safety
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1088
- Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
- Location: Jakarta
safety
banyak pendapat yang menyalahkan produsen merek jepang membodohi masyarakat dengan menjual produk yang jelek safetynya.
gak bisa menyalahkan produsen merek jepang yang membodohi masyarakat.emang masyarakat yang bodo koq.
naik motor wajib helm, berapa banyak yang gak pake. atau pake yang kelas abal2.
sekarang berapa banyak yang pake seatbelt waktu duduk dibaris kedua?
yang di baris depan aja gak seat belt koq.
bahkan seatbelt depan selalu dicolok ke gesper supaya gak nyala lampu warning, dan seat beltnya didudukkin.
contoh lain
suzuki Ertiga ada tipe GL dan GX, deda 8 juta kalo gak salah, bedanya yanf GX ada airbag dan abs.
8 juta itu sangat worth buat 2 benda itu.
ada yanf beli juga kan yang GL.
Daihatau Luxio pernah keluarin varian X yang dengan abs, nambah 3 juta.
sekarang discontinue karena gak ada yang beli.
saya punya Daihatsu Granmax versi expor ke Jepang, lengkap dengan double Airbag, abs, tapi gak pake radio dan pelek kaleng.
yang versi lokal
ada sein spion, pelek racing, ada tanduk depan.
tapi no safety.
orang indonesia pilih gaya dibanding safety.
Nissan Grand Livina 1.5L lama ada varian Ultimate dan Highway Star, yang ultimate dg abs airbag, yang HWS dengan body kit no airbag abs.
ada yang beli kan yang HWS. katanya lebih stylish.
banyak deh contoh lain.
bukan produsen yang geblek. pasarnya yang geblek.
pertanyaan terakhir,
pada pake child seat gak buat anak bayi/ balitanya?
gak bisa menyalahkan produsen merek jepang yang membodohi masyarakat.emang masyarakat yang bodo koq.
naik motor wajib helm, berapa banyak yang gak pake. atau pake yang kelas abal2.
sekarang berapa banyak yang pake seatbelt waktu duduk dibaris kedua?
yang di baris depan aja gak seat belt koq.
bahkan seatbelt depan selalu dicolok ke gesper supaya gak nyala lampu warning, dan seat beltnya didudukkin.
contoh lain
suzuki Ertiga ada tipe GL dan GX, deda 8 juta kalo gak salah, bedanya yanf GX ada airbag dan abs.
8 juta itu sangat worth buat 2 benda itu.
ada yanf beli juga kan yang GL.
Daihatau Luxio pernah keluarin varian X yang dengan abs, nambah 3 juta.
sekarang discontinue karena gak ada yang beli.
saya punya Daihatsu Granmax versi expor ke Jepang, lengkap dengan double Airbag, abs, tapi gak pake radio dan pelek kaleng.
yang versi lokal
ada sein spion, pelek racing, ada tanduk depan.
tapi no safety.
orang indonesia pilih gaya dibanding safety.
Nissan Grand Livina 1.5L lama ada varian Ultimate dan Highway Star, yang ultimate dg abs airbag, yang HWS dengan body kit no airbag abs.
ada yang beli kan yang HWS. katanya lebih stylish.
banyak deh contoh lain.
bukan produsen yang geblek. pasarnya yang geblek.
pertanyaan terakhir,
pada pake child seat gak buat anak bayi/ balitanya?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 741
- Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
- Location: Jakarta & Bekasi
Re: safety
Ane ngaku salah mengenai penumpang baris kedua belum pada pake seatbelt, sekalian numpang tanya, kalau anak umur ampir 6 tahun itu sebaiknya pake seatbelt ngga yah kalau di baris kedua? Takutnya malah lehernya kena seatbelt...
Kalau soal fitur keselamatan lainnya Alhamdullilah ane udh bisa nge beli mobil yg cukup lengkap...
Kalau soal fitur keselamatan lainnya Alhamdullilah ane udh bisa nge beli mobil yg cukup lengkap...
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: safety
Lihat ukuran tubuhnya, kalo masih kekecilan utk bangku std maka gunakan child seat IsofixDDR wrote:Ane ngaku salah mengenai penumpang baris kedua belum pada pake seatbelt, sekalian numpang tanya, kalau anak umur ampir 6 tahun itu sebaiknya pake seatbelt ngga yah kalau di baris kedua? Takutnya malah lehernya kena seatbelt...
Kalau soal fitur keselamatan lainnya Alhamdullilah ane udh bisa nge beli mobil yg cukup lengkap...
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: safety
Mungkin ane sebagai salah satu member kere di SM bisa urun rembug..
Kalau soal airbag, mungkin keparnoan masy adlh kalau terjadi srudukan kecil, misalnya nyundul pohon jeruk dpn rumah saat puter balik yang mengakibatkan airbag deploy, menimbulkan kengerian tersendiri atas by penggantian airbag yg berjut jut..
Bukannya diganti asuransi? Well saya termasuk salah satu dari jutaan konsumen yg juga ngeri dengan asuransi.
So, they play safe dalam artian safe for their own money..
IMHO, CMIIW lho yaa..
Kalau soal airbag, mungkin keparnoan masy adlh kalau terjadi srudukan kecil, misalnya nyundul pohon jeruk dpn rumah saat puter balik yang mengakibatkan airbag deploy, menimbulkan kengerian tersendiri atas by penggantian airbag yg berjut jut..
Bukannya diganti asuransi? Well saya termasuk salah satu dari jutaan konsumen yg juga ngeri dengan asuransi.
So, they play safe dalam artian safe for their own money..
IMHO, CMIIW lho yaa..

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 741
- Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
- Location: Jakarta & Bekasi
Re: safety
Itu dia bro Turbo, hehe, ane nggak ngerti kekecilan nggak nya gimana ngukurnya? apa dengan tinggi badan yah? kalau nggak salah sih anak ane yang paling kecil tinggi nya udah 120-an lebih dikit deh... kalau nggak salah nih (hmmm bapak macem mana ya ane kagak afal tinggi anak hehehehe)...Turboman wrote:Lihat ukuran tubuhnya, kalo masih kekecilan utk bangku std maka gunakan child seat IsofixDDR wrote:Ane ngaku salah mengenai penumpang baris kedua belum pada pake seatbelt, sekalian numpang tanya, kalau anak umur ampir 6 tahun itu sebaiknya pake seatbelt ngga yah kalau di baris kedua? Takutnya malah lehernya kena seatbelt...
Kalau soal fitur keselamatan lainnya Alhamdullilah ane udh bisa nge beli mobil yg cukup lengkap...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 400
- Joined: Wed Sep 18, 2013 2:26
- Location: Di atas genteng
- Daily Vehicle: CX-5
Re: safety
Law di beberapa negara soal child safety seat
Austria
Canada
Austria
All children who are smaller than 150 cm (4 ft 11 in) and younger than 14 years old must use a booster or car seat appropriate to their weight. A child must be either 14 years old or 4'11" to ride without a booster seat.
Canada
Germany*Child restraint requirements vary from province to province.
*The strictest province law requires children who are younger than 10-years-old and smaller than 4 ft 9 in to use a booster seat.
*For safety reasons, it is generally advised to use a booster seat until the child reaches a height of 4 ft 9 in.
UK*All children younger than 12 years or smaller than 150 cm (4 ft 11 in)[44] must use a booster seat or child-safety seat appropriate to their weight. The Department of Transport advises that children continue to use a seat when they are 12 years or older but smaller than 150 cm (4 ft 11 in).
*It is highly recommended that children younger than 14 years sit in the back seat or use a booster seat in the front seat.
SpainFrom September 18, 2006, All children under the age of 12 have to use some form of child car seat, unless they are taller than 135 cm (4 ft 5in)
USFront seats: children younger than 12 years or smaller than 4 feet 5 inches must use a child-safety seat. Persons bigger than 135 cm (4 ft 5 in) may use the adult safety belt.
Rear seats: persons smaller than 135 cm must use a child-safety seat.
*Child restraint requirements differ for the various states in the United States.
*In some states, children who are four years or older can use an adult seat belt without a child safety seat and in some states a booster seat is required up to age nine.
*The Department of Transportation advises to use a child restraint or a booster seat for all children who are shorter than 4 ft 9 in, regardless of age and weight, or even longer if the belts hit the child at the wrong place. Some booster seats can be used for children up to 60 inches and 100 pounds.
*Many state laws require that children 12 years and younger sit in the back seat. This includes newborns.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 741
- Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
- Location: Jakarta & Bekasi
Re: safety
Mantap bro antekakio... berarti ane asumsikan saja dibawah 135cm masih pake child seat yah... sip sip... ane cari cari dulu child seat nya 

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 198
- Joined: Tue Oct 01, 2013 8:02
- Location: DCI Djakarta
Re: safety
Sy pake baby car seat. Kalo masih bayi banget, baiknya dipasang menghadap belakang. Dan pantang dipasang di jok depan.
Paling sebel lihat anak dipangku di jok depan, apalagi kalo dipangku sambil nyetir.
Paling sebel lihat anak dipangku di jok depan, apalagi kalo dipangku sambil nyetir.
Kalo cuma buat tampilan, berarti ga ada fungsinya. Kalo ga ada fungsinya, buat apa dipasang?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Sat Dec 07, 2013 6:53
Re: safety
ane klo duduk di depan (driver or penumpang) mesti selalu pake sabuk...
tp kok kalo duduk di baris kedua kyknya sekalipun belum pernah pake sabuk...contoh yg jelek..
padahal klo accident katanya yg d baris kedua malah lebih beresiko ya...
harus merubah kebiasaan nih...bisa ga ya...
tp kok kalo duduk di baris kedua kyknya sekalipun belum pernah pake sabuk...contoh yg jelek..

padahal klo accident katanya yg d baris kedua malah lebih beresiko ya...
harus merubah kebiasaan nih...bisa ga ya...

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 198
- Joined: Tue Oct 01, 2013 8:02
- Location: DCI Djakarta
Re: safety

Kalo cuma buat tampilan, berarti ga ada fungsinya. Kalo ga ada fungsinya, buat apa dipasang?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: safety
Seat belt baris kedua kalo isinya anak2 tanggung/ABG repot juga. Anak2 umur segitu khan ndak bisa diam (banyak gerak maksudnya). Bisa ngomel sepanjang jalan kalo disuruh pake seat belt.
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 741
- Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
- Location: Jakarta & Bekasi
Re: safety
Kalau anak ane yang ampir 6 tahun ini malah terbalik bro, malah dia maksa maksa pake Seatbelt secara di acara TV yg dia suka tonton (acara anak2 di Ind*vision), suka disuruh pake Seatbelt katanyah hehehe...artoodetoo wrote:Seat belt baris kedua kalo isinya anak2 tanggung/ABG repot juga. Anak2 umur segitu khan ndak bisa diam (banyak gerak maksudnya). Bisa ngomel sepanjang jalan kalo disuruh pake seat belt.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1109
- Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30
Re: safety
...sedikit tambahan, untuk anak kecil (tinggi 130cm ke bawah) sangat tidak recommend duduk di 1st row dimana ada airbag yg masih nyala.
Kalo terpaksa duduk di depan, matikan dulu airbagnya. Kalau tidak bisa, sebaiknya jgn dipaksakan duduk di depan. Hal ini mungkin sudah disebutkan (walau secara samar) di buku manual. Kalo tanya seles mobil pasti bilang amaaaannnn.... padahal kenyataannya:
Untuk anak kecil / semua org yg tingginya 130cm ke bawah, ketika terjadi tumbukan frontal dan airbag di dashboard mengembang, momentum badan ke depan, airbag kemungkinan besar akan mengenai kepala (pdhl dirancang untuk mengenai dada), nah tekanan airbag pada kepala ditambah momentum badan yg terdorong ke depan, akibatnya bisa sangat fatal - cedera permanen tulang leher, atau lebih parah saraf leher terkompresi begitu besar sehingga mengakibatkan kematian.
Ini sering saya lihat di mana anak2 dengan bebasnya duduk di bangku depan mobil, pdhl ada airbagnya.
Kalo terpaksa duduk di depan, matikan dulu airbagnya. Kalau tidak bisa, sebaiknya jgn dipaksakan duduk di depan. Hal ini mungkin sudah disebutkan (walau secara samar) di buku manual. Kalo tanya seles mobil pasti bilang amaaaannnn.... padahal kenyataannya:
Untuk anak kecil / semua org yg tingginya 130cm ke bawah, ketika terjadi tumbukan frontal dan airbag di dashboard mengembang, momentum badan ke depan, airbag kemungkinan besar akan mengenai kepala (pdhl dirancang untuk mengenai dada), nah tekanan airbag pada kepala ditambah momentum badan yg terdorong ke depan, akibatnya bisa sangat fatal - cedera permanen tulang leher, atau lebih parah saraf leher terkompresi begitu besar sehingga mengakibatkan kematian.
Ini sering saya lihat di mana anak2 dengan bebasnya duduk di bangku depan mobil, pdhl ada airbagnya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 741
- Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
- Location: Jakarta & Bekasi
Re: safety
Betul bro... makanya anak ane yang paling kecil tetep duduk di belakang (biarpun seringkali terpaksa bareng mamah nya duduk dibelakang, ane jadi kaya supir secara anak ane gak mau pisah dari mamahnya hehehe)... cm ane salahnya yg duduk di belakang belum diwajibkan pake seatbelt... padahal seharusnya kan udah pake juga...g4ndalf wrote:...sedikit tambahan, untuk anak kecil (tinggi 130cm ke bawah) sangat tidak recommend duduk di 1st row dimana ada airbag yg masih nyala.
Kalo terpaksa duduk di depan, matikan dulu airbagnya. Kalau tidak bisa, sebaiknya jgn dipaksakan duduk di depan. Hal ini mungkin sudah disebutkan (walau secara samar) di buku manual. Kalo tanya seles mobil pasti bilang amaaaannnn.... padahal kenyataannya:
Untuk anak kecil / semua org yg tingginya 130cm ke bawah, ketika terjadi tumbukan frontal dan airbag di dashboard mengembang, momentum badan ke depan, airbag kemungkinan besar akan mengenai kepala (pdhl dirancang untuk mengenai dada), nah tekanan airbag pada kepala ditambah momentum badan yg terdorong ke depan, akibatnya bisa sangat fatal - cedera permanen tulang leher, atau lebih parah saraf leher terkompresi begitu besar sehingga mengakibatkan kematian.
Ini sering saya lihat di mana anak2 dengan bebasnya duduk di bangku depan mobil, pdhl ada airbagnya.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Sat Dec 07, 2013 6:53
Re: safety
br tau saya omg4ndalf wrote:...sedikit tambahan, untuk anak kecil (tinggi 130cm ke bawah) sangat tidak recommend duduk di 1st row dimana ada airbag yg masih nyala.
Kalo terpaksa duduk di depan, matikan dulu airbagnya. Kalau tidak bisa, sebaiknya jgn dipaksakan duduk di depan. Hal ini mungkin sudah disebutkan (walau secara samar) di buku manual. Kalo tanya seles mobil pasti bilang amaaaannnn.... padahal kenyataannya:
Untuk anak kecil / semua org yg tingginya 130cm ke bawah, ketika terjadi tumbukan frontal dan airbag di dashboard mengembang, momentum badan ke depan, airbag kemungkinan besar akan mengenai kepala (pdhl dirancang untuk mengenai dada), nah tekanan airbag pada kepala ditambah momentum badan yg terdorong ke depan, akibatnya bisa sangat fatal - cedera permanen tulang leher, atau lebih parah saraf leher terkompresi begitu besar sehingga mengakibatkan kematian.
Ini sering saya lihat di mana anak2 dengan bebasnya duduk di bangku depan mobil, pdhl ada airbagnya.

maklum belum pernah punya mobil sendiri....apaalagi yg ada airbagnya...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: safety
sebenarnya yg penting drivernya, bukan seatbelt nya, bawa keluarga yah hati2 aja nyetirnya, mata kemana2, ambil jalur aman, jangan ngebut, jaga jarak dll 

STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1109
- Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30
Re: safety
Seatbelt itu sangat penting, lebih penting dr airbag menurut saya. Dulu saya pernah lihat discovery channel test crash dummy, tanpa seatbelt kepala terbentur ke mana2, pertama ke kaca depan, trus samping, dll. Benturan spt ini bisa mengakibatkan gegar otak atau malah pendarahan otak.htannis wrote:sebenarnya yg penting drivernya, bukan seatbelt nya, bawa keluarga yah hati2 aja nyetirnya, mata kemana2, ambil jalur aman, jangan ngebut, jaga jarak dll
Kita udah hati2 bukan berarti lawan pasti hati2 juga.... keep safety riding... eh driving... hehehe

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 614
- Joined: Wed Apr 09, 2008 9:22
- Daily Vehicle: CX-5 KF
Re: safety
Bener om, anak gw yg 5 thn dulu suka ngotot mau duduk di depan. untungnya ada panduan didepan dlm bentuk gambar dan tulisan under 12yrs gak boleh duduk depan dan dia mau nurut. kalo duduk dibaris kedua kadang seatbelt mau dipakai kadang gak mau..tapi dilema juga krn jatuhnya gak pas didada. ntar beli child seat dehg4ndalf wrote:...sedikit tambahan, untuk anak kecil (tinggi 130cm ke bawah) sangat tidak recommend duduk di 1st row dimana ada airbag yg masih nyala.
Kalo terpaksa duduk di depan, matikan dulu airbagnya. Kalau tidak bisa, sebaiknya jgn dipaksakan duduk di depan. Hal ini mungkin sudah disebutkan (walau secara samar) di buku manual. Kalo tanya seles mobil pasti bilang amaaaannnn.... padahal kenyataannya:
Untuk anak kecil / semua org yg tingginya 130cm ke bawah, ketika terjadi tumbukan frontal dan airbag di dashboard mengembang, momentum badan ke depan, airbag kemungkinan besar akan mengenai kepala (pdhl dirancang untuk mengenai dada), nah tekanan airbag pada kepala ditambah momentum badan yg terdorong ke depan, akibatnya bisa sangat fatal - cedera permanen tulang leher, atau lebih parah saraf leher terkompresi begitu besar sehingga mengakibatkan kematian.
Ini sering saya lihat di mana anak2 dengan bebasnya duduk di bangku depan mobil, pdhl ada airbagnya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: safety
Imho, pemasangan airbag di mobil murah masakini sebagai suatu marketing gimmick saja, krn peraturannya belum mengharuskan/mewajibkan produsen masang airbag. Diperparah lagi, kewajiban pakai sabuk pengaman baru di depan belum menyentuh penumpang di belakangnya. Alhasil: benturan budaya. Nanti kalau ada anak patah tulang akibat dihantam airbag depan, yang disalahin oleh orang awam bakal airbagnya, bukan budaya yg salah meletakkan anak di kursi depan yg ber airbag. Atau... misalnya terjadi defect airbag tidak mengembang, produsen tidak menjadi pihak yang dapat dipersalahkan, wong regulasinya nggada..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 424
- Joined: Fri May 11, 2012 3:26
Re: safety
Gw pernah baca artikel tentang car seat untuk bayi di mobil.
Sangat disarankan dari newborn s/d 2tahun menggunakan rear facing car seat.
Tapi kenyataannya di pasaran mostly cuma sampai 1tahun untuk rear facing.
Untuk iso fix juga base, mempermudah pemasangan car seat, tapi masalahnya base iso fix untuk car seatnya itu susah dicari.. Sekalian kalo ada yang tau gw mau minta info beli di mana hehe..
Kalo masalah bayi dan anak pakai car seat, orang2 di sekitar gw memang jarang banget yang pake, antara merasa mahal, dan anaknya tidak betah di carseat..
Sangat disarankan dari newborn s/d 2tahun menggunakan rear facing car seat.
Tapi kenyataannya di pasaran mostly cuma sampai 1tahun untuk rear facing.
Untuk iso fix juga base, mempermudah pemasangan car seat, tapi masalahnya base iso fix untuk car seatnya itu susah dicari.. Sekalian kalo ada yang tau gw mau minta info beli di mana hehe..
Kalo masalah bayi dan anak pakai car seat, orang2 di sekitar gw memang jarang banget yang pake, antara merasa mahal, dan anaknya tidak betah di carseat..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 614
- Joined: Wed Apr 09, 2008 9:22
- Daily Vehicle: CX-5 KF
Re: safety
ada om sampai 4 thn malah, merk aprica (japan) kalo ngak salah. harganya di indo hampir 7jtpdm wrote:Gw pernah baca artikel tentang car seat untuk bayi di mobil.
Sangat disarankan dari newborn s/d 2tahun menggunakan rear facing car seat.
Tapi kenyataannya di pasaran mostly cuma sampai 1tahun untuk rear facing.
Untuk iso fix juga base, mempermudah pemasangan car seat, tapi masalahnya base iso fix untuk car seatnya itu susah dicari.. Sekalian kalo ada yang tau gw mau minta info beli di mana hehe..
Kalo masalah bayi dan anak pakai car seat, orang2 di sekitar gw memang jarang banget yang pake, antara merasa mahal, dan anaknya tidak betah di carseat..

betah ngak betah ternyata soal kebiasaan, kalo dari kecil udh pakai mrk jd biasa ( kebetulan kmrn lihat teman ada yg pakai sekalian nanya )
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 424
- Joined: Fri May 11, 2012 3:26
Re: safety
Gw udah terlanjur beli merek maxicosi untuk carseat, cari2 isofix basenya belum ketemu, ditanyain ke mothercare sudah 1tahun juga ga masuk2 tu barang.
Kalo aprica memang bagus, japan brand, mahal. Strollernya juga bagus, tapi mahal, sebagai gantinya gw beli combi, lebih murah, japan brand juga
Untuk stroller rear facing mode-nya combi sudah bisa belok2 roda depannya bisa dapet di harga 4-5jtan. Kalo aprica harus 6-8juta.
Harganya mungkin sudah gak sama karena saya udah beli hampir 1tahun lalu.
Kalo aprica memang bagus, japan brand, mahal. Strollernya juga bagus, tapi mahal, sebagai gantinya gw beli combi, lebih murah, japan brand juga

Untuk stroller rear facing mode-nya combi sudah bisa belok2 roda depannya bisa dapet di harga 4-5jtan. Kalo aprica harus 6-8juta.
Harganya mungkin sudah gak sama karena saya udah beli hampir 1tahun lalu.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: safety
Mobil2 gw, anak2 gw ngapain loe lihat2sepatupuma wrote:Sy pake baby car seat. Kalo masih bayi banget, baiknya dipasang menghadap belakang. Dan pantang dipasang di jok depan.
Paling sebel lihat anak dipangku di jok depan, apalagi kalo dipangku sambil nyetir.


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: safety
anak kecil mana ada yg mau duduk di kursi racing gitu diiket
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2160
- Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
- Location: Indonesia
Re: safety
bakal protes semua anak2htannis wrote:anak kecil mana ada yg mau duduk di kursi racing gitu diiket
dianggepnya bayi .....marahlah..
duduk didepan aja jarang yg mau pk seatbelt
Pursuit of Perfection