Safety Riding ... R2
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Safety Riding ... R2
Kayaknya belum ada tret begini yah. Coba kita bikin deh. Ini aku coba himpun teknik2 naik sepeda motor yg aman. Banyak sih cara menunggang sepeda motor, teorinya gak cuma satu, itu semua tergantung gaya kita masing2. Silahkan kalau punya masukan, walau mungkin bertentangan satu dgn lainnya.
Yuk kita mulai .....
HELM
Helm ada yg full face, ada yg half face. Bedanya helm half face itu tidak ada pelindung dagu. Kalau kita cuma berkendara kecepatan rendah, katakan maksimum 50 kpj, boleh juga pakai half face. Atau helm half face kita sediakan sebagai helm cadangan kalau bawa penumpang. Maklum rata2 metik punya bagasi cuma cukup buat helm half face. Selain kedua tipe helm tsb ada juga helm modular, yaitu yg pelindung dagunya bisa diputar shg kita bagaikan pakai helm half face. Lumayan kalau kita turing dan kebetulan mau merokok.
Di pasaran banyak merk helm. Tapi kita cari yg aman aja yah. Pertama, coba kita tekan. Kalau helemnya melendut ya silahkan dibayangkan kepala kita di dalamnya, terus kita lendut2kan. Cangkang luar baiknya keras tanpa berdeformasi / melendut dan tanpa bunyi kretek kretek bila ditekan.
Kemudian kita lihat busa di dalamnya, diupayakan busa itu cukup lunak, dan tidak mudah retak2. Busa ini yang akan meredam tenaga benturan sehingga gak sampai ke kepala kita. Bisa juga kita pakai itu helm, kemudian kita pukul2. Kerasa nggak.
Kemudian lapisan paling dalam itu kain. Diupayakan kain ini bisa dilepas, agar mudah dicuci. Namanya kita punya rambut sering keramas, moso helm gak dicuci juga. Biar awet gak perlu sering dicuci, ada baiknya pakai tutup kepala. Bisa pakai balakava, bisa pakai kain batik, atau sejenisnya. Selain kebersihan helm terjaga, aliran udara jadi lebih lancar sehingga kepala jadi lebih dingin.
Yuk kita mulai .....
HELM
Helm ada yg full face, ada yg half face. Bedanya helm half face itu tidak ada pelindung dagu. Kalau kita cuma berkendara kecepatan rendah, katakan maksimum 50 kpj, boleh juga pakai half face. Atau helm half face kita sediakan sebagai helm cadangan kalau bawa penumpang. Maklum rata2 metik punya bagasi cuma cukup buat helm half face. Selain kedua tipe helm tsb ada juga helm modular, yaitu yg pelindung dagunya bisa diputar shg kita bagaikan pakai helm half face. Lumayan kalau kita turing dan kebetulan mau merokok.
Di pasaran banyak merk helm. Tapi kita cari yg aman aja yah. Pertama, coba kita tekan. Kalau helemnya melendut ya silahkan dibayangkan kepala kita di dalamnya, terus kita lendut2kan. Cangkang luar baiknya keras tanpa berdeformasi / melendut dan tanpa bunyi kretek kretek bila ditekan.
Kemudian kita lihat busa di dalamnya, diupayakan busa itu cukup lunak, dan tidak mudah retak2. Busa ini yang akan meredam tenaga benturan sehingga gak sampai ke kepala kita. Bisa juga kita pakai itu helm, kemudian kita pukul2. Kerasa nggak.
Kemudian lapisan paling dalam itu kain. Diupayakan kain ini bisa dilepas, agar mudah dicuci. Namanya kita punya rambut sering keramas, moso helm gak dicuci juga. Biar awet gak perlu sering dicuci, ada baiknya pakai tutup kepala. Bisa pakai balakava, bisa pakai kain batik, atau sejenisnya. Selain kebersihan helm terjaga, aliran udara jadi lebih lancar sehingga kepala jadi lebih dingin.
Ready to Race
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Safety Riding ... R2
HELM
Usia helm rata2 2 tahun, setelah itu ada baiknya diganti. Pasti helm itu udah lecet2 dan kotor luar dalam. Kecuali kalau emang kita jarang pakai ya bedalah. Mau terus dipakai sih silahkan, asalkan jangan pernah kita tabrakan jatuh. Kalau udah kena tabrakan gitu, biasanya kekuatan helm udah berkurang dan perlu dipensiun.
Gak apa2 khan ganti helm tiap 2 tahun, harga helm itu murah kok. Misalnya dibanding harga hape. Iphone aja sekarang mendekati 10 jutaan, moso kita pakai helm 200 rebuan. Khan jadi kelihatan prioritas kita. Hape juga tiap 2 tahun minta ganti deh.
Helm yg bermerk misalnya Nolan, Givi dll itu emang lebih mahal dari helm buatan dalam negeri. Cuma banyak menfaatnya, selain lebih safety. Misalnya ventilasinya lebih baik. Kemudian suara angin dan air hujan tidak masuk ke dalam. Kaca visornya juga tidak mudah baret, dan mudah dibersihkan dengan air dikasih sabun tangan cair aja. Kelemahannya, kalah awet dibanding buatan lokal dan tentu saja gak bisa ditinggal di atas motor. Makanya kalau beli selalu dikasih tas helm. Saya malah lebih suka tas helm gratisan ini yg dislempangkan. Banyak yg jual tank bag atau ransel yg muat helm, tapi saya pikir malah ribet.
Nah sekarang yg sangat penting, ukuran helm yg cocok. Banyak orang yang salah pilih ukuran helm, umumnya kebesaran. Cara pilih adalah, kita pakai helmnya dan tali diklik. Kemudian helm kita putar ke kanan ke kiri ke atas ke bawah. Kalau berubah posisi berarti kegedean. Kemudian dengan tali masih diklik, kita coba copot helmnya. Pegang bagian belakang helm kemudian dengan gerakan ke atas, kita coba copot helmnya. Kalau sampai bisa copot, maka di jalan juga akan sama. Kalau kita kecelakaan kemudian helm copot, ya itu kondisi sangat berbahaya. Sama aja gak pakai helm. Kemudian kalau udah oke, jangan diopot dulu helmnya. Dicoba pakai 15-20 menit. Ada yg kerasa menusuk atau mengganjal gak. Jangan sampai lama2 pening kepala.
Usia helm rata2 2 tahun, setelah itu ada baiknya diganti. Pasti helm itu udah lecet2 dan kotor luar dalam. Kecuali kalau emang kita jarang pakai ya bedalah. Mau terus dipakai sih silahkan, asalkan jangan pernah kita tabrakan jatuh. Kalau udah kena tabrakan gitu, biasanya kekuatan helm udah berkurang dan perlu dipensiun.
Gak apa2 khan ganti helm tiap 2 tahun, harga helm itu murah kok. Misalnya dibanding harga hape. Iphone aja sekarang mendekati 10 jutaan, moso kita pakai helm 200 rebuan. Khan jadi kelihatan prioritas kita. Hape juga tiap 2 tahun minta ganti deh.
Helm yg bermerk misalnya Nolan, Givi dll itu emang lebih mahal dari helm buatan dalam negeri. Cuma banyak menfaatnya, selain lebih safety. Misalnya ventilasinya lebih baik. Kemudian suara angin dan air hujan tidak masuk ke dalam. Kaca visornya juga tidak mudah baret, dan mudah dibersihkan dengan air dikasih sabun tangan cair aja. Kelemahannya, kalah awet dibanding buatan lokal dan tentu saja gak bisa ditinggal di atas motor. Makanya kalau beli selalu dikasih tas helm. Saya malah lebih suka tas helm gratisan ini yg dislempangkan. Banyak yg jual tank bag atau ransel yg muat helm, tapi saya pikir malah ribet.
Nah sekarang yg sangat penting, ukuran helm yg cocok. Banyak orang yang salah pilih ukuran helm, umumnya kebesaran. Cara pilih adalah, kita pakai helmnya dan tali diklik. Kemudian helm kita putar ke kanan ke kiri ke atas ke bawah. Kalau berubah posisi berarti kegedean. Kemudian dengan tali masih diklik, kita coba copot helmnya. Pegang bagian belakang helm kemudian dengan gerakan ke atas, kita coba copot helmnya. Kalau sampai bisa copot, maka di jalan juga akan sama. Kalau kita kecelakaan kemudian helm copot, ya itu kondisi sangat berbahaya. Sama aja gak pakai helm. Kemudian kalau udah oke, jangan diopot dulu helmnya. Dicoba pakai 15-20 menit. Ada yg kerasa menusuk atau mengganjal gak. Jangan sampai lama2 pening kepala.
Ready to Race
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 949
- Joined: Sat May 24, 2008 11:07
Re: Safety Riding ... R2
Lanjut lagi bro.... 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Safety Riding ... R2
Saya yg langsung teringat soal ini: kalo kita naik sepeda motor dan mobil yg ada di depan kanan kita berhentik mendadak, sangat disarankan untuk ikut berhenti. Kemungkinan besar dari arah kanan ada yg menyeberang ke kiri, kalo kita bablas, bisa2 terjadi kecelakaan.
Trus lampu, ini memang kontroversial. Tapi berdasarkan pengalaman, memang yg dari arah berlawanan jadi lebih aware kalo sepeda motor menyalakan lampu.
Sekian pendapat nubi, mohon jangan ditertawakan.
Trus lampu, ini memang kontroversial. Tapi berdasarkan pengalaman, memang yg dari arah berlawanan jadi lebih aware kalo sepeda motor menyalakan lampu.
Sekian pendapat nubi, mohon jangan ditertawakan.

Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2002
- Joined: Fri Oct 26, 2012 12:47
Re: Safety Riding ... R2
satu lagi om robot, kalo misalnya naik motor dan terpaksa mengekor dibelakang mobil, sebaiknya ngekornya dijalur salah satu ban (kiri atau kanan) jangan di tengah2, karena kadang2 kalo ada lobang, sama mobil suka dikangkangin, nah yg motor malah kejeblosartoodetoo wrote:Saya yg langsung teringat soal ini: kalo kita naik sepeda motor dan mobil yg ada di depan kanan kita berhentik mendadak, sangat disarankan untuk ikut berhenti. Kemungkinan besar dari arah kanan ada yg menyeberang ke kiri, kalo kita bablas, bisa2 terjadi kecelakaan.
Trus lampu, ini memang kontroversial. Tapi berdasarkan pengalaman, memang yg dari arah berlawanan jadi lebih aware kalo sepeda motor menyalakan lampu.
Sekian pendapat nubi, mohon jangan ditertawakan.

"The Power of ren-Dreams"


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 622
- Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
- Location: Antar Kota Antar Propinsi
Re: Safety Riding ... R2
Klo yg ini pernah kejadian sewaktu masih mburuh di Semarang, klo sabtu malem mudik ke Jogja naik Vega-R. baru enak2nya ngekor minibus di pringsurat, tau2, jebrut,ambrol dah dashboard motor gegara roda depan ngehajar lubang..... Jalan memang suka menipu...Bueuk_32 wrote:satu lagi om robot, kalo misalnya naik motor dan terpaksa mengekor dibelakang mobil, sebaiknya ngekornya dijalur salah satu ban (kiri atau kanan) jangan di tengah2, karena kadang2 kalo ada lobang, sama mobil suka dikangkangin, nah yg motor malah kejeblosartoodetoo wrote:Saya yg langsung teringat soal ini: kalo kita naik sepeda motor dan mobil yg ada di depan kanan kita berhentik mendadak, sangat disarankan untuk ikut berhenti. Kemungkinan besar dari arah kanan ada yg menyeberang ke kiri, kalo kita bablas, bisa2 terjadi kecelakaan.
Trus lampu, ini memang kontroversial. Tapi berdasarkan pengalaman, memang yg dari arah berlawanan jadi lebih aware kalo sepeda motor menyalakan lampu.
Sekian pendapat nubi, mohon jangan ditertawakan.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Safety Riding ... R2
Prinsip automatic headlamp on hanya satu for sure: You need to be seen to be safe.artoodetoo wrote:-cut-
Trus lampu, ini memang kontroversial. Tapi berdasarkan pengalaman, memang yg dari arah berlawanan jadi lebih aware kalo sepeda motor menyalakan lampu.
Sekian pendapat nubi, mohon jangan ditertawakan.
Tidak ada itu namanya habis accu hanya karena nyalakan lampu terus terusan. Kalau accu bener tekor, alternatornya yang tekor, bukan salah aturannya.
Masuk gang ke rumah dibilang ngga sopan karena lampu ga bisa dimatiin? Turun, tuntun dong. Sopan bukan diukur dari nyala engga nya lampu. Tapi dari cara menjaga ketenangan warga dengan tidak lewat gang kecil sambil naik motor dengan mesin nyala.
Bikin silau? Coba cek lampu Anda. Asli suku cadang pabriknya atau bukan? Kalau asli, pasti saat saklar lampu jauh ditekan, tetap lampu jauh yang nyala, bukan sebaliknya. Karena lampu aftermarket yang bukan standar pabrik (meskipun itu mahal dan bermerk luar negeri), tetap aja titik fiting lampunya kebalik dengan bawaan standar. Jadi saat selector lampu dekat diaktifkan, malah filamen lampu jauh yang nyala. Saat selector lampu jauh diaktifkan malah lampu dekat yang nyala.
Ini salah satu penyebab nyala lampu siang dibilang silau, karena si biker ngerasa udah nyalain lampu dekat kok masih silau...ee..ternyata yang nyala malah lampu jauh. Jelas aja silau, mau itu siang atau malam.
Salah satu penyebab lain silau lampu, adalah setelah reflektor lampu motor yang disetting sedikit lebih mendongak dibanding setelah standar pabriknya. Biasanya, hal ini manjur apabila motor dinaikin sendirian. Yang jadi masalah adalah apabila pas dipakai berboncengan, maka posisi motor akan tambah beban di belakang, yang akibatnya sinar sorotnya juga otomatis ikut mendongak dikit.
Atau, kalaupun 100% ngejomblo naik motornya, bisa jadi saat merubah setelan ketinggian level lampu, disetel saat motor posisi standar tengah, bukan saat motor dinaikin oleh ridernya.
Ini menyebabkan perbedaan besar saat motor sudah menapak dengan dua rodanya, apalagi dinaikin penunggangnya. Makin mendongak.
Setel lah level lampu depan saat Anda juga sedang duduk di sadelnya.
Atur jarak antara titik lampu ke depan, buat tanda 6 meter ke depan. Apabila titik berada di tengah tengah sorotan lampu (6 meter) posisi anda di atas sadel, berarti tidak menimbulkan silau berlebih, tapi Anda masih nyaman berkendara malam karena tidak terlalu pendek jarak sinarnya.
IMHO, CMIIW...

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Safety Riding ... R2
masalah sopan di gang, coba cek dulu anda pakai knalpot racing yang berisik atau nggak. Trus ngegas nya juga jangan serabutan.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Safety Riding ... R2
Bukannya malah lebih nyaman di hati kalau kita tuntun, sambil sapa tetangga rumah kiri kanan, tolah toleh, manatau ada nonik unyu membalas sapa....?ilhami wrote:masalah sopan di gang, coba cek dulu anda pakai knalpot racing yang berisik atau nggak. Trus ngegas nya juga jangan serabutan.
#eh..

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Safety Riding ... R2
hmm iya Om, tapi kalo gang di daerah ane ada yang panjang nya sampe 1 km sich 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Safety Riding ... R2
Lumayan lah, kalau 200 meter pertama nggada nonik unyu yg bales, masih ada peluang di 4x200 meter kedepan....ilhami wrote:hmm iya Om, tapi kalo gang di daerah ane ada yang panjang nya sampe 1 km sich
*yangpentingngeyel.com.............


" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 622
- Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
- Location: Antar Kota Antar Propinsi
Re: Safety Riding ... R2
Kalau di Kota Jogja, jika kita masuk gang, ga peduli jauhnya seberapa, motor harus dituntun. Yang boleh naik motor hanya Pak Pos dan yang nganter telegram (jaman dulu).ilhami wrote:hmm iya Om, tapi kalo gang di daerah ane ada yang panjang nya sampe 1 km sich
Kalau ngga percaya, coba ke sentra Bakpia di Ngampilan Pathok (yang di dalem kampung), dan naikin motornya....tunggu apa yang akan terjadi....

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2002
- Joined: Fri Oct 26, 2012 12:47
Re: Safety Riding ... R2
ini ga boleh dibaca metket nih, bisa2 besok dia beli motor cuma buat didorong2 dalem gangVanzMatic wrote:Bukannya malah lebih nyaman di hati kalau kita tuntun, sambil sapa tetangga rumah kiri kanan, tolah toleh, manatau ada nonik unyu membalas sapa....?ilhami wrote:masalah sopan di gang, coba cek dulu anda pakai knalpot racing yang berisik atau nggak. Trus ngegas nya juga jangan serabutan.
#eh..

"The Power of ren-Dreams"


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1292
- Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
- Location: mtg, jakarta
- Daily Vehicle: toyota fans boys
Re: Safety Riding ... R2
biker yg baik itu adalah menaaati aturan buat sendiri dan di jalan...selain itu, berarti biker abal2....ini pautut diwaspadai. heheheheh

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Sat Dec 07, 2013 6:53
Re: Safety Riding ... R2
usia helm 2 tahun ya....baru tau om....asudarsono wrote:HELM
Usia helm rata2 2 tahun, setelah itu ada baiknya diganti. Pasti helm itu udah lecet2 dan kotor luar dalam. Kecuali kalau emang kita jarang pakai ya bedalah. Mau terus dipakai sih silahkan, asalkan jangan pernah kita tabrakan jatuh. Kalau udah kena tabrakan gitu, biasanya kekuatan helm udah berkurang dan perlu dipensiun.
Gak apa2 khan ganti helm tiap 2 tahun, harga helm itu murah kok. Misalnya dibanding harga hape. Iphone aja sekarang mendekati 10 jutaan, moso kita pakai helm 200 rebuan. Khan jadi kelihatan prioritas kita. Hape juga tiap 2 tahun minta ganti deh.
Helm yg bermerk misalnya Nolan, Givi dll itu emang lebih mahal dari helm buatan dalam negeri. Cuma banyak menfaatnya, selain lebih safety. Misalnya ventilasinya lebih baik. Kemudian suara angin dan air hujan tidak masuk ke dalam. Kaca visornya juga tidak mudah baret, dan mudah dibersihkan dengan air dikasih sabun tangan cair aja. Kelemahannya, kalah awet dibanding buatan lokal dan tentu saja gak bisa ditinggal di atas motor. Makanya kalau beli selalu dikasih tas helm. Saya malah lebih suka tas helm gratisan ini yg dislempangkan. Banyak yg jual tank bag atau ransel yg muat helm, tapi saya pikir malah ribet.
Nah sekarang yg sangat penting, ukuran helm yg cocok. Banyak orang yang salah pilih ukuran helm, umumnya kebesaran. Cara pilih adalah, kita pakai helmnya dan tali diklik. Kemudian helm kita putar ke kanan ke kiri ke atas ke bawah. Kalau berubah posisi berarti kegedean. Kemudian dengan tali masih diklik, kita coba copot helmnya. Pegang bagian belakang helm kemudian dengan gerakan ke atas, kita coba copot helmnya. Kalau sampai bisa copot, maka di jalan juga akan sama. Kalau kita kecelakaan kemudian helm copot, ya itu kondisi sangat berbahaya. Sama aja gak pakai helm. Kemudian kalau udah oke, jangan diopot dulu helmnya. Dicoba pakai 15-20 menit. Ada yg kerasa menusuk atau mengganjal gak. Jangan sampai lama2 pening kepala.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Safety Riding ... R2
kalau ga salah utk helm2 branded import kyk nolan ada tgl expired datenya deh. umur helm seingat sy lmyn lama 5 tahunan. tp balik lagi ke kualitas bagian dlm jg hrs diperhatikan. kalau sudah longgar sebaiknya ganti. helm ga boleh longgar. hrs pas.
utk penggunaan balacava, ga semua orang bisa pakai. sy ga bisa pakai krn mengurangi akses oksigen. apalagi saat macet. dulu nyesel juga beli krn ga terpakai.
yg sering dilupakan sepatu dan sarung tangan naik motor idealnya pakai keduanya. bila terjatuh dr motor biasanya yg baret2 adalah 2 bagian tubuh itu. jd penting. selain itu sarung tangan yg bagus dpt menghangatkan tangan saat berkendara pd waktu hujan. sepatu yg bagus hrs punya grip pd solnya. jgn sampai terpleset saat menahan berat motor di saat berhenti. hindari sepatu bersol licin dan apalagi hak tinggi. amit2.... jgn korbanin safety utk sbuah style.....
utk penggunaan balacava, ga semua orang bisa pakai. sy ga bisa pakai krn mengurangi akses oksigen. apalagi saat macet. dulu nyesel juga beli krn ga terpakai.
yg sering dilupakan sepatu dan sarung tangan naik motor idealnya pakai keduanya. bila terjatuh dr motor biasanya yg baret2 adalah 2 bagian tubuh itu. jd penting. selain itu sarung tangan yg bagus dpt menghangatkan tangan saat berkendara pd waktu hujan. sepatu yg bagus hrs punya grip pd solnya. jgn sampai terpleset saat menahan berat motor di saat berhenti. hindari sepatu bersol licin dan apalagi hak tinggi. amit2.... jgn korbanin safety utk sbuah style.....
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2160
- Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
- Location: Indonesia
Re: Safety Riding ... R2
Helm expire...
kaya makanan aja
kalo udh mendekati expired date didiskon gak ya
Ngomong2 balacava tu opo ya? Eksotis bener namanya



kalo udh mendekati expired date didiskon gak ya



Ngomong2 balacava tu opo ya? Eksotis bener namanya

Pursuit of Perfection
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Safety Riding ... R2
yupp... ada diskonnya. malah kadang helm sudah expire dijual juga. orang sini msh byk yg mementingkan style drpd safety.
balacava itu kerudung dr bahan kaos yg dipakai sebelum memakai helm. biasa dipakai pembalap. balacava yg bagus bisa menyerap keringat dan jg utk melindungi keringat masuk ke mata.
balacava itu kerudung dr bahan kaos yg dipakai sebelum memakai helm. biasa dipakai pembalap. balacava yg bagus bisa menyerap keringat dan jg utk melindungi keringat masuk ke mata.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2160
- Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
- Location: Indonesia
Re: Safety Riding ... R2
Oo sarung kepala ituu...yg namanya balacavay_anjasrana wrote:yupp... ada diskonnya. malah kadang helm sudah expire dijual juga. orang sini msh byk yg mementingkan style drpd safety.
balacava itu kerudung dr bahan kaos yg dipakai sebelum memakai helm. biasa dipakai pembalap. balacava yg bagus bisa menyerap keringat dan jg utk melindungi keringat masuk ke mata.
tetap itu nama lebih cucok buat nama makanan


enaknya makan di villa yg agak tinggi dibukit tapi ditepi pantai sambil ngeliatin koleksi boil2 yg dipajang diluar villa yg dibuat dari kaca

apalagi kalo ada nonik


Pursuit of Perfection
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Safety Riding ... R2
Seger..
Eksotis...
Hawaii..
Villa..
Pantai...
Nonik...
alarm trigger for a cat.....

Eksotis...
Hawaii..
Villa..
Pantai...
Nonik...
alarm trigger for a cat.....

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Safety Riding ... R2
Hiks.... helm AGV ane jaman kuliah dahulu dimana yaaa...?


" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Mon Apr 07, 2008 8:35
Re: Safety Riding ... R2
Pendapat lain mengenai aplikasi AHO di Indonesia,
http://indobikermags.com/2013/10/20/mau ... gak-butuh/
http://indobikermags.com/2013/10/20/mau ... gak-butuh/
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Safety Riding ... R2
DRL itu istilah untuk lampu di mobil yg wajib nyala.QnetiC wrote:Pendapat lain mengenai aplikasi AHO di Indonesia,
http://indobikermags.com/2013/10/20/mau ... gak-butuh/
AHO, lampu utama yang wajib nyala bagi motor.
Lampu nyala siang di motor hanya ada di Eropa dan US?
Ngga bro. Malaysia dan singapore yang notabene iklim tropis sepanas Medan, sudah aplikasi sejak 1994. Inget kasus Suzuki FXR yang diimpor utuh dari Malaysia dikomplen karena nggada saklar lampu untuk matikan lampu?
Bukti tegas tidak terbantahkan bahwa AHO bagi motor diterapkan juga di negara tropis.
Sekarang, Thailand pun sudah menerapkan.
Udah gitu, kolom komentar juga ditutup... Komentar kan bisa diedit sesuai maunya yang punya blog..

Nih cek, Honda Wave 125x Thailand a.k.a Revo 100cc kalo di Indonesia...
Perhatikan... Sudah nggada saklar lampunya kan?

Monggo dicek, Honda Wave Dash Malaysia a.k.a Honda Blade di Indonesia...
Ada saklar lampunya?


Malaysia bukan negara 4 musim yang pencahayaannya selalu rendah kan?

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Mon Apr 07, 2008 8:35
Re: Safety Riding ... R2
Ow, thank atas infonya bro.
Jalan tengahnya mungkin menggunakan lampu yg lebih efisien untuk aplikasi AHO.
*komentar ditutup mungkin karena post lama di blog itu(*edit)
Jalan tengahnya mungkin menggunakan lampu yg lebih efisien untuk aplikasi AHO.
*komentar ditutup mungkin karena post lama di blog itu(*edit)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Safety Riding ... R2
Begini om...QnetiC wrote:Ow, thank atas infonya bro.
Jalan tengahnya mungkin menggunakan lampu yg lebih efisien untuk aplikasi AHO.
*komentar ditutup mungkin karena post lama di blog itu(*edit)
Di kebanyakan negara di dunia yang menerapkan AHO bagi motor, mostly menggunakan lampu utamanya, karena sepeda motor is the smallest profile on the road, so they need to be seen to be safe.
Ini bukan perkara mata kita dikira buta kalau mendukung AHO, tapi lebih pada setuju bahwa kecepatan reaksi mata kita untuk melihat sebuah objek bercahaya yang meningkat dibandingkan objek tersebut tidak memancarkan cahaya, adalah sarana untuk meningkatkan kewaspadaan untuk keselamatan di jalan raya..
Karena itu, sekarang pun mobil memiliki fitur Daytime Running Light. Lampu yang menyala siang hari pada mobil, bukan lampu utama, tapi lampu sekunder, karena bentuk fisik kendaraan mobil adalah bentuk umum yang beredar di jalan raya. Karena itu, bus bus di luar, juga wajib nyalakan lampu utama, karena bentuknya yang jauh lebih besar dari bentuk umum mobil, dan potensi bahaya yang bakal terjadi adalah sangat besar apabila terjadi kecelakaan.
IMHO, CMIIW...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "