MotoGP Test Sepang, Feb 2005

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

MotoGP Test Sepang, Feb 2005

Post by y_anjasrana »

Beberapa wawancara dengan pembalap Honda pada tes di Sepang, Februari 2005 :

Makoto Tamada - Konica Minolta Honda: 2m 00.955s -

Hari ini kondisi saya hampir sempurna. Saya mencoba ban kualifikasi Michelin utk pertama kalinya dimana ada 5 macam ban, dan sudah dicoba 3 ban. Hasilnya sangat baik dan memberikan saya best lap. Dengan Bridgestone hampir tak ada bedanya antara ban balap dan ban kualifikasi. Tetapi pada Michelin perbedaannya sangat besar. Saya sangat senang telah mencoba ban kualifikasi pada sebelum musim dimulai.

Mesinnya juga terasa amat baik, dan saya ingin meningkatkan performa sasisnya. Dengan mencatat fastest lap, saya sangat puas. Saat ini saya benar2 ingin melakukan test2 berikutnya dengan ban2 Michelin pada sirkuit2 lain. Saya sangat tertarik untuk melihat kinerja mereka. Saya sangat gembira dengan hasil ini, berikutnya pada GP September nanti, saya ingin menjadi pembalap yg pertama menembus 1m 59dtk.


Max Biaggi - Repsol Honda: 2m 01.01s - 78 laps.

3 hari yang hebat, kerja keras, dan secara keseluruhan hasilnya sangat positif. Kita mengumpulkan data2 penting dari berbagai area dari motor baru, sasis, suspensi dan ban. Kita akan ke Philip Island untuk tes berikutnya. Data ini akan memberikan dasar untuk pengembangan part2 baru yang akan tersedia setelah tes di Australia nanti.

Lap tercepat bukan prioritas kami, tetap cukup penting. Kemarin saya tercepat, hari ini saya lebih cepat lagi. Kami jelas berhasil menghancurkan rekor pole tahun lalu. Saya mengulang lagi lap2 dimana sebetulnya tidak begitu penting pada saat ini. Tetapi sangat menyenangkan kembali ke garasi dan melihat wajah puas anggota tim saya. Tiap hari tim kami bertambah baik dan solid. Kami semua punya keinginan yang sama untuk mendapatkan hasil yang baik.


Nicky Hayden - Repsol Honda: 2m 01.38s - 85 laps.

Setelah hari yang baik kemarin, saya berharap hasil yang baik juga pada hari ini. Namun hujan tadi malam membuat lap sangat licin dan sangat tidak menolong. Akibatnya saya harus bekerja terlalu keras dan sulit menemukan perasaan dan ritme yang saya butuhkan. Kami 3 hari disini dan telah saya telah mendapatkan bahwa saya memerlukan tambahan kecepatan dan konsistensi. Secara keseluruhan tes berjalan baik. Michelin membawa beberapa ban baru dan HRC telah bekerja keras. Memang pembalap harus bekerja sangat keras, tetapi tim juga bekerja sama kerasnya. Setelah 6 hari di Sepang, saya sudah siap untuk ke Philip Island.


Sete Gibernau - Telefonica MoviStar Honda: 2m 01.383s.

Kami meninggalkan Sepang dengan puas karena kami telah melakukan pekerjaan dengan sangat baik. Hari ini sangat penting melakukan jalan jauh jika kita belum 100% siap, karena masih banyak yang harus dilakukan. Ritme yang saya dapatkan dari jalan jauh, sangat baik dibandingkan yang saya harapkan. Tetapi saya tau bahwa kami masih dapat meningkatkannya. Pada akhir tes jarak jauh, kami telah menganalisa data, mempelajari problem dan membuat beberapa perubahan pada motor. Kemudian saya kembali ke trek dan membuat 8 putaran yang sangat cepat. Dengan tes jarak jauh hari ini, kami telah maju lebih jauh. Kami telah mempelajari banyak hal. Dan saya sangat bahagia dengan Honda dan Michelin, karena kami bekerja dengan arah yang sama.


Marco Melandri: 2m 01.506s.

Setelah tes kemarin, kami telah menganalisa data dan membuat beberapa perubahan pada garpu depan. Setelah modifikasi ini, saya merasa lebih percaya diri dan dapat membuat 2'01"506 yang sangat baik. Siang ini saya tes jarak jauh yang pertama. Sangat penting bagi saya untuk merasakan motor ini sejauh 21 putaran. Hasilnya selain roda depan yang masih kehilangan grip, saya telah mempelajari bahwa saya juga harus memodifikasi gaya balap saya terutama dalam menjaga ban depan. Sekarang saya menanti tes di Philip Island, salah satu trek favorit saya.


Alex Barros - Camel Honda: 2m 01.159s - 61 laps.

Saya meninggalkan Malaysia dengan senyum lebar, karena segalanya berjalan baik selain dipatuk burung pada tangan kanan saya hari ini. Sakit sedikit, tetapi tidak apa-apa. Hasil 3 hari ini sangat positif dilihat dari segala sisi. Atmosfir tim kami sangat sempurna. Saya merasa sangat nyaman dan kami semua bekerja dengan tenang dan fokus.

Motor 2005 sangat berbeda dengan tahun lalu, terutama pada manajemen elektroniknya. Dimana kami harus bekerja keras mensettingnya. Saya katakan 80% bagian baru yang telah kami tes sangat berguna. Pada mesin dan sasis masih ada kekurangan, namun pada dasarnya kami telah mendapatkan dasar settingannya. Kami juga senang bekerja dengan Michelin. Teknisi Prancis mereka sangat respon terhadap permintaan dari tes bulan Januari lalu. Dan anda dapat melihat hasilnya. Hari ini sedikit dingin dibanding kemarin, dan saya berhasil menembus 2'01. Tes berikutnya di Australia akan memberikan data2 yang sangat penting, karena kondisinya sangat berbeda dengan disini, dan kami akan dapat melihat apakah settingan yang kami dapatkan disini cukup valid di semua situasi.


Troy Bayliss - Camel Honda: 2m 03.72s - 62 laps.

Saya kurang puas dengan hasil tes di Sepang ini karena motor tidak dapat banyak perubahan. Namun kami telah mengambil banyak data dan hari ini kami akan mengambil banyak garisan untuk set up, dimana saya harap pada tes di Philip Island, yang sangat hapal, saya akan lebih mudah melakukan peningkatan. Kami tidak melakukan banyak tes dengan ban disini, karena lebih fokus di motor. Tetapi di Australia, saya berharap bisa bekerja dengan ban.
Accurate V5 Accounting System Consultant