Prolog
Honda CRV yang akan gw review adlh gen.4 (RM3) dan sudah dipasarkan di Indonesia sejak akhir 2012. Di Indo dijual dgn 2 varian mesin (2000 cc dan 2400 cc) dan memiliki 5 varian resmi (menjadi 9 ditambah varian yg diciptakan diler, Gold dan Excellent) Saat ini tidak ada tipe standard lg, adanya tipe Gold, Prestige dan Excellent.
Varian Excellent adlh varian yg diciptakan oleh diler, untuk memperbaiki bug head unit (sebenarnya ga tepat disebut bug) yaitu head unit yg tdk bs memutar DVD ketika mbl jalan, jadi di varian Excellent ini HU prestige diganti dgn HU cungkwo yg ga jelas merknya dan di varian ini tdk ada tombol Bluetooth phone di stir, tp dikompensasi dgn tweeter. Harga si Excellent ini sama dgn Prestige dan ttp discover garansi. Jadi, jika ente buka web Honda, ente2 semua ga bakal nemu varian Excellent & Gold.

Awalnya, bokap mencari kandidat pengganti kijang innova 2009 dia yg udh uzur.. bujet yg disiapkan hampir 500 jeteng dgn pilihan mobilnya yaitu SUV. Awalnya bokap naksir Harrier 2009-2010, cmn gw agak horror ama spionnya jadi harrier dicoret… lalu kandidatnya adlh crv, cx5, pajero semprott, fortie vnt dan outlander. Pajero semprot dan fortie dicoret krn dimensi terlalu bongsor, dan outlander dicoret krn kabin terlalu sempit. Kandidat selanjutnya yaitu crv dan cx5. Awalnya gw naksir cx5, tp krn ortu masiii aja percaya ama resale value crv (ampe gw keluarin jurus2ny si RV pun ga mempan)


Eksterior
Bagian depan, gw suka ama moncong ini mbl, elegant bgt dan cakep…



Samping, ini mbl lmyn lah, not bad…
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)

Bagian blkg, ini ad bagian terjelek….




Velg 18” bawaan yg menurut gw terinspirasi dr kelopak bunga yg sedang mekar (bukan nonik remaja yg sedang ranum2nya) dilapis ban Dunlop SP SPORT MAXX bagus bgt


Interior
Dashboard didominasi coklat gelap dan beige terang, dgn jok kulit asli berwarna beige terang.. Desain dashboard menurut selera kampungan gw sih cakep, doortrim jg menurut gw lumayan bagus, tp material yg digunakan masih dibawah CRV RE.. Seharusnya dikasi softpad kek CX5.. Handle pintu jg pake plastic, pdhl innova v udh pake
krom…




Di CRV terbaru ini ud pake console box dgn tutup console berfungsi sbg armrest ,menurut gw bagus, cmn 'lorong' di antara legroom driver dgn passenger baris 1 spt di CRV gen 3 useful, disana kt bisa tarok tas ato makanan klo perlu tong sampah kecil..
Speedometer bagus dgn model 3 lapis dan ad lampu di samping indikator KPH, jika berwarna hijau berarti kt melakukan eco drive... Tp sgt disayangkan tdk ad indikator yg menandakan pintu mana sajakah yg terbuka / tertutup..


Tombol start stop menciptakan kesan sporty di CRV ini, panel kayu black wood jg makin menambah kesan elegan mbl ini.. Sayangnya, sunvisor jg blm pake lampu… Hello? Rush aja udh pake lampu di sunvisornya!
Baris ke-2 nyaman, ada AC belakang, dan metode Ultra Seat (yg dpt melipat jok hanya dgn 1 tuas) cukup membantu, tdk ad tonneau cover justru membuat gw senang, krn gw plg suka klo mbll ga d tonneau cover. Ban serep menggunakan SP SPORT MAXX 18" full size

i-MID menurut gw cukup bagus, sayangny cukup memakan tempat, seharusnya dikasi space utk fitur yg penting spt :
- TPMS
- Indikator bukaan pintu
- GPS
Audio menurut kuping cupu gw sih udh mantab, cmn ga 100% terintegrasi dgn i-MID, spt pas HU memutar lagu lewat USB, yg tampil di i-MID cmn "Track 150" dan keliatan bgt HU cungkwonya...



Spt Honda biasanya, cup holder & penyimpanan byk, di doortrim ad tpt penyimpanan kecil dibawah power window, yg menurut gw sgt berguna utk menyimpan uang receh..
Enji gay....eh enjin bay

Mesin K24AZ bertenaga 190 HP dan 220 NM menjamin tenaga di CRV ini.. Akselerasi buas, ampe rem pun kewalahan menjinakkan tenaga mesinnya... Naik ampe 100 sih kecil... Gw blm nyoba paddle pop...eh paddle shift mbl ini, maklum masi pake plat nomor bodong, blm berani dibawa jauh..


Konsumsi BBM menurut gw irit, gw pake ini mbl udh 5 hari cmn menghabiskan setengah tangki (bbm premium, econ on), cukup bagus utk mbl bermesin 2400 cc tp AV plg banter 4.8 (masi inreyen kali)


Ride & handling
- As driver
Start engine, suara mesin halus.. Pindah tranny ke D dan mbl menggelinding dgn halus... Posisi mengemudi menurut gw lebih nyaman dr CX5.. Electric seat with lumbar support menurut gw cukup membantu gw mendapat posisi duduk yg ideal.. Pas mbl berjalan, yg terdengar cmn audio, kontak ban dgn aspal dan raungan mesin yg halus.. Stir ringan tp feedbacknya ga ada, kek nyetir mbl di game tp yg ini lebih berat sedikit... Sentakan transmisi pd saat perpindahan gigi 1 ke 2 cukup halus, padahal masi pake 5AT jadul... Handling cukup baik, meski tdk sebaik CX5.. Tp ditradeoff dgn bantingan CX5 yg keras... Ban SP SPORT MAXX bagus, ga kek dunlop lainnya (SP 2050 di Mazda2 gampang benjol dan bising, SP 300 di GL ga ad traksi dan bising) dan di keluarga udh nempel di pikiran ban dunlop itu sampah, tp ban bawaan CRV ini menghapus anggapan itu...

-As passenger
Duduk di jok penumpang dpn, headroom & legroom luas, tp punggung jok ga enak, terlalu gembung & keras.. Bantingan empuk tp ga dibanting2 (ga kek innova, empuk tp dibanting2) Sedang di baris ke2, headroom dan legroom plg luas di kelasnya menurut gw, lantai rata membuat akomodasi luas.. Legroom menurut gw klo dibanding ama CRV gen 3 sih lebih luas yg ini, tp sedikit.. Suara yg masuk sih sedikit klo di baris ke2 ini..

Verdict
Dgn harga 472 jeteng, jika ente termasuk orang yg mementingkan value for money, ente lebih baik beli CX5 krn CRV ini tdk memenuhi aspek yg ente butuhkan.. Fitur kecil spt lampu di sunvisor dan klakson pun disunat Jonpis habis2an (damn you) tp jika ente sering membawa keluarga, CRV tdk ada tandingannya..
P.S : faktor resale value tdk gw masukkan krn mbl 400+ jelek bgt resalenya..
Pros:
-Kabin luas
-Tdk rewel diisi BBM bersubsidi
-Tarikan sadis
-Desain interior & permainan warna membuat kabin CRV terlihat luas
-Ban bawaan bagus
-Moncong cakep

-Irit utk ukuran mbl dgn mesin 2400 cc
-Bantingan empuk padahal pake 18"


-Headlamp terang meski tdk pake HID

Cons:
-Tdk ad sunroof
-Teknologi yg digunakan jadul semua
-Overprice!
-Fitur kere, hal2 kecil pun disunat
-Klakson, haduhhhh stres bgt gw bawa ini mbl pake klakson std, masa klakson jazz dipasang di mbl besar kek crv

-HU ga terlalu bagus
-Material lebih jelek dr CRV lama

-Stir tdk ada feedback

Things for the facelift:
- Sunroof
- DRL
- AFS
- Printilan dilengkapi
- Electric seat di penumpang dpn
Maap jika ad salah kata, jika ad kritik & saran silakan disampaikan ke gue...
