Bahas Kereta Api (Transportasi Massal)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1570
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Kereta kereta yg canggih (Transportasi Massal)
menurut gw lebih manteb diliat kereta barang yang ada di USA
Double Stack Container Train, multiple locos
gerbongnya seratusan dan bisa angkut 2 susun kontainer per gerbong, klo lewat 5 loco dengan mesin diesel 2 stroke turbocharger merdu dan powerfull banget, klo di perlintasan nunggu rangkaiannya lewat bsa lebih dari 5 menit
kontainer 1 kapal kargo ukuran sedang bisa dimuat di satu rangkaian kereta
Double Stack Container Train, multiple locos
gerbongnya seratusan dan bisa angkut 2 susun kontainer per gerbong, klo lewat 5 loco dengan mesin diesel 2 stroke turbocharger merdu dan powerfull banget, klo di perlintasan nunggu rangkaiannya lewat bsa lebih dari 5 menit
kontainer 1 kapal kargo ukuran sedang bisa dimuat di satu rangkaian kereta
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Ular Besi...atau..Kereta Api..tut tut tuuuutt..
Karena di salah satu trid lagi rame bahas kereta dan pengen ada trid kereta ya wes saya buat hehehehe
sebenernya saya hampir gak pernah/jarang sekali naik kereta dalam kota di Jakarta karena safety (dalam hal ini dari maling/copet/dsb) nya masih kurang, lalu jalur dan stasiunnya gak ada yang pas ama tujuan saya..makanya saya sendiri malas naik kereta di Jakarta..
saya mau share pengalaman naik kereta di Jepang..
nah selama di Tokyo, Jepang..transportasi saya banyakan naik Kereta, disini (Tokyo), perusahaan pengelola dan jalurnya sangat banyak..banyak sekali..ada:
- JR Lines (East JR)
- Odakyu Lines (private rail)
- Tokyu Lines (private rail)
- Tokyo Metro/Chikatetsu (Subway)
- Toei/Toei Chikatetsu (Subway)
- Keio Lines (private rail)
- Tobu Lines (private rail)
- Monorail (gak tau private atau gimana)
- Rinkai Lines (private rail)
- Keikyu Lines (private rail)
- Sotetsu Lines (private rail)
- Saitama Rapid
- Tsukuba Express
- dan masih banyak lagi
ini ada beberapa peta, maaf harus saya kasi dalam bentuk URL, bukan gambar langsung (open it and you know why)
peta untuk JR Yamanote dan Subway bisa dilihat disini
http://damyantiwrites.files.wordpress.c ... ay-map.jpg
peta jalur perusahaan Tokyu
http://www.tokyu.co.jp/railway/railway_ ... /route.jpg
peta jalur perusahaan Keio
http://www.keio.co.jp/english/railwayma ... _il001.jpg
disini beli tiket bisa pake cash, belinya ke mesin tiket
harga tiketnya bisa dilihat di petanya, lha kalo huruf jepang semua ? gak usah khawatir, beli harga termurah, begitu sampai langsung menuju ke "Fare Adjusment Machine" trus masukin tiketnya dan mesinnya akan kasi tau kurang berapa yen..masukin uang ke mesinnya dan tiket buat keluar siap dipakai..kalau gak ada mesinnya ? ya ke petugas stasiun, bilang aja "Sumimasen, Fare Adjusment", harusnya mereka paham...atau kalo males kayak begini, pas mau berangkat tanya aja ke petugas stasiun "Sumimasen, Koko Kara (nama stasiun tujuan), Ikura Desu Ka" (maaf, dari sini ke stasiun [tujuan] harganya berapa ?). Nanti dikasih tau harganya lewat kalkulator..
atau kalo ada IC Card (yang juga bisa dipakai buat belanja di minimarket atau vending machine minuman/snack/es krim) bisa pake itu juga, malah lebih enak, biasanya saya isi antara 1000-2500 yen, jadi gak perlu repot mesti beli tiket lagi, tinggal langsung masuk ke gate aja..kalo beli tiket lagi males kembalian recehannya..pake ini juga bisa buat Commuter Pass (tiket langganan)
IC Card ini ada tipe yang ada namanya di kartunya, tipe ini enaknya adalah kalo kita kehilangan kartunya, kita bisa minta petugas untuk blokir kartu tersebut, buat kartu baru lagi dengan jumlah uang yang sama di kartu sebelumnya..
kereta di Tokyo ada beberapa jenis (makin ke bawah makin cepat servicenya)..
- Local (Kakueki - Teisha): berhenti di setiap stasiun
- Rapid/Semi Express (Kaisouku): skip beberapa stasiun kecil
- Express/Semi Special Express (Kyuko): berhenti di stasiun besar/kecil yang ada junction dan non junction tapi banyak penumpang naik turun
- Commuter Express: hanya mumcul di jam berangkat/pulang kantor, siftnya sama kayak Express
- Limited Express (Tokkyu): hanya berhenti di stasiun besar dan ada junctionnya
saya biasa naik Limited Express (Tokyu Toyoko Line), Express (Tokyu Toyoko Line, Oimachi Line, dan Den-en-Toshi Line), dan Local (Tokyu Den-en-Toshi Line, Oimachi Line, Meguro Line, Keoi Inokashira Line, JR Yamanote)..
Toyoko Line, Shibuya - Yokohama. At Yokohama, continue service to Minato Mirai
JR Yamanote, looping Tokyo
Den-en-Toshi Line, Chuo-Rinkan - Shibuya. At Shibuya, continue service to Oshiage (Skytree)
Keio Line, kereta yang cukup mahal harga tiketnya untuk ukuran Tokyo
kereta tahun 1970an juga masih jalan disini, suka lihat di Toyoko Line, beberapa Subway juga pake model ini...dan sebagian berakhir di Jakarta..
di dalam kereta hampir selalu di announce stasiun berikutnya dan pintu keluar di kiri (hidari) atau kanan (migi), dan telat 1 menit pun ada pemberitahuan..biasanya di JR Lines keretanya sudah diberi layar LCD untuk Train Information walaupun sebagian private rail juga udah ada LCD di gerbongnya..
hal yang termasuk tabu di kereta: ambil foto (kecuali outside view), teleponan, ngobrolnya berisik/gaduh (yang terakhir sih gak begitu tabu, tapi alangkah baiknya jangan banyak suara)
ayoo di sharing pengalaman naik keretanya..mau dimana saja dan kapan saja
sebenernya saya hampir gak pernah/jarang sekali naik kereta dalam kota di Jakarta karena safety (dalam hal ini dari maling/copet/dsb) nya masih kurang, lalu jalur dan stasiunnya gak ada yang pas ama tujuan saya..makanya saya sendiri malas naik kereta di Jakarta..
saya mau share pengalaman naik kereta di Jepang..
nah selama di Tokyo, Jepang..transportasi saya banyakan naik Kereta, disini (Tokyo), perusahaan pengelola dan jalurnya sangat banyak..banyak sekali..ada:
- JR Lines (East JR)
- Odakyu Lines (private rail)
- Tokyu Lines (private rail)
- Tokyo Metro/Chikatetsu (Subway)
- Toei/Toei Chikatetsu (Subway)
- Keio Lines (private rail)
- Tobu Lines (private rail)
- Monorail (gak tau private atau gimana)
- Rinkai Lines (private rail)
- Keikyu Lines (private rail)
- Sotetsu Lines (private rail)
- Saitama Rapid
- Tsukuba Express
- dan masih banyak lagi
ini ada beberapa peta, maaf harus saya kasi dalam bentuk URL, bukan gambar langsung (open it and you know why)
peta untuk JR Yamanote dan Subway bisa dilihat disini
http://damyantiwrites.files.wordpress.c ... ay-map.jpg
peta jalur perusahaan Tokyu
http://www.tokyu.co.jp/railway/railway_ ... /route.jpg
peta jalur perusahaan Keio
http://www.keio.co.jp/english/railwayma ... _il001.jpg
disini beli tiket bisa pake cash, belinya ke mesin tiket
harga tiketnya bisa dilihat di petanya, lha kalo huruf jepang semua ? gak usah khawatir, beli harga termurah, begitu sampai langsung menuju ke "Fare Adjusment Machine" trus masukin tiketnya dan mesinnya akan kasi tau kurang berapa yen..masukin uang ke mesinnya dan tiket buat keluar siap dipakai..kalau gak ada mesinnya ? ya ke petugas stasiun, bilang aja "Sumimasen, Fare Adjusment", harusnya mereka paham...atau kalo males kayak begini, pas mau berangkat tanya aja ke petugas stasiun "Sumimasen, Koko Kara (nama stasiun tujuan), Ikura Desu Ka" (maaf, dari sini ke stasiun [tujuan] harganya berapa ?). Nanti dikasih tau harganya lewat kalkulator..
atau kalo ada IC Card (yang juga bisa dipakai buat belanja di minimarket atau vending machine minuman/snack/es krim) bisa pake itu juga, malah lebih enak, biasanya saya isi antara 1000-2500 yen, jadi gak perlu repot mesti beli tiket lagi, tinggal langsung masuk ke gate aja..kalo beli tiket lagi males kembalian recehannya..pake ini juga bisa buat Commuter Pass (tiket langganan)
IC Card ini ada tipe yang ada namanya di kartunya, tipe ini enaknya adalah kalo kita kehilangan kartunya, kita bisa minta petugas untuk blokir kartu tersebut, buat kartu baru lagi dengan jumlah uang yang sama di kartu sebelumnya..
kereta di Tokyo ada beberapa jenis (makin ke bawah makin cepat servicenya)..
- Local (Kakueki - Teisha): berhenti di setiap stasiun
- Rapid/Semi Express (Kaisouku): skip beberapa stasiun kecil
- Express/Semi Special Express (Kyuko): berhenti di stasiun besar/kecil yang ada junction dan non junction tapi banyak penumpang naik turun
- Commuter Express: hanya mumcul di jam berangkat/pulang kantor, siftnya sama kayak Express
- Limited Express (Tokkyu): hanya berhenti di stasiun besar dan ada junctionnya
saya biasa naik Limited Express (Tokyu Toyoko Line), Express (Tokyu Toyoko Line, Oimachi Line, dan Den-en-Toshi Line), dan Local (Tokyu Den-en-Toshi Line, Oimachi Line, Meguro Line, Keoi Inokashira Line, JR Yamanote)..
Toyoko Line, Shibuya - Yokohama. At Yokohama, continue service to Minato Mirai
JR Yamanote, looping Tokyo
Den-en-Toshi Line, Chuo-Rinkan - Shibuya. At Shibuya, continue service to Oshiage (Skytree)
Keio Line, kereta yang cukup mahal harga tiketnya untuk ukuran Tokyo
kereta tahun 1970an juga masih jalan disini, suka lihat di Toyoko Line, beberapa Subway juga pake model ini...dan sebagian berakhir di Jakarta..
di dalam kereta hampir selalu di announce stasiun berikutnya dan pintu keluar di kiri (hidari) atau kanan (migi), dan telat 1 menit pun ada pemberitahuan..biasanya di JR Lines keretanya sudah diberi layar LCD untuk Train Information walaupun sebagian private rail juga udah ada LCD di gerbongnya..
hal yang termasuk tabu di kereta: ambil foto (kecuali outside view), teleponan, ngobrolnya berisik/gaduh (yang terakhir sih gak begitu tabu, tapi alangkah baiknya jangan banyak suara)
ayoo di sharing pengalaman naik keretanya..mau dimana saja dan kapan saja
Last edited by imsus2c on Wed Dec 03, 2014 13:21, edited 1 time in total.
Reason: trid saya jadikan satu dengan yg sejenis
Reason: trid saya jadikan satu dengan yg sejenis
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1670
- Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01
Re: Ular Besi...atau..Kereta Api..tut tut tuuuutt..
pertamax om haristk, cpet bner buat trinya, hehehe
itu kreta thn 70an msh bagus ya, g kbayang thn 70 pasti kliatan cuanggih bgt ya, rata2 klo dlm kota tampilan depannya kotak lurus ya
bentuk kretanya beda yaa ama kreta disini, sptnya panjang ya utk 1 gerbong aj, beda size dg di indo
petanya ribet amat, pdhal itu cuma di tokyo aj, klo tiap perush punta private line ap g full jalur kreta api d tiap jalan??
naik mobil bakalan stop berkali2 krn seringnya kreta lewat nih
klo pengalaman naik kreta sih pas sma numpang gratis aka ngandol di antar stasiun malang, turun dr sana ngandol truk trus jalan sd rmh, duitnya buat beli bubur kacang ijo, hehe
th 94an naik kreta ekonomi malang jakarta 'patar remaja' buih campur aduk ama org bawa ayam dll, wc buau dan bekas org g disiram, bangku plastik rebutan, g bisa ninggal tmpt duduk takut barang ilang dan tmpt duduk diambil org, serasa mau loncat aj sangking bosan dan g enaknya hehe
itu kreta thn 70an msh bagus ya, g kbayang thn 70 pasti kliatan cuanggih bgt ya, rata2 klo dlm kota tampilan depannya kotak lurus ya
bentuk kretanya beda yaa ama kreta disini, sptnya panjang ya utk 1 gerbong aj, beda size dg di indo
petanya ribet amat, pdhal itu cuma di tokyo aj, klo tiap perush punta private line ap g full jalur kreta api d tiap jalan??
naik mobil bakalan stop berkali2 krn seringnya kreta lewat nih
klo pengalaman naik kreta sih pas sma numpang gratis aka ngandol di antar stasiun malang, turun dr sana ngandol truk trus jalan sd rmh, duitnya buat beli bubur kacang ijo, hehe
th 94an naik kreta ekonomi malang jakarta 'patar remaja' buih campur aduk ama org bawa ayam dll, wc buau dan bekas org g disiram, bangku plastik rebutan, g bisa ninggal tmpt duduk takut barang ilang dan tmpt duduk diambil org, serasa mau loncat aj sangking bosan dan g enaknya hehe
Last edited by liep on Wed Dec 03, 2014 5:53, edited 2 times in total.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3693
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: Ular Besi...atau..Kereta Api..tut tut tuuuutt..
Ane suka kereta api
Btw di Jepang bagus2 sekali yah keretanya bro rist
Ane sharing juga pengalaman pas ane naik kereta
List kereta api yg ane Pernah naik :
1. Sancaka Eksekutif pagi Sby - Jogja, juga transit di stasiun KA Madiun... (favorit keluarga ane). Sebenarnya ada kereta api sarangan ekspres bisnis tujuan Madiun, tapi hanya ortu ane yg sudah pernah coba. Katanya tiketnya murah dan cepat. Tp ga tahu harganya sarangan ekspres yang sekarang
2. Gaya Baru Malam Sby - Jkt Gambir (tapi turun di pasar senin karena pas ane di Jakarta bbrp rekan2 stand by di sana). Harganya pas September 2014 cuma 55rb sekali jalan.
3. Turangga. Cuma ortu dan ane jarang pake kereta ini karena sangat jauh dan perjalanan bikin agak pegel.
4. Argo Wilis (hanya pas dari Jogja - Sby. Kalo dari sby ke tujuannya ga pernah). Selalu ada tawaran cemilan dan kalo ga salah jual merchandise ala argo wilis.
Itu aja dari ane soalnya lupa bbrp kereta lainnya yang saya tumpangi.
Sangat2 CMIIW....
Btw di Jepang bagus2 sekali yah keretanya bro rist
Ane sharing juga pengalaman pas ane naik kereta
List kereta api yg ane Pernah naik :
1. Sancaka Eksekutif pagi Sby - Jogja, juga transit di stasiun KA Madiun... (favorit keluarga ane). Sebenarnya ada kereta api sarangan ekspres bisnis tujuan Madiun, tapi hanya ortu ane yg sudah pernah coba. Katanya tiketnya murah dan cepat. Tp ga tahu harganya sarangan ekspres yang sekarang
2. Gaya Baru Malam Sby - Jkt Gambir (tapi turun di pasar senin karena pas ane di Jakarta bbrp rekan2 stand by di sana). Harganya pas September 2014 cuma 55rb sekali jalan.
3. Turangga. Cuma ortu dan ane jarang pake kereta ini karena sangat jauh dan perjalanan bikin agak pegel.
4. Argo Wilis (hanya pas dari Jogja - Sby. Kalo dari sby ke tujuannya ga pernah). Selalu ada tawaran cemilan dan kalo ga salah jual merchandise ala argo wilis.
Itu aja dari ane soalnya lupa bbrp kereta lainnya yang saya tumpangi.
Sangat2 CMIIW....
2017 Ignis
2021 HRV SE Improvement
2021 HRV SE Improvement
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Ular Besi...atau..Kereta Api..tut tut tuuuutt..
Saya pertama kali naik KA dulu waktu masih kecil, kalo ndak salah KA ekonomi Jogja-Jakarta atau Jogja-Surabaya, lupa.
Yg menjadi kenangan adalah ketika menjemput pacar waktu akan pulang dari Surabaya ke Jogja, saya naik KA dari Jogja, ketemu di Surabaya, lalu pulang ke Jogja dengan KA juga
Sekitar 2000-2005 relatif sering naik KA Jogja-Jakarta dalam rangka jadi pembicara tentang Linux (waktu itu lagi gencar2nya go open source). KAnya waktu itu Taksaka.
Seiring makin turun harga tiket pesawat, sejak itu mulai sering naik pesawat.
Terakhir naik KA ke mana2 itu naik MRT di Singapore (ini masuk kategori KA gak?)
Yg menjadi kenangan adalah ketika menjemput pacar waktu akan pulang dari Surabaya ke Jogja, saya naik KA dari Jogja, ketemu di Surabaya, lalu pulang ke Jogja dengan KA juga
Sekitar 2000-2005 relatif sering naik KA Jogja-Jakarta dalam rangka jadi pembicara tentang Linux (waktu itu lagi gencar2nya go open source). KAnya waktu itu Taksaka.
Seiring makin turun harga tiket pesawat, sejak itu mulai sering naik pesawat.
Terakhir naik KA ke mana2 itu naik MRT di Singapore (ini masuk kategori KA gak?)
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2269
- Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
- Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT
Re: Ular Besi...atau..Kereta Api..tut tut tuuuutt..
Hemm..kalo saya pengalaman naik kereta terakhir kali taun 2001. Smg-Jkt pp. kelas Senja Bisnis dan Fajar Utama. alias mid class....kalo lebaran dan ada acara akap, mending bermacet ria di jalan raya, soale kalo pengin naik kereta tapi telat bukingnya, ntar dapetnya sapu jagad class....
naik pesawat pas pengin cepet saja, terakhir awal nov kemaren pake citilink Jkt-Smg..
kapaaaan per-kereta-an di negara ini levelnya tepat di bawah Jepun......
naik pesawat pas pengin cepet saja, terakhir awal nov kemaren pake citilink Jkt-Smg..
kapaaaan per-kereta-an di negara ini levelnya tepat di bawah Jepun......
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 830
- Joined: Mon Sep 09, 2013 11:59
Re: Ular Besi...atau..Kereta Api..tut tut tuuuutt..
demen banget naik kereta, terutama prameks jurusan solo-kutoarjo (buat nengok rumah alm.kakek) ane juga salah satu korban tergelincirnya KA Prameks 2012 (prameks kuning) edun euy, mentang2 telat dari jadwal itu kereta dipacu melebihi batas (dari awal udah kerasa kagak enak,kereta goyang sana-sini kuat sekali)eh bener,kagak kuat itu kereta jglerr..... ambrol dah tapi pengalaman naik kereta terakhir pas mudik tahun lalu,kebetulan dapet promo KA.Argolawu Solo-Jakarta cuma 100rb
always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....
oh my.....
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Ular Besi...atau..Kereta Api..tut tut tuuuutt..
sebenernya, seperti kata mod turbo, kereta api sudah saatnya ekspansi ke angkutan barang. seperti KA Babaranjang Tanjung Enim (Sumsel) - Tarahan (Lampung)
investasi di kereta barang rupanya harus serius. mungkin perlu dibedakan rel untuk barang dan penumpang. spesifikasi lokonya aja beda. relnya pun beda.
http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/20 ... 50210.html
http://kereta-api.info/ka-batubara-rang ... ng-727.htm
truk kontainer, tronton, ataupun tronton gandeng udah gak perlu jarak jauh lagi. biarkan kereta yang jadi tulang punggung transportasi jarak jauh.
sayang juga sih jembatan selat sunda ditunda pembangunannya. harusnya tetap dijadiin aja dengan prioritas untuk kereta baik barang ataupun penumpang.
investasi di kereta barang rupanya harus serius. mungkin perlu dibedakan rel untuk barang dan penumpang. spesifikasi lokonya aja beda. relnya pun beda.
http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/20 ... 50210.html
http://kereta-api.info/ka-batubara-rang ... ng-727.htm
truk kontainer, tronton, ataupun tronton gandeng udah gak perlu jarak jauh lagi. biarkan kereta yang jadi tulang punggung transportasi jarak jauh.
sayang juga sih jembatan selat sunda ditunda pembangunannya. harusnya tetap dijadiin aja dengan prioritas untuk kereta baik barang ataupun penumpang.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1570
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Ular Besi...atau..Kereta Api..tut tut tuuuutt..
sekarang makin sering naik kereta, terutama weekend, dari rumah ngangkot sekali ke stasiun naik KRL ke bogor, sampe bogor ngangkot sekali cuma makan pizza yg dipanggang pke kayu bakar trus balik lagi kerumah.. lebih efektif dan efisien daripada macet2an ke bogor sekalian ngenalin anak (umur 2th) naik kereta api.. skalian nostalgia dulu waktu kecil sama bapak jg sering diajak naik kereta..
big thanks buat pak Jonan beserta jajarannya yang mampu mereformasi PT KAI secara drastis
big thanks buat pak Jonan beserta jajarannya yang mampu mereformasi PT KAI secara drastis
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 670
- Joined: Thu May 17, 2012 16:30
Re: Ular Besi...atau..Kereta Api..tut tut tuuuutt..
Sejak februari 2014 sampe hari ini masih jadi pengguna rutin KA Argo Parahyangan JKT-BDG-JKT. Kebetulan udah dalam taraf super duper bosen sama tol Cipularang
Newbie kebetulan udah pernah naik
1. Parahyangan JKT-BDG-JKT
2. Argo Gede JKT-BDG-JKT
3. (1) dan (2) digabung jadi Argo Parahyangan JKT-BDG-JKT
4. Turangga BDG-SBY-BDG
5. Argo Wilis BDG-SBY-BDG
6. Harina SMG-BDG-SMG
7. Lodaya SLO-BDG-SLO
8. Mutiara Timur SBY-BWI-SBY
9. Apa lagi ya...
Semuanya kereta jarak jauh. Bukannya anti naik komuter atau sejenisnya tapi lebih di faktor keselamatan seperti yang meneer Haristk7 bilang
Kalau di non-Indonesia newbie cuman pengalaman sama MRT Singapore, Monorail singapore, LRT KL, Monorail KL, KLIA Express...
Newbie kebetulan udah pernah naik
1. Parahyangan JKT-BDG-JKT
2. Argo Gede JKT-BDG-JKT
3. (1) dan (2) digabung jadi Argo Parahyangan JKT-BDG-JKT
4. Turangga BDG-SBY-BDG
5. Argo Wilis BDG-SBY-BDG
6. Harina SMG-BDG-SMG
7. Lodaya SLO-BDG-SLO
8. Mutiara Timur SBY-BWI-SBY
9. Apa lagi ya...
Semuanya kereta jarak jauh. Bukannya anti naik komuter atau sejenisnya tapi lebih di faktor keselamatan seperti yang meneer Haristk7 bilang
Kalau di non-Indonesia newbie cuman pengalaman sama MRT Singapore, Monorail singapore, LRT KL, Monorail KL, KLIA Express...
mau nulis apa ya...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3161
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Ular Besi...atau..Kereta Api..tut tut tuuuutt..
Ngomong2 kereta, di indo sendiri kondisi kereta nya sudah memprihatinkan...
Jadi inget dulu , argo bromo begitu bersih, wangi, cat2 nya rapih (ori)
Skrg begitu mengenaskan
Dulu juga larinya gila, cepet bgt... skrg udah pelan
Semuan ka ekonomi wajip berhenti heheh
Jadi inget dulu , argo bromo begitu bersih, wangi, cat2 nya rapih (ori)
Skrg begitu mengenaskan
Dulu juga larinya gila, cepet bgt... skrg udah pelan
Semuan ka ekonomi wajip berhenti heheh
engine roaring!
-
- SM Specialist
- Posts: 22042
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ular Besi...atau..Kereta Api..tut tut tuuuutt..
jadi pengen naek kereta Commuter lagi kalo wiken.....
Dulu waktu ane masih kecil, tiap sabtu ama bokap ane sering naek kereta commuter........kita parkir di stasiun kota, trus naek kereta ke jatinegara misalnya / gambir en sampe balik lagi ke st Kota
Pernah juga naek sampe Tangerang
Dulu waktu ane masih kecil, tiap sabtu ama bokap ane sering naek kereta commuter........kita parkir di stasiun kota, trus naek kereta ke jatinegara misalnya / gambir en sampe balik lagi ke st Kota
Pernah juga naek sampe Tangerang
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 15723
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Ular Besi...atau..Kereta Api..tut tut tuuuutt..
KA ya... udah nggak keitung berapa kali naik KA sejak kuliah di sby...
terhitung dari tiap libur semester ama nyolong-nyolong libur. rutenya selalu sama (Surabaya Pasar Turi - Semarang Tawang dan sebaliknya)
di jaman awal ane masih maba (2th lalu) ada kereta eksekutif Rajawali khusus rute Surabaya-Semarang. berenti di 2013, nggak tau alesannya kenapa, padahal murah abis loh itu. naik yang lain (Argo Bromo Anggrek, Harina, Gumarang, Sembrani)... mahalnya nggak karuan apalagi pas high season.
dan beralih ke AirAsia karena sering murah banget.... lha sekarang AirAsia Surabaya-Semarang ditutup juga...
yang tersisa tinggal Garuda, Sriwijaya, dan maskapai tukang nelat, LionAir.... which is yang terakhir yang sering ane naikin karena murah (mirip-mirip harganya dgn KA Eks), dengan resiko dijamin delay.
at least bokong nggak capek di jalan 5 jam (++ kalo lagi ada perbaikan jalur), mending ngaplo di bandara 1 jam nunggu delay bisa ngapa-ngapain.
jujur aja setaun terakhir ane rasain KAI pelayanannya agak berantakan, sering molor dan nelat.
dan kemaren di jepang sempet ngerasain shinkansen. which is bikin ane berandai-andai... kapan kereta di indo bisa sekenceng ini. surabaya semarang cuma sejam nggak sampe inimah.
ya ada bersyukurnya karena di jepang mayoritas waktu di kereta dipake buat tidur/denger musik via headset/baca koran tanpa ada percakapan/sosialisasi sedikitpun.... di indonesia kadang masih disapa dan diajak ngobrol sama random people.... setidaknya di kereta di Indonesia suasanya lebih "hidup"
walaupun kadang suka kesel sama orang tua yang nggak bisa handle anaknya dengan baik (baca = anak kecil lari-larian).
dan kagak ada orang bunuh diri
terhitung dari tiap libur semester ama nyolong-nyolong libur. rutenya selalu sama (Surabaya Pasar Turi - Semarang Tawang dan sebaliknya)
di jaman awal ane masih maba (2th lalu) ada kereta eksekutif Rajawali khusus rute Surabaya-Semarang. berenti di 2013, nggak tau alesannya kenapa, padahal murah abis loh itu. naik yang lain (Argo Bromo Anggrek, Harina, Gumarang, Sembrani)... mahalnya nggak karuan apalagi pas high season.
dan beralih ke AirAsia karena sering murah banget.... lha sekarang AirAsia Surabaya-Semarang ditutup juga...
yang tersisa tinggal Garuda, Sriwijaya, dan maskapai tukang nelat, LionAir.... which is yang terakhir yang sering ane naikin karena murah (mirip-mirip harganya dgn KA Eks), dengan resiko dijamin delay.
at least bokong nggak capek di jalan 5 jam (++ kalo lagi ada perbaikan jalur), mending ngaplo di bandara 1 jam nunggu delay bisa ngapa-ngapain.
jujur aja setaun terakhir ane rasain KAI pelayanannya agak berantakan, sering molor dan nelat.
dan kemaren di jepang sempet ngerasain shinkansen. which is bikin ane berandai-andai... kapan kereta di indo bisa sekenceng ini. surabaya semarang cuma sejam nggak sampe inimah.
ya ada bersyukurnya karena di jepang mayoritas waktu di kereta dipake buat tidur/denger musik via headset/baca koran tanpa ada percakapan/sosialisasi sedikitpun.... di indonesia kadang masih disapa dan diajak ngobrol sama random people.... setidaknya di kereta di Indonesia suasanya lebih "hidup"
walaupun kadang suka kesel sama orang tua yang nggak bisa handle anaknya dengan baik (baca = anak kecil lari-larian).
dan kagak ada orang bunuh diri
Last edited by ChZ on Wed Dec 03, 2014 9:53, edited 2 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Ular Besi...atau..Kereta Api..tut tut tuuuutt..
Dulu era 07-12 rajiiin banget naik kereta Argo Djati or Cirebon Ekspress, buat bolak balik Jakarta-Cirebon...
Satu yang paling memorable & rasanya ga pernah berubah... Plain, sekedar bisa dimakan dgn baik aja saat kelaperan di kereta :
Satu yang paling memorable & rasanya ga pernah berubah... Plain, sekedar bisa dimakan dgn baik aja saat kelaperan di kereta :
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3693
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: Ular Besi...atau..Kereta Api..tut tut tuuuutt..
NASI GORENG KAamfibi wrote:Dulu era 07-12 rajiiin banget naik kereta Argo Djati or Cirebon Ekspress, buat bolak balik Jakarta-Cirebon...
Satu yang paling memorable & rasanya ga pernah berubah... Plain, sekedar bisa dimakan dgn baik aja saat kelaperan di kereta :
2017 Ignis
2021 HRV SE Improvement
2021 HRV SE Improvement
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Ular Besi...atau..Kereta Api..tut tut tuuuutt..
entah ada apa di nasgor KA. rasanya sih biasa aja. tapi begitu naek KA pengennya nasgor KA...sandal wrote:NASI GORENG KAamfibi wrote:Dulu era 07-12 rajiiin banget naik kereta Argo Djati or Cirebon Ekspress, buat bolak balik Jakarta-Cirebon...
Satu yang paling memorable & rasanya ga pernah berubah... Plain, sekedar bisa dimakan dgn baik aja saat kelaperan di kereta :
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: Ular Besi...atau..Kereta Api..tut tut tuuuutt..
Ane mabok kalo naek kereta
Mending nyetir sendirian surabaya-solo daripada disuruh naek kereta
Mending nyetir sendirian surabaya-solo daripada disuruh naek kereta
Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Bahas Kereta Api (Transportasi Massal)
Pelanggan setia jarak jauh/menengah sejak 2004/5 hingga sekarang (paling banyak Semarang - Surabaya PP)
Dari jaman tiket eksekutif cuma Rp. 60.000 - Rp. 80.000,- sampai sekarang jadi Rp. 300.000 - Rp. 400.000,-
Tiket naik 500% dalam jangka 10 tahun
No pics = Hoax
Koleksi tiket saya dalam kurun 6 bulan
Dari jaman tiket eksekutif cuma Rp. 60.000 - Rp. 80.000,- sampai sekarang jadi Rp. 300.000 - Rp. 400.000,-
Tiket naik 500% dalam jangka 10 tahun
No pics = Hoax
Koleksi tiket saya dalam kurun 6 bulan
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- SM Specialist
- Posts: 22042
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ular Besi...atau..Kereta Api..tut tut tuuuutt..
Terakhir naik KA Parahyangan th 2003, saya maklum dgn apa yg dialami pak kodok, saya lihat goyangan gerbongnya ke kanan - kiri, kayak naik kapal di lautan yg ada ombak ringan......sepanjang perjalananKodokPushUp wrote:Ane mabok kalo naek kereta
Mending nyetir sendirian surabaya-solo daripada disuruh naek kereta
Sayang mmg kita belum bisa menikmati kereta2 canggih di Indonesia
Terakhir saya naik kereta "Super" yaitu di CRH-380A aka G class Bulletrain - CSR Zifang th 2011 waktu kunjungan ke pameran CoatingShow di Shanghai
itu benar2 sangat tenang / anteng dan senyap.........kita gak akan tahu udah lari brp kalo gak liat speedo GPS / speed indicator di gerbong.......wong lari 305 kpj bisa begitu tenangnya..........hanya kalau kita mendekatkan telinga ke jendela sama2 terdengar suara "rrrrrrrrrrrrrrrr..." spt suara mesin RR trent 768 dlm volume yg sgt kecil / samar2........suara electro motor sedang bekerja menyalurkan Massive HorsePower.......
Di dalam gerbong kita udah gak denger lagi suara "cak cak cek cek cak cak cek cek" / suara roda kereta kena sambungan rel spt pada kereta2 lambat
Saat speed menanjak dr 160 kpj & beyond, si kereta berakselerasi dgn percepatan konstant menuju 300 kpj, sensasi Torsi Mega-Monster yg disalurkan secara smooth ya tetap terasa krn percepatannya yg konstant dr 160 ke 300 kpj
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3161
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Bahas Kereta Api (Transportasi Massal)
Ane jg sering sekali naik kereta, maklum di kota ane ngak ada bandara, jadi kalo dari pekalongan ke surabaya, atau pekalongan ke jakarta ya kudu pake kereta,
Cuma argo bromo aja... dari dulu sampe sekarang,,
Dari jaman nya dikasih makan an gratis dengan wadah plastik khas ijonya, di barengi teh, makanan yg sebenernya ngak begitu enak, kemudian dikasih tp pake box, sampe sekarang gak di kasih apa apa...
Yang saya oerhatikan ahir2 ini udah ngak jualan mainan lagi,, kalo dulu komplit,,, sampe mainan kereta pake rel,, majalah, koleksi miniatur, kacamata dll
Kalo makan nan nya sih steak nya aja, krn nasgor nya gak enak, dingin lagi,, sama kerupuk fina klo ga salah nasgor nya
Ngak usah jauh2 bandingkan rasa steak nya, dengan bonami aja masih jauh..
Cuma argo bromo aja... dari dulu sampe sekarang,,
Dari jaman nya dikasih makan an gratis dengan wadah plastik khas ijonya, di barengi teh, makanan yg sebenernya ngak begitu enak, kemudian dikasih tp pake box, sampe sekarang gak di kasih apa apa...
Yang saya oerhatikan ahir2 ini udah ngak jualan mainan lagi,, kalo dulu komplit,,, sampe mainan kereta pake rel,, majalah, koleksi miniatur, kacamata dll
Kalo makan nan nya sih steak nya aja, krn nasgor nya gak enak, dingin lagi,, sama kerupuk fina klo ga salah nasgor nya
Ngak usah jauh2 bandingkan rasa steak nya, dengan bonami aja masih jauh..
engine roaring!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Bahas Kereta Api (Transportasi Massal)
sebagian jalan dibawah tanah om, kalo di pinggiran kota sih emang di permukaan tanah..gak kok, disini gak pernah macet karena perlintasan kereta..disini sih hampir setiap rumah dan penghuni apartemen pada punya mobil, tapi jarang dipake juga sih..makanya jarang macetitu kreta thn 70an msh bagus ya, g kbayang thn 70 pasti kliatan cuanggih bgt ya, rata2 klo dlm kota tampilan depannya kotak lurus ya
bentuk kretanya beda yaa ama kreta disini, sptnya panjang ya utk 1 gerbong aj, beda size dg di indo
petanya ribet amat, pdhal itu cuma di tokyo aj, klo tiap perush punta private line ap g full jalur kreta api d tiap jalan??
naik mobil bakalan stop berkali2 krn seringnya kreta lewat nih
kalo macet tuh disini cuma di tol aja kebanyakan..
saya setuju, pengangkutan barang dengan moda kereta api saya rasa harus diintensifkan sehingga mengurangi jumlah truk besar yang berkeliaran..sorry to say, biasanya yang bikin macet panjang kan truk2 juga..apalagi kalo udah kena insiden kayak terguling, pecah ban, patah as karena overload..lalu traffic di jalan tol juga membaiksebenernya, seperti kata mod turbo, kereta api sudah saatnya ekspansi ke angkutan barang. seperti KA Babaranjang Tanjung Enim (Sumsel) - Tarahan (Lampung)
investasi di kereta barang rupanya harus serius. mungkin perlu dibedakan rel untuk barang dan penumpang. spesifikasi lokonya aja beda. relnya pun beda.
http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/20 ... 50210.html
http://kereta-api.info/ka-batubara-rang ... ng-727.htm
truk kontainer, tronton, ataupun tronton gandeng udah gak perlu jarak jauh lagi. biarkan kereta yang jadi tulang punggung transportasi jarak jauh.
sayang juga sih jembatan selat sunda ditunda pembangunannya. harusnya tetap dijadiin aja dengan prioritas untuk kereta baik barang ataupun penumpang.
kalo pake kereta kan bisa dibilang gak ada itu "nyetir" kejer setoran kayak supir truk yang ugal2an..
haishh serem amat om, saya juga kurang yakin naik kereta di Indonesia ya karena ini juga, kadang denger kereta anjlok atau tergelincir..teman saya juga pernah mengalaminya di sekitaran Cirebon..demen banget naik kereta, terutama prameks jurusan solo-kutoarjo (buat nengok rumah alm.kakek) ane juga salah satu korban tergelincirnya KA Prameks 2012 (prameks kuning) edun euy, mentang2 telat dari jadwal itu kereta dipacu melebihi batas (dari awal udah kerasa kagak enak,kereta goyang sana-sini kuat sekali)eh bener,kagak kuat itu kereta jglerr..... ambrol dah
pengalaman saya naik kereta ke luar kota cuma ke Cirebon..sepanjang jalan rasanya bodynya goyang kesana kemari..
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1670
- Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01
Re: Bahas Kereta Api (Transportasi Massal)
om haristk, bisa huruf kanji?? klo bisa huruf kanji jepang, ap bisa baca huruf kanji china?? denger2 ad kemiripan ya??
-
- SM Specialist
- Posts: 22042
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Bahas Kereta Api (Transportasi Massal)
Kalo yg bisa baca aksara Mandarin "Fang ti" maka bisa baca kanji Jepang kunoliep wrote:om haristk, bisa huruf kanji?? klo bisa huruf kanji jepang, ap bisa baca huruf kanji china?? denger2 ad kemiripan ya??
Waktu 2011 jalan2 ke kuil2 di Nara / Kyoto, bini ane bisa baca tulisan2 kanji Jepang kuno - nya
Cuman kalo yg belajar Mandarin dgn aksara "Cien ti" maka udah susah, Cien ti udah simplified
ChungKuo skg pake Chien ti, Taiwan masih pake Fang ti
Aksara Fang Ti = induk aksara kanji Mandarin / kanji Jepang & kanji Korea (HanJa)
CMIIW utk penyebutan istilahnya
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1670
- Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01
Re: Bahas Kereta Api (Transportasi Massal)
byuhhh, mungkin anak ane aj yg ntar blajar bgituan, ane ud g sanggup otaknya nampung huruf bgitu, dulu pnah blajar phe be me fek... nyerah deh, suliiitttnya klo g dr kecil blajar, hehe
fang ti itu utk bahasa dan tulisan nasional mandarin ya?? bkn dr suku ya??
eeh om turbo, bini nya bisa baca, tp artinya ap betul sama???
klo bisa brarti btul sjarah dulu bilang beladiri jepang dr china, khan brarti bisa blajar dr buku2 silat kuno shaolin dll,,haha, kbanyakan baca ko ping hoo nih
fang ti itu utk bahasa dan tulisan nasional mandarin ya?? bkn dr suku ya??
eeh om turbo, bini nya bisa baca, tp artinya ap betul sama???
klo bisa brarti btul sjarah dulu bilang beladiri jepang dr china, khan brarti bisa blajar dr buku2 silat kuno shaolin dll,,haha, kbanyakan baca ko ping hoo nih
Turboman wrote:Kalo yg bisa baca aksara Mandarin "Fang ti" maka bisa baca kanji Jepang kunoliep wrote:om haristk, bisa huruf kanji?? klo bisa huruf kanji jepang, ap bisa baca huruf kanji china?? denger2 ad kemiripan ya??
Waktu 2011 jalan2 ke kuil2 di Nara / Kyoto, bini ane bisa baca tulisan2 kanji Jepang kuno - nya
Cuman kalo yg belajar Mandarin dgn aksara "Cien ti" maka udah susah, Cien ti udah simplified
ChungKuo skg pake Chien ti, Taiwan masih pake Fang ti
Aksara Fang Ti = induk aksara kanji Mandarin / kanji Jepang & kanji Korea (HanJa)
CMIIW utk penyebutan istilahnya
-
- SM Specialist
- Posts: 22042
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Bahas Kereta Api (Transportasi Massal)
1. Tulisan aksara kanji-nya pak. Kan aksara Mandarin ada traditional dan simplified, Fang ti = traditional.liep wrote:byuhhh, mungkin anak ane aj yg ntar blajar bgituan, ane ud g sanggup otaknya nampung huruf bgitu, dulu pnah blajar phe be me fek... nyerah deh, suliiitttnya klo g dr kecil blajar, hehe
1. fang ti itu utk bahasa dan tulisan nasional mandarin ya?? bkn dr suku ya??
2. eeh om turbo, bini nya bisa baca, tp artinya ap betul sama???
3. klo bisa brarti btul sjarah dulu bilang beladiri jepang dr china, khan brarti bisa blajar dr buku2 silat kuno shaolin dll,,haha, kbanyakan baca ko ping hoo nih
2. Makna-nya sama, tapi dibacanya dlm Mandarin dan bsh Jepun bunyinya beda.
3. Ya memang budaya Korea & Jepun banyak yg berasal dr Cungkuo kuno (era kaisar2) dulunya. Salah 1 nya = model atap rumah / bangunan tradisional / kuno-nya.
cmiiw
Btw udah ada yg pernah lihat video berikut :
https://www.youtube.com/watch?v=UY6Jq6VM2t4
* Bukan ajakan Beli *