===========
karena kebutuhan yang mendesak, adek ane butuh mobil kecil buat ke kampusnya gegara macet... akhirnya papa ane melego suzuki GV 2.4 2009... dan setelah melalui banyak pertimbangan akhirnya papa ane mutusin menebus nissan march XS AT 2011....
dan hari ini kebetulan ane pulang kampung ke semarang setelah UTS.... waktunya buat ngetes mobil baru tapi bekas ini


1. Exterior

Tampangnya sih.... terlalu unyu buat dipake seorang cowok


tampilan belakangnya cukup bisa diterima... minimalis, tapi berkesan classy... tapi tampilan sampingnya bener-bener plain, ga ada tarikan garis agresif sedikitpun.... dibilang kalem enggak... bahkan sangat plain dan membosankan...
2. interior

kalo biasanya nissan identik dengan interior sempit di x-trail t31, livina, juke.... tapi march sangat lega... bisa dibilang paling lega di kelasnya


handle pintu.... mirip juke...

steeringnya... not bad... desain cluster meter cukup bagus....


interior dominan bentuk lingkaran... nyambung ama exteriornya.... dan sangat berkesan unyu... dan menegaskan INI MOBIL CEWE



transmission lever... sederhana... dan posisinya bener-bener ga bersahabat buat orang tinggi kaya ane...


overall penilaian ane buat interiornya.... 6/10... beberapa detail cukup bagus, tapi banyak yg harus dibenahi : kualitas interior buruk, warna hitam tambah bikin kesan murahannya keliatan.... handle pintu, lebih bagus dikasih chrome kaya juke... dan doortrim bener-bener menyedihkan... warna plain hitam.... interiornya overall cenderung boring dan murahan...
3. Ride & Handling
begitu mesin nyala, kesan pertama ane : mesinnya kasar amat


lever masuk D dan mobil dijalankan, kesan berikutnya : akselerasi awalnya cukup galak.... meskipun di RPM menengah keatas suara mesin yg kasar itu cukup mengganggu... mesinnya cocok buat city commuter... perpindahan gear pun cukup halus untuk kelas matic 4-speed... ane bandingin sama mobil operasional keluarga, xenia AT


dan kalo bisa jaga kaki... 9-10 km/l masih dapet untuk kondisi macet-macetan di kota semarang.... apalagi rute adik ane banyakan macetnya..... jadi gosip nissan march boros itu ga bener

untuk handling, nol gede... setir ringan ala nissan.... bener-bener ga komunikatif ama pengemudi... zero feedback... sehingga meskipun mobil ini kecil, buat manuver kurang enak, masih lebih enak manuver pake CRV RE3 2.4 yang bodinya jauh lebih gede dibanding pake mobil ini...

stability, didukung bodi berat, march bisa dibilang cukup stabil, biarpun untuk manuver ekstrim bodyroll tetep berasa... wajar soalnya bantingannya empuk...
4. Verdict
mobil yang sangat sederhana... good city commuter car


sayang harga OTRnya cukup tinggi.... buat tipe XS sekarang harga OTRnya sekitar 170juta... padahal harga segitu Brio E 1.2 A/T masih kembalian 20jutaan

tapi kalo minat unit bekasnya, taun 2011 papa ane nebus dengan harga 112juta.... jadi cukup worth it lah

Pros :
- Kabin lapang
- tarikan bawahnya cukup berasa
- transmisi halus
- desain belakang
- AC digital
Cons :
- tarikan RPM atas
- kualitas interior

- desain depan-samping
- bodyroll
- feedback setir buruk
sekian review ane... kalo ada salah kata mohon dimaafken
