42ner VNT Matic 4X2 - 2012
Modifikasi yg dilakukan :
Piggyback :
- ECU Shop MonsterMax
- Dastek Q (utk setting timing injeksi)
Ground cable lengkap dengan SuperGround @ECU
Exhaust :
- Front pipe 3"
Shock arbsorber :
HotBits DT-1 (adjustable)
Suspension :
- Rear Sway Bar
Sektor rem :
- Bendix 4WD brake pad
- Goodridge brake line
Bahan bakar :
- Biosolar + CRC 1Tank double dosis
Pelumas :
- Mesin : Mobil1 - 0W40 - MB 229.5
- Gardan : Mobil1 - 75W90 LS
Saat mulai berjalan melewati jalanan paving dan aspal yang kurang rata di sekitar kompleks perumahan temen ane, bantingan suspensi terasa "firm" dan tidak mengayun, terasa lebih menapak ke jalan, tapi nggak terasa kaku, seting DT-1 di set menengah saja (nggak ke paling keras)
Ane pernah Test drive si VNT ini sebelumnya waktu kondisi mesin std dan dengan MonsterMax (saja) dan semalam coba memang terasa respons mesin lebih bengis
Kinerja rem juga terasa jauh lebih baik dibanding kondisi standard
Ketika masuk tol, si VNT ini dengan sangat mudahnya melesat ke 160 km/jam (speedo) yang mana ane gak berani lebih krn traffic ramai......dan di tol JORR W1 yg agak bumpy2 tsb, si VNT terasa mantap di kec. 160 tanpa goyang dombret.....Thx to DT-1......hanya saja soal setir yaaaaa......terasa agak kurang mantap saat lari 150 - 160......memang mobil ini sebetulnya bukan didisain utk high speed driving .........xixiixxiixixixx

Kinerja rem saat high speed driving juga mantap saat kita harus rem di kecepatan tinggi.
keluar dari tol, ke sekitar Hypermart - Puri Indah ada jalan menikung yg cukup lebar, si VNT ane coba menikung "L landai" di kecepatan 55 - 60 km/jam (speedo) sampai ban sedikit berdecit (ban std) dan mobil tetap terkontrol dengan baik dengan Body Roll yg relatif minim (utk ukuran SUV besar dgn Ladder Frame)
Saat kembali masuk tol dari arah Puri menuju JORR W1, sesudah bayar tol jalannya menikung landai (circle) dan di situ ane coba larikan sampe 80 - 90 km/jam dan kontrol suspensi juga sangat baik utk ukuran SUV besar dgn Ladder Frame
Kesimpulan :
Hasil upgrade utk sektor suspensi dan rem spt ini sudah sangat mendukung untuk keperluan Daily Drive, kontrol gerakan body yg baik saat bermanuver tetapi tetap nyaman bagi penumpang. Dimana keluhan Fortuner standard pada umumnya yaitu rem kedodoran & suspensi yang limbung saat bermanuver / kecepatan tinggi
Sedangkan utk mesin menurut ane sih udah tergolong "OverPower & Fierce" utk SUV ladder frame yang tinggi, sehingga kita harus lebih waspada saat menginjak pedal gas atau setting Piggyback sebaiknya pakai Map yg Mild Power utk Daily Drive.
(merek2 yg disebut di atas hanya sbg keterangan & bukan seles produk2 tsb.....he he heee)
