

tentu karna yg di review mobil jadul sudah 10tahun lebih, apa yang d tulis disini bisa jadi akibat kerusakan/modifikasi dan berbeda dengan kendaraan baru.
bisa dianggap sebagai longterm test,
mobil adalah produksi 2003, odo sudah di 140.000km dan memang minim modifikasi. tangan ke-2


==== Mobil apa?
Jeep Grand Cherokee (GC) dengan seri WJ ini adalah penerus dari Grand Cherokee ZJ. Grandcherokee adalah flagship dari JEEP posisinya di atas cherokee yang lebih populer di indonesia. GC di indonesia yang banyak beredar setidak nya ada 3 varian. V8 Quadra-Drive,V8 Quadra-Trac II dan I6 Select-trac. ditambah lagi yang datang lewat IU.
di indonesia sempat di lakukan minorchange sebelum Chrysler indonesia hilang entah kemana, yaitu tahun 2002-2003
kali ini yg kita tengok adalah varian Quadra-Trac II (QTII) Minor Change versi ATPM indonesia.

==== kabin n Fitur?
Versi QTII adalah versi tengah d gc yg populer di indonesia..... tidak ada Sunroof, heater jok, Tire Pressure Monitor dan beberapa pernik2 lux lain. perlengkapan standar seperti dual climatecontrol, electric seat D+P,airbag, abs - ebd dll list goes on meski no fancy stuff atw fitur unik mungkin utk mbl jaman skrng fitur2ny hanya setara dengan suv 300jtan...

di bagasi terdapat toolbox built in, dan ada outlet lighter. audio 2din built in dgn CD player, dengan stering switch bwat tune radio volume disc track dan cruise control... well really entry level mobil skrng mungkin bnyk yg lebih canggih.
saya lupa lagi by harmankordon atau bose... tp di telinga kaleng ane, rasanya biasa aja audionya. memang jarang memutar lagu sih. dan g ada input usb atau aux in di bagian luar....
yang aneh....... remote keyless nya hanya bisa aktif dari jarak 2meter kurang....... dan harus dari sisi kiri pengemudi.. err apa receivernya lupa di pindah dri LHD? ntah lah.. batre juga uda d ganti, dan WJ QD temen sama juga seperti itu...


=====Design?
mungkin salah satu rounded jeep pertama...


dimension wise... masuk katagori luxuries SUV untungnya tidak sebesar LC... atau americans fullsize suv lain.. alhasil rasanya masih cocok di pakai di jalanan indonesia, dalkot hingga ke pedesaan. radius putar juga relatif kecil, rasanya 11-12 dgn mpv modern menengah.
g bikin repot untuk parkir...

===== as passenger ?
build quality kabin... imho much better dari XJ Country yang pakai tangan d goyang2 bisa bunyi kriek2... d WJ semuanya berasa solid, dengan soft material diamana-mana sepanjang tangan bisa nyentuh.. leather seat juga sangat baik g ada yg robek atw keriput sekalipun sudah berumur lama.. minim bunyian2 juga
sayang d XJ ada double blower di WJ malah ga ada.
kabin jelas jauh lebih lega dari XJ..
kelegaan kabin bagus lebih lebar dari PSD atw fotuner, sepasang jok besar dan masih bisa diselepin konsol tengah yang besar juga... 2nd row besar dgn legroom lega.. sebagai penumpang rasanya g cape untuk long trip juga. pernah beberapa tahun di pakai kendaraan mudik ke jogja, dan pernah long turing susur pantai selatan hingga barat dan pernah sampai bromo


sayang, sandaran jok depan terasa terlalu pendek tdk sampai bahu, cukup melelah kan perjalanan jauh ntah di pikirnya gimana apalagi pertimbangan bule2 yang badannya lebih besar....
Peredam kabin mantep.... jok blkng bisa di lipat rata.. cocok untuk kamping karna bisa di sulap jadi tempat tidur untuk ber 2 hehe

oyah WJ ini uda di pasang sunroof jadi bisa tidur sambil liat bintang.......... haha


sweet spot bwat duduk? 2nd row..
shotgun seat? kurang sandarannya pendek cepet pegel..
mending duduk d XJ atw WJ as passanger? honestly.... jika d shotgun seat mending d XJ.. tp klw 2nd row jauuhhhh mending WJ. XJ 2nd rownya lebih parah dari dcab.......
===== as driver?
==Engine
nah ini bagian yg menarik........... sejujurnya, sebagai passanger nope, tdk terlalu berkesan.. hell plenty modern IFS or FISS suv or mpv could be better ride and comfortnya
sejujurnya gw n nyokap sering sekongkol ngerayu bokap biar ni mbl d lepas aja... jual nambah2 beli suv baru...






yah namanya mobil sudah berumur,resiko rusak pasti makin besar. so definitely not for everyday car.. kadang kasian liat mblnya lebih sering nangkring, tiap tahun bayar pajak, tp jarang2 di pkenya.
ok itu curhat gw.. haha


until... dad gave me the car key let me drove.........

turn on the engine...
hear the V8 burbling sound..
shift the 6speed gearbox to D...........and.. floor it........

slightly spin on rear axle then.. AWD kick in
dann bagai jambak setann terus d tendaang.......




seakan mbl ini sedang mencoba meyakin dgn setiap push d pedal di ikuti deru american muscle dan hentakan dari otot2 V8 ny


yup itu yg gw rasa.....jika sebagai penumpang, dan klw ngisiin fuel or ordering sparepart.. selalu muncul2 berbagai pikiran... *ni mbl enaknya apaaa* mending gw ganti suv diesel modern, yg baru irit g rewel... tenaga juga bisa pke piggy pasti lebih kenceng......irit lagi, nyaman, sparepart gampang.... sampai di kasih nyupir ni mbl semuanya seakan termaafkan... hahaha


somehow bokap ogah gantian klw pke ni mbl.... hehe


rasanya V8 punya torsi raksasa dri low rev layaknya turbo diesel err bahkan bisa didapat dri rpm lebih rendah lagi *g perlu masuk k range turbo* namun tampa turbo lag dan masih punya high rev layaknya gasoline yg lebih tinggi dari diesel....

yup teknologinya memang jadul, non vvt, apalagi direct injection, 4700cc V8 cuma 235hp... memang hp countnya kecil..apalagi klw liat hp/liternya, ... well this is american V8....


cek curva nya

250 lb-ft atau 338nm from as low as 1200rpm tampa turbo lag and spiking to 400nm @3600rpm 235hp@4600 dan masih bisa reving sampai 6000rpm... klw d banding mesin modern... ya uda banyak yg hp dan torque countnya jauh lebih tinggi... tp rasanya uda jarang yang bikin V8 gasoline n.a dgn karakter low down torque seperti ini *bukan g ada, malah tambah bnyk yg sakti atas bawah*. sekalipun pabrikan amerika. bukan bearti this setup always better yah... i do love high rev engine... but this kind of engine got it's own uniqueness. well modern gasoline turbocharge engine
oyah WJ ini versi minorchange.. sudah tidak pakai viscous fan diganti hydraulic.. efeknya di high rev memang lebih enak dan lepas, fc lebih irit dan ga pernah sekalipun demam overheating g kaya XJ dan WJ versi awal.....
Towing Capacity 3.35T.. err blm pernah coba narik trailer sih.. pernah jg narik CRV d pantai hahaha

FC... ehhmmm do i need to say it? okay.....
klw nyupir normal dalkot 1:4-5 lukot 1:7-8 dan tol 1:10
tp klw bejek2an..... yaa upto 1:10.... pertamax only. err 1 liter 10 stopan.....
somehow lebih irit dari XJ... tp XJ cukup premium aja............

oks enough for the V8 .......

==Gearbox
Gearbox yg digunakan... 545RFE unik juga. karna terdiri dari 6speed maju... tapi dengan sepasang gigi 2 .... jadi ratio gigi 2 di bedakan, untuk kick down yg lebih low, dan untuk leisure drive, jadi urutan gearny tetep 5 karakter GB cukup baik, suv modern banyak yg lebih buruk dari ini.... shifting cepet dan halus *saat sehat* ratio rapat terasa irama shifting jadi dynamis engga berjauhan setiap shift khas d 4AT. lockup cepat dan ga kerasa. saat OD-off which is d lock sampai gigi 3 mudah aja mentokin redline 5000rpm @180kmh..
Weakness? not the strongest gearbox around....... masih kalah kuat dibanding AW4 XJ, dan ada masalah umum gb ini d valve bodynya. saya uda pernah ganti gearbox segeluntung........
WJ awal pakai 45RFE which is Gearbox yg sama dgn 545RFE namun topgearnya di disable, dan bisa di enable via update TCM. di versi facelift seperti yg d review sudah 545RFE. knp awalnya di disable? who knows...

==Transfercase NP247
TC AWD dengan low gear............

but..... tenang ada 4Lo Partime safe the day.... yang bearti mengunci center diff seperti 4x4 konvensional.. low gear mencapai 1:2.72 salah satu yg terendah di market indonesia...


==Axle
Dana 30 front rigid axle, dan Dana44 Rear rigid axle.... last of it's kind.... yup grand cherokee dan suv monoque terakhir yang memakai fr/Rr rigid axle....



nextgen dana30 sudah pakai CV joint instead of cross joint sperti d XJ bahkan dari CJ lebih halus dan minim getaran. dana44 adalah line up axle terkuat jeep sama dgn rubicon,lebih kuat dari dana35 XJ.
==Suspension handling & Offroad ability
jika Jeep Cherokee banyak di puji dengan handlingnya yang tajam sedan like, sekalipun full rigid axle..... WJ yang statusnya di atas XJ pasti lebih baik donk..... nopee... biggest disapointment and biggest weakness... dunno kalau WJ gw uda di apa-apain oleh pemilik sebelumnya... yg pasti handlingnya jauh berbeda dgn XJ, stir yang memang masih ball and nut terasa memiliki speeling yg membuatnya kurang sensitif, body roll juga relatif tinggi, rear suspensi 3linknya yg kerasa membuang klw d paksa belok tajam... front suspensi 5link kerasa melayang krng kerasa gigit...... ini yg paling bikin lelahkan untuk jalan jauh. not the best car for smooth twisty road... well twinrigid axle memang bukan di situ kelebihannya, innova aja masih kerasa lebih enak,tp XJ yg sama2 fullrigid axle bisa enak road manner nya knp WJ engga?
well... bejek2an pke mbl ini jd inget konotasi muscle car........built for straight line , err "only"..........
jika di paksakan sikat belokan karakternya lebih k oversteer pantat ngebuang, untung awd nya d aspal cukup sigap langsung mengkoreksi arah.
WJ sama dgn XJ menggunakan sasis monokok dengan tulang reinforce... sehingga ringan curb weight 1.8T,kalah ringan dri XJ yg 1.5T. kabin lebih kedap,dan *seharusnya* handling nya baik.
Driving position..





again.. di twisty smooth road.. g bisa ngebejek g bisa ngerasaain V8... kembali muncul perasaan mangkel.... mikirin modifikasi, atw komponen suspensi yg mungkin uda rusak/aus, but yeah balljoint tierod dll semua uda cek dan semua d ganti baru....
until..... we meet aspal dengan lautan bolong2......... saat itu shockbreaker pakai old man emu.. kaki2 rigid axle dpan dan blkng yakin tahan di siksa... tampa ragu gw bejek abis, dikala orng lain ngerayap pelan 10-15kmh.... gw naikin speed di atas 60kmh, orang lain kekiri ngehindarin lobang dalem, gw kekanan masuk ke tengah lubangnya, seakan nunjukin jati diri nya "this is my playground" ........... somehow lubang yang gw kira bakal uda bikin mobil dive, bisa di lewatin lurus kakinya yg main ngikutin kontur jalan, dan body mbl hanya geli-geli... g ada perasaan bersalah ngehajar mbl ini... setelah lewat, juga g ada bunyi2 di kaki-kaki atau kabin akibat di pakai seperti itu...
skrng d pasang shox high-end fox 8" baru deh mendingan tp jadi nyari dirt road terus nih............. wkwkw meski masih di bawah XJ country sekalipun shocknya pke ironman which kls menengah.



stir minim feedback d aspal krng enak,tp dtanah benturan batu atau lobang d jalan ancur jd ga sampai kerasa kestir ga ngebanting2an... rear 3 link terbukti lebih lentur dari leafspring XJ travel dan traksi lebih baik.. juga bebas axle wrap saat selip, penyakit khas leafspring.
kabin lebih luas dan lega,... namun overall dimension tidak terlalu jauh dgn XJ jd g repot masuk jalur2 rural n pedesaan...


tentu perbandingannya mengingat kastanya sebagai luxuries suv, at least harus lebih baik dari XJ yg masih bisa mempermalukan SUV IFS mid-high sekalipun. memang jika di banding suv rigid jadul kaya taft baik yg rigid dan independen,apalagi fj40 n jimun... WJ masih jauh lebih baik onroad handling n suspensiny. klw dgn suv rigid high-end lagi kya LC80, RR,disco,Gklass sya blm pernah pakai jd g bisa bandingin.
==Brake
better than XJ jauh, rem blkng uda discbrake.. tp tetep masih kerasa overpowered blm cukup ngeredam laju V8 , ABS EBD, BA sih ada komplit...
ABS tetep jalan sekalipun d 4Lo.. sangat berguna waktu turun d jalan berlumpur, dimana g boleh sampai ban nya ngunci.
====kesimpulan?
for today price, tahun yg populer 2000-2001 quadra-drive hargany sekitar 150-250jtan .... yup harganya di bawah XJ country yang makin menggila. yg minor change apalagi 2002> lebih jarang lagi.
+ V8 4.700cc powertech 235ps 400nm
+ Speeedd & powaaahhhh ! *JC mode : on*
+ Torqueeeee !!
+ Roaarrrr !!!
+ AWD + 4Lo center difflock
+ 545RFE 6speed
+ Rigid Axle dana 30 & 44
+ Durable Suspension and Axle
+ Flexible 5link and 3 link coilspring
+ Good Offroad Ability
+ dirt road dan jalan bolong2 adalah sarapan-nya...


- on road Handling & Suspension
- err almost everything on very smooth road except straight line ...
- Driving position
- Electronic Reliability Issue
- Fuel consumption
worth to buy? if you a serious jeep enthusiast, looking for extraordinary jeep, yes you should buy it..
some say "a V8 for one life time" .. haha

first time jeep owner? ingin punya brand jeep...sebagai 2nd car.. coba2 blajar offroad

klw pingin dijadiin mbl harian...... errrrr just stay away seriously....
why still keep it?
"it's jeep thing you wouldn't understand"

sorry bwat banyak typo n kesalahan kata2 hehehe

