagen sendiri tidak menyangka dan bangga atas Scirocco. Sebuah hot hatchback asal Eropa yang value for money menurut gw. Mobil ini pantas dimiliki keluarga kecil yang ingin memiliki mobil Coupe untuk sekedar berwisata kuliner di akhir pekan di kota sebelah..

lalu..kira-kira..apakah mobil ini layak dimiliki..coba kita pikir..

- Apa anda mempunyai keluarga kecil dan ingin memiliki coupe ? jika ya, mobil ini sangat pantas dimiliki karena cukup affordable dari sisi harga dan memiliki sensasi berkendara luar bisa serta 2nd row yang luas..tentu saja apabila anda tidak keberatan soal angkut bagasi dan visibilitas yang gak begitu bagus
- Apa anda mencari hot hatchback yang kencang dan affordable ? Jika ya, mobil ini cocok buat anda
- Apa anda sedikit concern dengan kenyamanan untuk mobil Eropa ? kalo iya, cari mobil lain deh, bantingan Scirocco ini rada stiff, jadi nyaman empuk bukan sesuatu yang bisa diunggulkan di mobil ini
- Apa anda concern soal kapasitas bagasi untuk menampung koper besar ? jika ya, mobil ini nggak cocok buat anda karena kapsitas bagasinya gak gede-gede amat
- Apa anda mencari mobil Eropa yang irit tapi kencang ? ya, mobil ini cocok untuk itu, empunya mengatakan dia average seminggu bisa 10km/l dalam keadaan macet-macetan campur lancar


Dari saya, Volkswagen Scirocco “A Hot Hatchback that will create a smile on your face”

Apakah saya sendiri menyukainya ? tentu saja ! sebuah hot hatchatchback yang memberikan sensasi mengemudi sangat baik, walaupun saya gak suka ama visibilitas mobil ini..saya hanya ingin mengemudikannya melewati jalanan berliku, untuk urusan parkir..gw serahin ama yang ahlinya deh..

Pros
- Irit dan Bertenaga
- Handling Mantap
- Range harga affordable untuk sebuah Coupe/Hot Hatchback
- Kabin luas
- Build Quality interior rapih

Cons
- Kapasitas bagasi kecil
- Suspensi rada firm untuk jalanan local
- Visibilitas gak bagus untuk ke belakang dan samping
- Multimedianya dikit, gak ada USB option, harus ganti HU

7. Score

Scorenya untuk Volkswagen Scirocco menurut penilaian saya…….. 8.85/10 Image

sorry kalo ada salah kata dan kekurangan sana sini, ane hanya seorang nubitol bon sotoy :mky_01:

sekian dari ane, terima kasih :big_smile]
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: Review: Volkswagen Scirocco 1.4 TSI

Post by axala »

Viva La V Power... :mky_02: :mky_02:

akhirnya direview juga :mky_02:....memang bagus ni boil...european coupe hatch....me like. :mky_03:

sadly Vpower n pertaplus sudah menjadi barang wajib dibenda ini :big_smoking: ...... I dont like that.....that's to pricy for me ....
Last edited by axala on Tue Feb 11, 2014 14:25, edited 1 time in total.
Pursuit of Perfection
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review: Volkswagen Scirocco 1.4 TSI

Post by madcat015 »

Very nais ripiu bro haristk... :mky_02:

Seperti biasa, kualitas mobil Jerman tidak perlu dipertanyakan... :big_grin:

Bijimane dengan kekedapan kabin, bijimane dengan DSG nya saat low speed cruise dan macet? :mky_01:

Ngomong2, tuh emo kucing manyun wajib ane pakai untuk ripiu berikutnya.. :cupss:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Review: Volkswagen Scirocco 1.4 TSI

Post by imingwahyudi »

Aaahhhh Scirocco.....

:mky_02: sujud sama om Harist...lengkap kap kappp mantaaapppp

Kebetulan aye kurang sreg aama birunya...entah tapi agak agak kaya cat ducoan :big_slap: dan itemnya terlalu aneh....lebih cenderung putih dan ijonya...me gusta mucho! :mky_03: way more reasonably priced than...2.0 civic? :big_biglaugh:
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Review: Volkswagen Scirocco 1.4 TSI

Post by artoodetoo »

Keren, nice review om harist :big_exellent:
Saya pernah masuk tapi yg versi 4 pintu. Duduk2 doang, soalnya pas pameran itu. Trus disamperin salesnya yg sayangnya batangan *eh
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
Andrian
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1633
Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup

Re: Review: Volkswagen Scirocco 1.4 TSI

Post by Andrian »

Nampang dulu di pejwan baru baca.
Image
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review: Volkswagen Scirocco 1.4 TSI

Post by madcat015 »

Andrian wrote:Nampang dulu di pejwan baru baca.
Jarang2 ya om andrian... biasa keblusuk di pej belakang... :mky_03:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
Andrian
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1633
Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup

Re: Review: Volkswagen Scirocco 1.4 TSI

Post by Andrian »

madcat015 wrote:
Andrian wrote:Nampang dulu di pejwan baru baca.
Jarang2 ya om andrian... biasa keblusuk di pej belakang... :mky_03:
Iya nih om kitty. Sesuatu banget.


*emot..mana emot. Derita ol via hape*
Image
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: Volkswagen Scirocco 1.4 TSI

Post by ChZ »

nice review bro haris :mky_02:

Rocco ini emang kweren.... tapi ane krg sreg ama desain belakangnya yg kaya perut orang obesitas :big_slap:

ane cuma pernah TD Golf TSI.... tenaganya sadis banget uy....

pernah juga ditumpangin temen Scirocco R... 256HP.... uhh tenaganya sadis... ane baru kedip udah 100 kph aja :big_slap: tapi suspensinya stiff banget, rumah temen ane jalannya agak naik, keluar dibelokin ke kiri, ban kirinya ngangkat :big_chicken:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Dre
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 196
Joined: Wed Dec 04, 2013 9:10

Re: Review: Volkswagen Scirocco 1.4 TSI

Post by Dre »

tahun lalu pas harganya masih 420an worthed banget ini mbl, dgn harga segitu. sayang skrg udah sedikit overpriced harganya.
User avatar
dubz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sat May 11, 2013 2:07

Re: Review: Volkswagen Scirocco 1.4 TSI

Post by dubz »

Keren bener ini mobil...pasti awet designnya
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Review: Volkswagen Scirocco 1.4 TSI

Post by POS VETT »

Too bad it's WWD.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
dubz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sat May 11, 2013 2:07

Re: Review: Volkswagen Scirocco 1.4 TSI

Post by dubz »

Says the redneck wannabe.
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: Review: Volkswagen Scirocco 1.4 TSI

Post by abrof »

Review yang mantap bro Haristk.... :big_exellent: ....tinggal di chip up sudah bisa 200HP ke atas nih...
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Review: Volkswagen Scirocco 1.4 TSI

Post by ricz »

Nice review...

HUnya bs diganti sendiri ato hrs ganti di bengkel VW?

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
F-man10
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 244
Joined: Wed Jun 20, 2012 3:32

Re: Review: Volkswagen Scirocco 1.4 TSI

Post by F-man10 »

keren nih mobil... denger2 harganya udah naik banyak sekarang
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Review: Volkswagen Scirocco 1.4 TSI

Post by haristk7 »

@axala: thank you bro..hehehe iyaa, minumnya RON95, running costnya rada mahal

@om kitty: kekedapan kabin sangat baik, DSG sangat smooth untuk low speed cruise dan macet..puurrrffeecctt Image

@bro iming: ane juga lebih demen yang warna putih..yep..reasonably priced than...2.0 civic :big_biglaugh:

@om robot: rasanya Scirocco 3 pintu semua..mungkin yang om maksud itu Golf kali ya, btw thank you om :)

@andrian: sesuatu banget ya bro :mky_03:

@bro ChZ: tenaga mesin TSI Volkswagen itu emang sadis bro, btw thanks ya :)

@om Dre: sekarang udah mau naik ke atas 500jt :big_childish:

@om dubz: iyaa, ini bakalan awet desainnya

@om abrof: thank you, kalo chip up iya, bakalan tembus 200hp

@ricz: thank you bro, untuk ganti HU bisa di Volkswagen atau toko Audio yang harus terbiasa nanganin mobil Eropa

@om F-man10: iyaa om, harganya mau naik ke 500an denger2
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Review: Volkswagen Scirocco 1.4 TSI

Post by newrubble »

Sy jadi ingat dulu wkt masih di maryland th 77 alm ayah dy punya vw dasher yg tdk bisa sy bedakan dg scirocco saat itu. Dua dua nya mirip dg vw passat mk.1 tapi mrk berdua (dasher n scirocco) two door hatch fuel injected
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Review: Volkswagen Scirocco 1.4 TSI

Post by newrubble »

Di indo kalo vw n audi bisa pindah ke under astra atau go independent (away from indomobil) pasti dia akan dpt xtra market share significant. Indomobil human capital n mgmt style itu part of problem n not a solution
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Review: Volkswagen Scirocco 1.4 TSI

Post by haristk7 »

@ om rubble

kalo misalnya Audi dan Volkswagen pindah ke Astra kayaknya repot juga sih om, secara Astra udah megang Peugeot dan BMW disana, kalo tambah 2 merk Eropa lagi, mereka pasti keberatan..

kalo misalnya mereka Go Independent kayaknya mungkin sih secara penjualan Volkswagen, terutama di Jakarta sudah membaik..saya bisa mudah nemu VW Polo, Golf, dan Tiguan berkeliaran di jalanan

ane setuju ama om, Indomobil itu kayaknya gak begitu merhatiin Luxury Brand, terbukti Infiniti kayak "hidup segan mati tak mau", seperti ditelantarkan, padahal ada line up yang seharusnya bisa menyelamatkan nama Infiniti tapi gak dimasukkin, "Skyline Crossover" alias EX25..
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Review: Volkswagen Scirocco 1.4 TSI

Post by imingwahyudi »

newrubble wrote:Di indo kalo vw n audi bisa pindah ke under astra atau go independent (away from indomobil) pasti dia akan dpt xtra market share significant. Indomobil human capital n mgmt style itu part of problem n not a solution

setuju oom! showroom Audi yang di Bandung (jln Soekarno Hatta) sudah gada penghuni lebih dari 5 tahun seingat saya, padahal sayang, arsitektur sudah sangat Audi. Showroom VW malah disatukan dengan Suzuki, dan memegang servis berkala Audi :big_chicken: :big_slap:

BTW Chrysler, Jeep and Dodge sudah jalan sendiri ya oom? :big_think: karena yang aktif memasarkan dan maintenance malah bengkel modifikasi dan velg(Bandung)
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review: Volkswagen Scirocco 1.4 TSI

Post by madcat015 »

newrubble wrote:Di indo kalo vw n audi bisa pindah ke under astra atau go independent (away from indomobil) pasti dia akan dpt xtra market share significant. Indomobil human capital n mgmt style itu part of problem n not a solution
Ane setuju om...

Seharusnya VW Audi jadi independen. Untuk lebih mengeksplore kekuatan niche market mereka, bukannya diberangus Indomobil.

Indomobil itu pola nya hit and run: ada produk lagi populer? Genjot... begitu adem dikit, ditinggalkan. Tidak heran Suzuki terengah2 (jaman dulu: Swift rame dan jadi anak emas, begitu loyo ditinggal dan ganti SX-4 jadi anak emas, trus R3... dst dst dst, akhirnya banyak produk yang terbengkalai) dan di jaman nya: Mazda mati kutu.

Selama VW Audi tidak lepas dari Indomobil, maaf..., masa depan dua merek itu akan suram sesuram kaca belakang mobil tanpa wiper di tengah hujan badai.

@bro haristk: Infiniti, jujur, hanya pasang nama di Indonesia. Just name... without any significance.
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: Volkswagen Scirocco 1.4 TSI

Post by ChZ »

madcat015 wrote:
newrubble wrote:Di indo kalo vw n audi bisa pindah ke under astra atau go independent (away from indomobil) pasti dia akan dpt xtra market share significant. Indomobil human capital n mgmt style itu part of problem n not a solution
Ane setuju om...

Seharusnya VW Audi jadi independen. Untuk lebih mengeksplore kekuatan niche market mereka, bukannya diberangus Indomobil.

Indomobil itu pola nya hit and run: ada produk lagi populer? Genjot... begitu adem dikit, ditinggalkan. Tidak heran Suzuki terengah2 (jaman dulu: Swift rame dan jadi anak emas, begitu loyo ditinggal dan ganti SX-4 jadi anak emas, trus R3... dst dst dst, akhirnya banyak produk yang terbengkalai) dan di jaman nya: Mazda mati kutu.

Selama VW Audi tidak lepas dari Indomobil, maaf..., masa depan dua merek itu akan suram sesuram kaca belakang mobil tanpa wiper di tengah hujan badai.

@bro haristk: Infiniti, jujur, hanya pasang nama di Indonesia. Just name... without any significance.
setuju! :big_smoking:

VW dan audi harus lepas dari Indomob, independen aja kayak Mercedes....

ane kira di Astra juga nggak better-better amat.... Astra anak emasnya juga Toyo-Dai.... untuk merek eropa mereka juga cuma serius di BMW... Pisut nggak kedengeran...

nah itu yang ane nggak suka dari Indomob Suzuki om kitty.... yang menyebabkan penjualan mereka anjlok... dan RV nya kacau.... padahal untuk value produk itu sendiri? nggak ada yg lebih baik... yg lebih mahal banyak :big_slap:

350jeteng dapet SUV 2.4L dengan fitur lebih lengkap dari CRV RM dan akte lahir CBU Jepun? 220jeteng dapet HB Crossover dengan fitur lebih lengkap dari Jazz GE?

dulu di masa kejayaannya, SX-4 begitu laris... sekarang boro-boro diinget, new model belum meluncur udah berstatus discontinue... Splash gimana kabar tuh? Swift gimana? APV pun bergeser dari salah 1 pilihan roti tawar jadi mobil niaga.... jarang banget liat APV plat baru...

mereka lagi asik honeymoon dengan Ertelu dan KWR.... sales Suzuki pun bilang stock di gudang cuma Ertelu... prodak lain mereka ga brani stock banyak....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
dubz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sat May 11, 2013 2:07

Re: Review: Volkswagen Scirocco 1.4 TSI

Post by dubz »

Astra cukup serius kok sama Peugeot...cuman yg beli mobilnya emang gak banyak mau gimana. Setelah 406, imo model2 Peugeot kebanyakan designnya aneh2...tapi skrg udah membaik lagi sih...
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Review: Volkswagen Scirocco 1.4 TSI

Post by evolution21 »

nice review um
btw ini transmisi dry/ wet ya?