
ijinkan ane ngeripiu mobil yang udah dijual 4 taun lalu

=============================
Intro
Jazz GE ini dibeli waktu jaman ane masih ababil-ababilnya... ngeliat bentuk GE8 udah naksir duluan (masih blm ngeh macem-macem soal mobil).... dan dibeli bokap untuk gantiin Picanto 2004...
Jazz GE8 ane waktu itu type RS, batch awal, A/T, warna silverstone metallic dan harga OTRnya masih 182juta (2008)... jaman si jonpis masih waras soal price tag...
A little story about Honda Jazz/Fit....
Honda Jazz/Fit merupakan mobil subkompak keluaran Honda, diposisikan di bawah Civic, pertama diperkenalkan ke publik tahun 2001. Di Jepang dikenal dengan nama Honda Fit, sedangkan di Indonesia dikenal dengan nama Honda Jazz.
Di Indonesia Honda Fit pertama masuk pada tahun 2001 dengan akte lahir CBU Japan dan harganya masih sangat mahal, jd nggak laku. Dulu Honda Fit 2001, harganya hampir menyamai CR-V RD1...
Tahun 2003, karena alasan harga HPM tidak lagi mengimpor Fit dengan akte lahir Jepang, berganti mengimpor Jazz dengan akte lahir Thailand, bersamaan di tahun yang sama, Honda City juga diluncurkan, dan harga yang jauh lebih murah, ditawarkan dengan option enjin L15A i-DSI dengan output 87PS dikawinkan dengan girboks CVT 7-sp dan Manual 5-sp, dan berkat kesuksesannya, Jazz akhirnya resmi di-CKD oleh HPM di tahun 2004.
Tahun 2005, Jazz menawarkan option enjin lain yang lebih powerful, L15A VTEC bertenaga 110PS, dengan pilihan transmisi yang sama, CVT dan 5-sp MT. Jazz VTEC, dilengkapi 4-disc brake dan velg Alloy 15", sekaligus bodykit lebih sporty, berbeda dengan i-DSI yang tampilannya polos, velg 14", dan rem belakang tromol. Di 2006, Jazz GD3 mengalami minor change, sekaligus merupakan edisi terakhir Jazz GD sebelum akhirnya berganti generasi.
Tahun 2007, Fit GE resmi diperkenalkan ke publik jepang, dan di Indonesia beberapa Importir Umum ada yang memasukkan Fit dengan akte lahir Jepang, price tag nya sekitar 250juta pada saat itu (yah... sama kayak GE8 sekarang

Sama seperti GD3, GE8 sukses mengambil hati masyarakat sebagai HB subkompak paling pasaran.... Sayang karena krisis, harga Jazz GE8 terkerek sangat drastis di 2009, dimana type RS A/T tembus 200juta... kesempatan jonpis untuk nambah cuan dari penjualan Jazz yang laris manis

2011, Jazz GE mengalami FL dengan perubahan aerokit dan segudang fitur.... dan 2013 juga mengalami minor change sekaligus edisi terakhir.... akan digantikan oleh Jazz generasi 3 yang udah banyak kita denger gosip nya

OK, enough with the chit-chat.... let's get to the review
============================================
1. Exterior
Jazz GE ini secara dimensi melar cukup banyak dari GD3 sekitar 15cm-an....
Exterior Jazz RS GE8 1st batch ini cukup simpel.... nggak heboh seperti FL di tahun 2011.


Tampang depan.... simple... yet so sporty... me like it. Bumper depan dengan desain nekuk ke dalem.. cukup safe, dulu jarang mentok... nggak gondrong kayak generasi sekarang, yang justru rawan keserempet atau kena trotoar...

Tampak samping... cukup cantik, dengan tarikan garis yang agresif, meskipun keliatan agak gemuk....

Tampak belakang.... looks good, jauh lebih bagus daripada versi FL yang gak jelas dengan airvent samping yang gak berfungsi apa-apa. Di RS batch awal ini pembeda tampang belakang dengan tipe S hanya diffuser di bagian bawah, and me like it...

yang mengganjal di tampak belakangnya adalah : stoplamp!


Exterior... 8/10... looks good, even better than the latest model. Just add about 1-2mills for the JDM version stoplamp to replace that ugly A-Class stoplamp....
================================
2. Interior

hal yang ane suka di bagian depan.... setir dan cluster meter.... canggih banget apalagi di jaman itu cuma ada Toyota Yasir dan Suzuki Swift yang interiornya plain banget....


.... and lots of cargo space


The bad? Full plastic everywhere.... finishing ga rapi pulak! damn!


hasil dipake 1 taunan, interior udah begini....
untuk harga 182,5jt masih bisa dimaklumi... tapi skrg? 250jeteng tanpa peningkatan apa-apa di bahan interior?

another bad thing.... sound system... harman karton

Interior... 6/10... desainnya cukup keren, sayang material plastik dan finishing ga rapi bikin sakit hati...
=====================================
3. Driving Impression
Jazz GE8 dilengkapi enjin L15A7 SOHC i-VTEC 120PS... terbesar di kelasnya... meskipun SOHC, dan merupakan hal yang sangat dibangga-banggakan fanboy ababil di forum tetangga, SOHC beats DOHC

dikawinkan dengan 5-speed AT... dan paddleshift, should be fun

Posisi duduk di Jazz cukup enak, kaca depan besar dan lebar bikin visibilitas luas, kaca pilar A cukup ngebantu waktu belok, ga kayak SX-4 yang malah nutupin pandangan

Mencoba jalan, gear 1 agak ketahan, masuk gear 2 agak enakan.... yang jelas GE8 ini gak nyaman untuk stop and go... respon transmisinya lemot.... di dalem kota bakal cukup tersiksa dengan transmisi A/T nya yang bodoh....
dan efeknya cukup berasa... FCnya... 1 : 8 dalkot... untuk mobil 1500cc?

tapi waktu full throttle di jalan kosong.... S-mode on, paddle shift..... WOO-HOOO....

steering feedback..... dengan EPS... ane merasa feedbacknya masih jauh lebih mendingan dibanding honda-honda skrg.... stability cukup baik, sayangnya untuk nikung dan manuver bagian belakangnya berasa kurang nge-grip...
begitu lewat jalan keriting.... "orkestra kabin".... bantingan yang keras sukses membuat interior bunyi semua.... dan protes dari penumpang belakang

Driving Impression 7/10... quite fun...
=============================
4. Verdict
Jazz GE8... mobil yang cukup "galau".... karakter enjinnya kurang cocok untuk city cruising, tapi faktor ruang kargo yang luas + ultra seat mungkin jadi idola para mahmud dan para nonik yang doyan belanja keliling mall....
with price tag of 250mills, worth? i would say no.... plasticky interior, bad finishing, inefficient fuel cons, stupid tranny... i'd rather go for Fiesta or Mazda2.... mending nunggu Fiesta Ecoboost
oh ya, pantangan terbesar GE8 adalah ngisi premios.... atau siap-siap merasakan mesin yang udah boyo makin boyo... plus kebodohan transmisinya.... dan ane merupakan salah 1 korbannya... ngisi premios di GE8... menderita setaun dengan mobil yang tarikan bawahnya super-duper nahan....
tengah taun ini bakal keluar Jazz gen-3... GE8 tinggal menunggu waktu sebelum distop.... we'll see

Pros :
- Powerful engine in high-RPM cruising
- Roomy
- Lots of cargo space, ultra seat
- Good visibility and driving position
- Sporty design
Cons :
- Interior quality & finishing
- Fuel Cons
- No good for stop & go... dumb transmission...
- Bad sound system
- No Premios....
================================
Sekian ripiu ane....
