Perkenankan nubie untuk membuat sebuah trit mengenai hal yang sering kita bicarakan di marih, tapi jarang dibahas. Cuman kebagian kulit nya.
Pas ane lagi bongkar lemari, tiba2 ada 3 polis asuransi yang uda waktunya dibuang dan ane tergelitik untuk berbagi informasi di sini.
Kali ini, ane mencoba untuk membahas no rangka dan no mesin kendaraan, suatu hal yang menyedihkan karena jarang diperhatikan, tapi saat ane masih berkecimpung di dunia perbankan dan international lease, ane jadi ujung tombak untuk mengidentifikasi kendaraan hanya dengan melihat BPKB doang...
Semisal.
Honda CityZ 2003.
No Chassis: MHRSX85102J000177
No Mesin: D15A-1000297
Nah, mari kita oprek nomor chassisnya.
MH = awalan MH menunjukkan lokasi negara pembuat kendaraan, MH untuk Indonesia
SX8 = adalah kode model mobil, nah disini yang menarik, terkadang model, varian, dan transmisi dapat terlihat di sini.
2J = adalah kode tahun produksi. 2=2002, 3=2003, dst... A=2010, B=2011, C=2012, dst
6 digit terakhir adalah kode individual kendaraan.
Di Honda, dapat terlihat apa mobil menggunakan platform chassis yang sama.
Misal pada Honda Jazz GE8 yang berbagi Chassis dengan Freed GB3 dan City GM2... Nomeclature chassis menggunakan G-series sebagai dasarnya. Jadi dipastikan tiga mobil tersebut berbagi platform.
Sekarang ke nomor mesin:
D15A1 = errrr... D15A series... non VTEC. Mesin jebot, 1500cc.
Nah, mari lanjut ke mobil berikutnya:
Suzuki SX-4 AT 2010
No Chassis: MHYHYA11SAJ113884
No mesin: M15A1A116697
Ada sedikit hal yang berbeda di sini.
MH = mobil rakitan Indonesia
AJ = mobil produksi 2010
Kode mesin M15A, mesin yang sama persis dengan Suzuki Swift gen 1.
Dimanakah kode model nya? nah, ini yang unik dari beberapa pabrikan. Semisal SX-4 ini, kode aslinya adalah RW415... entah mengapa tidak muncul di kode chassis.
Sekarang ke contoh berikutnya:
Mazda8 2012
No Chassis: JM6LY1033D0300305
No Mesin: L31-00546192
Penjelasan:
JM = kode negara pembuat mobil, kali ini dari Jepang
LY1 = adalah kode model mobil
Mesin yang digunakan adalah L3 series, mesin jaman jebot.
Lah, tahun produksi nya mana? Itu dia, mobil2 CBU kodenya makin aneh... jadi dapat menimbulkan kebingungan sendiri...
Sekarang, kembali ke Indonesia.
No Chassis: MHFKW42GGB2194382
No Mesin: 1TR-7141698
MH = Mobil buatan Indonesia
FKW/FXW/FXR = entah mengapa, nomenclature ini menempel ketat di Ipah, dengan perbedaan pada transmisi, W untuk manual, R untuk Matik
42 = Innova G series, toyota dengan baik hati memberikan kode chassis yang menyenangkan. 41 untuk Ipah E, 43 untuk Ipah V...
B = Kode tahun, 2011.
Mesin menggunakan 1TR, Ipah Bensin 2000cc, yang diesel kebagian 2KD 2500cc, dan yang versi dewa jaman dulu kebagian 2TR 2700cc yang juga digunakan untuk Fortuner Bensin dan Toyota Prado.
Contoh berikutnya:
No Chassis: MHFZR69G9B3024738
No mesin: 2KD6796184
MH= mobil buatan Indonesia
FZR = transmisi matik
69 = model mobil, kali ini Fortuner G
B = tahun produksi 2011
Mesin 2KD 2500cc diesel...
Nah, kebetulan, ane ga dapat contoh chassis Apanja=Sinia, tapi ane ingat modelnya..., F601, mirip nomenclaturenya dengan duo Teroris-Rusuh: F700.
Duo kaleng itu memiliki nomor rangka yang unik, beda dengan nomor modelnya, tetapi seperti ipah, kode varian dapat dilihat dari nomor chassis...
Terkadang lebih cepat menemukan dan menentukan jenis suatu mobil berdasarkan kode chassis, misal Alphard. Kode chassis/model ANH10 menunjukkan Alphard 1st gen, dan ANH20 menunjukkan Alphard/Vellfire 2nd gen.

Dan yang paling membingungkan adalah Porsche... mengerikan sekali... sampai ane harus menggunakan decoder...
VIN________Description____________Meaning
Position
1__________Country_______________Germany
2__________Manufacturer___________P=Porsche;0=RUF Automobile GmbH
3__________Model type____________O=Sports Car;0=Sports Car;1=SUV;I=SUV;9=Performance Enhanced Sports Car
4__________Body type*____________A=Coupe;B=Targa;C=Cabriolet;D=Targa;E=Targa or Cabriolet;J=Coupe
5__________Engine type*___________A=Normally aspirated;B=Normally aspirated;C=Normally aspirated;D=Turbo;J=Turbo
6__________Restraint type*_________0=No airbags;1=Driver only airbag;2=Driver & passenger airbags
7-8________Vehicle type____________First two digits of model type (eg 98 for Boxster)
9__________Check digit_____________US and Canada; Z for RoW
10_________Year made A=1980;B=1981;C=1982;D=1983;E=1984;F=1985;G=1986;H=1987;J=1988;K=1989;L=1990;M=1991;N=1992;P=1993;R=1994;S=1995;T=1996;V=1997;W=1998;X=1999;
Y=2000;1=2001;2=2002;3=2003;4=2004;5=2005;6=2006;7=2007;8=2008;9=2009
11_________Assembly plant__________L=Leipzig
__________________________________N=Neckarsulm
__________________________________P=Pfaffenhausen
__________________________________S=Stuttgart
__________________________________U=Uusikaupunki (Finland)
12_________Vehicle type_____________Third digit of model type (eg 6 for Boxster)
13_________Engine/body type_________USA designation (always Z in Row)
14-17 ______Serial number____________Sequential production number
Dan decoder diatas, hanya untuk porsche untuk US dan Canada, yang untuk global market, beda lagi, kadang dimulai dengan WP atau W0 sekian sekian sekian...



Untuk Audi, sama saja kacaunya...
WUAZZZ4288N003534
W = mobil buatan jerman
42 = kode model, 42 menunjukkan sebuah Audi R8
8 = kode silinder, V8 *kalau ga salah*
8N = kode tahun, 2008
Crazy Germans...

Beruntunglah, mobil buatan Indonesia, chassisnya ga serumit mobil CBU...
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Dan kadang, nomor rangka ini dapat menyelamatkan pembeli mobkas atau mobil baru dari showroom ataupun web jual beli mobil.
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Kalau ada informasi ane yang meleset, ane mohon maaf dan mari kita diskusikan serta berbagi informasi lebih dalam mengenai kendaraan di sekitar kita...
