Lagi enak-enak jalan di mall, tiba-tiba ada yang ngajak buat liat MINI, eh ditawarin TD Countryman, karena kebetulan juga penasaran ama MINI, akhirnya ane sambut tawaran tersebut
MINI, kalo denger kalimat itu orang pasti membayangkan sesuatu yang kecil, sebagian akan berpikir kearah mobil Inggris yang mungil nan kecil. Ya, memang benar, MINI terlahir di Inggris dari British Motor Corporation, tapi sebagian orang mungkin nggak sadar ketika BMW mengambil alih Mini (dan Rover Group pada saat itu) pada tahun 1994. Yaa, untuk urusan sejarah MINI telah dibahas di thread Mr Stig kita, jadi silahkan dilihat di link ini http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 19&t=19652
Kalo kita ngomongin soal MINI, kita pasti inget Mr Bean dong dengan tingkah lakunya yang konyol, kita inget MINI dia yang hijau nan mungil. Sekarang, apakah MINI sama seperti dulu ? mungil nan kecil…hmm..MINI yang gw tau sekarang itu badannya udah melar, bahkan menurut gw MINI Countryman yang gw review ini badannya termasuk panjang dan agak lebar..oke, sudah cukup pengenalannya, mari kita lihat..dari sudut pandang ane….Mini Cooper S Countryman..
Ooh ya, kebanyakan orang mungkin akan menyangka dia CBU Inggris, tidak, Countryman tidak dibuat di Inggris. Dari beberapa sumber yang ane dapat, Countryman untuk pasar Indonesia masih diproduksi di Austria, dan sebagian besar Countryman yang bertebaran di dunia, berasal dari Austria.
2. Eksterior

Dari luar, sekilas tidak ada bedanya dengan MINI Cooper yang biasa kita temui di jalanan, tapi tunggu...dia lebih gemuk, ada pintu belakang, dan Ground Clearence lebih tinggi…sepertinya MINI menargetkan mobil ini untuk para pencinta MINI yang sudah berkeluarga dan senang kegiatan outdoor

Apakah dengan bentuk seperti ini masih terlihat bagus ? well, buat gw sendiri, gw..cukup menyukainya, desainnya bisa dibilang timeless, ya karena menurut gw desain MINI ya itu-itu aja. Bagi sebagian mobil mungkin desain yang itu-itu saja bisa dikatakan membosankan, tapi tidak dengan MINI, ia memancarkan aura tersendiri yang cukup unik. Tapi gw mau jujur sih, desain moncong, terutama grill depannya itu rada..err..gw gak bisa nemu karakter MINI..

Untuk bagian belakangnya…err..kalo boleh gw bilang, ini seperti MINI Cooper yang bodynya ditarik paksa keatas, jadi jangkung gitu belakangnya.

nilai: 8/10
3. Interior
Well, karena ini MINI, ane membayangkan interior yang mini pula, kenyataannya nggak, interiornya luas ooyy, gw suka interiornya, rapih, plus dashboard dan doortrim berbahan softpad yang sayangnya finishingnya menurut gw agak kasar kalo disentuh. Yang gw suka juga, kita bisa milih warna jok kulit ama door trim sesuai selera kita. Untuk visibilty keluar bagus, pillar-pillar gak begitu menghalangi pandangan keluar, gw biasanya kurang demen ama kaca spion mobil Eropa yang rada kecil, tapi di Mini, gw gak merasa itu spion kecil + visibility ke belakang bagus


Tapi gw masih gak demen ama Tachometer yang posisinya kadang suka ketutup ama stir, beberapa kali gw nggak bisa baca speedometer dan posisi transmisi gara-gara kehalang stir pas gw belokin itu stir.
Stirnya, well, cukup simpel menurut gw, genggamannya pas untuk tubuh gw, ada tombol Audio Controller dan Cruise Control..Cuma yang agak aneh menurut gw, Paddleshiftnya..apa gunanya ada 2 paddleshifter kalo fungsinya sebenarnya sama..tarik tuas (silahkan pilih kiri atau kanan) untuk menaikkan gigi, dan dorong tuas untuk menurunkan gigi..dari sini gw berpikir, kenapa gak dibuat konvensional saja ya seperti mobil lain pada umumnya..
pengaturan AC, foglamp, DSC..ada di bawah center console..posisinya gak enak, apalagi posisi DSC...bisa bikin buat penumpang iseng tuh..

Posisi rem tangan yang…gak enak ! tangan rasanya awkward kalo mau lepas rem tangan, cara termudah adalah menaro tangan di armrest sambil menarik tuas dan melepasnya..tetep aja nggak enak. Kalo armrest yang menghalangi kita angkat…jadi aneh..well..ini kelemahan terbesar interiornya dan menjadi masalah ketika jalan macet dan driver belom terbiasa.

Yang gw sukaaa sekali, Panoramic Moonroof which is very good for small car like this..bikin headroom jadi luas

Banyak fitur yang tertanam di mobil ini, salah satu diantaranya adalah Auto Headlamp ama Rain Sensing Wiper yang sudah seharusnya standar di mobil sekelas 700jt..gw juga suka pengaturan tombol lampu dan moonroofnya, berasa ngontrol lampu di kokpit pesawat


General score 7/10
3a. Build Quality
Untuk build quality, gw akan expect quality Eropa, sayangnya meleset…buatannya seperti rada kasar, tapi bener juga tuh apa yang dibilang om helm putih, sepertinya anda akan melupakannya begitu anda memasuki kabinnya, walaupun ane bisa bilang untuk Build Qualitynya cukup disayangkan dari mobil seharga 700an JT Rupiah.

Nilai 6.25/10
3b. Entertainment System

Begitu ane masuk ke mobil, ane melihat lambing Harman Kardon, oke..untuk membuktikannya ane menyetel "ACDC – Thunderstruck", "Westlife – Flying Without Wings", "SayLouLou – Julian (Chainsmoer Remix)", dan beberapa lagu lainnya..hasilnya ? SUPERB ! suaranya jernih ! i love it, telinga gw begitu dimanjakan oleh sound system yang mantap dan benar-benar menjamin pengemudinya gak akan merasa bosan di tengah kemacetan

Menurut website http://www.mini.harmankardon.com/en/veh ... nical.aspx
Ada 10 speaker Harman Kardon yang udah termasuk 1 subwoofer dan 1 amplifier, this is awesome ! i love it ! rasanya ane betah banget cruising jarak jauh kalo lagu yang keluar dari speakernya jernih bener


Oke, di tengah ada…piring ? buletan gede banget, yang menunjukkan speedometer dan layar multimedia + information. Di layar ini kita bisa tau kapan harus servis, keadaan mobil, log trip, pengaturan audio, dsb..dimana pengaturannya menggunakan semacam bunderan kecil berwarna kuning di tengah center console..yang posisinya sedikit menyulitkan kalo lagi berkendara menerobos macet.

Pilih music yang kita suka, dan lupakan tombol kecil di tengah itu, atur saja volume dan lagu berikutnya lewat tombol audio di stir, sistem infotainment untuk USB buat gw agak membingungkan, karena gw gak bisa nemu perintah untuk shuffle lagu dari USB gw..
Sayang gw gak bisa nelurusin semua menu yang ada karena keterbatasan waktu..hiks
Nilai: 8.75/10
3c. Storage

It’s a MINI, jadi gw gak akan expect untuk tempat penyimpanan yang banyak. Sebagai Crossover, gw akan berharap tempat bagasinya kayak Nissan Juke lah, yang dimana….beda tipis, setidaknya muat 2 koper yang ukuran sedeng, lalu masih ada lemari penyimpanan dibagian bawah tray yang cukup untuk menyimpan kardus pempek dan kotak sepatu.

Tempat penyimpanan untuk di kabin, bisa dibilang hanya ada door pocket dan glovebox, setidaknya 2nd row dapet seat pocket. Well, emang gak banyak, jangan harap banyak ama MINI…imho..
Nilai: 7/10
3d. Seating

It’s a MINI…dan gw membayangkan kursi yang sempit…dimana gw salah…Countryman ini posisi duduknya enak, lumayan bikin gw betah, baik buat 1st dan 2nd row. Bisa dibilang posisi duduknya 2nd row lebih enak dan lebih roomy dibanding XTrail T31..apalagi kalo ditambah lagu favorit kita, mantap cuuyy..sayangnya pengaturan kursi driver masih manual..belom electric

Nilai: 8/10
4. Driving Impression
Masukkan kunci ke slot, injak rem, dan tekan tombol start..cara yang unik untuk mobil yang ada push start button, mungkin sengaja kayak gitu biar orang gak lupa naro kunci dimana. Mobil ini dibekali dengan 4 ban Goodyear RFT (Run Flat Tires) dengan ukuran 225/45/R18. Klaimnya ban RFT sih mobil bisa jalan sejauh maks 60km dengan kondisi ban tertancap paku/besi/yang bikin bocor ban. Kelemahannya, gak ada ban cadangan. Makanya kan di bagian bawah tray masih ada tempat penyimpanan luas..wong ban cadangan udah lenyap..
Mobil kemudian menggelinding ke arah jalan tol terdekat, dan gw bisa cepat beradaptasi dengan respon gas si MINI, feelnya menurut gw beda dari mobil Eropa lain, lebih mendekati mobil Jepang kelas premium. Sesekali melewati jalanan rusak..dimana suspensinya enak ngeredam jalan jelek..di kecepatan rendah. Masuk tol dan segera tancap gas, oke..ini enak, tenaga dan torsinya kerasa dan seketika mobil langsung mendekati kecepatan 100km/h, good for speed freak ! Torsi puncak sebesar 240nm sudah kerasa di 1600rpm hingga 5000rpm + tenaga puncak sebesar 184hp kerasa di 5500rpm, i love it ! mobil ini good for long distance cruise, dan transmisinya dikala upshift enak banget, gak kasar.
Bagaimana dia bermanuver ? gw suka dengan stirnya yang EPS tapi gak begitu ringan, feedbacknya bagus, gw bisa tau ini mobil mau lari kemana. Sangat gesit si kecil yang satu ini..kecil-kecil cabe rawit emang dah, gw suka sekali dengan handling mobil satu ini ! sayang deket tempat test drive gak ada jalur pegunungan yang berlika-liku, i would love to eat that kind of road with MINI !

Keluar tol dan masuk ke jalan biasa, jalankan dengan kecepatan 60km/h...hmm…jalanannya rada rusak..tiba-tiba..BRUUUKK..wess nginjek lobang..tapi suspensinya kok keras amat, nggak begitu nyerap, beda perangainya kalo dibawa pelan, bantingannya rada keras, mirip kayak Juke yang biasa dulu gw pake..mungkin karena GC nya tinggi, sebagai balesan untuk handling yang wuenak, suspensi jadi keras.
Rem, bagaimana dengan rem ? Yaa ke 4 ban dilengkapi Cakram dengan 4channel ABS, EBD, dan BA..dan rasa pengeremannya, seperti di Impreza 2.0i-S yang gw pake sehari-hari, lembut tapi gigit. Nah tapi disini ada kelemahannya, untuk transmisi..sepertinya hampir tiap kali gw rem, si transmisi kayak bingung gitu mau ke gigi berapa, mau turun 1 apa 2 gigi nih, downshiftnya juga kerasa rada kasar..and i don’t like it..

Dengan GC yang tinggi membuat Countryman pas untuk melibas jalanan Jakarta yang kerap tergenang banjir dan lobang di sana-sini, dengan bayaran suspensi keras tentunya..
Nilai: 8.75/10
5. Safety Feature
Gak usah gw jelasin banyak-banyak ya, fitur standar Eropa dengan 6 airbags, ABS EBD BA, Stability Control, Traction Control, Child ISOFIX, RFT tires, sensor parkir yang ada display unik terlihat di MID yang di piring tiap kali mundur..bahkan di Cooper S Countryman ada Electronic Diferential Lock. Dengan fitur safety bejibun, yaa kita merasa terlindungi, aman, dan confident..tapi dengan perlengkapan safety sebanyak ini, jangan kelewat PD aja kalo nyetir..masuk parit gara-gara kelewat PD gak tanggung ya gw..i warn you already
Nilai: 9.5/10
6. Conclusion
MINI, sebuah brand inggris yang sekarang “Warga Negara” Jerman, dikenal dengan mobilnya yang mungil dan unik. Orang berpikir mungkin gak cocok untuk jalanan di Indonesia yang…lobang dimana-mana..tapi dengan adanya Countryman, crossover SUV dari MINI, pencinta MINI gak usah khawatir mobilnya nyium aspal berkali-kali..



Dan sekarang…apa ini mobil layak dimiliki ?
- Apakah anda fans MINI dan ada rezeki berlebih lalu ingin menambah jumlah koleksi ? silahkan saja, tapi jangan kecewa dengan desain grillnya
- Apakah anda fans MINI dan ingin memiliki MINI tapi khawatir Ground Clearence ? silahkan menimang mobil ini
- Apakah anda fans mobil Eropa dengan harapan Kualitas Interior bagus ? hmm, lebih baik anda pilih mobil merk lain deh..
- Apakah anda suka melakukan perjalanan jauh dengan banyak barang bawaan ? kalo iya, pilih SUV beneran deh, bagasinya sih bisa nampung koper, tapi gak banyak..
- Apakah anda suka bepergian hunting kuliner di kota lain ? kalo iya, MINI jadi teman yang pas untuk anda
- Apakah anda termasuk keluarga kecil (2 orang dewasa + 1 anak kecil) ? kalo iya, silahkan menimang mobil ini jika budget mencukupi, saya 80% yakin anak anda dan pasangan anda menyukai mobil ini, almost everybody love MINI !
- Apakah anda seorang speed freak dan ingin mobil kecil dengan hadling bagus serta bisa dipake light offroad ? jika iya, silahkan pilih mobil ini, GC tinggi, pengendalian maknyus, dan tenaga yang hebat, anda akan merasa puas mengemudikannya
Dari saya: MINI Cooper S Countryman “A car that either you will love it, or hate it”
Apakah saya sendiri menyukai nya ? ya, saya suka mengendarainya, fun little crossover ! saya bisa kesampingkan masalah tampang depannya yang not so MINI..tapi mungkin posisi hand brake akan sedikit mengganggu
Pros
- GC tinggi, cocok buat jalanan Jakarta dan kebanyakan Indonesia
- Bensin gak begitu boros..average 11.4km/l berhasil ane catat pas TD
- Interiornya luas untuk MINI
- Soundsystem bikin betah di mobil
- Tenaga dan Handling mantap
Cons
- Suspensi keras
- Pengoperasian Infotainment systemnya rada membingungkan, jangan lupa baca buku manual
- Transmisinya kalo kita nurunin kecepatan kerasa bingungnya pas downshift
- Posisi handbrake
- Minim tempat penyimpanan
- hmm…apa lagi ya ?
7. Score
Scorenya untuk MINI Cooper S Countryman menurut penilaian saya adalah....8.2/10
segitu aja dulu review dari nubitol bin sotoy ini..sori kalo ada kesalahan dan kalimat tidak enak

notes: bbrp gambar terpaksa diambil dari internet karena ntah knp hilang dari kamera..