

==============
Latar belakang beli mobil ini sebenernya simpel sekali.... pada Januari 2011 mobil kami di garasi cuma 2 (Civic FD1 dan X-Trail T31)... Chevy Captiva udah dijual digantiin oleh GV yang lagi ngurus plat nomer selama 3 bulan.... dan dirasa kami butuh 1 buah mobil lagi, ditebuslah 1 unit Xenia A/T dengan akte kelahiran 2011 seharga 145juta

Knp ga avanza atau innova sekalian? Masa mampu beli FD1 sama T31 ga mampu beli avanza S 1.5 atau innova?
selisih harga yg cukup jauh dengan avanza membuat bokap sebagai pemegang duit tertinggi berpikir kembali ke tujuan semula : mobil yang simpel sekedar untuk transport dari tempat A ke tempat B.... ga butuh cc gede, ga perlu mahal-mahal....
bukan innova karena kita butuh mobil untuk sewaktu-waktu ke jalanan kampung yang sempit, butuh mobil yang ga makan space parkir gede....
dan terkadang karena perasaan "sayang mobil 300juta dipake ngangkut".... dimana nyokap sangat hobi sekali dengan hewan peliharaan.... terkadang kami harus ngangkut kucing / anjing ke klinik hewan.... ga lucu kalo mobil 300juta ntar dijual baunya bau kencing kucing / kotoran anjing

dan waktu berjalan sampe sekarang.... mobil ini udah dipake untuk banyak pekerjaan mulia


======================
1. Exterior

Seperti yg kita ketahui exterior Avania gen-1 simpel, ga aneh-aneh, cenderung ngebosenin, dst dst.... tapi dari beberapa sudut, exterior avania ini terlihat cantik.... kalo diibaratkan seperti kembang desa....

Perbedaan Xenia dan Avanza di exterior, xenia cenderung lebih simpel, ga terlalu banyak aksesori, bahkan tailgate spoiler aja ga dikasih

Exterior 7/10...
======================
2. Interior
Ga usah ditampilin gambarnya lah ya.... udah pada tau semua kan interior avania....
bahasa halusnya "simpel"....
bahasa kasarnya "murahan"

Perbedaan dr versi manual : odometer tripmeter udah digital (yg ane liat di mobil serupa milik tante ane bertransmisi manual, odometer tripmeter masih analog.... bahkan avanza G M/T dengan taun sama milik temen juga masih analog....), gear lever indicator....
suara HU? Pioneer single DIN lupa seri apa.... yg jelas audionya standar mobil begini lah.... masa 145juta ngarep audio bagus.... mungkin sampe di titik audio standar jazz berasa enak di kuping... (tau sendiri audio standar jazz dan mbl2 hando lain kan?)
jok cukup nyaman... kabin cukup luas lah, dan row 3 ane alokasikan sebagai bagasi tambahan... bangku row 3 ane pensiunkan di gudang... and yes, tersedia bagasi yang sangat lapang.... lebih besar dari bagasi CR-V...
Interior.... 6/10... cukup mengerikan.. tp sedikit lebih mewah dari tipe manual

======================
3. Driving Impression
Ok kita masuk pada tahap siksa-menyiksa

Driving position cukup tinggi... khas mobil MPV lah
Jantung pacu Xenia 1.3 berkode K3-VE menyemburkan daya sebesar 92PS... ditemani transmisi matik 4-speed jadul nan konvensional.... jantung pacu ini sebenernya dipake di banyak produk ustahiad macem sirion, grenmeks 1.3, bahkan YRV diturbo segala.... cuma gara-gara transmisi yang agak errr.... semua jd kacau

untuk mesin... saat idle, sependengaran ane lebih kasar dari ver manual....
tarikan memang ga bisa berharap lebih ganas dari yg manual.... tapi setidaknya transmisi A/T di xenia ini cukup nyaman untuk stop & go dalem kota.... dan transmisinya ini ane blg cukup bodoh ngebaca throttle.... dari gigi 2 ke 3, transmisinya seakan mikir "ini gw pindahin apa nggak yah".... apalagi di kondisi throttle kurang dari 1/2... transmisinya "mikir" dulu lama... ga kaya mbl2 matik canggih yang udah tau duluan kalo throttlenya segitu langsung pindahin aja....
setir cukup berat dan komunikatif.... dan yang lucu terkadang waktu kita udah ngerem dalem dengan kondisi setir mentok kanan/kiri mobil bisa tiba-tiba nyentak... jd harus bener-bener aware waktu kondisi ini.... hilang konsentrasi dikit bisa fatal...
dan akibat transmisi bodoh ini.... FCnya... cuma mencatat 1 : 8-9 kondisi dalem kota.... normal sih... tp boros kalo banding yg manual

untuk rem juga agak ngeri apalagi kalo jalan basah

body roll... yah spt biasa ini mobil keluarga, dan ngerinya bermanuver dengan avania udah pada tau kan


Driving impression 4/10
===================
4. Verdict
Dari segala kelemahan yg ane paparkan di atas, mbl ini bukan idaman semua orang... tapi tetep dibutuhkan.... dan dicintai

terlepas dari segala kelemahan, avania sangatlah reliable, kuat untuk diajak "kerja kasar", kuat diisi bensin subsidi, soal ASS pun mudah dan hemat.... dan ini adalah mobil yg dimana kita akan rugi justru kalo cuma pake dalam waktu 1-2 taun... need more time than that to love this car


yeah, anda bs simpulkan sendiri kenapa mbl ini jadi mbl sejuta umat dari cerita ane....

Pros :
- Kabin cukup lapang sampai row 3
- ASS terjamin, mudah dan murah
- Setir cukup komunikatif... setidaknya...
- Reliable....hampir 3 taun pake ga ada keluhan apa-apa... padahal udah pernah terperosok ke selokan walaupun ban blkg doang... bbm always selang kuning... ganti oli juga sering telat

- Cukup nyaman untuk stop and go... setidaknya dibandingin ver manual
Cons :
- Bantingan terlalu ngayun
- Bodyroll
- Interior sederhana
- Fitur 0
- Transmisi bodoh

- dst (ga tega nyebutinnya krn banyak banget)

sekian ripiuw dari nubie... mohon maaf kalo ada salah kata
