Review Jeep Grand Cherokee V8 4.7 Quadra-Trac II 2003

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Review Jeep Grand Cherokee V8 4.7 Quadra-Trac II 2003

Post by billyd1773dz »

halo all :D banyak yg review mobil classic kesayangan nya :D

tentu karna yg di review mobil jadul sudah 10tahun lebih, apa yang d tulis disini bisa jadi akibat kerusakan/modifikasi dan berbeda dengan kendaraan baru.

bisa dianggap sebagai longterm test,
mobil adalah produksi 2003, odo sudah di 140.000km dan memang minim modifikasi. tangan ke-2 :D

Image
==== Mobil apa?
Jeep Grand Cherokee (GC) dengan seri WJ ini adalah penerus dari Grand Cherokee ZJ. Grandcherokee adalah flagship dari JEEP posisinya di atas cherokee yang lebih populer di indonesia. GC di indonesia yang banyak beredar setidak nya ada 3 varian. V8 Quadra-Drive,V8 Quadra-Trac II dan I6 Select-trac. ditambah lagi yang datang lewat IU.

di indonesia sempat di lakukan minorchange sebelum Chrysler indonesia hilang entah kemana, yaitu tahun 2002-2003

kali ini yg kita tengok adalah varian Quadra-Trac II (QTII) Minor Change versi ATPM indonesia.

Image

==== kabin n Fitur?

Versi QTII adalah versi tengah d gc yg populer di indonesia..... tidak ada Sunroof, heater jok, Tire Pressure Monitor dan beberapa pernik2 lux lain. perlengkapan standar seperti dual climatecontrol, electric seat D+P,airbag, abs - ebd dll list goes on meski no fancy stuff atw fitur unik mungkin utk mbl jaman skrng fitur2ny hanya setara dengan suv 300jtan... :D sensor mundur saja belum disediakan.

di bagasi terdapat toolbox built in, dan ada outlet lighter. audio 2din built in dgn CD player, dengan stering switch bwat tune radio volume disc track dan cruise control... well really entry level mobil skrng mungkin bnyk yg lebih canggih.
saya lupa lagi by harmankordon atau bose... tp di telinga kaleng ane, rasanya biasa aja audionya. memang jarang memutar lagu sih. dan g ada input usb atau aux in di bagian luar....

yang aneh....... remote keyless nya hanya bisa aktif dari jarak 2meter kurang....... dan harus dari sisi kiri pengemudi.. err apa receivernya lupa di pindah dri LHD? ntah lah.. batre juga uda d ganti, dan WJ QD temen sama juga seperti itu... :big_slap: :big_slap:

=====Design?
mungkin salah satu rounded jeep pertama... :D sebelum jeep liberty di ikuti GC WK dgn rounded headlight, dan kembalik boxy di WK2 ... bicara desain selalu subjectif. gmn selerasa yah jadi saya g akan panjang lebar disini :D yg pasti bagi gw, desain masih enak dilihat, dan jarang ketemu di jalan.

dimension wise... masuk katagori luxuries SUV untungnya tidak sebesar LC... atau americans fullsize suv lain.. alhasil rasanya masih cocok di pakai di jalanan indonesia, dalkot hingga ke pedesaan. radius putar juga relatif kecil, rasanya 11-12 dgn mpv modern menengah.

g bikin repot untuk parkir... :D

===== as passenger ?

build quality kabin... imho much better dari XJ Country yang pakai tangan d goyang2 bisa bunyi kriek2... d WJ semuanya berasa solid, dengan soft material diamana-mana sepanjang tangan bisa nyentuh.. leather seat juga sangat baik g ada yg robek atw keriput sekalipun sudah berumur lama.. minim bunyian2 juga

sayang d XJ ada double blower di WJ malah ga ada.

kabin jelas jauh lebih lega dari XJ..
kelegaan kabin bagus lebih lebar dari PSD atw fotuner, sepasang jok besar dan masih bisa diselepin konsol tengah yang besar juga... 2nd row besar dgn legroom lega.. sebagai penumpang rasanya g cape untuk long trip juga. pernah beberapa tahun di pakai kendaraan mudik ke jogja, dan pernah long turing susur pantai selatan hingga barat dan pernah sampai bromo :D

Image

sayang, sandaran jok depan terasa terlalu pendek tdk sampai bahu, cukup melelah kan perjalanan jauh ntah di pikirnya gimana apalagi pertimbangan bule2 yang badannya lebih besar....

Peredam kabin mantep.... jok blkng bisa di lipat rata.. cocok untuk kamping karna bisa di sulap jadi tempat tidur untuk ber 2 hehe :D

oyah WJ ini uda di pasang sunroof jadi bisa tidur sambil liat bintang.......... haha :D

Image

sweet spot bwat duduk? 2nd row..
shotgun seat? kurang sandarannya pendek cepet pegel..

mending duduk d XJ atw WJ as passanger? honestly.... jika d shotgun seat mending d XJ.. tp klw 2nd row jauuhhhh mending WJ. XJ 2nd rownya lebih parah dari dcab.......

===== as driver?
==Engine


nah ini bagian yg menarik........... sejujurnya, sebagai passanger nope, tdk terlalu berkesan.. hell plenty modern IFS or FISS suv or mpv could be better ride and comfortnya

sejujurnya gw n nyokap sering sekongkol ngerayu bokap biar ni mbl d lepas aja... jual nambah2 beli suv baru... :D ya u know lah, mesin V8 4700cc 235ps@4600 rpm 400Nm@3600 plus tangki 80ltr yg selalu di isi pertamax... and thats not the worse part... klw rusak harga sparepart perunit sebenernya bisa dibilang g terlalu mahal di banding mbl jepang, kaya contoh coil mopar ori 800-1jt /pc, sedangkan kemarin ngintip mitsu mirage aja uda 1.2jt/pc ..... bedanya y jumlah coilnya harus 8biji hahaha :D... itu klw lg ada yg jual untung skrng uda ada internet, klw lg g ada,...bisa pesen langsung, tinggal waktu tunggunya aja. :D part bisa di datangkan..paling susah ngediagnosa yg rusak apa, sudah tunggu lama gtwnya bukan ini yg rusak :frm_bang_head: .. paling sebel klw uda kabel yg kena.... dimana setiap switch dri lampu cluster ac dll uda nyambung ke sejumlah ecm *ada 12* scanner obd sering g bisa deteksi, terpaksa di telusuri satu2.. sering binggo! d gigitin tikus atw kabel getas.. simple g perlu order part tp nyarinya... :frm_bang_head: :frm_bang_head:
yah namanya mobil sudah berumur,resiko rusak pasti makin besar. so definitely not for everyday car.. kadang kasian liat mblnya lebih sering nangkring, tiap tahun bayar pajak, tp jarang2 di pkenya.

ok itu curhat gw.. haha :D akal sehat bilang seperti itu "mending lepas tuker suv baru".. we got a lot of talk, a lot of thought,adu argumen, debat dll yg g pernah berujung ... :D

until... dad gave me the car key let me drove......... :D
turn on the engine...
hear the V8 burbling sound..
shift the 6speed gearbox to D...........and.. floor it........:D

slightly spin on rear axle then.. AWD kick in

dann bagai jambak setann terus d tendaang....... :D :D 0-100kmh 7.2s of V8 Roarrr tampa useless spin or sluggish shifting... :D narik bobot mbl yg *hanya* 1.8T definitely not like *any* gasoline engine.....ini punya karakter sendiri check out kurvanya dgn redline relatif rendah d 5000 masih bisa over rev ke 6000 sblm hit revlimiter (d gb 1) atw upshift otomatis, peak torque d 3000an.... g ada turbo lag, g ada jeda sebelum VVT kick in...g ada drive by wire laziness tenaga uda brutal dari awal ngebejek......... :D

seakan mbl ini sedang mencoba meyakin dgn setiap push d pedal di ikuti deru american muscle dan hentakan dari otot2 V8 ny :D like brainwashing me with a V8 roar.... ,Sh!t Definitely gonna KEEP this f##! Car!... hahaha :D pantesan orang amrik sono demen bngt V8.....

yup itu yg gw rasa.....jika sebagai penumpang, dan klw ngisiin fuel or ordering sparepart.. selalu muncul2 berbagai pikiran... *ni mbl enaknya apaaa* mending gw ganti suv diesel modern, yg baru irit g rewel... tenaga juga bisa pke piggy pasti lebih kenceng......irit lagi, nyaman, sparepart gampang.... sampai di kasih nyupir ni mbl semuanya seakan termaafkan... hahaha :D, well if just two of us, or alone.. karna klw ada ibu pasti d amuk klw ngebejek... wkwkwkw :D

somehow bokap ogah gantian klw pke ni mbl.... hehe :D dan selalu d simpen d rumahnya jd gw jarang pke.. setelah pke yg lain innova dgn piggy misalnya, tenaga uda mantep juga dan rasanya uda berlebih... sampai jd pikiran mending WJnya tuker diesel modern aja... atau saat nyicip forester 2.0 XT yg sangat impressive juga yaaa sampai nyicipin WJ ini lagi, bagai di cap ulang ingatan jambakan AWD V8 Roarrrr - nya.... wkwkwk :D

rasanya V8 punya torsi raksasa dri low rev layaknya turbo diesel err bahkan bisa didapat dri rpm lebih rendah lagi *g perlu masuk k range turbo* namun tampa turbo lag dan masih punya high rev layaknya gasoline yg lebih tinggi dari diesel.... :D I6 XJ rasanya g ada apa-apanya di banding mesin ini... apalagi klw nanjak, jarang bngt sampai masuk gigi 1. di D nanjak rasanya start aja dri gigi 2 , XJ masih sering ngos2an.


yup teknologinya memang jadul, non vvt, apalagi direct injection, 4700cc V8 cuma 235hp... memang hp countnya kecil..apalagi klw liat hp/liternya, ... well this is american V8.... :D :D

cek curva nya

Image

250 lb-ft atau 338nm from as low as 1200rpm tampa turbo lag and spiking to 400nm @3600rpm 235hp@4600 dan masih bisa reving sampai 6000rpm... klw d banding mesin modern... ya uda banyak yg hp dan torque countnya jauh lebih tinggi... tp rasanya uda jarang yang bikin V8 gasoline n.a dgn karakter low down torque seperti ini *bukan g ada, malah tambah bnyk yg sakti atas bawah*. sekalipun pabrikan amerika. bukan bearti this setup always better yah... i do love high rev engine... but this kind of engine got it's own uniqueness. well modern gasoline turbocharge engine


oyah WJ ini versi minorchange.. sudah tidak pakai viscous fan diganti hydraulic.. efeknya di high rev memang lebih enak dan lepas, fc lebih irit dan ga pernah sekalipun demam overheating g kaya XJ dan WJ versi awal.....

Towing Capacity 3.35T.. err blm pernah coba narik trailer sih.. pernah jg narik CRV d pantai hahaha :D


FC... ehhmmm do i need to say it? okay.....
klw nyupir normal dalkot 1:4-5 lukot 1:7-8 dan tol 1:10

tp klw bejek2an..... yaa upto 1:10.... pertamax only. err 1 liter 10 stopan.....

somehow lebih irit dari XJ... tp XJ cukup premium aja............

Image

oks enough for the V8 ....... :D that's really the best part of this car.
==Gearbox
Gearbox yg digunakan... 545RFE unik juga. karna terdiri dari 6speed maju... tapi dengan sepasang gigi 2 .... jadi ratio gigi 2 di bedakan, untuk kick down yg lebih low, dan untuk leisure drive, jadi urutan gearny tetep 5 karakter GB cukup baik, suv modern banyak yg lebih buruk dari ini.... shifting cepet dan halus *saat sehat* ratio rapat terasa irama shifting jadi dynamis engga berjauhan setiap shift khas d 4AT. lockup cepat dan ga kerasa. saat OD-off which is d lock sampai gigi 3 mudah aja mentokin redline 5000rpm @180kmh..
Weakness? not the strongest gearbox around....... masih kalah kuat dibanding AW4 XJ, dan ada masalah umum gb ini d valve bodynya. saya uda pernah ganti gearbox segeluntung........

WJ awal pakai 45RFE which is Gearbox yg sama dgn 545RFE namun topgearnya di disable, dan bisa di enable via update TCM. di versi facelift seperti yg d review sudah 545RFE. knp awalnya di disable? who knows...

Image


==Transfercase NP247
TC AWD dengan low gear............ :D AWD nya berjenis on-demand yang hanya aktif jika mendeteksi spin di axle blkng. centerdiff menggunakan hydraulic gerotor pump.Weakness nya.. there is noticeable lag sebelum awd kick in.... untuk on road g masalah, AWD masih lebih dari cukup untuk mengkoreksi oversteer, atau spin saat pertama di bejek.... tapi saat oprut.. sering mbl uda muntir 90 derajat baru awd kick-in.... lebih parah lagi reflek kita saat ngerasa slip gas di angkat... saat itu awd yg semula siap kick jadi reset lagi.... harus di gas terus dgn steady baru bisa ngunci terus.
but..... tenang ada 4Lo Partime safe the day.... yang bearti mengunci center diff seperti 4x4 konvensional.. low gear mencapai 1:2.72 salah satu yg terendah di market indonesia... :D

Image

==Axle
Dana 30 front rigid axle, dan Dana44 Rear rigid axle.... last of it's kind.... yup grand cherokee dan suv monoque terakhir yang memakai fr/Rr rigid axle.... :D perbedaan Quadra-Trac II dengan Quadra-Drive.. QTII hanya memiliki LSD Vari-Lok di gardan belakang.. sedangkan QD depan dan blkng. Vari-Lok berguna seperti LSD aktif yang mempu bekerja mirip locker yang digerakan oleh Gerotorpump. yang bisa ngunci diff jika terjadi selip... sayang seribu sayang... Vari-lok first gen ini d bilang terlalu lemot untuk ngunci.. pernah stuck dan di gas g ngunci2 juga... untuk itu d QDII pada grandcherokee WK Vari-lok di ganti dgn LSD gerotor pump buatan Eaton ... :D which is baru bisa kerja dgn sangat baik dan cepat.

Image

nextgen dana30 sudah pakai CV joint instead of cross joint sperti d XJ bahkan dari CJ lebih halus dan minim getaran. dana44 adalah line up axle terkuat jeep sama dgn rubicon,lebih kuat dari dana35 XJ.

==Suspension handling & Offroad ability
jika Jeep Cherokee banyak di puji dengan handlingnya yang tajam sedan like, sekalipun full rigid axle..... WJ yang statusnya di atas XJ pasti lebih baik donk..... nopee... biggest disapointment and biggest weakness... dunno kalau WJ gw uda di apa-apain oleh pemilik sebelumnya... yg pasti handlingnya jauh berbeda dgn XJ, stir yang memang masih ball and nut terasa memiliki speeling yg membuatnya kurang sensitif, body roll juga relatif tinggi, rear suspensi 3linknya yg kerasa membuang klw d paksa belok tajam... front suspensi 5link kerasa melayang krng kerasa gigit...... ini yg paling bikin lelahkan untuk jalan jauh. not the best car for smooth twisty road... well twinrigid axle memang bukan di situ kelebihannya, innova aja masih kerasa lebih enak,tp XJ yg sama2 fullrigid axle bisa enak road manner nya knp WJ engga?

well... bejek2an pke mbl ini jd inget konotasi muscle car........built for straight line , err "only"..........

jika di paksakan sikat belokan karakternya lebih k oversteer pantat ngebuang, untung awd nya d aspal cukup sigap langsung mengkoreksi arah.

WJ sama dgn XJ menggunakan sasis monokok dengan tulang reinforce... sehingga ringan curb weight 1.8T,kalah ringan dri XJ yg 1.5T. kabin lebih kedap,dan *seharusnya* handling nya baik.

Driving position.. :D tinggi dgn blind spot minim, jauh lebih baik dari XJ yg sempit. meski tidak sebaik daihatsu rocky yg segala keliat.. wkwk :D sayang penyakit khas Jeep RHD di indonesia... ntah knp posisi stir seperti tidak center di tengah... ini d rasain d XJ n YJ juga.... :big_slap: :big_slap: :big_slap:


again.. di twisty smooth road.. g bisa ngebejek g bisa ngerasaain V8... kembali muncul perasaan mangkel.... mikirin modifikasi, atw komponen suspensi yg mungkin uda rusak/aus, but yeah balljoint tierod dll semua uda cek dan semua d ganti baru....

until..... we meet aspal dengan lautan bolong2......... saat itu shockbreaker pakai old man emu.. kaki2 rigid axle dpan dan blkng yakin tahan di siksa... tampa ragu gw bejek abis, dikala orng lain ngerayap pelan 10-15kmh.... gw naikin speed di atas 60kmh, orang lain kekiri ngehindarin lobang dalem, gw kekanan masuk ke tengah lubangnya, seakan nunjukin jati diri nya "this is my playground" ........... somehow lubang yang gw kira bakal uda bikin mobil dive, bisa di lewatin lurus kakinya yg main ngikutin kontur jalan, dan body mbl hanya geli-geli... g ada perasaan bersalah ngehajar mbl ini... setelah lewat, juga g ada bunyi2 di kaki-kaki atau kabin akibat di pakai seperti itu...

skrng d pasang shox high-end fox 8" baru deh mendingan tp jadi nyari dirt road terus nih............. wkwkw meski masih di bawah XJ country sekalipun shocknya pke ironman which kls menengah. :D untungnya klw urusan oprut g malu-maluin memang beli jeep yg di harapin offroad abilitynya klw d sini fail uda deh,..memang berkali2 d hasut temen2 ikut main.. yg pasti ada oprutnya light bilangnya yg bisa jadi lebih berat klw ujan wkwk :D .. ban cuma HT temen2 minimal MT wkwkw ..... disini di luar expektasi juga. awalnya ragu uda ngeluarin strap temen2 uda balikin mobilnya mw narikin.... apalagi liat yg pke MT slip2.. pke HT gimana nasibnya.... haha ternyata lolos2 aja.. asal uda d 4Lo anteng aja... bener2 kerasa enaknya ngerayap.

Image

stir minim feedback d aspal krng enak,tp dtanah benturan batu atau lobang d jalan ancur jd ga sampai kerasa kestir ga ngebanting2an... rear 3 link terbukti lebih lentur dari leafspring XJ travel dan traksi lebih baik.. juga bebas axle wrap saat selip, penyakit khas leafspring.

kabin lebih luas dan lega,... namun overall dimension tidak terlalu jauh dgn XJ jd g repot masuk jalur2 rural n pedesaan... :D

Image


tentu perbandingannya mengingat kastanya sebagai luxuries suv, at least harus lebih baik dari XJ yg masih bisa mempermalukan SUV IFS mid-high sekalipun. memang jika di banding suv rigid jadul kaya taft baik yg rigid dan independen,apalagi fj40 n jimun... WJ masih jauh lebih baik onroad handling n suspensiny. klw dgn suv rigid high-end lagi kya LC80, RR,disco,Gklass sya blm pernah pakai jd g bisa bandingin.


==Brake
better than XJ jauh, rem blkng uda discbrake.. tp tetep masih kerasa overpowered blm cukup ngeredam laju V8 , ABS EBD, BA sih ada komplit...

ABS tetep jalan sekalipun d 4Lo.. sangat berguna waktu turun d jalan berlumpur, dimana g boleh sampai ban nya ngunci.

====kesimpulan?
for today price, tahun yg populer 2000-2001 quadra-drive hargany sekitar 150-250jtan .... yup harganya di bawah XJ country yang makin menggila. yg minor change apalagi 2002> lebih jarang lagi.


+ V8 4.700cc powertech 235ps 400nm
+ Speeedd & powaaahhhh ! *JC mode : on*
+ Torqueeeee !!
+ Roaarrrr !!!
+ AWD + 4Lo center difflock
+ 545RFE 6speed
+ Rigid Axle dana 30 & 44
+ Durable Suspension and Axle
+ Flexible 5link and 3 link coilspring
+ Good Offroad Ability
+ dirt road dan jalan bolong2 adalah sarapan-nya... :D :D
- on road Handling & Suspension
- err almost everything on very smooth road except straight line ...
- Driving position
- Electronic Reliability Issue
- Fuel consumption

worth to buy? if you a serious jeep enthusiast, looking for extraordinary jeep, yes you should buy it..
some say "a V8 for one life time" .. haha :D very suitable for weekend car.. and remember this is last Grand Cherokee with Full rigid axle

first time jeep owner? ingin punya brand jeep...sebagai 2nd car.. coba2 blajar offroad :D stay away.. go for XJ limited more simple,cheap to fix,dan part lebih banyak n murah ....


klw pingin dijadiin mbl harian...... errrrr just stay away seriously....

why still keep it?
"it's jeep thing you wouldn't understand"

Image


sorry bwat banyak typo n kesalahan kata2 hehehe :D
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Review Jeep Grand Cherokee V8 4.7 Quadra-Trac II 2003

Post by billyd1773dz »

demn g bisa edit

==== suspension n handling section :D add paragraph
tentu perbandingannya mengingat kastanya sebagai luxuries suv, at least harus lebih baik dari XJ yg masih bisa mempermalukan SUV IFS mid-high sekalipun. memang jika di banding suv rigid jadul kaya taft baik yg rigid dan independen,apalagi fj40 n jimun... WJ masih jauh lebih baik onroad handling n suspensiny. klw dgn suv rigid high-end lagi kya LC80, RR,disco,Gklass sya blm pernah pakai jd g bisa bandingin.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Jeep Grand Cherokee V8 4.7 Quadra-Trac II 2003

Post by madcat015 »

Wow.. wow... wow....

Ripiu yang sangat baik dan mendetail... :frm_salut:

Ane pernah naksir ini Cherokee, bokap cuman bilang "kl dia minum air ledeng, ayo bungkus..."

Ane terdiam... :big_chicken:

Tapi V8... oh my... *keseringan nyetir inline 4, jarang setir H dan V... hiks...*
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
valentina_oye
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 503
Joined: Wed Aug 08, 2012 4:45

Re: Review Jeep Grand Cherokee V8 4.7 Quadra-Trac II 2003

Post by valentina_oye »

Review terbaik yang pernah saya baca di SM. Banyak data teknis n menambah pengetahuan nih, apalagi foto2nya keren banget...
Om billy, mobil ini pakai konstruksi ladder frame atau monocoque? Ada varian diesel nggak?
puteraadrian
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 197
Joined: Wed May 21, 2008 18:03

Re: Review Jeep Grand Cherokee V8 4.7 Quadra-Trac II 2003

Post by puteraadrian »

Keren ni review nya bro.. apalagi pas ane baca
first time jeep owner? ingin punya brand jeep...sebagai 2nd car.. coba2 blajar offroad :D stay away.. go for XJ limited more simple,cheap to fix,dan part lebih banyak n murah ....
udah berkali2 mau nyobain ni mobil, kayanya setia k XJ dulu... badak
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review Jeep Grand Cherokee V8 4.7 Quadra-Trac II 2003

Post by amfibi »

Gini deh kalo master jip bikin review, bahasnya sampe ke hal-hal detail :mky_02:
Ga kayak ane... :ungg:

Hmm... Grand Cherokee ini mobil pasaran di Medan, sering banget ane lihat GC di jalan...
Entah kenapa kok jarang banget ane lihat di Jakarta....

Desain, ane sih lebih prefer Cherokee XJ & GC ZJ daripada ini, jeep lebih keliatan gagah dengan desain mengkotak daripada membulat :mky_01:

Kabinnya lega ya? Beda jauh sama XJ bokap yg row-2 sempit... :mky_03:

Not everyday car? Oom ane yg punya WJ dipake harian mulu lho... Entahlah gimana dengan perawatannya... :upss:

Asik banget ya mesin V8, ane pake V6 aja udah puas bener, apalagi V8 american kayak gini...

FC irit juga ya ternyata... :mky_02:
XJ 4.0L bokap dulu bisa sampe 1:3-1:4 dalkot, dipake harian lagi... Untung bensin dibayarin kantor :upss:
Kecuali yang XJ 2.5L sport, cukup irit, bisa sampe 1:7 dalkot...

Nah, bener spt yg ente katakan, Cherokee XJ juga demen banget kalo ketemu jalan lubang2 :upss:
Lubang besar bisa dihajar kencang2, dengan body cuma goyang2 dikit, & penumpang ga ada yang mual! :mky_02:

Coba jeep bisa seperti TLC, yang jarang rusak & ga bikin pusing dengan urusan spareparts...
XJ juga cepet rusak2, yang 4.0L '95 sering overheat & AC rusak...
Sedangkan yang 2.5L, pas new aja (th. 2000), 2 bulan kemudian extra fan rusak tanpa sebab, diselingi dengan penyakit2 lainnya, walaupun masih garansi... :shrug:

@nonik valentina : Monocoque sist, sama seperti XJ, yang sukses membuktikan bahwa sasis monocoque juga bisa diajak offroad :mrgreen:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Review Jeep Grand Cherokee V8 4.7 Quadra-Trac II 2003

Post by ricz »

Keren reviewnya om Bill :frm_salut:

Ampe sektor mesin, transmisi & kemampuan off roadnya dikupas mendetail :frm_salut:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
dubz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sat May 11, 2013 2:07

Re: Review Jeep Grand Cherokee V8 4.7 Quadra-Trac II 2003

Post by dubz »

Mantap reviewnya. Gak ada pecicilan gak penting...to the point.
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Review Jeep Grand Cherokee V8 4.7 Quadra-Trac II 2003

Post by doq »

Ck ck ck......
Review yg mantabbb! :frm_salut: :frm_salut:
bikin nambah ngiler pengen punya, dr dulu udh naksir sebener nya.......but as a 1st time "wannabe" jeep owner yahhhh :big_slap:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
Felixz_Yaris
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3220
Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
Location: Jombang, Jawa Timur

Re: Review Jeep Grand Cherokee V8 4.7 Quadra-Trac II 2003

Post by Felixz_Yaris »

Repiu yg sangat detail dan sangat mantab
:frm_salut: :frm_salut:
[TYCI 917]
[YKC]
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Jeep Grand Cherokee V8 4.7 Quadra-Trac II 2003

Post by ChZ »

repiu yang sangat detail dan mendalam.... :frm_salut:

jeep cherokee ini mobil yg sangat iconic.... :mky_02:

entah kenapa seperti liat LC dan Landy, liat jeep itu berkesan gagah dan karismatik.... japan have LC, Britain have Land Rover, America have jeep :mrgreen:

bahkan yang bawa biasanya juga orang-orang yg hobi beneran.. emang bener kalo jeep bukan buat orang sembarangan :big_smoking:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Review Jeep Grand Cherokee V8 4.7 Quadra-Trac II 2003

Post by billyd1773dz »

madcat015 wrote:Wow.. wow... wow....

Ripiu yang sangat baik dan mendetail... :frm_salut:

Ane pernah naksir ini Cherokee, bokap cuman bilang "kl dia minum air ledeng, ayo bungkus..."

Ane terdiam... :big_chicken:

Tapi V8... oh my... *keseringan nyetir inline 4, jarang setir H dan V... hiks...*
wkwkw :D makasih om... :D

iye nih memang not for everyday car apalagi cuma d pke bermacet2 buang2 fuel aja hehe, klw bwat luarkotaan atw apalagi tol sih masih ok lah bisa di aduin fcnya dgn gasoline karbu yg ccnya 1/2-1/4nya.... hehe :D
valentina_oye wrote:Review terbaik yang pernah saya baca di SM. Banyak data teknis n menambah pengetahuan nih, apalagi foto2nya keren banget...
Om billy, mobil ini pakai konstruksi ladder frame atau monocoque? Ada varian diesel nggak?
makasih yah :D :D
Grand cherokee dan cherokee monokok.. :D di luar sih ada yg diesel, d sini masuk via iu, jarang bngt sih... mesinnya pke VMotori...
puteraadrian wrote:Keren ni review nya bro.. apalagi pas ane baca
first time jeep owner? ingin punya brand jeep...sebagai 2nd car.. coba2 blajar offroad :D stay away.. go for XJ limited more simple,cheap to fix,dan part lebih banyak n murah ....
udah berkali2 mau nyobain ni mobil, kayanya setia k XJ dulu... badak
wkwkw :D bener om... :D

memang dari segi mechanical berani di adu, dan mestinya WJ masih lebih badak. tapi elektroniknya nih, jauh lebih rumit. sampai lampu dan ac aja d atur ecu. dan ada wiring yg error bisa bikin MIL nyala ganggu ke yg lain-lain. pernah nyimpen accu g pas tp uda kenceng maja MIL nyala.... gtwnya ada sensor di bawah accunya ngasih tau peletakan accu g pas wkwkwwk :D air radiator kurang, muncul tulisan d MIDny ngasih tahu.. canggih sih hehe..

mesin sendiri ga sensitif elektroniknya, pernah beberapakali di hajar serombongan tikus... beberapa kabel coil nozzle sensor banyak yg putus.. tp d sambung2in lagi jalan lagi dgn normal g kurang tenaganya juga. pernah dlm perjalanan pulang dari bromo, MIL nyala ngasih tahu ada 3 cyld yg missfire, d buka coilnya mati.. tp engga lantas mogok dan masih bisa jalan bromo bandung dgn tenang... rada pincang tapi masih bisa ninggalin XJ sehat di tanjakan hahaha :D jalan dgn 5cyld....

replace TCM harus d reset pke DRB *bukan OBD* untuk recalibrating gearboxnya yg uda full elektronikny... hmmmm mesti pinjem DRB... :D


XJ yg limited yang masih serba manual, ecu hanya ngontrol mesin dan gb.... d country ac dan cluster uda pke ecu juga...
amfibi wrote:Gini deh kalo master jip bikin review, bahasnya sampe ke hal-hal detail :mky_02:
Ga kayak ane... :ungg:

Hmm... Grand Cherokee ini mobil pasaran di Medan, sering banget ane lihat GC di jalan...
Entah kenapa kok jarang banget ane lihat di Jakarta....

Desain, ane sih lebih prefer Cherokee XJ & GC ZJ daripada ini, jeep lebih keliatan gagah dengan desain mengkotak daripada membulat :mky_01:

Kabinnya lega ya? Beda jauh sama XJ bokap yg row-2 sempit... :mky_03:

Not everyday car? Oom ane yg punya WJ dipake harian mulu lho... Entahlah gimana dengan perawatannya... :upss:

Asik banget ya mesin V8, ane pake V6 aja udah puas bener, apalagi V8 american kayak gini...

FC irit juga ya ternyata... :mky_02:
XJ 4.0L bokap dulu bisa sampe 1:3-1:4 dalkot, dipake harian lagi... Untung bensin dibayarin kantor :upss:
Kecuali yang XJ 2.5L sport, cukup irit, bisa sampe 1:7 dalkot...

Nah, bener spt yg ente katakan, Cherokee XJ juga demen banget kalo ketemu jalan lubang2 :upss:
Lubang besar bisa dihajar kencang2, dengan body cuma goyang2 dikit, & penumpang ga ada yang mual! :mky_02:

Coba jeep bisa seperti TLC, yang jarang rusak & ga bikin pusing dengan urusan spareparts...
XJ juga cepet rusak2, yang 4.0L '95 sering overheat & AC rusak...
Sedangkan yang 2.5L, pas new aja (th. 2000), 2 bulan kemudian extra fan rusak tanpa sebab, diselingi dengan penyakit2 lainnya, walaupun masih garansi... :shrug:

@nonik valentina : Monocoque sist, sama seperti XJ, yang sukses membuktikan bahwa sasis monocoque juga bisa diajak offroad :mrgreen:
hehe kebalik dgn ane bearti wkwkw :D pling demen body XJ juga yg country yg lebih membulat, ZJ pling g demen hehe :D

oyah... d jkt n bdg uda jarang lihat hehe :D pindah keluar kota sepertinya.. wj ini juga kebanyakan dpkenya dtasik... jarang macet, jadi fc dalkot d 1:5an terus...

wkwkw :D selama sehat dan bisa bayarin fuelnya sih silahkan2 aja.. ayah sebelum punya ipah juga selalu pke ini kmn2, seminggu sekali pp tasik bdg,oprasional dalkot dan klw liburan keluar kota... :D :D

maksud saya, banyak mobil yg lebih masuk akal untuk di pakai harian, baik fc perawatan maupun kenyamanan.... bgtu punya ipah, ya yg ini di kandangin di sayang2... hehe :D

dgn XJ memang ini lebi irit, beberapa kali turing dgn sekawanan XJ, biasanya mereka habis, d WJ masih 1/3....

LC 80 masih serba manual n mechanical sih.. itu yg enaknya... jadi g sensitif dan ribet benerinnya..... :D bwat mbl tempur paling enak yg kaya gtu lebih sederhana.

XJ populernya d arena speedoprut handling mantap, body ringan mesin kencang jadi andalan...
mesin XJ 4.0L jika d kasih stroker kit high comp ke 4.9L 9.6:1 bisa naik minimal 300hp 500nm tu dari i6 n.a ...
ricz wrote:Keren reviewnya om Bill :frm_salut:

Ampe sektor mesin, transmisi & kemampuan off roadnya dikupas mendetail :frm_salut:
makasih om.. hehehe :D
dubz wrote:Mantap reviewnya. Gak ada pecicilan gak penting...to the point.
seep makasih yahh :D
Felixz_Yaris wrote:Repiu yg sangat detail dan sangat mantab
:frm_salut: :frm_salut:
thanks :D :D
ChZ wrote:repiu yang sangat detail dan mendalam.... :frm_salut:

jeep cherokee ini mobil yg sangat iconic.... :mky_02:

entah kenapa seperti liat LC dan Landy, liat jeep itu berkesan gagah dan karismatik.... japan have LC, Britain have Land Rover, America have jeep :mrgreen:

bahkan yang bawa biasanya juga orang-orang yg hobi beneran.. emang bener kalo jeep bukan buat orang sembarangan :big_smoking:
yup... klw orng ga hobi banget sih.. ya ngapain, mereka mendingan beli mbl jepun baru yg ngerawatnya gampang,jelas2 lebih nyaman dan irit hehehe :D

memang somehow driving jeep, ada rasa yg berbeda d banding nyupir mbl lain..... apalagi di ikuti deru V8 berasa jadi raja jalanan.................................



V8 Grandcherokee dgn V8nya lexus 1UZ-FE beda banget suaranya........ :D
both awesome! on different way :D :D


Image
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
reinhard_harley
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Tue Jul 10, 2007 8:43

Re: Review Jeep Grand Cherokee V8 4.7 Quadra-Trac II 2003

Post by reinhard_harley »

om billy, dimana ya bs dpatin stroker kit 4.9 utk XJ limited thn 95.
rencana klo mobil gak kejual, mau dipake trus seh, enak bgt tenaganya., pgn ngerasa lbh beringas lg.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Review Jeep Grand Cherokee V8 4.7 Quadra-Trac II 2003

Post by maskopat »

billyd1773dz wrote:demn g bisa edit

==== suspension n handling section :D add paragraph
tentu perbandingannya mengingat kastanya sebagai luxuries suv, at least harus lebih baik dari XJ yg masih bisa mempermalukan SUV IFS mid-high sekalipun. memang jika di banding suv rigid jadul kaya taft baik yg rigid dan independen,apalagi fj40 n jimun... WJ masih jauh lebih baik onroad handling n suspensiny. klw dgn suv rigid high-end lagi kya LC80, RR,disco,Gklass sya blm pernah pakai jd g bisa bandingin.
sudah ane edit di section suspension n handling. ane bold dan italic. kalo oke ane normalkan... :thanks:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Review Jeep Grand Cherokee V8 4.7 Quadra-Trac II 2003

Post by imingwahyudi »

salken om Billy :mky_02:

pas rigging GC kayanya tau deh tempatnya :mky_01: , kalo bener iya, salam kenal juga dari sesama penghuninya :big_biglaugh:

Indeed, no one can beat V8's burbling sound. Sayang saya belom pernah coba GC ini, mentok mentok hanya GC kw Jepunnya (Cygnus V8 :big_biglaugh: ), yang kalo idling ga berasa pincang v8nya, tapi diem" juga enak didenger kalo jarumnya dimainin di deket redline :mky_03:

sayang juga yah V8nya ga bisa masuk <RON92 bro...padahal standar US/CA sendiri malah RON87..
dan kalo saya ubek", V8 yang Indo masuk yang 235 HP(please CMIIW :) ), punya rasio 9.0:1...it should be safe, not considering the CC itself :big_biglaugh:

nice review, and what a car :big_peace:

ga kepikiran stroke up atau pasang blower bro? :big_blushing:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Review Jeep Grand Cherokee V8 4.7 Quadra-Trac II 2003

Post by billyd1773dz »

maskopat wrote:
billyd1773dz wrote:demn g bisa edit

==== suspension n handling section :D add paragraph
tentu perbandingannya mengingat kastanya sebagai luxuries suv, at least harus lebih baik dari XJ yg masih bisa mempermalukan SUV IFS mid-high sekalipun. memang jika di banding suv rigid jadul kaya taft baik yg rigid dan independen,apalagi fj40 n jimun... WJ masih jauh lebih baik onroad handling n suspensiny. klw dgn suv rigid high-end lagi kya LC80, RR,disco,Gklass sya blm pernah pakai jd g bisa bandingin.
sudah ane edit di section suspension n handling. ane bold dan italic. kalo oke ane normalkan... :thanks:
oks uda bagus om... :D

thx
imingwahyudi wrote:salken om Billy :mky_02:

pas rigging GC kayanya tau deh tempatnya :mky_01: , kalo bener iya, salam kenal juga dari sesama penghuninya :big_biglaugh:

Indeed, no one can beat V8's burbling sound. Sayang saya belom pernah coba GC ini, mentok mentok hanya GC kw Jepunnya (Cygnus V8 :big_biglaugh: ), yang kalo idling ga berasa pincang v8nya, tapi diem" juga enak didenger kalo jarumnya dimainin di deket redline :mky_03:

sayang juga yah V8nya ga bisa masuk <RON92 bro...padahal standar US/CA sendiri malah RON87..
dan kalo saya ubek", V8 yang Indo masuk yang 235 HP(please CMIIW :) ), punya rasio 9.0:1...it should be safe, not considering the CC itself :big_biglaugh:

nice review, and what a car :big_peace:

ga kepikiran stroke up atau pasang blower bro? :big_blushing:
wow..salam kenal juga om.. :D
kul atw ngajar d stu om?

yup.. V8 toyota lebih halus, revingnya lebih tinggi dan suaranya lebih melengking. klw V8 jeep rada geter nada bass lebih banyak.. dan burbling sound nya kerasa banget. g d rev terlalu tinggi juga uda nikmat.. mungkin header bawaanya uda unequal

memang klw idle V8 jeep ini g halus, masih kerasa getarannya. beda dgn LC100 yang diesel sekalipun masih lebih halus. atw memang karna inline 6 which is uda self balancing, klw V8 masih butuh balancershaft.

di USA itu penulisanya AKI (RON+MON/2) ... jadi di tulisnya min octane 87, itu sebenernya klw RON sih setaranya di ron91-92an... bukan lantas sama dgn RON88

Jeep WJ V8 nya ada yang biasa dan High output. di indo baru sempetnya masuk yang biasa sblm chrysler indo ngilang. 235ps 9.0:1 tapi ga ada knock sensor, jadi ga bisa ngeruduksi knock dari fuel yang di pakai. jadi ya stick ke fuel rekomendnya aja. XJ semenjak yang country jg suka ngelitik klw d kasih premium padahal kompresinya 8.6:1 mungkin dari timing pengapiannya yg fix. setelah di dekompresi sih uda ilang. klw xj limited sih lebih g ngelitik

Yg high output tenaganya 265ps 441Nm 9.6:1 sudah dilengkapi knock sensor jadi bisa minum fuel lebih variatif. fuelnya minimal AKI87 dan rekomend AKI93
reinhard_harley wrote:om billy, dimana ya bs dpatin stroker kit 4.9 utk XJ limited thn 95.
rencana klo mobil gak kejual, mau dipake trus seh, enak bgt tenaganya., pgn ngerasa lbh beringas lg.


hehe :D yg WJ sih stick original aja.... :D blower................ :D :D wow...... :D :D blm kesana om.. :D
yang XJ yang di oprek trus.. dan memang bwat tempur.... stroker kit menarik sih.. signifikan juga peningkatannya.. cuma hargany.................. :frm_bang_head: :frm_bang_head: d sononya aja $2500-3000 blom ongkir.. partnya banyak dan berat di sini dgr2nya d atas 50jt.
versi pahe nya sih pke crankshaft CJ yg 12bandul bisa jd stroker ke 4.500cc



malah sering kepikiran yg XJ d swap 1KD-FTV hehehe :D atw 1HD-T ajah....

makasih om.. :D
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Review Jeep Grand Cherokee V8 4.7 Quadra-Trac II 2003

Post by maskopat »

billyd1773dz wrote:
maskopat wrote:
billyd1773dz wrote:demn g bisa edit

==== suspension n handling section :D add paragraph
tentu perbandingannya mengingat kastanya sebagai luxuries suv, at least harus lebih baik dari XJ yg masih bisa mempermalukan SUV IFS mid-high sekalipun. memang jika di banding suv rigid jadul kaya taft baik yg rigid dan independen,apalagi fj40 n jimun... WJ masih jauh lebih baik onroad handling n suspensiny. klw dgn suv rigid high-end lagi kya LC80, RR,disco,Gklass sya blm pernah pakai jd g bisa bandingin.
sudah ane edit di section suspension n handling. ane bold dan italic. kalo oke ane normalkan... :thanks:
oks uda bagus om... :D

thx
done...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10470
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Review Jeep Grand Cherokee V8 4.7 Quadra-Trac II 2003

Post by ak4ng »

Q-T vs Q-D bagus mana bil?
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Review Jeep Grand Cherokee V8 4.7 Quadra-Trac II 2003

Post by imingwahyudi »

billyd1773dz wrote: -dipotong-

wow..salam kenal juga om.. :D
kul atw ngajar d stu om?

yup.. V8 toyota lebih halus, revingnya lebih tinggi dan suaranya lebih melengking. klw V8 jeep rada geter nada bass lebih banyak.. dan burbling sound nya kerasa banget. g d rev terlalu tinggi juga uda nikmat.. mungkin header bawaanya uda unequal

memang klw idle V8 jeep ini g halus, masih kerasa getarannya. beda dgn LC100 yang diesel sekalipun masih lebih halus. atw memang karna inline 6 which is uda self balancing, klw V8 masih butuh balancershaft.

di USA itu penulisanya AKI (RON+MON/2) ... jadi di tulisnya min octane 87, itu sebenernya klw RON sih setaranya di ron91-92an... bukan lantas sama dgn RON88

Jeep WJ V8 nya ada yang biasa dan High output. di indo baru sempetnya masuk yang biasa sblm chrysler indo ngilang. 235ps 9.0:1 tapi ga ada knock sensor, jadi ga bisa ngeruduksi knock dari fuel yang di pakai. jadi ya stick ke fuel rekomendnya aja. XJ semenjak yang country jg suka ngelitik klw d kasih premium padahal kompresinya 8.6:1 mungkin dari timing pengapiannya yg fix. setelah di dekompresi sih uda ilang. klw xj limited sih lebih g ngelitik

Yg high output tenaganya 265ps 441Nm 9.6:1 sudah dilengkapi knock sensor jadi bisa minum fuel lebih variatif. fuelnya minimal AKI87 dan rekomend AKI93

hehe :D yg WJ sih stick original aja.... :D blower................ :D :D wow...... :D :D blm kesana om.. :D
-dipotong-
masih yang diajar bro :mky_01:, entah kalo 10 tahun lagi gatau yang ngajar atau yang ngatur lahan :mky_03:
pantes wkwkwkwk, saya suka dibikin rancu akan rating nya US dan rest of the world(CMIIW) yang pake bilangan RON, dan terkadang ada beberapa artikel yang seenak babeh nulis besaran RON saat benchmarking mesin USDM :mky_05:

wow 8.6 ngelitik juga ya, kinda weird...entah karena desain combustion chamber yang berbeda kali ye...mantan saya yang 8.8:1 dengan fixed timing masih hening senyap saat hard throttling walaupun plemium pas lagi jelek jeleknya(fuel pump numpuk sampah sungai citarum :big_weee: )...gatau karena depan udah disumpel dynamat 2 lapis :big_biglaugh: :mky_03:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Review Jeep Grand Cherokee V8 4.7 Quadra-Trac II 2003

Post by billyd1773dz »

imingwahyudi wrote:
billyd1773dz wrote: -dipotong-

wow..salam kenal juga om.. :D
kul atw ngajar d stu om?

yup.. V8 toyota lebih halus, revingnya lebih tinggi dan suaranya lebih melengking. klw V8 jeep rada geter nada bass lebih banyak.. dan burbling sound nya kerasa banget. g d rev terlalu tinggi juga uda nikmat.. mungkin header bawaanya uda unequal

memang klw idle V8 jeep ini g halus, masih kerasa getarannya. beda dgn LC100 yang diesel sekalipun masih lebih halus. atw memang karna inline 6 which is uda self balancing, klw V8 masih butuh balancershaft.

di USA itu penulisanya AKI (RON+MON/2) ... jadi di tulisnya min octane 87, itu sebenernya klw RON sih setaranya di ron91-92an... bukan lantas sama dgn RON88

Jeep WJ V8 nya ada yang biasa dan High output. di indo baru sempetnya masuk yang biasa sblm chrysler indo ngilang. 235ps 9.0:1 tapi ga ada knock sensor, jadi ga bisa ngeruduksi knock dari fuel yang di pakai. jadi ya stick ke fuel rekomendnya aja. XJ semenjak yang country jg suka ngelitik klw d kasih premium padahal kompresinya 8.6:1 mungkin dari timing pengapiannya yg fix. setelah di dekompresi sih uda ilang. klw xj limited sih lebih g ngelitik

Yg high output tenaganya 265ps 441Nm 9.6:1 sudah dilengkapi knock sensor jadi bisa minum fuel lebih variatif. fuelnya minimal AKI87 dan rekomend AKI93

hehe :D yg WJ sih stick original aja.... :D blower................ :D :D wow...... :D :D blm kesana om.. :D
-dipotong-
masih yang diajar bro :mky_01:, entah kalo 10 tahun lagi gatau yang ngajar atau yang ngatur lahan :mky_03:
pantes wkwkwkwk, saya suka dibikin rancu akan rating nya US dan rest of the world(CMIIW) yang pake bilangan RON, dan terkadang ada beberapa artikel yang seenak babeh nulis besaran RON saat benchmarking mesin USDM :mky_05:

wow 8.6 ngelitik juga ya, kinda weird...entah karena desain combustion chamber yang berbeda kali ye...mantan saya yang 8.8:1 dengan fixed timing masih hening senyap saat hard throttling walaupun plemium pas lagi jelek jeleknya(fuel pump numpuk sampah sungai citarum :big_weee: )...gatau karena depan udah disumpel dynamat 2 lapis :big_biglaugh: :mky_03:
owh S2 om? hahaha :D uda ngeceng2 d beli nih.......


hehe kan yg bikin ngelitik bukan kompresinya aja, timing pengapian dan timing camsnya juga. bwat country cams nya lebih tinggi, dan timing pengapianya lebih adv, alhasil tenaga memang lebih besar, trutama high rev nya. apalagi yg distributorless 185ps 295vs195ps 315nm

ngelitiknya cuma klw nanjak berat ngeden aja sih, dalkot atw tol sih tidak.

:beer:
ak4ng wrote:Q-T vs Q-D bagus mana bil?
bagus QD kang...... :D


QTI sih di ZJ
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Review Jeep Grand Cherokee V8 4.7 Quadra-Trac II 2003

Post by imingwahyudi »

billyd1773dz wrote: owh S2 om? hahaha :D uda ngeceng2 d beli nih.......


hehe kan yg bikin ngelitik bukan kompresinya aja, timing pengapian dan timing camsnya juga. bwat country cams nya lebih tinggi, dan timing pengapianya lebih adv, alhasil tenaga memang lebih besar, trutama high rev nya. apalagi yg distributorless 185ps 295vs195ps 315nm

ngelitiknya cuma klw nanjak berat ngeden aja sih, dalkot atw tol sih tidak.

:beer:

S2 juga belom bro :e-doh:....barusan ji-it gw wkwkwkwkw...
beli lahan depan ponbam aje :mky_03: , jualan kentang kukus :upss:
oic, terimakasih penjelasannya bro.. maaf lho kalo kesel sendiri ngeladenin pertanyaan saya bro, maklum mau masuk teknik mesin malah disuruh masuk dunia IT :big_slap: :big_biglaugh:

btw kaya jarang liat GC ke b2/b3...tetapi pernah sekali liat d1773dz...entah deja vu/bukan :ungg:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Review Jeep Grand Cherokee V8 4.7 Quadra-Trac II 2003

Post by billyd1773dz »

imingwahyudi wrote:
billyd1773dz wrote: owh S2 om? hahaha :D uda ngeceng2 d beli nih.......

hehe kan yg bikin ngelitik bukan kompresinya aja, timing pengapian dan timing camsnya juga. bwat country cams nya lebih tinggi, dan timing pengapianya lebih adv, alhasil tenaga memang lebih besar, trutama high rev nya. apalagi yg distributorless 185ps 295vs195ps 315nm

ngelitiknya cuma klw nanjak berat ngeden aja sih, dalkot atw tol sih tidak.

:beer:

S2 juga belom bro :e-doh:....barusan ji-it gw wkwkwkwkw...
beli lahan depan ponbam aje :mky_03: , jualan kentang kukus :upss:
oic, terimakasih penjelasannya bro.. maaf lho kalo kesel sendiri ngeladenin pertanyaan saya bro, maklum mau masuk teknik mesin malah disuruh masuk dunia IT :big_slap: :big_biglaugh:

btw kaya jarang liat GC ke b2/b3...tetapi pernah sekali liat d1773dz...entah deja vu/bukan :ungg:
wkwkw sama donk............. :D :D

d sono yg suka pke WJ ada 2..... gw ama 1 lagi WJ V8 QD silver kyanya tahun 2000-1an cewe yg bawa.... wkwkwkw :D

ama suka ada TJ ijo guanteng.. cewe juga yg bawa.. hahaha :D







errr apa gw yg salah kostum pke mbl cewe :ungg:
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Review Jeep Grand Cherokee V8 4.7 Quadra-Trac II 2003

Post by imingwahyudi »

Wkowkowko justru unipersitas ini aneh, ga kaya mantan kampus gw, disini kebanyakan cewenya pada bawa mobil gede minimal segede small SUV, cowonya pada pake mobil imut" mentok small sedan, emansipasi kah wkwkkw...
Tapi gapapa lah, sensasi liat cicih cicih turun dari fortie putih yang pake rok...duuuhhh :mky_02:
Uih ada 2 toh? Ga kalah jumlah sama Scirocco dan 86 dong wkwkkw. Jarang di b3 ya sepertinya, ga pernah lihat soalnya :big_laugh:
HouseOfDetailing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sat May 11, 2013 12:01

Re: Review Jeep Grand Cherokee V8 4.7 Quadra-Trac II 2003

Post by HouseOfDetailing »

Damn right...It's a Jeep thing,you wouldn't understand.Temen punya yang 4.0L exhaust full Borla,ECU flashed dengan Superchip...asli edan enak banget bawa WJ.Posisi duduk ergonomis,bobot kemudi pas,gear ratio kemudi juga enak untuk long touring ataupun bermanuver di jalanan sempit.And the torque!big displacements petrol engine made for low end torque itu bener-bener sesuatu nikmatnya saat cruising dari pada diesel ataupun mesin bensin berturbo.Dan menurut gw kaga boros amat yah,W210 E230 juga minum sama banyaknya...
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Re: Review Jeep Grand Cherokee V8 4.7 Quadra-Trac II 2003

Post by DigitALL »

Mantep reviewnya bro :big_exellent: , walaupun Jeep Grand Cherokee V8 tahun 2003 tp kemampuan off roadnya top bgt :frm_tumbright: