
ijinkan ane ngeripiu mobil lagi.... kali ini sesuai tema... ripiu malem imlek, mobilnya warna merah

============================
Intro
suatu siang yang cerah di taun 2013.... sekitar bulan juni-juli....
awalnya ane ga ada ekspektasi sedikitpun untuk mencoba focus terbaru.... still, ane ngintip2 mobil doang di pameran di sebuah mall...
waktu ane ngintip, seorang sales wanita menghampiri ane... (sayang udah ibu-ibu... bukan nonik

singkat cerita kita ngobrol2 dan si sales nawarin ane TD... what a great opportunity




bbrp menit kemudian setelah kegalauan ane, sebuah Focus HB merah terparkir di depan diler, it's showtime

nah sblm ane memulai ripiu ane... ane mau cerita dikit soal mobil ini....
Ford Focus, sebuah nama yang nggak asing untuk kita para pecinta game balap pada awal abad 21... terutama game-game balap WRC... tidak kalah tenar dengan Subaru Impreza maupun Mitsubishi Evolution
Focus bukanlah produk "murni" Ford amrik seperti layaknya Mustang GT yang legendaris atau pickup F-150.... Focus merupakan produk Ford Europe, dimana sama seperti Fiesta dan sedan-sedan Ford lain.... Focus hadir dalam bentuk sedan dan hatchback, sejak awal peluncurannya
Focus dirancang sebagai penerus Ford Escort, pertama meluncur tahun 1998 di daratan Eropa, baru 1999 mulai masuk ke negara "induk" nya, America.... Focus MK1, berhasil mendapatkan award "European Car of The Year 1999". Lucunya, di Asia-Pasifik, Focus justru diposisikan menggantikan Laser.
Focus MK2, diluncurkan tahun 2004, dengan garis body yang masih seperti MK1, dan lebih berat, sekaligus lebih panjang. Tahun 2008, Focus mengalami FL, dan FL ini membuat wajah Focus terlihat lebih dinamis... karena mengikuti bahasa desain terbaru Ford, Kinetic Design. Dan seperti kita tau, Focus MK2 sedan merupakan mobil dines PJR.... ditemani lancer EX. Focus MK2 Facelift ini sekaligus merupakan HB bermesin Diesel pertama di Indonesia. FMI dengan percaya diri memasukkan Focus TDCi di tahun 2008.... terobosan yang cukup unik sekaligus nekat, karena pada kenyataannya, mobil ini tidak laku... seperti yang kita ketahui....
Focus generasi ketiga, meluncur tahun 2011 secara globally... baru masuk Indonesia 2012... dan membawa segudang revolusi.
1. Revolusi desain... tampang Focus generasi-3 ini sangat berbeda total dari MK2... seperti yg kita tau MK2 masih sedikit-banyak memiliki bahasa desain seperti MK1
2. Revolusi Teknologi... Ford SYNC, Bluetooth audio, Voice Command, Active City Stop, Auto Parking, dan segudang fitur lainnya yang ane gak hapal

3. Revolusi Engineering.... Engine 1.6L Ti-VCT 125PS dan 2.0L Ti-VCT GDI 170PS, Powershift Gearbox
Mirisnya, karena berubahnya aturan WRC, Focus generasi ketiga tidak sempat menyicip trek WRC.... dan digantikan oleh Fiesta RS2000...
Motorsport

Bicara Focus, tidak lengkap tanpa bicara karir motorsport nya... Focus masuk arena WRC tahun 1999, menggantikan Ford Escort WRC sebagai jagoan di arena reli.... debut pertama Focus WRC MK1 di Monte Carlo Rally dengan driver Colin McRae dan Simon Jean-Joseph.
2003, versi terbaru Focus WRC diluncurkan dengan nama Ford Focus RS WRC 03, dan dibangun lagi sama sekali dari nol. Focus WRC 03 menjadi basis untuk Focus WRC 04 dan 05. Setelah tahun 2005, Focus sudah tidak kompetitif lagi dan Ford mengalami winless season.
Pada rally terakhir taun 2005, Ford mengumumkan model terbarunya, Focus RS WRC 06, berikut sekaligus diluncurkannya versi jalan raya dari mobil ini. Focus RS WRC 06 mendulang kesuksesan besar di tangan Finns Gronholm dan Mikko Hirvonen di rally Finland 2007. Mobil yang sama membawa Jari-Matti Latvala di Swedish Rally 2008 sebagai pembalap termuda yang pernah memenangkan WRC.
Focus RS WRC 08 berbasis model taun 2007, dan mengalami rombakan pada sektor aerokit. Sayangnya, Focus RS WRC 08 hanya memenangkan perlombaan 1x di Rally Japan 2008.
Focus RS WRC 09, merupakan model terakhir Focus di WRC, mengalami rombakan di frame lampu dan bemper belakang yang menyerupai versi jalan raya. Tahun 2010, karena adanya perubahan regulasi, Focus WRC tidak dikembangkan lagi, dan digantikan oleh Fiesta RS WRC.
Focus yang digunakan di ajang reli dunia ini berbasis Focus RS, dengan modifikasi total di seluruh sektor yang hanya menyisakan bodi dan sasisnya saja... so what about the enjin? Focus RS WRC menggunakan enjin 2.0L Duratec, karena enjin standar Focus RS 2.5L menyalahi regulasi....
Ada fakta menarik seputar Focus WRC jarang membawa kemenangan ini adalah, selama 7 taun berturut-turut dari 2004-2011, gelar juara WRC selalu direbut dengan sukses oleh Sebastien Loeb dengan Citroen C4 WRC (2004-2009) dan DS3 WRC (2010-2011)
OK, cukup dengan dongeng seputar Ford dan karir motorsportnya, mari kita masuk ke review
sorry ane pake gambar gugel.... waktu TD taun lalu ane gak fotoin....

==========================================
1. Exterior
Focus generasi-3 ini ditawarkan dalam 2 model : Sedan dan HB. Yang ane TD adalah model Hatchback.
ane somehow lebih suka model HB... lebih terlihat proporsional...

bagi sebagian fans, styling Focus terbaru ini mungkin terlihat terlalu "berani", setelah 2 generasi yang stylingnya sangat simpel. Bahasa desain Kinetic Design benar-benar serius diterapkan di Focus terbaru ini.
Tampak depannya... errr... sedikit kurang terbiasa dengan headlamp yang kecil... tapi diliat-liat, cantik juga, desain airdam besar yang jujur menambah gagahnya mobil ini....

Tampak samping... aggressive styling


gimmick yang keren : tutup tangki bensinnya seakan "nyambung" dengan stoplamp nya....


Rear end... err... ane suka... tapi jujur, lebih suka rear end Focus MK1 atau MK2 dengan stoplamp kecil memanjang... itu iconic banget buat ane... dan desain rear-end Focus gen-3 ini, jujur saja IMHO menghilangkan sesuatu yang unik dari Focus itu sendiri....
meskipun dibilang jelek banget nggak, tapi bagus banget juga nggak....

setidaknya nyambung sih, sama desain keseluruhan

Exterior 8/10.... cantik, agresif, sayang kehilangan ciri khas focus, kaca belakang super-landai dengan stoplamp memanjang
================================
2. Interior

1 kata yang bisa menggambarkan interior Focus : Kokpit Pesawat !


Interior Focus terlihat begitu modern, plastic/soft pad ane lupa... seinget ane sih masih pake plastic... tapi dengan desain interior se-futuristic ini, siapa yg peduli itu hard plastic atau softpad?

Sound system.... ane ga sempet jajal...

nah apakah ada kekurangan? tentu saja!
Meskipun canggih, beberapa tombol letaknya jadi nggak user-friendly...

Fail 1 : Tombol Tiptronic.... who in the world... yang mau mencet tombol sekecil itu untuk mindahin gigi?


Fail 2 : Peletakan tombol-tombol di setir, termasuk juga ada mode tiptronic di setir.... yang diletakkan malah bersamaan dengan tombol-tombol gak jelas ini di bagian bawah lingkar setir... gmn mau mencetnyaaaa??? jempol siapa yang bisa jangkau tombol sedemikian jauh... belom lagi setirnya gede

Fail 3 : Meskipun tergolong medium hatch, row 2 nya nggak bisa dibilang luas.... untung bagasinya cukup gede karena bentuk hatch nya....
Interior : 7/10.... canggih sih... tapi tombolnya nggak ergonomis blas...
==========================
3. Driving Impression
OK, let's have some fun

Posisi mengemudi... err... cukup nyaman... biarpun untuk visibilitas, agak kurang luas, beberapa titik masih blindspot
The enjin.... Lucky me, unit test ini adalah unit Focus HB 2.0L Sport A/T.... just as what i want ; not sedan, not the 1.6L.... gak bisa bayangin nyetir mobil segambot ini dengan mesin Fiesta....
Enjin mobil ini adalah 2.0L Duratec TI-VCT bertenaga 170PS... alias yang terbesar di kelasnya dan fuel sistem Gasoline Direct Injection

dan ane masukkan gear ke D, coba jalan... hmm... cukup nyaman untuk daily drive di tengah kemacetan, Transmisinya cukup sigap, halus, dan minim entakan. Jalan beberapa KM dari diler, gak sengaja nginjek lubang agak dalem and.... "DUAKKKK!!"

Ane gak nyangka akan sekeras itu bantingannya... tapi cukup wajar karena Focus 2.0 Sport HB ini dibekali ban bawaan berprofil tipis, 205/50/17....
ane bawa Focus merah ini ke tempat biasa.... di sebuah jalan bypass yang menghubungkan kota Semarang...
Full throttle dan.... whoaaa


melakukan manuver zigzag di antara truk yang menghalangi jalan


di jalan, ane sempet ngetes active city-stop nya... tapi udah serem duluan.... lah wong berentinya jarak 15cm... gimana nggak serem

beberapa saat kemudian.... indikator bensin mau habis udah nyala... kami berenti di SPBU, dibayarin bensin ama salesnya

dan setelah itu kami kembali ke diler.... ane nyetir santai... capek juga bawanya...
waktu perjalanan ke diler mas-mas sales yang nemenin ane juga bilang "mas nggak dikebut lagi ?"

sampe ke diler, ane belom berenti, ane ngetes dong fitur active parking assist nya... dan....
cukup ribet

ada banyak persyaratan yang harus dituruti driver kalo mau berhasil pake fitur ini...
1. Posisi parkir paralel harus di antara 2 mobil
2. Nyalakan tombol parking assist dan nyalakan sein ke kanan / kiri
3. Focus harus berada di sebelah mobil paling depan
jadi kira-kira posisi parkirnya begini
[Car A] [____] [Car B]
[Focus]
Baru dia mau eksekusi fitur parking assist nya.... dari 4x nyoba, baru 1x yang berhasil

Driving Impression : 8/10
==============================
4. Verdict
Ford Focus, sebuah mobil Hatchback dengan value yang sangat tinggi... Gadget berjalan, bisa angkut 5 penumpang + barang....
Ganjalannya cuma 1 : ASS dan jarangnya populasi...
diluar itu, this is a great-great car.... 380jutaan untuk sebuah HB dengan fitur multimedia lengkap dan enjin+transmisi+chassis ajib? why not?

Pros :
- Powerful Engine.... by just 170PS and N/A... sangat bertenaga
- Great transmission
- Kombinasi antara sasis+suspensi... memberikan rasa percaya diri tinggi waktu diajak ngebut
- Fitur multimedia
- Active City Stop, Active Parking Assist
Cons :
- Peletakan tombol tidak ergonomis
- Active City Stop agak ngeri...
- Active Parking Assist agak ribet...
- Bantingan SUPER keras di kelasnya
- Jaringan ASS
==============================
Sekian ripiu ane...
