arick wrote:marmut wrote:Kalau buat menghilangkan bunyi, saya selalu memangkas ujung-ujung brake pad. Yang tadinya bersudut 90 derajat, dibikin miring kira-kira 45 derajat. Bisa pakai kikir yang kasar, atau gergaji besi.
Bunyi yang sama dengan yg saya alamin kah bro? Ggrruukk...ggrrruuukk....

Saat bunyi gruk2 tadi, apa ada efek lain secara fisik?
Misalnya pedal rem bergetar, setir bergetar/ngebuang, dsb...?
Kalau semua normal, ada beberapa kemungkinan (sesuai pengalaman pribadi):
1. Kualitas pad (dan atau disc) kurang bagus, biasanya sering menimpa barang KW
2. Kalau pakai pad/disc aftermarket non ori/oem, kemungkinan ngga kompatibel antara material pad dan disc brake nya. Yang kadang luput dari perhatian, material disc dan pad harus kompatibel, makanya yg terbaik memang pad oem/ori. Kalau pakai pad aftermarket, mesti trial dan error, apalagi kalau disc brake-nya juga ikutan non oem. Yg aman, disc dan pad-nya memang mesti 1 merk.
Konsekuensi lain kalau ngga kompatible, disc-nya cepet kemakan/habis. Padahal kalau dari pabrikan, sudah diset yg kalah pad-nya dulu.
3. Seperti no.1 diatas, mungkin ada kandungan material tertentu di pad yg bikin bunyi. Biasanya pad yg terlalu banyak mengandung logam, suka bikin bunyi mendecit.
4. Coba lepas dan cek ulang baik2 pad-nya, saya pernah punya pengalaman pusing cari penyebab rem di mobil ody bunyi gruk dan cit melulu. Setelah bongkar pasang beberapa kali, ternyata di pad-nya (kebetulan pad-nya bukan ori) ada retakan keciiiiil banget. Langsung buang, beli dan ganti pad oem honda (nissin) baru, saat itu juga begitu dipasang, rem langsung senyap, empuk dan pakem.
Pengalaman lain, di santi tuwir, pakai pad Bendix, lama2 timbul suara mendecit dan kondisi pad cepet membatu.
Setelah ganti pad ori, jadi enak dan senyap lagi