Selasa, 01 Maret 2005
Jakarta, Otomotif
Kasihan banget kalau maling berniat nyolong Kymco Cevira. Soalnya, meski dia bisa buka kunci setang dan kunci rahasia, masih ketemu satu pengaman lagi. Motor sih bisa dihidupkan, tetapi begitu mau diajak kabur, enggak bisa ngegas. Yaahh.. keburu kepergok deh! Rasain!
KUNCI SETANG
Pengaman grip gas sebenarnya sudah diaplikasi pabrikan Kymco pada skutik Easy. Namun belakangan dipasang pula pada bebek Cevira (110 cc dan 125 cc). "Awalnya kunci grip gas di skutik Easy untuk pengaman teknologi TPFC. Yakni semacam pompa akselerator," bilang Mujizat, dari divisi education & workshop PT Kymco Lippo Cikarang Indonesia (KLMI), selaku ATP Kymco tanah air.
Pada teknologi TPFC, saat grip gas dipelintir, maka bensin akan menyembur ke ruang bakar untuk membantu pembakaran pada tarikan awal. Sialnya, kala mesin mati, pompa akselerator tetap akan bekerja menyemburkan bensin jika grip gas dipelintir. "Makanya dipasang kunci pengaman grip gas tersebut. Mencegah orang iseng mainin grip gas (saat mesin mati). Sebab ruang bakar bakal banjir. Motor jadi susah hidup," tambahnya.
Tetapi di Cevira (versi 110 cc cakram dan Grand Cevira 125) yang tidak menganut teknologi TPFC, pengaman grip gasnya kok dipasang? "Kasusnya di Cevira lain. Sekarang kan banyak pencurian kendaraan bermotor. Kami melengkapi pengaman tersebut untuk faktor security," tutur Mujizat.
Mengoperasikan pengaman tersebut simpel saja. Ketika motor selesai diparkir (grip gas dalam keadaan menutup), masukkan anak kunci ke rumah kunci di ujung grip gas. Lalu putar anak kunci searah jarum jam sampai mentok. Setelah itu tarik anak kunci keluar. Beres deh, putaran grip gas bakal tertahan.
"Kontruksi mirip kunci setang. Pada selongsong grip gas terdapat lubang buat dudukan pin pengancing yang ada di rumah kunci," terang Mijizat. Saat anak kunci diputar ke kanan, maka pin pengunci tersebut akan nongol keluar dari rumah kunci dan masuk ke lubang di selongsong grip gas. (DiC)
Kunci Grip Gas, Satu Lagi untuk Maling
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 25
- Joined: Sat Jan 22, 2005 8:01
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 421
- Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
- Location: Jakarta
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 71
- Joined: Sat Jan 29, 2005 15:41
- Location: jakarta
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
WAh sepintar2nya kita, masih lebih pintar maling....
coba deh kalo malingnya buang minyak rem, atau gunting selang minyak rem atau kabel rem....cerita nnya langsung ending deh....tinggal dorong ketempat yang aman, dan baru akalin gripnya....
akhirnya balik lagi ke cara yang lebih safe, pake cara manual, gembokin roda depan...ha..ha...ha......ha......
coba deh kalo malingnya buang minyak rem, atau gunting selang minyak rem atau kabel rem....cerita nnya langsung ending deh....tinggal dorong ketempat yang aman, dan baru akalin gripnya....
akhirnya balik lagi ke cara yang lebih safe, pake cara manual, gembokin roda depan...ha..ha...ha......ha......
