Ane mau ngereview mobil kesayangan bokap ane yang sudah berpindah tangan Maret 2013 ini...

Mohon maaf kalo reviewnya kurang bagus & lengkap...
===
Siapa yang tidak kenal Land Cruiser? Sejak dibuat pertama kali tahun 1951 dengan seri BJ, produk buatan Toyota satu ini benar2 terkenal di seluruh dunia, sebagai mobil yang sangat kuat & reliable...
Di Indonesia sendiri, Land Cruiser sangat terkenal sejak model FJ40, sebagai jip yang sangat kuat, hingga sekarang dikenal sebagai SUV mewah...
Sekarang, ane akan mereview model LC80, yang tersedia dalam 3 type (VX, VX-Turbo, VX-R) dengan pilihan mesin 4.2L Diesel pada VX dan 4.2L Turbodiesel pada VX-Turbo dan VX-R. Pada review ini, ane akan mereview type VX-Turbo...
===

Dimensi mobil yang gambot, dengan lebar mencapai 1.930mm, dan panjang 4.820mm, mobil ini terlihat sangat gagah & kuat, dan membuat motor-motor bandel di jalan tidak berani deket2 ini mobil...

Dan bikin kegiatan nyuci mobil berlangsung lebih lama dari biasanya...


Di bagian depan, terdapat lampu & grill yang berukuran besar, yang membuat tampang mobil ini masih enak dipandang (tidak cepet jadul spt jika memakai grill kecil), dan spion di ujung kiri yang sangat berguna...

Bagian samping, ada footstep yang membantu untuk masuk ke dalam mobil, mengingat GC yang tinggi, dan spion chrome yang selalu JADI SASARAN MALING...



Di bagian belakang, terdapat pintu bagasi model swing-out, berguna buat duduk2 menikmati pemandangan


Kerenan mana hayoo

Ane sih pilih yang item lharr

===

Interior berwarna abu2, dengan fit & finish yang sangat bagus... Sama sekali tidak ada rattling/bunyi2 dari panel2, dan tidak ada cacat pada interior... Sangat baik untuk mobil tahun '95 , dengan kilometer sudah 170K km...

Dashboard sederhana, dengan bahan full hard plastic, dan terdapat pegangan tangan di bagian penumpang depan kiri, yang menurut ane seperti pegangan rollercoaster ...

Speedometer sederhana saja, dengan tambahan indikator oli & tegangan aki... Sayang tidak ada clinometer seperti trooper...
Space kabin cenderung luas melebar... Sampai-sampai saat ane duduk di kursi pengemudi, tangan ane tidak bisa mencapai handle pintu penumpang depan...
Headroom cukup lah, tidak begitu tinggi...
Legroom lega, kecuali di row-3 yang sempit, serasa duduk jongkok...
Kekedapan kabin cukup baik, namun suara mesin cukup terdengar... Namun ane suka, pada saat akselerasi, terdengar suara siulan turbo...


Jok sebenarnya dilapisi bahan beludru, namun sudah diganti dengan kulit asli berwarna senada interior. Ane suka jok row-2 yang armrest-nya terpisah, jadi tidak rebutan sama penumpang sebelah...
Jok mobil ini sangat nyaman! Diduduki selama 12 jam pun (pas mudik), badan tidak terasa pegal sama sekali!

===
Mobil ini miskin fitur... Yang ada cuma fitur2 standart seperti :
-AC double blower
-PW
-PS
-Central Lock
-HU Double Din CD & Kaset
-5 Speaker (di bagasi cuma satu biji

Sudah itu saja, sedangkan fitur keselamatan hanyalah seatbelt & plat body yang sangat tebal...

Untuk fitur lebih banyak, pilih varian VX-R dengan tambahan :
-Transmisi 4AT
-Double Airbag
-ABS
-Kulkas di console box
-dsb.
===
Mesin menggunakan 1HD-T SOHC Turbodiesel 4.2L I6 162hp @3600 RPM & 361Nm @1400 RPM... Mesin diesel yang walaupun jadul & bersuara seperti truk (namun halus, karena 6 cylinder), namun sangat reliable...
...Serta menguras kantong perawatannya...

Ganti oli sampe 9 liter, & harga parts yang mencekik leher... namun dibayar dengan ketangguhannya yang hebat, mobil ini sama sekali tidak pernah menyusahkan! Mungkin karena ini nama Land-Cruiser terkenal sbg mobil yg tangguh


Waktu taun 2013 januari, dimana Jakarta lagi banjir besar, mobil ini sukses menerjang banjir di Klp gading, yang ketinggian airnya sempat sampai menutupi knalpot & setengah lampu depan mobil ini, tetapi mobil tetap berjalan dengan santainya sampai rumah ane di Cibubur, tanpa mogok & air masuk ke kabin, dimana mobil lainnya hanya bisa menungggu di pojokan yang tidak tergenang banjir...
(itu kijang di foto pada akhirnya mogok juga

Full Time 4WD-nya membuat mobil ini sangat bisa diandalkan untuk bisa menerjang medan offroad...
Seumur idup, ane belum pernah bawa mobil ini, jadi ane ga bisa review tenaga mesin & handling... Selain karna ini mobil kesayangan bokap (nyokap ane aja ga dibolehin bawa nih mobil), Ane takut nabrak orang di tengah jalan...

Dimensinya horror buat pengemudi amatiran macem ane

Tapi, kalo ane tanya bokap sih, tenaga mesin narik bener buat nyalip2 di perjalanan luar kota

Handling, menurut bokap ane agak limbung, masih lebih enak Cheroke XJ '95 dia dulu...
Kaki2 mobil ini sangat kuat, mengingat dia menggunakan full solid axle depan belakang, & mobil ini adalah LC terakhir yang menggunakan full solid axle (selain LC105 tentunya, yang berbagi chassis dgn LC80, hanya saja berbodi LC100)
Peredaman suspensi sangat bagus... Saat dipakai mudik Jkt-Medan tahun '12 kemarin, jalan jelek bisa dilahap dengan santai, dimana mobil macam innova jalan merayap, sedangkan mobil ini berjalan kencang, meninggalkan mobil2 lain tanpa menggangu kenyamanan penumpang didalam... Sama sekali tidak merasa pegal jika ke luar kota & lewat jalan jelek pake mobil ini

===
Sekarang, LC80 sudah menjadi barang hobi, dengan harga bekas yang sudah tidak masuk akal lagi, sekitar 270jt-an (mobil ini dulu laku di harga 275jt pada Maret '13)tergantung kondisi, dimana harga barunya pada tahun '95 hanya 190jt saja...

Mobil ini layak untuk disimpan, & dijadikan investasi untuk masa depan... Harganya bakal makin ga masuk akal

==
Sekian review ane, terimakasih bagi yg sudah membaca

Mohon master2 LC menambahkan/mengoreksi jika ada yang salah...
