
========================
Intro
Di hari kamis siang yang galaw... ane memutuskan untuk cruising dalem kota dengan CRV ane yg berstatus hampir janda.... dan ane mendapatkan pencerahan untuk bertandang ke salah satu diler mobil.... mazda

dan dengan alasan lagi galaw cari pengganti si RE yang cocok.... cari C W204 susah banget... ane memutuskan untuk TD sebuah SUV sekelas yang dari dulu ane sangat penasaran dengan sensasinya....
MAZDA CX-5 2.5L

setelah sok-sok jadi customer tanya diskon bonus dll dll..... ane pun nembak salesnya...
"mbak mau TD bisa?"
"oh bentar mas saya tanyain dulu"
and voila! come to papa baby

sedikit intermezzo....
CX-5 diluncurkan pertama medio 2012 dengan varian 2.0 Sport dan Touring yang harganya amit-amit jabang bayi mahal banget untuk kelas SUV 2000cc.... dan gosip dari sales, katanya ga bakal masuk yang 2.5 karena alasan pajak mahal apalagi ini CBU Jepun
and what a surprise.... 2013 MMI meluncurkan CX-5 2.5L .... YEAH

price ? as we can see.... harga si CX-5 2.5L ini 11-12 dengan CRV RM 2.4 dan 2.4 Prestige.... kayaknya sengaja mau head on dengan SUV hando yang satu ini.... dengan trim 2.5L Touring sebagai standar yang akan head on dengan CRV 2.4 standar dan 2.5L GT (Grand Touring) sebagai tipe tertinggi yang akan head-on dengan CRV 2.4 Prestige
Dan dengan munculnya CX-5 2.5 Touring, 2.0 Touring pun secara resmi discontinue.... sehingga 2.0 hanya ada trim Sport 17"
"pajak mahal" you say?

========================
1. Exterior
urusan exterior, interior, feature, apa itu SKYACTIV, dll....
udah dibahas ama mod AD74YA di trit CX-5 2.0 Touring....
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 19&t=16420
secara tampang luar ga ada bedanya CX-5 2.5 dengan 2.0.... tidak ada emblem 2.5, tidak ada perbedaan ukuran roda, dll....

tampang depan... grill besar... oke ga semua orang suka... tapi emang ada maksud kenapa disematkan grill sebesar ini... untuk membantu pendinginan mesin... dimana mesin kompresi tinggi begini butuh pendinginan optimal...

Tampak samping, ane pribadi suka dengan tampak samping mobil ini, terlihat sporty sekaligus berkharisma, agresif tanpa harus terlihat norak... really cool



tampak belakang, dengan viewing angle yang pas... mobil ini terlihat keren, jauh lebih keren dari CRV RE ane yang terparkir agak jauh disono


..... and still looks cool on this angle

Exterior : 9/10... mungkin gril besar yang agak mengganggu bagi sebagian orang.... tapi overall desainnya terlihat harmonis di mata ane
==============================
2. Interior
Masuk ke interior... dan terasa bau interior yang khas nonik.... err... khas mobil baru...

setirnya cakep... clusternya mirip harrier punya....


interior bernuansa hitam dengan softpad... tombol-tombol semacem TCS, i-STOP, dll, diletakkan di sebelah kanan setir. Cukup cantik, sayangnya kurang serasi dengan jok kulit berwarna beige... seharusnya dibuat hitam dengan stitching merah, biar lebih sporty. kalo gini kesannya nanggung, mau elegan kok dasbornya sporty amat... mau sporty kok joknya elegan amat...


roomy? cukupan lah... nggak se-roomy CRV RE/RM.... tapi nggak sesempit T31... legroom cukup luas untuk ane yang berpostur 175cm/80kg

Bagasi? Cukup luas.... mungkin lebih luas dari CRV RM...
Sound system... BOSE 9 speaker, tadi nyoba sound cuma pake radio dan cukup jernih di lagunya maliq & essentials - untitled... petikan gitarnya jernih, vocal jelas dan halus...
nggak kaya RM yang spikernya err..... karton?

bahas apa lagi ya.... hmmm... oh ya pengoperasian HU juga cukup mudah dengan bantuan tombol-tombol di setir, ada bluetooth audio dan embel-embelnya.... yang disayangkan HU tidak menyatu dengan dasbor... jd keliatan HU tempelan.... sayang sekali...
dan kisi ACnya yang terlalu di bawah.... tapi ini bukan masalah... hembusan ACnya cukup dingin

Overall kualitas interior... mirip harrier versi PaHe....

Interior 8/10....
=======================
3. Driving Impression
OK! Bagian paling ditunggu-tunggu dan paling mendebarkan jantung.... get ready for ZOOM-ZOOM

Mazda CX-5 2.5L GT dipersenjatai dengan enjin SKYACTIV-G 2.5L, 187PS 250Nm.... di tahun 2013 spek segini terdengar cukup biasa... apalagi dibandingkan dengan CRV RM 2.4 yang punya tenaga 190PS dan torsi 225Nm.... but wait....
di CRV, 190PS diraih pada posisi RPM 7000 dan itu TEPAT SAAT redline.... dan torsi 225 Nm di RPM 4400...

di CX-5, 187PS diraih pada posisi RPM 5700 dan itu MASIH AGAK JAUH dari redline.... tetapi guess what? torsi 250Nm di RPM 3250

berbekal pengalaman dengan CX-5 2.0L yang kurang baik.... kayaknya ane harus menurunkan sedikit ekspektasi ane... tetapi semua itu berubah.... keluar dari diler dan full throttle.... WUUSSSHHH..... torsi 250Nm sukses membenamkan ane dan si salesgirl cakep ke dalem jok.... dengan perpindahan gigi yang cepat, sigap, nggak kayak 2.0L yang ada sedikit delay waktu shifting.... tranny CX-5 2.5L ini bener-bener sigap dalam mengimbangi tenaganya....
dan kebetulan, beberapa meter dari diler, saatnya mengetes fitur unggulan di CX-5 MY2013 all type... i-STOP. ane di kabin ngobrol2 dengan sales masalah fitur dll dll...
termasuk nanya i-STOP, ane gak sadar kalo mesin udah mati, karena AC, radio, semuanya berfungsi dengan normal layaknya pada waktu mesin menyala....
begitu ane lepas pedal rem, mobilnya agak nyentak, baru sadar kalo tadi i-STOP nya berfungsi

bagaimana kesan ane dengan i-STOP ini? i-STOP di CX-5 ini cukup praktis dan mudah dibanding mobil-mobil eropa.... nggak bikin kagok... karena dengan melepas pedal rem, menggerakkan setir, mobil menyala kembali,
sebagai perbandingan, dulu waktu TD BMW 320i F30, pedal gas harus diinjek baru mobil mau jalan...
di CX-5, mesin menyala dalam tempo 0,35 detik setelah rem dilepas... dan nyentaknya pun halus... good job mazda!

jalan beberapa kilometer.... ane mengarungi lalu lintas kota semarang yang macet, bukan masalah buat CX-5 untuk diajak sedikit "menari-nari" di lalu lintas yang padat.... setir responsif dan cukup sigap padahal bobotnya cukup ringan dengan bantuan Electronic Power Assist Steering.... berbeda dengan CRV RM yang minim feedback... CX-5 bener-bener memberikan feedback yang mantap layaknya HPS dengan kenyamanan setara EPS

berhenti di kawasan yang agak sepi.... ane mencoba akselerasinya dari 0. mobil berenti, TCS OFF, i-STOP OFF.... full throttle dan sedikit bunyi "ckittt" terdengar.... CX-5 melesat dengan kencang..... sensasi kickdownnya mirip Golf TSI MKVI

minimnya gesekan ban dengan aspal waktu kickdown dalam posisi TCS OFF, menandakan CX-5 punya grip berlimpah.... tidak salah karena ban yang dipakai pun mendukung, Toyo Proxes 225/55/19....

Oh ya mode tiptronic di CX-5 ini terbalik dengan mobil-mobil biasanya... + nya ke bawah, dan - nya ke atas... dan tiptronic hanya membatasi sampe gigi 4 kalo kecepatan dibawah 60 kph... ane geser-geser tuasnya ga mau nambah waktu lagi jalan 60 kph

Comfort? Berbekal pengalaman menggunakan Toyo Proxes4 255/45/20 di CRV dulu, Proxes memberikan balans yang baik antara grip dengan kenyamanan... bantingan CX-5 ini cenderung stiff, tapi cukup nyaman dengan 19inch wheels....
ane rasa kalo pengen lebih nyaman ambil tipe Touring, toh bedanya nggak terlalu jauh....
Driving Impression 10/10.... PERFECT

=========================
4. Verdict
Mazda CX-5.... kalo ane boleh bilang.... Harrier versi PaHe....
Kualitas interior top notch, perfectly engineered, fitur berlimpah... dan harganya yang cukup bersahabat untuk mobil dengan build quality mendekati sebuah Harrier gen.2 yang harga barunya saja mencapai 750juta...
Price : 434juta OTR Semarang (Touring), 454juta OTR Semarang (GT), discount 15juta (masih bisa pengajuan), dan kaca film ASTF

Worth to buy? Absolutely

Pros :
- Superb engine
- Transmisi sigap
- Chassis rigid
- EPAS.... memberikan kenyamanan setara EPS dengan feedback setara HPS
- Build quality... interior softpad
- BOSE 9 Speakers
- Kenyamanan cukup baik dengan velg berukuran 19" dan Toyo Proxes 225/55/19
Cons :
- Wajib mengkonsumsi minimal RON92
- Row 2 tidak selapang CRV RM
- Aftersales Service?
- Perpaduan warna jok dan dasbor kurang serasi... saran : bungkus jok dengan warna hitam dan stitching merah
- Warna hitam di dasbor kurang menggairahkan...
=====================================
Sekian ripiu ane....
