Bahas Kereta Api (Transportasi Massal)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22041
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Bahas Kereta Api (Transportasi Massal)
Yuk kita sharing
Bombardier zefiro......latest bulletrain from Bombardier
Kawasaki series 700
CSR Sifang CRH A380
Spt-nya mrk banyak dibantu / menggunakan patent dr Bombardier. CMIIW
Bahkan Williams yg terkenal di arena F1 pun mengembangkan sistem regenerative braking utk Kereta
http://www.williamsf1.com/Advanced-Engi ... ications1/
Siemens Velaro
Alstom AGV
Bombardier zefiro......latest bulletrain from Bombardier
Kawasaki series 700
CSR Sifang CRH A380
Spt-nya mrk banyak dibantu / menggunakan patent dr Bombardier. CMIIW
Bahkan Williams yg terkenal di arena F1 pun mengembangkan sistem regenerative braking utk Kereta
http://www.williamsf1.com/Advanced-Engi ... ications1/
Siemens Velaro
Alstom AGV
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1550
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
Re: Kereta kereta yg canggih (Transportasi Massal)
PERTAMAXX di amankan dari seller penjual alat pemereh bibir dan pemancung hidung
desain kepala kayaknya terinspirasi dari pesawat dan peluru ,
yg kawasaki mantap
ngarep 10 tahun lgi indonesia beli kereta api modern bekas jepang
desain kepala kayaknya terinspirasi dari pesawat dan peluru ,
yg kawasaki mantap
ngarep 10 tahun lgi indonesia beli kereta api modern bekas jepang
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Kereta kereta yg canggih (Transportasi Massal)
Bulet train... ah yes...
Maglev bullet train punya Jepun, max speed 311mpj atau 500kpj.
Tes drive bullet train China sepanjang 1400km dgn kec rata2 282kpj...
Maglev bullet train punya Jepun, max speed 311mpj atau 500kpj.
Tes drive bullet train China sepanjang 1400km dgn kec rata2 282kpj...
Obey the mahakitteh.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 248
- Joined: Wed Oct 30, 2013 4:21
Re: Kereta kereta yg canggih (Transportasi Massal)
cantik euy..kayak pesawat..
Bisa ga ya dipake disini?
Bisa ga ya dipake disini?
"Supermouse Use No Pedals..."
-
- SM Specialist
- Posts: 22041
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kereta kereta yg canggih (Transportasi Massal)
Bikin rel baru dgn lebar 1435 mmTikusTampan wrote:cantik euy..kayak pesawat..
Bisa ga ya dipake disini?
sebab rel2 di Indo lebarnya 1067 mm
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Kereta kereta yg canggih (Transportasi Massal)
Waaah, tapi apa gak ngeri ya rasanya di dalam kereta dengan kecepatan segitu
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1292
- Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
- Location: mtg, jakarta
- Daily Vehicle: toyota fans boys
Re: Kereta kereta yg canggih (Transportasi Massal)
ayo kita tebak2an....pada tahun berapa kereta ginian ada di jakarta........
-
- SM Specialist
- Posts: 22041
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kereta kereta yg canggih (Transportasi Massal)
AFAIK :artoodetoo wrote:Waaah, tapi apa gak ngeri ya rasanya di dalam kereta dengan kecepatan segitu
Bulletrain generasi modern didisain utk stabil sampai kecepatan sekitar 500 an km/jam, biasanya mrk speed test lari sampe 450 - 500 an km/jam (saat uji coba)
Jadi kalo lari 300 - 350 km/jam aja santai banget (operational speed)
Yg ane coba naek sih di CRH A380 (G class bulletrain), lari 305 km/jam itu kalo kita ngak liat speedo maka kita gak akan tahu..........sangat tenang
Yg paling sadis naik Maglev Metro Pudong - shanghai airport........410 km/jam.......ngeliat keluar dah kayak Jumbo jet menjelang rotate....di dalam kabin juga sangat tenang
Kalo udah pernah naek yg spt ginian baru kita realize......bahwa Engineering Supercar enggak ada apa2-nya dibanding Bulletrain / Maglev train.........
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Kereta kereta yg canggih (Transportasi Massal)
Yup. Tidak terasa.Turboman wrote:AFAIK :artoodetoo wrote:Waaah, tapi apa gak ngeri ya rasanya di dalam kereta dengan kecepatan segitu
Bulletrain generasi modern didisain utk stabil sampai kecepatan sekitar 500 an km/jam, biasanya mrk speed test lari sampe 450 - 500 an km/jam (saat uji coba)
Jadi kalo lari 300 - 350 km/jam aja santai banget (operational speed)
Yg ane coba naek sih di CRH A380 (G class bulletrain), lari 305 km/jam itu kalo kita ngak liat speedo maka kita gak akan tahu..........sangat tenang
Yg paling sadis naik Maglev Metro Pudong - shanghai airport........410 km/jam.......ngeliat keluar dah kayak Jumbo jet menjelang rotate....di dalam kabin juga sangat tenang
Kalo udah pernah naek yg spt ginian baru kita realize......bahwa Engineering Supercar enggak ada apa2-nya dibanding Bulletrain / Maglev train.........
Saat naik Joetsu Shinkansen dulu, awal geraknya smooth banget, masih rail dalam kota, masih sopan lah, baru 80 kpj. Railway Shinkansen ini khusus. Karena lebar nya dan struktur relnya jauh lebih baik dibanding yang reguler. Kecepatan naik ke 110, 140, 160, 180, 200, dan ternyata dari maksimum 250km/jam hanya mengalami sampai 225 kpj..
Belokan tidak terasa patahannya, tidak ada guncangan, tidak ada goyangan, karena selain kepresisian pembangunan rel, juga berkat suspensi khusus, yang mana di tahun itu (90-an) sudah termasuk paling canggih. Satu satunya suara rel hanya seperti sebuah ketukan jari saja (bukan ketukan kuku) pada meja kerja di ruang pribadi Anda.
Zero fatalities since first operating in 1964.
http://english.jr-central.co.jp/about/movie.html
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5489
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Kereta kereta yg canggih (Transportasi Massal)
Tanya Om Asudarsono om....................ibar78 wrote:ayo kita tebak2an....pada tahun berapa kereta ginian ada di jakarta........
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Kereta kereta yg canggih (Transportasi Massal)
yg ane bingung namanya bullet train, tp koq apanya yg bulet
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Kereta kereta yg canggih (Transportasi Massal)
Bullet om, bukan bulet ..... Peluru
Emangnya pepaya tetangga sebelah, bulet
Uppppssssss kabur ah
Emangnya pepaya tetangga sebelah, bulet
Uppppssssss kabur ah
Ready to Race
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Kereta kereta yg canggih (Transportasi Massal)
Mau bikin KA super cepat di Indonesia? Gak ah, kalau local contentnya kecil. Ngapain beli KA, yg untung malah org luar negeri. Mending naik pesawat terbang, tiketnya lebih murah.
Lagi fokus KA komuter dulu om. Kalau itu baru lebih ekonomis dari semua moda2 lain seperti sepeda motor, mobil, bus, helikopter, dokar, apollo dll.
KA komuter juga banyak yg canggih lho.
Lagi fokus KA komuter dulu om. Kalau itu baru lebih ekonomis dari semua moda2 lain seperti sepeda motor, mobil, bus, helikopter, dokar, apollo dll.
KA komuter juga banyak yg canggih lho.
Ready to Race
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Kereta kereta yg canggih (Transportasi Massal)
Belum bisa menikmati yang canggih2 disini...
Berhubung pemakai setia KA tiap minggu, saat ini loko yang paling canggih dan terbaru ya ini:
Mesin pakai General Electric 7FDL-8
Tenaga hanya 2250 HP, maksimum speed (secara teori) hanya 120Kpj
Tapi pernah lihat narik gerbong barang total 20 gerbong muatan container 40'
Berhubung pemakai setia KA tiap minggu, saat ini loko yang paling canggih dan terbaru ya ini:
Mesin pakai General Electric 7FDL-8
Tenaga hanya 2250 HP, maksimum speed (secara teori) hanya 120Kpj
Tapi pernah lihat narik gerbong barang total 20 gerbong muatan container 40'
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- SM Specialist
- Posts: 22041
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kereta kereta yg canggih (Transportasi Massal)
Buat Indonesia memang belum perlu bulletrain, lebih baik expansi dulu kereta cepat konvensional dgn Loko listrik
Bisa lari 200 km/jam
Atau yg lebih ekonomis bisa consider loko2 listrik high speed buatan CSR Zhuzhou
Supaya "cruising" dengan aman, dibuat jalur rel khusus dgn track 1435 mm dan melayang rendah, jadi ga perlu ada persimpangan dengan jalan raya........mempertimbangkan larinya bisa 160 - 170 km/jam pada kecepatan operasi
Local vs foreign content ?
cari produsen yg mau meng-assembling loko-nya di dalam negeri, kerjasama dgn persh lokal spt INKA, jadi komponen2 bisa sourcing lokal
Gerbong high speed spek khusus dibuat di dalam negeri scr joint venture dgn PT. INKA misalnya
Kalau ada kereta spt ini kebayang saat mudik lebaran akan sgt membantu sekali
Bisa lari 200 km/jam
Atau yg lebih ekonomis bisa consider loko2 listrik high speed buatan CSR Zhuzhou
Supaya "cruising" dengan aman, dibuat jalur rel khusus dgn track 1435 mm dan melayang rendah, jadi ga perlu ada persimpangan dengan jalan raya........mempertimbangkan larinya bisa 160 - 170 km/jam pada kecepatan operasi
Local vs foreign content ?
cari produsen yg mau meng-assembling loko-nya di dalam negeri, kerjasama dgn persh lokal spt INKA, jadi komponen2 bisa sourcing lokal
Gerbong high speed spek khusus dibuat di dalam negeri scr joint venture dgn PT. INKA misalnya
Kalau ada kereta spt ini kebayang saat mudik lebaran akan sgt membantu sekali
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Kereta kereta yg canggih (Transportasi Massal)
ane sih belum pernah naek kereta cepat kek gini. naek mobil sampe 250km/jam lebih pun gak pernah. tapi kalo masalah kenyamanan, lebih gampang bikin nyaman kereta. "jalan"nya sudah tertentu dan gak ada ci luk ba.Turboman wrote:AFAIK :artoodetoo wrote:Waaah, tapi apa gak ngeri ya rasanya di dalam kereta dengan kecepatan segitu
Bulletrain generasi modern didisain utk stabil sampai kecepatan sekitar 500 an km/jam, biasanya mrk speed test lari sampe 450 - 500 an km/jam (saat uji coba)
Jadi kalo lari 300 - 350 km/jam aja santai banget (operational speed)
Yg ane coba naek sih di CRH A380 (G class bulletrain), lari 305 km/jam itu kalo kita ngak liat speedo maka kita gak akan tahu..........sangat tenang
Yg paling sadis naik Maglev Metro Pudong - shanghai airport........410 km/jam.......ngeliat keluar dah kayak Jumbo jet menjelang rotate....di dalam kabin juga sangat tenang
Kalo udah pernah naek yg spt ginian baru kita realize......bahwa Engineering Supercar enggak ada apa2-nya dibanding Bulletrain / Maglev train.........
tikungan pun sudah didesign berapa g yang diperbolehkan.
kalo bullet train dah dirancang untuk akselerasi/deselerasi dan menikung secepat mobil (lateral accel) tapi tetap nyaman,
baru deh...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- SM Specialist
- Posts: 22041
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kereta kereta yg canggih (Transportasi Massal)
Kereta akselerasi bertahap tujuannya kan demi safety dan kenyamanan ........kalo bicara soal karakter Torsi motor listrik sih....motor bakar gak akan menang, karena sejak dari putaran rendah banget si motor listrik bisa menghasilkan Torsi FULL.....maka itu diperlukan inverter spy Torsi yg dikeluarkan gradual....maskopat wrote: ane sih belum pernah naek kereta cepat kek gini. naek mobil sampe 250km/jam lebih pun gak pernah. tapi kalo masalah kenyamanan, lebih gampang bikin nyaman kereta. "jalan"nya sudah tertentu dan gak ada ci luk ba.
tikungan pun sudah didesign berapa g yang diperbolehkan.
kalo bullet train dah dirancang untuk akselerasi/deselerasi dan menikung secepat mobil (lateral accel) tapi tetap nyaman,
baru deh...
kalau soal deselerasi, di semua kereta dilengkapi emergency brake / handle warna merah......yah tapi resikonya penumpang bisa terlempar semua
well, bentuk roda dimana roda kereta ada sisi dalam yang menahan ke sisi dalam rel VS roda mobil yang rata dengan permukaan, dari sini aja sudah terlihat batasannya........roda yang datar dengan permukaan jalan sangat berisiko kehilangan traksi saat kecepatan sangat tinggi, sampai diperlukan spoiler utk membuat efek downforce.........sering kita lihat mobil F1 / land speed record yg "terbang terbalik"
Kalau kereta konvensional memang terbantu juga dengan bobotnya
Kalau yg paling advance tentu Maglev, sudah tidak ada "moving parts" lagi, bagian utama rel membuat kereta melayang, bagian tepi dan tepi bawah rel "memegang" ke bagian bawah kereta scr magnetis, jadi sudah spt roda roller coaster yg mengikat di samping dan bawah.....maka itu Maglev lari 400 - 500 km/jam santai aja
Lihat bagian samping dan samping bawah
TGV test @574 km/jam :
http://www.youtube.com/watch?v=Dw4zn-qw1oM
Maglev Japan @Test Track - 500 km/jam:
http://www.youtube.com/watch?v=ltqp4McM2wY
Maglev Metro - Pudong - Shanghai airport - operational speed :
http://www.youtube.com/watch?v=hFvntsbGP_Q
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5489
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Kereta kereta yg canggih (Transportasi Massal)
Lha Pakdhe, di jawa kan banyak tuh, tanah PJKA nganggur, malah di atasnya sudah ada bangunan nutupin rel kereta apinnya, gapapa kata PJKA, asal rutin bayar pajak aja ke PJKA, nah apa ntar kalau mau aktifin lagi Kereta Api di jawa, jadi polemik yaasudarsono wrote:Mau bikin KA super cepat di Indonesia? Gak ah, kalau local contentnya kecil. Ngapain beli KA, yg untung malah org luar negeri. Mending naik pesawat terbang, tiketnya lebih murah.
Lagi fokus KA komuter dulu om. Kalau itu baru lebih ekonomis dari semua moda2 lain seperti sepeda motor, mobil, bus, helikopter, dokar, apollo dll.
KA komuter juga banyak yg canggih lho.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Kereta kereta yg canggih (Transportasi Massal)
iya tuh... knp ga buat jalur bullet train di jalur2 padat seperti jkt-ygy dan jkt-sby. tp jalurnya benar2 harus steril jgn sampai ada perlintasan dgn jalan raya.
gmn om asudarsono?
gmn om asudarsono?
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Kereta kereta yg canggih (Transportasi Massal)
Holy sh*t, kita ketinggalan lagi dengan Malaysia.
Berita yg ane denger dari radio Suara Surabaya hari kamis sore adalah: Jepang menawarkan teknologi shinkansen untuk Malaysia.
*dong......
Tapi yang ane salut saat ini, pt. K.a sudah berhasil step by step mendidik pengguna k.a untuk tertib. Peron hanya blh dimasuki penumpang. Steril dari pedagang asongan. Mesin karcis untuk masuk peron bagi k.a komuter. Satu tiket satu penumpang. Kemudahan pemesanan tiket yang sudah seperti pesan tiket pesawat, bahkan dilengkapi kemudahan pilih posisi seat di gerbong.
Mudahan hal ini pertanda baik akan timbulnya ketertiban dan kemudahan sarana transportasi publik khasnya kereta api.
Berita yg ane denger dari radio Suara Surabaya hari kamis sore adalah: Jepang menawarkan teknologi shinkansen untuk Malaysia.
*dong......
Tapi yang ane salut saat ini, pt. K.a sudah berhasil step by step mendidik pengguna k.a untuk tertib. Peron hanya blh dimasuki penumpang. Steril dari pedagang asongan. Mesin karcis untuk masuk peron bagi k.a komuter. Satu tiket satu penumpang. Kemudahan pemesanan tiket yang sudah seperti pesan tiket pesawat, bahkan dilengkapi kemudahan pilih posisi seat di gerbong.
Mudahan hal ini pertanda baik akan timbulnya ketertiban dan kemudahan sarana transportasi publik khasnya kereta api.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Kereta kereta yg canggih (Transportasi Massal)
Jepang mah nawarin teknologi dia ke mana2, krn pasar KA dalam negerinya udah jenuh. Kontraktornya kudu ekspansi ke luar negeri. Memang ada sisi bagusnya kalau kita mau tangkap. Asal gak operprit aja.
Masalah gedung yg ngangkangin tanah KA, ya gitu deh .........
Masalah gedung yg ngangkangin tanah KA, ya gitu deh .........
Ready to Race
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Kereta kereta yg canggih (Transportasi Massal)
Masalah lintasan steril, emang kayaknya udah perlu jadi prioritas. Apalagi di dalam kota. Ngeri amat lihat perlintasan Bintaro lokasi tabrakan kemarin. Emang macet banget di situ. Kalau lagi apes, 3 menit juga gak bergerak2, kita stuck di atas jalan KA. Tinggal nyanyi aja "menghitung hari ......." semoga gak ada KA mau lewat. Katanya tiap bulan ada aja mobil kesamber, cuma aja kemarin pas truk BBM jadi rame. Kalau sedan atau MPV mah cuma panggil ambulans.
Dan banyak lokasi yg kayak gitu.
Dan banyak lokasi yg kayak gitu.
Ready to Race
-
- SM Specialist
- Posts: 22041
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kereta kereta yg canggih (Transportasi Massal)
Menawarkan teknologi ?
Is it to good to be true ?
Tepatnya ya Jualan
Negara yg berhasil mereplikasi loko KAwasaki HI Shikansen sejauh ini cuman China, itu bukan krn si Jepun membagi know how, tapi krn kepintaran pihak csr Sifang dalam mempelajari loko tsb dan China memiliki tools yg sgt lengkap
Jepun mau bagi2 tekonologi ? In your dream......
Is it to good to be true ?
Tepatnya ya Jualan
Negara yg berhasil mereplikasi loko KAwasaki HI Shikansen sejauh ini cuman China, itu bukan krn si Jepun membagi know how, tapi krn kepintaran pihak csr Sifang dalam mempelajari loko tsb dan China memiliki tools yg sgt lengkap
Jepun mau bagi2 tekonologi ? In your dream......
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Kereta kereta yg canggih (Transportasi Massal)
Ya gitulah, kenyataannya dia jualan Shinkanshen ke mana2. Dia bilang, waktu Jepang mulai bangun Shinkanshen pertama kali GDP nya pas sama dgn GDP Indonesia sekarang.
Pabrik Jepang di Indonesia udah lama ada di Indonesia. Perkara alih teknologi seret, ya itu suatu masalah. Mana banyak pisang (kulit luarnya sih sawo matang, hati dalemannya putih).
Pabrik Jepang di Indonesia udah lama ada di Indonesia. Perkara alih teknologi seret, ya itu suatu masalah. Mana banyak pisang (kulit luarnya sih sawo matang, hati dalemannya putih).
Ready to Race
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 49
- Joined: Mon Feb 03, 2014 9:30
- Location: Bali
Re: Kereta kereta yg canggih (Transportasi Massal)
oh shinkansen, cuman bisa bisa liat pic nya sama anime nya doank
injak pedal gas, injak pedal gas