Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
Location: Jakarta & Bekasi

Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by DDR »

Dear Friends,
Ane mau review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe keluaran 2013 akhir (tapi beli nya sih tahun 2014) boleh kan? Boleh dooong hehe. Anyhow ane ambil shortcut aja yaks langsung ke review selama perjalanan ane kemaren.

Exterior
Biar kata ane udah sering banget ngeliat ini mobil di jalanan, bosen dikit, tapi lama lama diliat di garasi enak juga, padahal bukan model tertinggi nya Xenia lho (yg tertinggi kan Attivo yah).
Kita mulai dari bagian depan, R Deluxe sudah tentu bertampang serupa dengan varian varian Xenia lainnya, hanya saja pada model ini hanya terdapat satu bilah chrome, cukup, tidak berlebih seperti Ertiga Elegant ane hehe. Sisi depan model ini juga sudah dilengkapi dengan Fog Lamp yang terbukti cukup membantu dikala cuaca hujan dan agak gelap.
Beralih ke samping, unit ini sudah dilengkapi dengan side moulding, handle pintu sewarna dengan body, serta spion electric samping sewarna body lengkap dengan turn signal LED. Side visor, Mudguard dan kaca film CPF1 sepertinya sudah standar juga. Oh iya, velg nya sudah velg alloy dengan ban berukuran 14”. Untuk selera ane sih ya segala nya serba cukup…
Bagian belakangnya, pastinya tidak se-seksi pesaing baru nya Mobilio, tapi yang satu ini sudah cukup menggugah selera juga koq… hehe… toh ane yakin mobil seperti Xenia ini bakal lebih banyak dijadikan sebagai kuda beban, lebih mengarah ke mobil yang fungsional seperti hal nya saudaranya Daihatsu GranMax, memang proporsinya sedikit berbeda, kalau boleh ane bilang sih Xenia itu untuk 60% penumpang, 40% barang… sedangkan GranMax itu (bukan yang Angkot ye hehe) 40% penumpang, 60% barang. Di bagian belakang R Deluxe ini ada dua garis chrome, satu dekat kaca belakang, sedangkan satunya lagi dekat dengan plat nomor belakang. Cukup manis.
Tidak lupa pula Daihatsu melengkapi model ini dengan wiper belakang serta sensor parkir.

Image Image Image

Image Image Image

Interior
Masuk ke bagian interior mobil ini, meter cluster dengan background warna oranye terdiri dari tiga bagian utama, paling kiri sebagai RPM meter, bagian tengah sebagai Speedometer, dan paling kanan sebagai panel informasi BBM serta Odometer. Ane sempat kebingungan mencari cari panel pengukur suhu mesin, namun ternyata pada model ini hanya dilengkapi dengan lampu tanda overheat jika sampai terjadi ke-tidak normalan sistem pendingin. Pengaturan wiper cukup lengkap, dengan kehadiran mode intermittent, serta dua mode kecepatan wiper depan dan satu mode kecepatan wiper belakang. Pengaturan AC standard, hanya terdiri dari pengatur suhu dan kecepatan blower AC, belum ada pengaturan arah semburan AC seperti pada pesaing nya. Port power standar pastinya sudah tersedia juga disini.
Kualitas bahan dashboard jauh dibawah Ertiga tapi secara model/desain sih oke, gak masalah untuk mata ane biar berjam jam di dalem mobil juga hehe.
Dual Airbag pada sisi pengemudi dan penumpang depan sudah hadir disini, lumayan meningkatkan safety feeling walaupun tetap ane nggak nganjurin bawa mobil ini secara menggila yah. ABS memang belum tersedia.
Audio yang diberikan oleh Daihatsu untuk model ini hanya berupa Headunit single DIN dengan pemutar CD Audio, tapi untungnya sudah dilengkapi dengan port USB dan Aux in bagi pengguna yang memiliki koleksi lagu yang tersimpan dalam gadget nya. Kualitas suara? Hmm… ane sih udah berusaha utak atik sound system 4 speaker ini (tanpa tweeter terpisah), gak puas sih, tapi yah lagi lagi telinga ane masih mau menerima kekurangan kekurangan yang ada. Toh mungkin Daihatsu (dan saudara dekatnya) lebih memilih melakukan penghematan fitur sana sini demi membangun jaringan Aftersales service yang mau tidak mau kita harus akui saat ini masih lebih baik daripada para pesaingnya. So untuk ane sih ini masih hal yang bisa diterima.
Oh iya… sebagai bonus dari Daihatsu, ada GPS generik berukuran sekitar 5 inchi. Peta nya lumayan up to date, layarnya cukup jelas di siang hari, hanya saja response layar terhadap sentuhan kurang, ditambah dengan tingkat akurasi titik sentuh yang kurang. Tapi namanya gratis. So cukup deh. :D

Image Image Image

Image Image Image

Image Image Image


Eh ampir lupa... Bagasi cukupan deh biarpun bangku row 3 nggak dilipet, tapi lebih luas daripada Ertiga.

Image

Driving Impressions
Jumat 31 Januari 2014
Masuk ke mobil, yang pertama ane lakukan ya ngatur ngatur posisi duduk, gampang dapet posisi nyaman, oh iya setir juga bisa dinaik turunkan untuk kenyamanan lebih. Terus ane mulai atur atur spion interior dan atur spion kiri kanan yang sudah elektrik. Kursi nya empuk (sepertinya memang Daihatsu sudah mempertebal kursi kursi nya).
Jalanin mesin, suara mesin halus, khas banget suara mesin Daihatsu deh. Injak kopling, hmmm… nggak keras sih, tapi nggak terlalu enteng juga, asal jangan macet keterlaluan sih ngga pegel banget deh. Pindah ke R untuk keluar car port, sempet agak kagok karena settingan kopling hrs diangkat agak tinggi baru mobil menggelinding. Tapi gapapa, penyesuaian kebiasaan sebentar doang koq.
Masuk ke gigi 1… tekan gas… masih di jalan sempit, response mesin terhadap injakan pedal gas oke juga yah, tapi karena masih di jalanan sempit sekitar rumah, ane nggak bisa ngebut, cuman jalan pelan merayap… daaaaannn seperti pengalaman mobil Daihatsu Terios ane sebelumnya, kalau pas clutch AC nyala/mati, mobil akan kerasa ndut-ndutan… tapi ah ane udah biasa nyetir mobil begini selama 6 tahun dulu, jadi ya cuek aja hehe… mungkin untuk pengguna Xenia yang baru pertama kali pegang, bakal agak komplen sih.
Oke, masuk ke jalan besar, injak gas lebih dalam, wuih… bener kata orang orang… memang settingan rasio gigi Xenia ini mementingkan tarikan awal di gigi 1-2-3 nya… Ertiga ane sih kalah dah, ya mungkin karena Ertiga ane matic sih… tapi Xenia ini cuma 1300cc dan ane isi premium doang lho… sementara Ertiga ane kan 1400cc dan nenggak V-Power…
Selama perjalanan ke kota Bandung via tol Cipularang, ane panteng mobil di kecepatan sekitar 80-100 kpj, sambil sesekali naik ke 120kpj untuk nyusul doang. Akselerasi dari 80-120kpj enteng, gak tau deh kecepatan maksimalnya berapa, ane nggak niat nyoba. Untuk ane asal mobil bisa jalan enak di 80-120kpj itu udah cukup. Dan Xenia ini sudah membuktikan bahwa dia cukup handal di rentang kecepatan itu. Tanjakan Cipularang bisa ditaklukan hanya dengan gigi 4 & 5, nggak perlu turun ke gigi lebih rendah, itu pun ane udah hampir selalu ada di jalur paling kanan selama tanjakan, berarti lumayan oke deh kemampuannya menanjak di Tol ini.
Guncangan di jalan Tol yang sekarang ini banyak berlubang bisa cukup diredam, peredaman tidak sebaik Ertiga tapi tidak seburuk yang dibilang orang orang juga. Mungkin karena ane pernah bawa GranMax kali yah yang jelas jelas lebih keras suspensi nya dibandingkan dengan Xenia ini. Suara mobil di luar masih masuk cukup jelas, suara mesin juga masih masuk jelas, begitu pula dengan suara raungan kipas radiator agak masuk ke kabin, lagi lagi dibawah kemampuan Ertiga meredam suara suara eksternal. Tapi please jangan dibilang suara yang masuk ke kabin itu keterlaluan, ya nggak juga koq… ane masih bisa ngobrol dengan volume suara normal dengan anak istri ane selama perjalanan. Sepertinya Daihatsu sudah melakukan banyak perbaikan di sektor kenyamanan, jadi jangan bandingkan lagi dengan Xenia generasi dahulu yang bisa jadi memang tidak nyaman (sayang ane nggak pernah ngerasain Xenia generasi awal… tapi yang jelas, kalau dibandingkan dengan Terios ane tahun 2007 wah jauh deh… Xenia 2013 ini jauuh lebih nyaman… tarikkan juga lebih ringan… Oh iya sebagai side note, Xenia ini dari Daihatsu nya sudah dilengkapi peredam suara semprot yang katanya sekaligus berfungsi sebagai antikarat, jadi mungkin hal ini berkontribusi terhadap tingkat peredaman yang lebih baik daripada Terios ane yang dulu.

Sabtu 1 Februari 2014
Sabtu pagi. Setelah nginep semalem di rumah nyokap, ane lanjutin perjalanan ke Subang via Lembang. Perjalanan cukup lancar karena masih relatif pagi (jam 6.30 pagi), nggak ada kendala… perjalanan ke Lembang ditempuh dengan menggunakan gigi 4-5, sesekali ke gigi 3 untuk menyusul angkot yang melambat. Mobil mulai terasa agak terengah engah ketika memasuki tanjakan sebelum Tangkuban Perahu, selama tanjakan itu, posisi persneling banyak di angka 2 dan 3, kadang masuk ke gigi 1 karena ada mobil di depan yang lambat cenderung hampir berhenti.
Lewat dari area Tangkuban Parahu menuju Subang ditempuh dengan lancar jaya, karena mayoritas jalan menurun. Kinerja rem cukup baik, tapi jelas tidak sebaik Ertiga, mungkin karena Ertiga dilengkapi dengan Ventilated Disc, sedangkan Xenia masih menggunakan Solid Disc. Tapi ini subjective feeling sih hehehe… yang jelas ane lebih ngerasa rem Ertiga lebih menggigit walaupun harus dipergunakan berulang kali.
Tuntas ane jemput anak ane di Boarding School Subang, ane kembali mengarahkan Xenia ini ke arah Lembang untuk cari tempat makan yang nyaman. Naahhh sepanjang perjalanan dari Subang ke Lembang inilah kinerja mesin mobil benar benar diuji… di jalur ini tuh banyak tanjakan yang kalau sepintas mungkin tidak terlihat curam… tapi durasi tanjakannya itu panjang banget, ditambah dengan jalan berkelok dan jalan nggak mulus juga… ini bikin banyak mobil mati matian nanjak… Xenia ane kemaren ini sepanjang jalan sering pake gigi 1-2, konstan… pake gigi 3 paling cuman sebentar, percuma, karena begitu masuk gigi 3, RPM mesin akan langsung drop lagi… dan kalau RPM sampe drop dibawah 3000 RPM, jangan harap dapet tarikan bagus deh… jadi terpaksa banyak manteng di 1-2. Ertiga rasa nya lebih mending disini… memang kalau diliat dari posisi persneling, Ertiga pun harus menempuh perjalanan dengan gigi (Matic) L dan 2, tapi tarikan lebih berisi sedikit.
Selesai lunch, ane sekeluarga menginap semalam di Subang. Perjalanan kembali dari Lembang ke Subang ane rasa tidak perlu diceritakan karena sama dengan pengalaman perjalanan awal diatas.

Minggu 2 Februari 2014
Sekitar jam 1-an siang ane kembali ke Bekasi melalui jalur Subang, disini nih value nya punya Xenia itu terlihat jelas. Sepanjang perjalanan sampai dengan perempatan sebelum masuk pintu Tol Sadang dipenuhi dengan jalan yang super rusak dan kotor berlumpur. Xenia seperti dalam habitat asli nya, dia bisa dengan lincah meliuk liuk diantara lubang jalanan dan kalau toh terpaksa harus melalui lubang cukup dalam pun nggak ada rasa khawatir di benak ane. Ane lebih pede bawa mobil ini dibandingkan bawa Ertiga ane… entah kenapa ane lebih yakin kalau kaki kaki Xenia lebih siap menghadapi medan jalan jelek dan berlumpur seperti ini dibandingkan dengan Ertiga, bukan berarti Ertiga nggak sanggup lewat lho, terbukti ada beberapa Ertiga juga yang menempuh jalur yang sama. Tapi ini murni karena perasaan ane aja… ane lebih pede pake Xenia di jalanan seperti ini. Rasa yakin karena Ground Clearance lebih tinggi (200mm) ditambah dengan struktur Xenia yang memang menganut Unibody (kombinasi antara monocoque bagian depan dan ladder frame pada bagian belakang, CMIIW) bikin hati lebih tenang untuk kondisi seperti itu.
Lengkap deh, karena sepanjang jalan, ada lubang, ada lumpur, daaaan macet dimana mana.
Minggu sore, kami sampai dengan selamat kembali di rumah kami. Tapi pas ane parkir di carport, mobil masih idle, ada suara “krrrrrrrr” kasar dari kompartemen mesin, suara itu hilang kalau pedal kopling ane injek… ane browsing di Internet ternyata kemungkinan bearing kopling masalah… KM masih menunjukkan angka sekitar 550KM, apa mungkin karena nggak kuat disiksa ane sepanjang perjalanan? Hehehe… ane nggak tau deh… tapi hari ini (Senin 3 Februari 2014), ane abis melipir ke BeRes Tunas Daihatsu Pondok Gede dan mereka confirm bahwa bearing kopling bermasalah dan langsung diganti… gak pake ba-bi-bu mereka langsung ganti part yang rusak… ini yang bikin ane dulu bertahan dengan berbagai masalah di Terios lama ane… Aftersales service nya mantap (terutama BeRes Pondok Gede ini)… salut deh…
AB1050
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1037
Joined: Tue Oct 09, 2012 6:08
Location: mau tau aja, atau mau tau bgt?

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by AB1050 »

pertamaxxx

HU bawaannya kok bukan yg touchscreen yaa, beda kayak xenia R 2012 sodara ane..udah ada rearcam nya juga :big_think:
User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by DDR »

AB1050 wrote:pertamaxxx

HU bawaannya kok bukan yg touchscreen yaa, beda kayak xenia R 2012 sodara ane..udah ada rearcam nya juga :big_think:
Mungkin... ini mungkin yah hehe... gegara udah dipasangin Airbag terus HU diturunin level nya hehehe...
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by walid_007 »

Harga berapa nih xenia


Padahal ada habanja 1.5 yang lebih ngacir lagi... dan tentuny idle ac yg nggak terasa power loss nya..heheh
engine roaring!
AB1050
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1037
Joined: Tue Oct 09, 2012 6:08
Location: mau tau aja, atau mau tau bgt?

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by AB1050 »

DDR wrote:
Mungkin... ini mungkin yah hehe... gegara udah dipasangin Airbag terus HU diturunin level nya hehehe...
kacau nih daihatsu :mky_05:

itu GPS bonus atau beli sendiri??
User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by DDR »

Aarrgghh ane lupa ngelist positif negatifnya yaks hehe... Here we go:

Pros:
+ Akselerasi oke sampai dengan 120 kpj
+ BBM irit, sayang ane ngga pake metode full to full, cuma secara duit keluar buat BBM selama jalan kemaren kagak nyakitin hati hehe...
+ Fitur dan kenyamanan sudah lebih baik dari yg dulu dulu
+ Duduk di row 1 dan 2 cukup nyaman, headroom dan legroom cukup banget, row 3 nggak tau, ane ngga test
+ Di tanjakan cukup curam dan panjang lumayan bisa naek asal jgn keburu buru hehe
+ Fitur lipat jok tengah bagus, awalnya ane pikir gimmick, tapi ternyata cukup berguna untuk gampang akses ke row 3. Ane taro barang di row 3 soalnya.
+ Suara ban bawaan standar lbh senyap daripada Ertiga, ban bawaannya Dunlop
+ Cocok untuk angkut penumpang plus barang bawaan di jalan agak jelek, berlumpur, berlubang dsb. GC tinggi jadi lbh pede.
+ Lincah, steering ok biarpun pake EPS.
+ Aftersales service cukup bagus, relatif lebih bagus daripada para pesaing nya

Cons:
- Suara dari luar masih agak masuk, suara mobil lain dan mesin masuk, kalah dengan Ertiga
- Model eksterior standar, maklum banyak yg punya hehe.
- Bagasi cuma sedikit lebih lega daripada Ertiga.
- Suspensi mungkin sedikit lbh firm drpd Ertiga, masih reasonable.
- Suara audio ngga bagus, mungkin krn ane biasa denger yg Ertiga punya

Overall... Mobil yg cukup menawarkan value yg baik. Jangan cuma dilihat fitur kenyamanan dan kemewahan dibandingkan merek lain, memang dalam hal itu Xenia ini kalah pamor. Tapi kalau sudah mempertimbangkan kualitas aftersales service dan kehandalan mobil yg sudah terbukti cukup badak, ane rasa kekurangannya masih dapat ditolerir.
User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by DDR »

walid_007 wrote:Harga berapa nih xenia


Padahal ada habanja 1.5 yang lebih ngacir lagi... dan tentuny idle ac yg nggak terasa power loss nya..heheh
Harganya 163 an discount 15 jt bro. Hehe iya sih ada yg 1.5, pasti lebih ngacir, tapi kalau mengenai powerloss pas AC kick in, dulu Terios ane masih kena pengaruh bro... Entah ada apa dengan AC nya. Sebagai komparasi di Ertiga ane sama sekali ngga ngerasa begitu.
User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by DDR »

AB1050 wrote: kacau nih daihatsu :mky_05:

itu GPS bonus atau beli sendiri??
GPS nya bonus bro... Lumayan untuk driver yg sering nyasar kaya ane hehehe...
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by madcat015 »

Nice ripiu om DDR... :mky_02:


Ane pernah nyetir Xenia... model sebelumnya, keluaran tahun2 awal, versi paling murah...

Ga berani ngebut lebih dari 80kpj... meski sedang terburu2...

:big_slap:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by ricz »

Nice review om... Congratz buat mbl barunya ya! :mky_02:

Mending beli ini drpd Papanjah E yak... :big_think:

Btw, free jasa ini mbl ampe brp ribu KM?

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by DDR »

madcat015 wrote:Nice ripiu om DDR... :mky_02:


Ane pernah nyetir Xenia... model sebelumnya, keluaran tahun2 awal, versi paling murah...

Ga berani ngebut lebih dari 80kpj... meski sedang terburu2...

:big_slap:
Kalau dulu pengalaman ane pake Terios generasi awal sudah tidak menyenangkan jadi ane bisa ngebayangin pake Xenia generasi awal bakal kaya gimana bro hehehe... Cuman jaman dulu kala kan pesaingnya Xenia itu Suzuki Carry Futura 1.6 atau 1.5L dsb yah, mungkin dibandingin itu sih masih mumpuni kali hehe...
User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by DDR »

ricz wrote:Nice review om... Congratz buat mbl barunya ya! :mky_02:

Mending beli ini drpd Papanjah E yak... :big_think:

Btw, free jasa ini mbl ampe brp ribu KM?
Hehe ini boil dibeliin kantor bro, tapi ane boleh pake seenaknya hehehehe... Nah masalah free service, tadi ane baca di buku service nya ternyata free jasa sampai dengan 50.000KM... Asyik dong kalau gitu sih hehehehe...
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by ricz »

Weh lumayan juga tuh...

Absolutely ttp bakal pilih ini drpd papanja E klo ad free kek gt... :mky_02:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by DDR »

ricz wrote:Weh lumayan juga tuh...

Absolutely ttp bakal pilih ini drpd papanja E klo ad free kek gt... :mky_02:
Tapi cari unit 2013 spt nya akan rada susah kali bro... Ini aja ane ngga bisa pilih warna... Ada nya ya itu yg diambil hehehe...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16668
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by ChZ »

nice repiu om :mky_02:

ane sbg user Xenia AT model lama... merasakan banyak peningkatan di sektor kenyamanan di ANX...

pantulan suspensinya lebih nyaman... dibanding punya ane yang bikin ibu hamil bisa langsung brojol :big_slap:

anyway... xenia ini mobil yang sangat tangguh, cocok buat di abuse... cengli lah kalo kata orang china :mky_03:

sayang price tag nya gila.... OTR Semarang 190-an juta.... :big_slap: padahal dulu ane angkut Xenia AT baru gress di 2011 di angka 145jeteng...

btw... R3 nya masih ada om?
Last edited by ChZ on Mon Feb 03, 2014 11:28, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16668
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by ChZ »

DDR wrote:
ricz wrote:Nice review om... Congratz buat mbl barunya ya! :mky_02:

Mending beli ini drpd Papanjah E yak... :big_think:

Btw, free jasa ini mbl ampe brp ribu KM?
Hehe ini boil dibeliin kantor bro, tapi ane boleh pake seenaknya hehehehe... Nah masalah free service, tadi ane baca di buku service nya ternyata free jasa sampai dengan 50.000KM... Asyik dong kalau gitu sih hehehehe...
soal free jasa up to 50rb KM... ane kemaren ada pengalaman lucu... di BeRes daihatsu waktu ane serpis 30rb xenia lama ane....

di konter servis, ada orang di sebelah ane serpis ANX... dibilang free jasa sampe 50rb...

begitu print-print an estimasi biaya keluar... jasa nya nggak free... :big_slap: ane nanya

"mas td katanya free jasa sampe 50rb KM kok ini nggak?"
"iya mas... yang free jasa itu cuma ANX"

:big_slap:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by DDR »

ChZ wrote: btw... R3 nya masih ada om?
Hehe R3 nya masih alive and well bro, lagi dimanja mulu tuh Ertiga, banyakan nangkring drpd dipake wkwkwkw...
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
Location: Bandung

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by WongZo »

AB1050 wrote:pertamaxxx

HU bawaannya kok bukan yg touchscreen yaa, beda kayak xenia R 2012 sodara ane..udah ada rearcam nya juga :big_think:
Xenia R Deluxe MT memang pke HU single din gan, kecuali klw diganti sama yg punya, klw yg AT memang pke HU double din kya yg sporty ma attivo tpi ga dpt rear cam :big_peace: .
User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by DDR »

ChZ wrote: begitu print-print an estimasi biaya keluar... jasa nya nggak free... :big_slap: ane nanya

"mas td katanya free jasa sampe 50rb KM kok ini nggak?"
"iya mas... yang free jasa itu cuma ANX"
:big_slap:
Hehehe... Tapi dengan ada nya free jasa service untuk Xenia ini terus keunggulan Avanza apa yah? Kecuali yg Veloz yah krn Xenia ngga ada yg 1.5 L.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16668
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by ChZ »

DDR wrote:
ChZ wrote: begitu print-print an estimasi biaya keluar... jasa nya nggak free... :big_slap: ane nanya

"mas td katanya free jasa sampe 50rb KM kok ini nggak?"
"iya mas... yang free jasa itu cuma ANX"
:big_slap:
Hehehe... Tapi dengan ada nya free jasa service untuk Xenia ini terus keunggulan Avanza apa yah? Kecuali yg Veloz yah krn Xenia ngga ada yg 1.5 L.
umm... logonya? :big_slap:

kayaknya ini strategi TAM-ADM untuk naikin avanza ke kelas yang lebih tinggi.... mungkin next avanza bakal cuma tersedia di tipe 1.5L ? :ungg:

terbukti, price tag avanza dan xenia skrg bertabrakan, bedapun tipis banget ga ampe 10jeteng....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
jekael
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 422
Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by jekael »

Mantep reviewnya Om, R3nya knapa dianggurin Om? Berarti punya 2 MPV ya? Kalo liat2 di trit lain kirain Om DDR mau beli Ford ecosport atau datsun go+ hehehe.... Selamat ya om buat mobil barunya...
User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by DDR »

jekael wrote:Mantep reviewnya Om, R3nya knapa dianggurin Om? Berarti punya 2 MPV ya? Kalo liat2 di trit lain kirain Om DDR mau beli Ford ecosport atau datsun go+ hehehe.... Selamat ya om buat mobil barunya...
Xenia ini punya kantor koq bro utk operasional. MPV ane ttp sang R3 seorang hehe. Kalau pilihan Ayla/Agya/Wagon R/Go+ untuk istri bro, Insya Allah tengah tahun ini nentuin pilihan.
EcoSport iya nih bikin galau... Ane liat kondisi tahun depan aja, apa ane cukup tergoda untuk lego R3 ane ganti ke EcoSport... Biar waktu yang menentukan... Ciieeeeee... Hehehe...
User avatar
Felixz_Yaris
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3220
Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
Location: Jombang, Jawa Timur

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by Felixz_Yaris »

Very nice repiu...
Wa ga perna bawa xenia, perna dorong iya... Yg 1.0 susa nanjak euy..
[TYCI 917]
[YKC]
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by Mamang555 »

Nice review om DDR :D

Ane lumayan sering make sodara kembarnya kalo pas mudik ke Malang. Biasanya ane bawa ke Surabaya dan pernah bawa ke Jogja pas lebaran 2 tahun yang lalu. Sebulan yang lalu juga sempet ane pake lagi ini mobil rute Malang Surabaya, jadi feelnya udah familiar banget. Termasuk pedal kopling yang rada jauh lepasnya itu. Kalo belom biasa bakal sering mati. :p

Menurut ane sih soal kenyamanan mah ga usah berharap banyak. Kelebihan utama mobil ini cuma enak buat nyodok2, dalem nya lumayan lega, ruang penyimpanan banyak, cukup buat bawa pasukan atau barang dan konsumsi bahan bakarnya lumayan irit.

Ane ga berani bawa ngebut2 mobil ini coz rasanya bawa 80 kpj aja udah ngeri. Belom lagi suspensi nya yang mantul2 ga karuan. Memang sih tarikan bawahnya mobil ini lumayan "sadis". Sekedar 60 kpj aja mah cepet. Kalo bawa orang dan barang agak banyak jadi lebih stabil. Hihihi....
User avatar
dubz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sat May 11, 2013 2:07

Re: Review Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe (unit 2013 akhir)

Post by dubz »

A very nice and fair review. Saya juga pernah nyewa xenia di bali...ok ok aja nih mobil...gak hancur lebur kaya kata beberapa orang.