Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Schweppes
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Tue May 15, 2012 6:35
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Dahon Speed

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Schweppes »

Barusan dikasih tahu sama temen yang kerja di salah satu acounting firm, katanya Astra lagi megap2 gara2 Avanza kehajar sama Honda Mobilio. Jadi menurut si temen, penjualan memang turun cukup signifikan
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by amfibi »

Masih selamet karna kantor2 yg beliin avanza... kalo pemakai pribadi sih keliatannya banyak beli mobilio/ertiga... :D

*meskipun ane sendiri kalo suruh diantara LMPV, udh tutup mata ambil Veloz AT karna itulah yg plg sreg diliat nan tangguh :mky_03: *
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by kunaskun »

ya fleet armada pasti avanza xenia yg proven dimanapun, juga di luar jawa masih meriah avanza xenia, mobilio si bau2nya bakal kaya ertiga. karakter konsumen indo kan gitu, apalagi mostly yang beli 1st time buyer, beli yang anti mainstream padahal mindset mostly masih kebawa toyota yang terkenal tangguh karena part kw :mky_03: ntar setelah berapa tahun juga kaya ertiga mulai goyah selain karena faktor promo juga karena sudah nongol jelek2nya,juga resale value ga sekenceng dan secepat avanza xenia :big_think:

tapi gimana juga toyota paling jago bikin mobil yg cocok di jalanan indo :big_exellent:
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by djia »

imo yg bikin turun avanza bukan cuma kompetitor lmpv nya seh, krn angka jual r3 n mobilio juga turun banyak n kalopun mau stabil ya segitu2 aja.
tpi sekarang lebih banyak pilihan mobil baru pribadi di range sejenis: lmpv, lcgc, city car, n mobil2 bekas usia muda yg harganya juga menggiurkan (freed seken taon muda aja lebih murah dari veloz baru)

di tempat ane masih banyak kok yg beli avanza utk pemakaian pribadi.
di antara low multi-purpose vehicle, mnurut ane avania ini yang paling multi-purpose. gc tinggi + rwd yg awet (tp agak boros) + jok baris 3 lebar cukup bwt 3 orang + akses masuk baris 3 gampang + bagasi gede + bisa dimuati sampe setengah ton.

jadi kalo mau beli lmpv yang benar2 multi purpose: go for avania
kalo mau beli lmpv yang nyaman terutama bwt supir: go for other
Fiz wrote:yang ampe sekarang gw bingung..
kok bisa penjualan papanjah jauuuuh lebih tinggi dari pada xenia yak..
padahal menurut gw jauh lebih value xenia lah.. dan gw udah sering naik turun papanjah-xenia dari gen awal ampe sekarang,, gw akuin papanjah lebih comfort daripada xenia, tapi kalo itu dibayar dengan selisih 5jt an keknya gak worth dah..
bahkan banyak papanjah yang beli onderdil xenia karna harga lebih murah..
lah, beli onderdil nyari yang murah, giliran beli mobil milih yang lebih mahal.. luar biasa.. :big_exellent:

terus menurut gw pribadi, kenapa orang2 tajir doyan beli/naek papanjah/ipah, karna rv nya bagus, jadi mereka beli n naik tu mobil cuma buat muterin duit doang,, jual 3tahun kemudian depresiasinya gak jauh, terus beli lagi papanjah/ipah facelift buat muterin duit lagi :mky_08:
kyknya faktor merek aja sih om. sampe2 ada yg bilang toyota kalo mau jual becak aja kyknya juga laku :ngacir:
thediockers
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Mon Dec 15, 2014 4:17

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by thediockers »

Brand Toyota memang kuat (sangat kuat malah), tidak hanya mobil yang dijual, bengkel yg tersebar sampai pelosok kabupaten, part kw yang tinggal pilih sesuai isi kantong, beragam aksesoris ori sampai non ori yang dijual di toko sampai online, harga jual, kecepatan terjual kembali (asal sesuai kondisi & harga pasaran), banyak montir pinggir jalan yang bisa benerin kerusakan, daya angkut ... dll... dll .
Oh iya satu lagi saat pertama berkomunikasi, sales Toyota mayoritas tingkat keramahan diatas rata2 sales brand lain (ini pendapat istri , tapi setelah saya perhatikan agak seksama memang bener)
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by kunaskun »

yep soal urusan tiny itchy bity diluar kendaraannya Toyota itu nomor satu d, ga ada lawanlah. ga perlu diargumentasi lagi. tapi kalau beli mobil kalau memang pengen "lebih" mobil ya jangan toyota :mky_01:
User avatar
omsafety
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 300
Joined: Tue May 03, 2011 3:14

Re:

Post by omsafety »

VanzMatic wrote:
Yang saya tau, mereka pilih panjah sebagai company fleet lebih banyak pada faktor mudah dan murahnya perawatan, dan ga gampang rusak walaupun disiksa dan diperkaos digilir supir supir kantor.

Sent from my Siemens S25 using Tapatalk

Setuju om,

Selama berkarir di kawasan industri cikarang, karawang, cikampek, bandara mas, dadap, tangerang, hampir semua perusahaan yg jadi rekanan punya avanza or xenia buat operasional, gak bikin pusing dept acc / fin untuk biaya operasionalnya :mky_01:
Lenov
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Sat Feb 21, 2015 13:59

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by Lenov »

Sedikit sharing tentang pengalaman teman dan saudara saat milih avania
1. Tante saya bilang avania banyak yang pake, berarti ini mobil bagus
2. Sepupu saya beli avania karna tidak begitu mengerti fitur2 mobil. Buat dia yang penting merk sudah terkenal, belakangan dia agak menyesal setelah ada iklan brand lain yang punya fitur immobilizer dan saat mencoba lmpv lain punya temannya ternyata lebih nyaman
3. Teman saya beli avania karna spare partnya gampang dan kalau mau benerin bisa hampir di bengkel mana aja.
4. Adik saya mau beli avania karna salesnya ramah banget.
Kalau saya sendiri melihat sales T memang sangat friendly dan paling rajin dibanding sales brand lain. Saya pernah liat di salah satu pasar tradisional, salesnya udah ada pagi2 banget dan gak segan2 muter keliling nawarin mobil ke tukang sayur/ daging.
Kalau untuk mobilnya sendiri, avania sudah cukup ideal menurut saya, modelnya tidak jelek, muat banyak, dan harga masuk akal.
arisgendut
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Tue Mar 03, 2015 14:28

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by arisgendut »

Ada satu pertanyaan yg menggelitik yg blm terjawab; smoga ada rekan di forum ini bisa kasih pencerahan...saya punya 2 xenia; produksi tahun 2005 dan 2011; benarkah xenia 2005 plat body nya lebih tebal? Atau hanya perasaan saya saja...
droni
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Sun May 03, 2015 4:08

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by droni »

Salam kenal N numpang ngasi pendapat ya om.
Ane nyadar, ga ada mobil mpv yang unggul dr sisi perawatan, suku cadang, n purna jual yang bagus selain axe.
Tp meskipun demikian, ane lebih minat livi ato r3 (mobilio pun kynya ga tll minat).
meskipun nyadar juga, relatif kalah jauh dr masing2 keunggulan di atas.
Mgkn kalo bnyk org bpikiran ky ane, maka dominasi si kembar bakalan bs runtuh kali ya...
User avatar
soraksorai
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Sat Apr 28, 2007 6:02

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by soraksorai »

ane sudah pakai all new avanza 1.3 A/T kira2 3 tahun buat kendaraan perang di kantor, odometer sudah sekitar 50.000km.
kesan dan pesan:
- perawatan sangat mudah, servis berkala sangat membantu pemilik, kualitas bengkel resmi dua jempol.
- belum niat dijual, eh sudah banyak yg nawar mau beli... aneh bin ajaib? yg nawar juga kagak lihat kondisi mobil? how come?
- gak pernah ada problem sama sekali selama dipakai perang.

kesimpulan:
- pantaslah dominasinya kuat bingit... :big_grin:
=== 2ZR-FXE, L15Z1, K24Z9, MZR L 2.0, L15A7, 3.6L V6, 2.5 LCV, 2.4L G4KC, 2.0 TDI, K3-VE, 1.8 Nu MPi, 1.4L, 2TR-FE, QR25DE, SR20DE, 2.6 V6, W124 M103, 1.8 7K, 1.3 2E
User avatar
sirahngelu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 336
Joined: Wed Mar 26, 2014 20:34
Location: Surabaya

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by sirahngelu »

djia wrote:imo yg bikin turun avanza bukan cuma kompetitor lmpv nya seh, krn angka jual r3 n mobilio juga turun banyak n kalopun mau stabil ya segitu2 aja.
tpi sekarang lebih banyak pilihan mobil baru pribadi di range sejenis: lmpv, lcgc, city car, n mobil2 bekas usia muda yg harganya juga menggiurkan (freed seken taon muda aja lebih murah dari veloz baru)

di tempat ane masih banyak kok yg beli avanza utk pemakaian pribadi.
di antara low multi-purpose vehicle, mnurut ane avania ini yang paling multi-purpose. gc tinggi + rwd yg awet (tp agak boros) + jok baris 3 lebar cukup bwt 3 orang + akses masuk baris 3 gampang + bagasi gede + bisa dimuati sampe setengah ton.

jadi kalo mau beli lmpv yang benar2 multi purpose: go for avania
kalo mau beli lmpv yang nyaman terutama bwt supir: go for other
Aku termasuk yg beli toyota gara-gara sales-nya yang sangat supportif.
Survey dari bank dibantu, mobil datangnya cepat, dipinjami plat nomor sementara dsb.
Setelah hampir setahun ditanya barangkali mau apgred atau nambah mobil wkwkwkwkw....

Padahal sebelumnya sudah ngobrol sama sales suzuki tapi follow-up nya lambat, disambar sales toyota deh.

Nah untuk tempat duduk sopir avanza, enaknya diganti jok merk apa ya?
Yang gak terlalu beda dengan sebelahnya tapi cukup nyaman.

Code: Select all

opensource enthusiast.

djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by djia »

sirahngelu wrote:
Aku termasuk yg beli toyota gara-gara sales-nya yang sangat supportif.
Survey dari bank dibantu, mobil datangnya cepat, dipinjami plat nomor sementara dsb.
Setelah hampir setahun ditanya barangkali mau apgred atau nambah mobil wkwkwkwkw....

Padahal sebelumnya sudah ngobrol sama sales suzuki tapi follow-up nya lambat, disambar sales toyota deh.

Nah untuk tempat duduk sopir avanza, enaknya diganti jok merk apa ya?
Yang gak terlalu beda dengan sebelahnya tapi cukup nyaman.
ah, ini juga salah satu point plus: pelayanan toyota, terutama bagi yang masih BeRes minded seperti saya.
saya lebih nyaman di BeRes Toyota langganan daripada di BeRes Honda atau Suzuki. biasanya ruang tunggu dan fasilitas lebih baik, booking service sistematis, dan data servis terintegrasi di seluruh A2K jadi SA ga nebak2 kondisi servis terakhir jika beda bengkel.

tempat duduk veloz saya ga enak banget cepet bikin pantat pegel n berasa mau ambeien. rasanya lebih gak enak daripada new avanza saya sebelumnya.
tukang jok deket rumah ngasih saran tambah busa (seperti di avanza milik dia). untuk sementara joknya say beri lipatan selimut tebal. sangat signifikan rasanya, tapi agak ribet :mky_01:
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by vipere »

cuman kalo soal kenyamanan masih jauh lah nih avanza dibanding yg lain. kemarin liburan, jadi penumpang di avanza , kalo ada tanjakan terus langsung turunan , udah berasa kayak naik pesawat..perut ikutan turun.hehe. padahal tanjakan dan turunannya gak tinggi2 banget kok.
User avatar
omsafety
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 300
Joined: Tue May 03, 2011 3:14

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by omsafety »

Saya dari 2010 pake avxen, punya pribadi dan operasional, sekarang pun masih punya xenia D+ dan R AT, Avxen mau dibikin gimana pun jok nya gak bakal nyaman, emang udah dari sono nya bukan ngejar kenyamanan, jauh kemana-mana dibanding R3 atau mobilio
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1550
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by grandis_GT »

Keluarga bapak ane emang toyota minded , bokap dulu tahun 2009 beli avanza 1.5 S , tahun 2012 ganti avanza veloz matic , tahun 2013 kemaren bungkus lagi avanza 1.5 G untuk di rentalkan ke PT , jadi bokong ane udah nyaman aja pake avanza walaupun untuk perjalanan jauh :mrgreen:
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by vipere »

grandis_GT wrote:Keluarga bapak ane emang toyota minded , bokap dulu tahun 2009 beli avanza 1.5 S , tahun 2012 ganti avanza veloz matic , tahun 2013 kemaren bungkus lagi avanza 1.5 G untuk di rentalkan ke PT , jadi bokong ane udah nyaman aja pake avanza walaupun untuk perjalanan jauh :mrgreen:
bokong ane sih nyaman, perutnya yg gak nyaman, pas turunan ,perut berasa ikut turun.hahahaha, kayak pesawat lagi nurunin kecepatan tiba tiba gitu loh.
User avatar
akhmadfakhrurrozi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Tue Dec 15, 2015 4:09
Location: Bintaro, Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Sepeda

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by akhmadfakhrurrozi »

thediockers wrote:Brand Toyota memang kuat (sangat kuat malah), tidak hanya mobil yang dijual, bengkel yg tersebar sampai pelosok kabupaten, part kw yang tinggal pilih sesuai isi kantong, beragam aksesoris ori sampai non ori yang dijual di toko sampai online, harga jual, kecepatan terjual kembali (asal sesuai kondisi & harga pasaran), banyak montir pinggir jalan yang bisa benerin kerusakan, daya angkut ... dll... dll .
Oh iya satu lagi saat pertama berkomunikasi, sales Toyota mayoritas tingkat keramahan diatas rata2 sales brand lain (ini pendapat istri , tapi setelah saya perhatikan agak seksama memang bener)
Setuju banget ama om thediockers...
Brand toyota emang udah jempolan...

Sering dikirim ke pedalaman untuk proyek (Ende, Ulumbu, Sibolga, Timika, Pacitan, Gorontalo) semua mobil operasional kantor pakai Avanza dan Ipah.
Ada untuk survey pakai strada, itu pun gak lama dipensiunkan. Enakan pakai avanza kata drivernya.
Buat angkut equipment proyek, ngangkut semen, beberapa karung beras, dan beberapa tools pakai avanza semua.
Gak rewel sama sekali.
Bahkan pas saatnya harus ganti kampas rem ama ganti oli, teknisi proyek bisa ngerjain sendiri.

Boss pernah ngomong kalau tergoda pajero buat ganttin ipah operasionalnya tapi ujung-ujungnya malah ambilnya hilux..
Katanya biar agak tangguh dikit.... :big_smile]
User avatar
wekweks
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 163
Joined: Sun Jul 08, 2012 14:51
Location: Gresik

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by wekweks »

akhmadfakhrurrozi wrote:
thediockers wrote:Brand Toyota memang kuat (sangat kuat malah), tidak hanya mobil yang dijual, bengkel yg tersebar sampai pelosok kabupaten, part kw yang tinggal pilih sesuai isi kantong, beragam aksesoris ori sampai non ori yang dijual di toko sampai online, harga jual, kecepatan terjual kembali (asal sesuai kondisi & harga pasaran), banyak montir pinggir jalan yang bisa benerin kerusakan, daya angkut ... dll... dll .
Oh iya satu lagi saat pertama berkomunikasi, sales Toyota mayoritas tingkat keramahan diatas rata2 sales brand lain (ini pendapat istri , tapi setelah saya perhatikan agak seksama memang bener)


Setuju banget ama om thediockers...
Brand toyota emang udah jempolan...

Sering dikirim ke pedalaman untuk proyek (Ende, Ulumbu, Sibolga, Timika, Pacitan, Gorontalo) semua mobil operasional kantor pakai Avanza dan Ipah.
Ada untuk survey pakai strada, itu pun gak lama dipensiunkan. Enakan pakai avanza kata drivernya.
Buat angkut equipment proyek, ngangkut semen, beberapa karung beras, dan beberapa tools pakai avanza semua.
Gak rewel sama sekali.
Bahkan pas saatnya harus ganti kampas rem ama ganti oli, teknisi proyek bisa ngerjain sendiri.

Boss pernah ngomong kalau tergoda pajero buat ganttin ipah operasionalnya tapi ujung-ujungnya malah ambilnya hilux..
Katanya biar agak tangguh dikit.... :big_smile]

Proyeknya bikin pembangkit listrik om?
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by ginting »

kayaknya proyeknya PLTA ya oom achmadfachrurozi ?

Di Silbolganya, ke arah Sarudik ya, oom ?

#sotoy
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7431
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by newrubble »

coz toyota has been building up indonesia's motoring civilization since 1972

most automotive industry workforce employed by (anything related to) toyota

most govt.sectoral decisions driven by toyota et.al.
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 764
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by silentIm2 »

faktor inovasi edukasi konsumen, & spare part. Coba misalnya kalo ATPM laen sebar undangan test drive, iming2 makan siang gratis. Sebar ke komplek2 elit, menengah ke atas, coz segmen begini yang berani coba hal baru. Gitu aja asal produknya bagus bakal terbenam di hati dia, ah kalo istri aku mau ganti mobil nnti aku suruh coba merek ini.

Trus dari pihak prinsipal juga tidak mau inovasi sistem jualan & ASS. Sekarang jaman serba online cuy, udah ga perlu lagi showroom dealer. Showroom ya titip barang di mall, event di CFD, di pasar rakyat, sekolah-sekolah, perkantoran. Product placement di TV & bioskop. ATPM lain mengikuti cara raksasa toyota jualan ya ga bisa, sama kayak mau ngelawan nuclear pake pisau.

Masalah spare part mahal relatif, sekali konsumen kena bujuk, trus pas waktunya ganti sparepart ya nurut aja, mau ditodong harga berapapun. Paling grundel aja. Pengalaman yaris aku 2006 sudah kena alternator & kompresor AC. ASS toyota bagus, what do you smoke mate? kompresor rusak mereka mau ganti AC full unit! Alternator rusak dalemannya aja ga jual, mau full 1 assy! Bengkel langganan alternatif aja dgn peralatan seadanya bisa benerin.
alamsandiwijaya
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 450
Joined: Tue Dec 15, 2015 12:56

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by alamsandiwijaya »

1. Merek "Triple Elips" tuh sendiri. Lihat aja aftersalesnya bagus,sangat bagus. Dan meluas di seluruh Indonesia
2.space part yg gampang cari sampai di "perdalama" pilih aja ORI atau KW
3. gak ada mobil RWD selain si toyota
4.suspensinya bisa di ajak jalan yang super jelek
5. Bisa pake bensin,solar busuk
Soal penggerak RWD+ladder/semi monokok di panjah dan ipah,bisa lihat di sini
https://m.youtube.com/watch?v=KY1pX0U6q18

Dr video Itulah mengapa mobil Toyota rata-rata pake sasis ladder/semi monokok dan RWD

Kalau orang yang super kaya sampai punya marina,lamborgini,mercy,bmw,dkk yang mewah,tetep aja ada ipah atau panjah atau kijang bahkan panther,bahkan motor. Katanya sudah cukup pakai mobil biasa dah ckup untuk sehari-hari. Kalau weekend baru pake yg mewah.
Panjah sama ipah cocok buat mobil "rodi" dan "romusha" serta perawatan yang seadanya pun gak rusak-rusak. Serta teknisi yang punya "ilmu seadanya" aja bisa perbaiki.
Coba R3,mobilio,serena,biante,GL,dan nav-1 yg FWD+monokok,di hajar buat tempur pasti kakinya dah rusak semua. :ngacir: :big_dunno:
Good For Toyota untuk Kondisi Indonesia
:ngacir: :ungg: :big_chicken:

toyota gak cuman "ngumpang" jualan aja,ada pabrik body,pabrik mesin,pabrik mobil,bahkan pabrik space part juga ada.
Itulah Astra dan TAM serta TMC

Bukan sales toyota


Sent from my D5322 using Tapatalk
alamsandiwijaya
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 450
Joined: Tue Dec 15, 2015 12:56

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by alamsandiwijaya »

Spin juga enak di bawa perang tapi 3S di daerah gak memadai. Sayang di situ

Sent from my D5322 using Tapatalk
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?

Post by dieselman228 »

alamsandiwijaya wrote:1. Merek "Triple Elips" tuh sendiri. Lihat aja aftersalesnya bagus,sangat bagus. Dan meluas di seluruh Indonesia
2.space part yg gampang cari sampai di "perdalama" pilih aja ORI atau KW
3. gak ada mobil RWD selain si toyota
4.suspensinya bisa di ajak jalan yang super jelek
5. Bisa pake bensin,solar busuk
Soal penggerak RWD+ladder/semi monokok di panjah dan ipah,bisa lihat di sini
https://m.youtube.com/watch?v=KY1pX0U6q18

Dr video Itulah mengapa mobil Toyota rata-rata pake sasis ladder/semi monokok dan RWD

Kalau orang yang super kaya sampai punya marina,lamborgini,mercy,bmw,dkk yang mewah,tetep aja ada ipah atau panjah atau kijang bahkan panther,bahkan motor. Katanya sudah cukup pakai mobil biasa dah ckup untuk sehari-hari. Kalau weekend baru pake yg mewah.
Panjah sama ipah cocok buat mobil "rodi" dan "romusha" serta perawatan yang seadanya pun gak rusak-rusak. Serta teknisi yang punya "ilmu seadanya" aja bisa perbaiki.
Coba R3,mobilio,serena,biante,GL,dan nav-1 yg FWD+monokok,di hajar buat tempur pasti kakinya dah rusak semua. :ngacir: :big_dunno:
Good For Toyota untuk Kondisi Indonesia
:ngacir: :ungg: :big_chicken:

toyota gak cuman "ngumpang" jualan aja,ada pabrik body,pabrik mesin,pabrik mobil,bahkan pabrik space part juga ada.
Itulah Astra dan TAM serta TMC

Bukan sales toyota


Sent from my D5322 using Tapatalk

Nav 1 juga yoyota loh om cuma bntr lagi di euthanasia sepertinya.
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07: