Review 2013 Ford Focus 2.0S Hatchback Automatic

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Review 2013 Ford Focus 2.0S Hatchback Automatic

Post by ChZ »

selamat subuh malem imlek saudara-saudara.... :mky_01:

ijinkan ane ngeripiu mobil lagi.... kali ini sesuai tema... ripiu malem imlek, mobilnya warna merah :big_slap:

============================
Intro
suatu siang yang cerah di taun 2013.... sekitar bulan juni-juli....
awalnya ane ga ada ekspektasi sedikitpun untuk mencoba focus terbaru.... still, ane ngintip2 mobil doang di pameran di sebuah mall...
waktu ane ngintip, seorang sales wanita menghampiri ane... (sayang udah ibu-ibu... bukan nonik :big_slap: )

singkat cerita kita ngobrol2 dan si sales nawarin ane TD... what a great opportunity :mky_02: jarang-jarang sales nawarin TD... janjian buat ketemu di diler 2 hari kemudian.... dan ane sangat excited pada waktu itu :mky_02: nungguin salesnya, sambil disiapin unit TD nya... suasana sumpek di diler nya sampe ga berasa... :big_slap: entah knp ada diler kayak gn... sumpek banget gak ada AC :big_slap:

bbrp menit kemudian setelah kegalauan ane, sebuah Focus HB merah terparkir di depan diler, it's showtime :mky_02:

nah sblm ane memulai ripiu ane... ane mau cerita dikit soal mobil ini....

Ford Focus, sebuah nama yang nggak asing untuk kita para pecinta game balap pada awal abad 21... terutama game-game balap WRC... tidak kalah tenar dengan Subaru Impreza maupun Mitsubishi Evolution

Focus bukanlah produk "murni" Ford amrik seperti layaknya Mustang GT yang legendaris atau pickup F-150.... Focus merupakan produk Ford Europe, dimana sama seperti Fiesta dan sedan-sedan Ford lain.... Focus hadir dalam bentuk sedan dan hatchback, sejak awal peluncurannya

Focus dirancang sebagai penerus Ford Escort, pertama meluncur tahun 1998 di daratan Eropa, baru 1999 mulai masuk ke negara "induk" nya, America.... Focus MK1, berhasil mendapatkan award "European Car of The Year 1999". Lucunya, di Asia-Pasifik, Focus justru diposisikan menggantikan Laser.

Focus MK2, diluncurkan tahun 2004, dengan garis body yang masih seperti MK1, dan lebih berat, sekaligus lebih panjang. Tahun 2008, Focus mengalami FL, dan FL ini membuat wajah Focus terlihat lebih dinamis... karena mengikuti bahasa desain terbaru Ford, Kinetic Design. Dan seperti kita tau, Focus MK2 sedan merupakan mobil dines PJR.... ditemani lancer EX. Focus MK2 Facelift ini sekaligus merupakan HB bermesin Diesel pertama di Indonesia. FMI dengan percaya diri memasukkan Focus TDCi di tahun 2008.... terobosan yang cukup unik sekaligus nekat, karena pada kenyataannya, mobil ini tidak laku... seperti yang kita ketahui....

Focus generasi ketiga, meluncur tahun 2011 secara globally... baru masuk Indonesia 2012... dan membawa segudang revolusi.
1. Revolusi desain... tampang Focus generasi-3 ini sangat berbeda total dari MK2... seperti yg kita tau MK2 masih sedikit-banyak memiliki bahasa desain seperti MK1
2. Revolusi Teknologi... Ford SYNC, Bluetooth audio, Voice Command, Active City Stop, Auto Parking, dan segudang fitur lainnya yang ane gak hapal :big_slap:
3. Revolusi Engineering.... Engine 1.6L Ti-VCT 125PS dan 2.0L Ti-VCT GDI 170PS, Powershift Gearbox

Mirisnya, karena berubahnya aturan WRC, Focus generasi ketiga tidak sempat menyicip trek WRC.... dan digantikan oleh Fiesta RS2000...

Motorsport
Image

Bicara Focus, tidak lengkap tanpa bicara karir motorsport nya... Focus masuk arena WRC tahun 1999, menggantikan Ford Escort WRC sebagai jagoan di arena reli.... debut pertama Focus WRC MK1 di Monte Carlo Rally dengan driver Colin McRae dan Simon Jean-Joseph.

2003, versi terbaru Focus WRC diluncurkan dengan nama Ford Focus RS WRC 03, dan dibangun lagi sama sekali dari nol. Focus WRC 03 menjadi basis untuk Focus WRC 04 dan 05. Setelah tahun 2005, Focus sudah tidak kompetitif lagi dan Ford mengalami winless season.

Pada rally terakhir taun 2005, Ford mengumumkan model terbarunya, Focus RS WRC 06, berikut sekaligus diluncurkannya versi jalan raya dari mobil ini. Focus RS WRC 06 mendulang kesuksesan besar di tangan Finns Gronholm dan Mikko Hirvonen di rally Finland 2007. Mobil yang sama membawa Jari-Matti Latvala di Swedish Rally 2008 sebagai pembalap termuda yang pernah memenangkan WRC.

Focus RS WRC 08 berbasis model taun 2007, dan mengalami rombakan pada sektor aerokit. Sayangnya, Focus RS WRC 08 hanya memenangkan perlombaan 1x di Rally Japan 2008.

Focus RS WRC 09, merupakan model terakhir Focus di WRC, mengalami rombakan di frame lampu dan bemper belakang yang menyerupai versi jalan raya. Tahun 2010, karena adanya perubahan regulasi, Focus WRC tidak dikembangkan lagi, dan digantikan oleh Fiesta RS WRC.

Focus yang digunakan di ajang reli dunia ini berbasis Focus RS, dengan modifikasi total di seluruh sektor yang hanya menyisakan bodi dan sasisnya saja... so what about the enjin? Focus RS WRC menggunakan enjin 2.0L Duratec, karena enjin standar Focus RS 2.5L menyalahi regulasi....

Ada fakta menarik seputar Focus WRC jarang membawa kemenangan ini adalah, selama 7 taun berturut-turut dari 2004-2011, gelar juara WRC selalu direbut dengan sukses oleh Sebastien Loeb dengan Citroen C4 WRC (2004-2009) dan DS3 WRC (2010-2011)

OK, cukup dengan dongeng seputar Ford dan karir motorsportnya, mari kita masuk ke review
sorry ane pake gambar gugel.... waktu TD taun lalu ane gak fotoin.... :big_slap:
==========================================
1. Exterior
Focus generasi-3 ini ditawarkan dalam 2 model : Sedan dan HB. Yang ane TD adalah model Hatchback.

ane somehow lebih suka model HB... lebih terlihat proporsional...

Image
bagi sebagian fans, styling Focus terbaru ini mungkin terlihat terlalu "berani", setelah 2 generasi yang stylingnya sangat simpel. Bahasa desain Kinetic Design benar-benar serius diterapkan di Focus terbaru ini.

Tampak depannya... errr... sedikit kurang terbiasa dengan headlamp yang kecil... tapi diliat-liat, cantik juga, desain airdam besar yang jujur menambah gagahnya mobil ini....

Image
Tampak samping... aggressive styling :mky_02: me like it. Seperti filosofi kinetic design, mobil seakan bergerak meskipun sedang diam :mky_02:

gimmick yang keren : tutup tangki bensinnya seakan "nyambung" dengan stoplamp nya.... :mky_02:

Image
Rear end... err... ane suka... tapi jujur, lebih suka rear end Focus MK1 atau MK2 dengan stoplamp kecil memanjang... itu iconic banget buat ane... dan desain rear-end Focus gen-3 ini, jujur saja IMHO menghilangkan sesuatu yang unik dari Focus itu sendiri....

meskipun dibilang jelek banget nggak, tapi bagus banget juga nggak.... :big_slap:

setidaknya nyambung sih, sama desain keseluruhan :big_think:

Exterior 8/10.... cantik, agresif, sayang kehilangan ciri khas focus, kaca belakang super-landai dengan stoplamp memanjang
================================
2. Interior

Image

1 kata yang bisa menggambarkan interior Focus : Kokpit Pesawat ! :big_slap: kalo ente pernah masuk ke dalemnya Fiesta, pasti nggak akan asing dengan kontrol-kontrol di Focus ini.... di tengah bertengger HU multimedia yang canggih... ane ga sempet ngetes fitur apa aja... yang jelas, fitur multimedia ini semuanya tersedia di Fiesta FL 2013 yg juga pernah ane ripiu... sepertinya :ungg:

Interior Focus terlihat begitu modern, plastic/soft pad ane lupa... seinget ane sih masih pake plastic... tapi dengan desain interior se-futuristic ini, siapa yg peduli itu hard plastic atau softpad? :upss:

Sound system.... ane ga sempet jajal... :big_slap:

nah apakah ada kekurangan? tentu saja!
Meskipun canggih, beberapa tombol letaknya jadi nggak user-friendly...

Image

Fail 1 : Tombol Tiptronic.... who in the world... yang mau mencet tombol sekecil itu untuk mindahin gigi? :off_no:

Image

Fail 2 : Peletakan tombol-tombol di setir, termasuk juga ada mode tiptronic di setir.... yang diletakkan malah bersamaan dengan tombol-tombol gak jelas ini di bagian bawah lingkar setir... gmn mau mencetnyaaaa??? jempol siapa yang bisa jangkau tombol sedemikian jauh... belom lagi setirnya gede :big_slap:

Fail 3 : Meskipun tergolong medium hatch, row 2 nya nggak bisa dibilang luas.... untung bagasinya cukup gede karena bentuk hatch nya....

Interior : 7/10.... canggih sih... tapi tombolnya nggak ergonomis blas...
==========================
3. Driving Impression
OK, let's have some fun :mky_02:

Posisi mengemudi... err... cukup nyaman... biarpun untuk visibilitas, agak kurang luas, beberapa titik masih blindspot

The enjin.... Lucky me, unit test ini adalah unit Focus HB 2.0L Sport A/T.... just as what i want ; not sedan, not the 1.6L.... gak bisa bayangin nyetir mobil segambot ini dengan mesin Fiesta....

Enjin mobil ini adalah 2.0L Duratec TI-VCT bertenaga 170PS... alias yang terbesar di kelasnya dan fuel sistem Gasoline Direct Injection :mky_02: Compared to Civic FB (155PS), Subaru Impreza 2.0i (155PS)... dipadu dengan Powershift Transmission 6-sp.

dan ane masukkan gear ke D, coba jalan... hmm... cukup nyaman untuk daily drive di tengah kemacetan, Transmisinya cukup sigap, halus, dan minim entakan. Jalan beberapa KM dari diler, gak sengaja nginjek lubang agak dalem and.... "DUAKKKK!!" :big_slap:

Ane gak nyangka akan sekeras itu bantingannya... tapi cukup wajar karena Focus 2.0 Sport HB ini dibekali ban bawaan berprofil tipis, 205/50/17....

ane bawa Focus merah ini ke tempat biasa.... di sebuah jalan bypass yang menghubungkan kota Semarang...

Full throttle dan.... whoaaa :mky_02: .... tenaga tersalur dengan cepat ke roda depan, sukses menghempaskan ane dan 2 orang sales yang menemani ane ke dalem jok.... ditambah perpindahan transmisi yang cukup sigap.... it's real adrenaline rush :mky_02: ane tidak menyangka sebuah enjin 2000cc N/A punya tenaga sebesar ini.... apalagi bobot kosong mobil ini cukup berat, 1.3 ton

melakukan manuver zigzag di antara truk yang menghalangi jalan :mky_02: meskipun kencang... jujur saja suspensi yang stiff dan body mobil yang berat bikin ane sangat yakin untuk nambah kecepatan.... bodyroll mobil ini pun sangat minim.... this car's real fun :mky_02:

di jalan, ane sempet ngetes active city-stop nya... tapi udah serem duluan.... lah wong berentinya jarak 15cm... gimana nggak serem :big_slap:

beberapa saat kemudian.... indikator bensin mau habis udah nyala... kami berenti di SPBU, dibayarin bensin ama salesnya :upss:

dan setelah itu kami kembali ke diler.... ane nyetir santai... capek juga bawanya...

waktu perjalanan ke diler mas-mas sales yang nemenin ane juga bilang "mas nggak dikebut lagi ?" :mky_03:

sampe ke diler, ane belom berenti, ane ngetes dong fitur active parking assist nya... dan....

cukup ribet :big_slap:

ada banyak persyaratan yang harus dituruti driver kalo mau berhasil pake fitur ini...
1. Posisi parkir paralel harus di antara 2 mobil
2. Nyalakan tombol parking assist dan nyalakan sein ke kanan / kiri
3. Focus harus berada di sebelah mobil paling depan

jadi kira-kira posisi parkirnya begini

[Car A] [____] [Car B]
[Focus]

Baru dia mau eksekusi fitur parking assist nya.... dari 4x nyoba, baru 1x yang berhasil :big_slap:
Driving Impression : 8/10
==============================
4. Verdict
Ford Focus, sebuah mobil Hatchback dengan value yang sangat tinggi... Gadget berjalan, bisa angkut 5 penumpang + barang....

Ganjalannya cuma 1 : ASS dan jarangnya populasi...

diluar itu, this is a great-great car.... 380jutaan untuk sebuah HB dengan fitur multimedia lengkap dan enjin+transmisi+chassis ajib? why not? :mky_03:

Pros :
- Powerful Engine.... by just 170PS and N/A... sangat bertenaga
- Great transmission
- Kombinasi antara sasis+suspensi... memberikan rasa percaya diri tinggi waktu diajak ngebut
- Fitur multimedia
- Active City Stop, Active Parking Assist

Cons :
- Peletakan tombol tidak ergonomis
- Active City Stop agak ngeri...
- Active Parking Assist agak ribet...
- Bantingan SUPER keras di kelasnya
- Jaringan ASS
==============================
Sekian ripiu ane... :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
dubz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sat May 11, 2013 2:07

Re: Review 2013 Ford Focus 2.0S Hatchback Automatic

Post by dubz »

Kalo firm ride begini...harus yg hobi ngebut. Kalo hari2 lewatin polisi tidur doang...kerass wkwkwk
HouseOfDetailing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sat May 11, 2013 12:01

Re: Review 2013 Ford Focus 2.0S Hatchback Automatic

Post by HouseOfDetailing »

Darth Vader (warna item di lihat frontal dari depan) akhirnya di ripiu juga :D
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review 2013 Ford Focus 2.0S Hatchback Automatic

Post by ChZ »

dubz wrote:Kalo firm ride begini...harus yg hobi ngebut. Kalo hari2 lewatin polisi tidur doang...kerass wkwkwk
iya om... kalo bermasalah dengan bantingannya mending ambil yg sedan 2.0 Titanium, velgnya masih R16 :big_slap:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review 2013 Ford Focus 2.0S Hatchback Automatic

Post by ChZ »

HouseOfDetailing wrote:Darth Vader (warna item di lihat frontal dari depan) akhirnya di ripiu juga :D
eh iya baru sadar... darth vader :big_slap:

ane pertama bingung mau ripiu gmn.... TDnya udah lama.... foto-foto ga ada :big_slap:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review 2013 Ford Focus 2.0S Hatchback Automatic

Post by AD74YA »

Nice review.... Dari dulu ane dah mau bikin review Focus cuman gak jadi-jadi... Uwkwkwk...

Di bidang audio, ada yang lucu di mobil ini, yaitu ada Active Noise Cancelling. Terdengar udah biasa, tapi efektif di mobil ini.. Bahkan dengan sunroof terbuka, dan mobil melaju kencang, suara radio masih bagus sekali terdengar..

Dan forte utama mobil ini memang di transmisinya.. Perkawinannya smooth banget sama engine, karakter torsi bawah gemuk, gear ratio pas, melupakan fakta bahwa nafas mobil ini pendek di putaran atasnya.

For me, amazing little package.. Apalagi compared to rival-rivalnya... :frm_salut:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review 2013 Ford Focus 2.0S Hatchback Automatic

Post by madcat015 »

Nice ripiu bro Chz...

Ripiu yg menyenangkan edisi sincia... :mky_02:

Dengan harganya, fitur yg di dapat ajib bener untuk Focus... sayang ATPM nya dudul... :big_slap:


Mehehehe, seperti dugaan ane, Active City Stop dan Parking Assistnya masih taraf: belajar... :mky_03:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
MetKet

Re: Review 2013 Ford Focus 2.0S Hatchback Automatic

Post by MetKet »

Nice Ripiyu
Numpang pejwan
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Review 2013 Ford Focus 2.0S Hatchback Automatic

Post by ricz »

Nice review... :mky_02:

Taon baru, mbl baru yak... Wkwkwkwwk...

Emang focus ini good bargain bener yak... Jika ga mikirin RV, emang udh bener kali ambil mbl ini...

Drpd ambil Civic FB ama Altis baru yg jeleknya minta ampun... :big_slap:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
Felixz_Yaris
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3220
Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
Location: Jombang, Jawa Timur

Re: Review 2013 Ford Focus 2.0S Hatchback Automatic

Post by Felixz_Yaris »

Very nice repiu..
Sayang nya pake logo ford, coba kasi logo T atau H tegak..
Laku keras itu... :upss:
[TYCI 917]
[YKC]
User avatar
brekeledan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Fri Feb 12, 2010 1:07

Re: Review 2013 Ford Focus 2.0S Hatchback Automatic

Post by brekeledan »

Tombol tiptroniknya memang menyebalkan, bahaya juga kalo ga sengaja kedorong ke N.

Focus mk2 ane kalo dalkot, jalan ga sampe 10km...bikin pegel aja :p
Tapi kalo udah cruising di tol, wiii anteng.
Apalagi dengan selisih HP beda jauh sama mesin lamanya 145ps vs 170ps dan torsi 185Nm @4500rpm vs 202nm @4450rpm. Ga kebayang betapa ngacirnya generasi yang baru ini.

Nice review bro.
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review 2013 Ford Focus 2.0S Hatchback Automatic

Post by amfibi »

Wiih nice review bro :mky_02:

Satu2nya di kelasnya yg bersunroof, baik versi hatch maupun sedan... :mky_02:

Audionya gimana bro? keliatannya menjanjikan dgn logo SONY terpampang di HU... :D
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Review 2013 Ford Focus 2.0S Hatchback Automatic

Post by ricz »

Felixz_Yaris wrote:Very nice repiu..
Sayang nya pake logo ford, coba kasi logo T atau H tegak..
Laku keras itu... :upss:
ya mod tapi civic baru handlingnya bagus bener even freed gue yg mini van masi lebi enak drpd focus elo coba deh tuh civic gw jamin handlingnya lebi bagus drpd focus ato kalo perlu dibandingin ama freed gw meski minivan tapi handlingnya enak bgt klo dibanding focus


:ngacir: :ngacir:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Review 2013 Ford Focus 2.0S Hatchback Automatic

Post by billyd1773dz »

Mantap revirewnya
Kurang poto sendiri aja nih hehehe

Focus rear suspensionnya torsionbeam atau doublewisbone/multilink?
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
yaseinotulip
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Wed May 23, 2012 16:18

Re: Review 2013 Ford Focus 2.0S Hatchback Automatic

Post by yaseinotulip »

TD focus ini yang plg berkesan bagi ane insulation nya...
Hening banget di dalem kabin...

Bro chz focus ini udah pake material soft di dashboard nya... Lalu audio juga seperti yang dibilan mod stig kualitas nya bagus,,, mnrt gw sih terbaik lah di kelas nya..
User avatar
brekeledan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Fri Feb 12, 2010 1:07

Re: Review 2013 Ford Focus 2.0S Hatchback Automatic

Post by brekeledan »

billyd1773dz wrote: Focus rear suspensionnya torsionbeam atau doublewisbone/multilink?
Rear sus nama kerennya Control Blade, aslinya multilink
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review 2013 Ford Focus 2.0S Hatchback Automatic

Post by AD74YA »

billyd1773dz wrote:Mantap revirewnya
Kurang poto sendiri aja nih hehehe

Focus rear suspensionnya torsionbeam atau doublewisbone/multilink?
Naaaahhh ini.....

Paling ok kalau di lengkapi foto sendiri.... :big_smoking:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: Review 2013 Ford Focus 2.0S Hatchback Automatic

Post by axala »

Nice review spesial shincia :mky_02: :mky_02: :mky_02:

ane suka ama focus ini, sayang Direct Injection :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: Pembenci Premium :big_smoking:

Dan Rear airvent yg tadinya ada di generasi sebelumnya ilang :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head:

tp sekennya menggiurkan lho....secara fitur2nya udah cukup banyak kalo di explore, dan sekenannya ialah :mky_03: :mky_03: :mky_03:
210an juta (yg 1.6) dan 270an (yg 2.0 fullspec) :mky_03: :mky_03:

harga yg hatch lebih murah daripada sedan (barunya dan sekennya ) :mky_03:
Pursuit of Perfection
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review 2013 Ford Focus 2.0S Hatchback Automatic

Post by ChZ »

@mod helm :
thanks om helm :upss:
hmm ane belum coba... tapi sound insulation di dalem Focus ini ane blg paling bagus di antara rival-rivalnya, entah subaru impreza gmn... yg jelas ane sbg ex user Civic FD merasakan Focus sangat hening...

and FUN! :mky_02:

betul... transmisinya sangat smooth, 0-100, ane gak ngitung, tapi around 9 detik sepertinya.... terkencang di kelasnya. handling pun, keseimbangan antara agility dan stabilitynya sangat bagus.... ane pernah coba Cruze, stability sangat bagus, tapi agility kurang. FD, stability kurang, agility bagus. Focus merupakan keseimbangan keduanya :mky_02:

kalo gak masalah ASS dll nya... mungkin ane udah minta bokap bungkusin Focus untuk gantiin CRV RE ane... apalagi ngeliat harga Golf 1.4 TSI MKVII udah di kepala 4....

meski dengan konsekuensi : bantingannya sakit! :big_slap: dan harus bertapa 1 jam untuk mempelajari fitur-fitur mobil ini :big_slap: plus kantong bolong akibat pertamax.... direct injection... what the :big_slap:

@mod kitty :
thanks mod kitty :upss:

yep... ATPMnya dudul, ane ngeliat BeRes dan diler aja horor.... BeRes sempit bener, mobil berjubel semua dari focus ranger fiesta.... dilernya sumpek, atapnya aluminium foil.... tanpa AC pulak, gmn gak panas :big_slap:

sesuai dugaan ane emg... ACS dan APS nya nggak akan seperti yang kita bayangkan di Lexus.... tapi baguslah... andaikan jonpis yang masukin mungkin 2 fitur ini, dan sunroof, dan HU SONY nya udah disunat habis demi "penghematan cost".... dan harganya tetep 380juta :big_slap:

@ricz :
thankyou bro :mky_01:

amin deh kebeli :upss: oh iya, ini masuk salah 1 mobil yang ga akan ane lewatkan kalo punya duit 300-400juta.... Focus, CX-5, atau Golf TSI.... sayang Golf udah tembus angka 4....

yep, horor ngeliat RVnya Focus, Focus janda muda aja harganya udah turun lebih dari 1/2.... :big_slap:

@bro wasir :
thankyou bro :mky_01:

betul... andaikan jonpis atau jondut yang jualan mungkin bakal laku keras.....

dengan sunatan massal dimana-mana..... :big_slap: dasbor softpad nya disunat, HU disunat, sunroof disunat, active city stop dan parking assist juga disunat mungkin :big_slap:

@brekeledan :
thankyou bro :mky_01:

secara styling sebenernya ane lebih sreg Focus MK2 Facelift 2008... yang ini agak terlalu agresif styling nya... tapi still OK lah dengan teknologi dan performa enjin nya... :mky_01:

@bro fibby :
thankyou bro :mky_01:

nah ane lupa ngetes audionya.... di atas om helm bilang cukup baik sih... :big_slap:

@bro billy :
thankyou bro

iya... ane taun lalu ga ngefoto-foto jadi ga ada foto sendiri :big_slap:

@yaseinotulip :
oh udah softpad yah :big_slap: thankyou koreksinya bro

@axala :
betul bro... janda nya menggiurkan banget.... :mky_02: tapi denger2 MK2 banyak technical fault nya....

nah IMHO, ambil focus janda lebih prefer yang tipe 2.0L HB... lebih eksklusif ga kaya mobil PJR, dan enjinnya cukup powerful....

yang jelas focus sedan MK1 dan MK2 modelnya... err.... :big_slap: silahkan nilai sendiri kalo liat mobil PJR

and of course... with the hatchback version you can live the rally legend :big_smoking:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
jekael
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 422
Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15

Re: Review 2013 Ford Focus 2.0S Hatchback Automatic

Post by jekael »

Nice review Om...
Btw, seperti center console ford identik dengan bentuk seperti itu ya, seenggaknya itu yang saya liat di ford fiesta....
Ditunggu Om reviewnya ford eco sport, penasaran banget sama tuh mobil....
HouseOfDetailing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sat May 11, 2013 12:01

Re: Review 2013 Ford Focus 2.0S Hatchback Automatic

Post by HouseOfDetailing »

Kalau saya mending beli Focus janda dari pada New Yaris yang mirip Focus kw3
... :ngacir:
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Review 2013 Ford Focus 2.0S Hatchback Automatic

Post by evolution21 »

Nice review um, mobil enak yo...
Btw ni mobil kalo mau accesories n modif performance part ada ga ya?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review 2013 Ford Focus 2.0S Hatchback Automatic

Post by ChZ »

@bro JKL :
thankyou bro

hmm... center console nya... ane ga meratiin sih :mky_01:

ecosport... mungkin tengah taun ini... atau entah kpn :mky_01: nunggu waktu pameran :upss:

@HouseOfDetailing :
betul bro.... Focus janda harganya menggiurkan :mky_02:

Focus KW3? bener juga :big_chicken:

Image

Image

@evolution21 :
thankyou bro

setau ane, aftermarket parts untuk Focus agak susah sih... apalagi AN Focus ini tergolong masih sangat baru.... :mky_01:

tapi di luar sih udah keluar Focus ST dari taun lalu... ST diposisikan untuk head on dengan Golf GTI :mky_03:


Image

oh ya, tipe 2.0 Sport ini, velg 17" nya punya model yang sama dengan Focus ST.... :mky_02: yg tipe 1.6L sedan/HB, 2.0 Sedan, velgnya mirip dengan Fiesta S terbaru :big_slap:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
dubz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sat May 11, 2013 2:07

Re: Review 2013 Ford Focus 2.0S Hatchback Automatic

Post by dubz »

Kalo ngeliat features mobil ini...ketawa liat Corolla/Civic...
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Review 2013 Ford Focus 2.0S Hatchback Automatic

Post by imingwahyudi »

Nice review om chris! :mky_02:

Fully featured, ga overpriced, sayang masih kurang di ASS. Dan bikin kaget ngeliat banyaknya sensor di kaca depan. Gw kira itu silikon buat nempel spion wkwkwkwk