Review Suzuki Splash AT 2013

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Review Suzuki Splash AT 2013

Post by Mamang555 »

Prolog
Setelah 2 tahun menemani, awal tahun ini akhirnya ane lepas juga si Nissan Maret karena ada kebutuhan yang mendesak. Beberapa bulan berselang, Alhamdulillah ane ada rejeki untuk bisa mencari penggantinya :)

Kendidatnya masih small hatch 1200 dengan range harga 140-150 juta (exclude diskon). Pilihan yang didapat memang ga jauh2 dari Brio, Sirion, Picanto, Mirage, Etios yang sudah sering banget diulas disini tambah Splash yang baru aja facelift akhir April kemaren. March dicoret karena ane sekeluarga kepengen mobil baru untuk suasana yang baru juga :D Setelah komparasi sana sini dan mempertimbangkan banyak hal (termasuk besaran "cash back" :p), akhirnya pilihan jatuh ke Suzuki Splash :D

Sedikit cerita, Splash pertama kali dirilis pada tahun 2008 di Jepang dan kemudian menyusul di Eropa setelah sebelumnya diperkenalkan di Paris AutoShow 2006. Mobil yang di Eropa di rebadge menjadi Opel Agila ini diposisikan diantara dibawah Swift dan masuk ke kategori small MPV (?). Awal 2010, Splash mulai masuk dan dirakit di India kemudian diperkenalkan dengan nama Maruti Ritz karena nama Splash sudah terlebih dahulu terdaftar sebagai salah satu produk FORD. Akhirnya pada pertengahan 2010, SIS resmi memperkenalkan Splash yang pada awal kemunculannya bertarung dengan Nissan March dan Chevy New Spark untuk kelas small hatch 1200cc.

Splash batch perdana termasuk mobil yang "minimalis" menurut ane. Pengaturan kaca spion menggunakan engkol, audio single din sederhana, tanpa fitur safety sama sekali dan tidak ada pilihan transmisi matic. Terlihat menyedihkan karena harga retailnya saat itu diangka 148 juta (exc cash back). Rasanya mobil LCGC saat ini lebih oke featuresnya dibanding Splash saat itu :p Tanpa banyak gembar gembor, akhir April 2013 ini SIS resmi memperkenalkan Splash facelift untuk dapat bersaing dengan Brio dan Etios yang saat itu belom lama dirilis. Ada beberapa penambahan fitur yang menjadi nilai lebih untuk New Splash ini, dan yang menyenangkan, harga OTR-nya jadi TURUN!! :off_good_job:

Setelah pemakaian hampir 3 minggu, berikut review ane untuk Splash Facelift:

Apa dia ganteng?

Image

Image

Image

Objectively TIDAK. Cenderung feminim malah. Mobil ini keren kalo kita melihat dari sisi yang benar, kalo tidak malah jadi terkesan aneh. Tidak proporsional. Sisi belakang mobil ini menurut ane cukup unik selain karena desain stop lamp "bulan sabit" nya, tantu saja karena disain bokong yang menjorok kedalam. Ke-alpaan SIS untuk tidak memasang wiper belakang dan defoger menjadi nilai minus dimata ane, tapi paling tidak ada rear fog lamp plus reflector untuk fitur safety. Dilihat dari samping, ane faham kenapa di Eropa, Suzuki memasukkan mobil ini sebagai mini MPV. Simpel aja, karena desainnya memang terlihat sebagai MPV 2 baris. Jauh dari bayangan small hatchback ideal. Ada sedikit penambahan (60mm) dari versi lawas yang tidak terlihat perbedaannya secara kasat mata. Beralih kedepan, disini menu utama dari facelift Splash. Lampu utama terlihat sporti dengan tarikan tajam kebawah disertai rumah foglamp yang juga didesain seperti sabit. Lekukan U yang membentuk grill depan inilah yang menurut ane mengesankan feminim. Ane pribadi lebih suka model yang lawas. Clean and simpel. Secara keseluruhan eksteriornya cukup oke. Tidak mengesankan mobil kecil, tapi tetap berbentuk kompak. Ground clearence tinggi (18 cm) juga menjadi nilai plus tersendiri. Oh ya, saya suka desain velg nya :off_good_job:

Bagaimana biar tidak terkesan feminim?
Simpel. Pilih warna merah marun-nya. Selain moncong depan lebih tersamar, ente akan disangka pendukung setia AS ROMA :e-whistle:

Fitur dan akomodasinya gimana?

Image

Image

Image

Tidak ada yang istimewa dari sisi fitur. Alih-alih AC digital, anda hanya akan mendapati kenop-kenop yang tersusun rapi dibawah HU. HUnya sendiri sekarang dibuat terintegrasi dengan dashboard. Ane suka. Kesannya simpel dan rapi. Oya, HU-nya juga sudah support USB, tidak seperti mobil ane yang lawas yang hanya mengandalkan konektivitas via AUX. Bicara safety dan security features, Splash sudah mengaplikasi ABS EBD plus side impact beam serta imobilizer. Sayang airbag tidak disertakan. Hal yang menyenangkan, head room mobil ini luar biasa. Ane yang bertinggi 173 cm saja masih terasa lega dengan ruang sisa sekitar 1 jengkal penuh orang dewasa (mungkin 10 cm?). Leg room juga lumayan lega, meski dibelakang tidak selega didepan. Overall, dikelasnya, Splash termasuk sangat bagus build quality dan fit finishing interiornya (imaly). Iya masih make plastik keras, tapi kualitasnya bagus. Door trim dilapis kain sewarna jok dan busa joknya juga tebal. Dibandingkan mobil ane yang lama, Splash setingkat diatas untuk urusan build quality dan fit finishing interior. Oya warna joknya dibuat hitam dan abu2 gelap. Jauh lebih simpel dibanding warna biru norak pada Splash terdahulu. Tempat penyimpanan total ada 3 cup holder, 3 laci penyimpanan (1 di atas dashboard dan 1 di kolong jok penumpang depan) dan tempat penyimpanan majalah di balik jok penumpang depan dan driver. Yang juga berguna adalah kemampuan bangku belakang untuk di lipat 60-40. Memang bukan kodrat dari city car untuk membawa banyak barang, tapi mana tau suatu saat mobil ini butuh membawa filling kabinet atau lemari kecil, Insya Allah mampu.

Yang bisa dibanggakan dari interiornya?

Image

Tentu saja tachometernya :e-dance: Awalnya memang terlihat aneh dan menyerupai pressure gauge boiler di pabrik2 kelapa sawit, tapi lama kelamaan ane cukup suka melihatnya. Ada sensasi tersendiri melirik ke tacho mungil yang nangkring di dashboard saat mobil melaju kencang di jalan tol. Dimata pasangan, ente akan terlihat sebagai seseorang yang baru saja pulang dari rumah modifikasi terkenal di wilayah Kemayoran :frm_salut:

Bagaimana performanya?
Some numbers. 1200cc 4 silinder 85 PS 113 torque @4500 RPM 4 speed AT. Ga ada yang istimewa kan ya, but this car is realy2 fun. Serius. Matic konvensionalnya bekerja dengan halus. Tidak butuh banyak tenaga untuk menggerakan jarum speedo ke angka 60 (KPJ, bukan MPJ :p), injak sedikit lagi untuk raih angka 100. Intip jarum tacho yang nangkring di dashboard menunjukkan 2600 RPM. Padahal sejauh pengamatan ane, dengan berat 1 ton lebih, mobil ini adalah yang terberat dikelasnya. Selap selip dalam kota bukan hal yang sulit untuk Splash, lari dalam tol juga anteng. Hal lain yang menyenangkan (dan bikin terkaget2) adalah handlngnya yang bagus!! Jauhhh lebih bagus daripada si Maret yang sering goyang dombret. Di sinyalir, ban bawaan Bridgestone Potenza (Maret make Maxxis) dan setingan suspensi yang lebih keras (jauhhh lebih keras) punya andil untuk hal ini. Buat ane, Splash menyuguhkan apa yang jadi esensi utama dari sebuah city car. Bukan berapa banyak tenaga yang dimiliki, tapi berapa banyak tenaga yang bisa dipakai tepat saat dibutuhkan.

Apa dia kencang?
Engg... gimana ya. Gini aja. Ane sangat yakin Splash bisa bersaing dengan semua mobil Toyota yang harga OTR-nya dibawah 200 juta. Kenceng ga tuh?

Apa dia irit?
Sekitar 11-12 KPL dalkot untuk rute kombinasi, lukot base on anak2 Splash Community diangka 18-19 KPL. Cukup irit lah ya.

Kuat nanjak ga?
Kuat

Apa aja kekurangannya?
- Ruang belakang tidak terlalu lega (compared with my Old Maret)
- Tidak ada rear wiper dan defoger :off_no:
- Stir tidak bisa di adjust
- Bangku tidak bisa di adjust naik turun
- Kaca supir tidak bisa naik secara otomatis, cuma bisa turun doang
- Peredaman kurang (yaaa standar mobil harga segini lah)
- Bantingan lumayan keras
- Posisi pedal rem agak tinggi. Kudu diakali dengan menambah karpet dasar agak lebih tinggi

Verdict:
Dengan harga 151 juta, paket yang ditawarkan Splash termasuk oke. Belum lagi diskonnya yang hampir menyentuh kepala 20 juta. Secara keseluruhan, mobil ini cocok untuk keluarga muda yang tertarik mobil yang ga pasaran, mudah dipake saat mobilitas didalam kota dan masih mumpuni diajak lari keluar kota :D

Nb:
- Splash termasuk salah satu mobil laris di INDIA
- Yang masuk ke Indonesia adalah Maruti Ritz trim Vxi yang harga OTR India nomor 2 paling mahal setelah versi Diesel
- Splash Facelift menyediakan 2 warna baru, Putih dan Biru Muda (birunya mirip R3)

CMIIW
IMHO
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
SilentReader
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: Mon Jul 15, 2013 7:03

Re: Review Suzuki Splash AT 2013

Post by SilentReader »

Hati-hati ketika buka pintu penumpang belakang, pintu bagian atasnya agak nongol, jidat udah pernah dicium pintu belakang splash :mky_01: :big_blushing:
Xandox
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Wed Jul 11, 2007 7:28

Re: Review Suzuki Splash AT 2013

Post by Xandox »

Bro Mamang,

Dpt discount brp ya ? dan bonusnya apa aja nih ? dan di showroom mana ?
sdh lama lg incer ini mobil..buat bini.


Thanks.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Review Suzuki Splash AT 2013

Post by VanzMatic »

Suzuki Splash a.k.a Maruti Ritz, termasuk laris manis juga di India.
:off_good_job:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Suzuki Splash AT 2013

Post by ChZ »

TS baru ngejual march... ane malah baru ambil march :mky_01:

splash masih sodara 1 sasis ama swift... wajar kalo mobilnya agile dan fun to drive banget :mky_01: ane ex user swift model lama... dan emang asik banget mobilnya... biarpun secara spek dia emang cupu dibandingin jazz/yaris....

dan denger2 dari orang topspeednya bisa sampe 180an kph.... :mky_01:
Last edited by ChZ on Wed Oct 16, 2013 8:15, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: Review Suzuki Splash AT 2013

Post by Belphegor »

SilentReader wrote:Hati-hati ketika buka pintu penumpang belakang, pintu bagian atasnya agak nongol, jidat udah pernah dicium pintu belakang splash :mky_01: :big_blushing:
Artinya juragan ekspedisi harus ganti land cruiser itu biar ga kecium lagi :mrgreen:
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Suzuki Splash AT 2013

Post by madcat015 »

Nice ripiu om mamang... :mrgreen:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Re: Review Suzuki Splash AT 2013

Post by Mamang555 »

Xandox wrote:Bro Mamang,

Dpt discount brp ya ? dan bonusnya apa aja nih ? dan di showroom mana ?
sdh lama lg incer ini mobil..buat bini.


Thanks.
Diskon waktu ane beli 18 juta. Bonus sih standar aja cuma talang air air sama sensor parkir. Tapi ntu sensor ane tuker aja sama kc film solar gard OEM R3 :D
User avatar
Felixz_Yaris
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3220
Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
Location: Jombang, Jawa Timur

Re: Review Suzuki Splash AT 2013

Post by Felixz_Yaris »

Nice repiu :big_smoking:
[TYCI 917]
[YKC]
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Re: Review Suzuki Splash AT 2013

Post by Mamang555 »

@ChZ
CRV nya dikemanain bro? :D

@Madcat015
Thanks ya masbro :D
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review Suzuki Splash AT 2013

Post by amfibi »

Cakep review-nya om :mky_02:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Suzuki Splash AT 2013

Post by ChZ »

Mamang555 wrote:@ChZ
CRV nya dikemanain bro? :D

@Madcat015
Thanks ya masbro :D
CRVnya masih digarasi kok :mky_01: yang dijual mobil satunya lagi :mky_03:

masih belom ane coba march nya... secara ane kuliah di kota lain :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Review Suzuki Splash AT 2013

Post by doq »

Mamang555 wrote: Padahal sejauh pengamatan ane, dengan berat 1 ton lebih, mobil ini adalah yang terberat dikelasnya.
what......?
berat amat ya mobil kutu cc kecil begini? :big_slap:
tepat nya brp kilo oom? beneran kaget tau mobil mungil berat nya bisa diatas baenol butut sy yg beda cc nya sekitar 400an cc :ungg:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Review Suzuki Splash AT 2013

Post by imsus2c »

doq wrote:
Mamang555 wrote: Padahal sejauh pengamatan ane, dengan berat 1 ton lebih, mobil ini adalah yang terberat dikelasnya.
what......?
berat amat ya mobil kutu cc kecil begini? :big_slap:
tepat nya brp kilo oom? beneran kaget tau mobil mungil berat nya bisa diatas baenol butut sy yg beda cc nya sekitar 400an cc :ungg:
Spec Splash
Curb 1035 Kg
Gross 1430 Kg

*kira2 bagian mananya yg paling berat yah... :ngacir:

nais ripiuw btw :D
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
an15wn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 467
Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
Location: Jakarta Timur

Re: Review Suzuki Splash AT 2013

Post by an15wn »

Reviewnya kayak salah satu review Range Rover Sports :e-clap:

Pernah nyetir Splash lama punya temen yg kebetulan pemilik sebelumnya suka nggantung kopling. Walhasil buerat nginjeknya. Emang lincah, sih. Wong kecil. Asik juga sih kalo dah ada matiknya. Dah lama ditunggu2, kan?

Kalo gak salah yg ini dah pake EPS, ya? Yg lama masih hidrolik.
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Re: Review Suzuki Splash AT 2013

Post by Mamang555 »

doq wrote:
Mamang555 wrote: Padahal sejauh pengamatan ane, dengan berat 1 ton lebih, mobil ini adalah yang terberat dikelasnya.
what......?
berat amat ya mobil kutu cc kecil begini? :big_slap:
tepat nya brp kilo oom? beneran kaget tau mobil mungil berat nya bisa diatas baenol butut sy yg beda cc nya sekitar 400an cc :ungg:
Sudah di info sama Pak Imsus tuh bro doq :frm_salut:
Curb weightnya untuk yang matic 1035 kg. Setau ane yang tembus diangka 1 ton selain Splash cuma New Spark aja :)

Eniwei, ini gambarnya koq pada ilang yak :p
Ane coba upload lagi dah

==========================================
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Re: Review Suzuki Splash AT 2013

Post by Mamang555 »

an15wn wrote:Reviewnya kayak salah satu review Range Rover Sports :e-clap:

Pernah nyetir Splash lama punya temen yg kebetulan pemilik sebelumnya suka nggantung kopling. Walhasil buerat nginjeknya. Emang lincah, sih. Wong kecil. Asik juga sih kalo dah ada matiknya. Dah lama ditunggu2, kan?

Kalo gak salah yg ini dah pake EPS, ya? Yg lama masih hidrolik.
Iya blunder juga nih Suzuki karena telat ngeluarin varian maticnya, alhasil hypenya udah keburu telat. Tapi kalo inget mobil ini cbu India, dan di sono juga (anehnya) ga demen sama matic, ya wajar aja kalo telat masuk. Di India juga baru launch akhir 2012 kalo ga salah.

Iya ini sudah EPS, yang lama afaik juga sudah EPS. Tapi EPSnya ga seenteng Maret :D
Oya ada fitur untuk adjust head lamp secara manual. Rasanya ga terlalu berguna buat ane so far :e-think:
User avatar
an15wn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 467
Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
Location: Jakarta Timur

Re: Review Suzuki Splash AT 2013

Post by an15wn »

Kalo ketinggian lampu kayaknya emang jarang dimain2in, ya. Mungkin karena kontur jalannya juga gitu2 aja. Dgn satu setelan, cocok utk hampir semua kondisi jln
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Review Suzuki Splash AT 2013

Post by doq »

imsus2c wrote:
doq wrote:
Mamang555 wrote: Padahal sejauh pengamatan ane, dengan berat 1 ton lebih, mobil ini adalah yang terberat dikelasnya.
what......?
berat amat ya mobil kutu cc kecil begini? :big_slap:
tepat nya brp kilo oom? beneran kaget tau mobil mungil berat nya bisa diatas baenol butut sy yg beda cc nya sekitar 400an cc :ungg:
Spec Splash
Curb 1035 Kg
Gross 1430 Kg

*kira2 bagian mananya yg paling berat yah... :ngacir:

nais ripiuw btw :D
hooh.....berat di mana nya ya? head kah?
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review Suzuki Splash AT 2013

Post by amfibi »

Legroom belakang seadanya banget yah :mky_01:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Review Suzuki Splash AT 2013

Post by VanzMatic »

Ternyata ada heaternya yak... :mky_02:

:off_good_job:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Suzuki Splash AT 2013

Post by madcat015 »

Heater itu fitur penting yg sering terlupakan... :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Review Suzuki Splash AT 2013

Post by VanzMatic »

madcat015 wrote:Heater itu fitur penting yg sering terlupakan... :ngacir:
Nahhh....
:mky_03:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Re: Review Suzuki Splash AT 2013

Post by Mamang555 »

amfibi wrote:Legroom belakang seadanya banget yah :mky_01:
Iya memang leg room baris keduanya ga terlalu lega tapi masih acceptable lah
Ane pernah koq set ke posisi paling lega di baris pertama, lalu pindah ke belakang masih enak aja. Ya jangan dibandingkan dengan posisi duduk MPV atau SUV lah ya :D
kuaykuay
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: Sun Sep 14, 2008 2:08

Re: Review Suzuki Splash AT 2013

Post by kuaykuay »

madcat015 wrote:Heater itu fitur penting yg sering terlupakan... :ngacir:
heater tu dipake dmn ya? ane pernah idupin heater escape di puncak tengah malem hasilnya kaca langsung berkabut semua.

pernah nyoba splash dan sirion, enakan sirion ane bilang. diliat dari kelegaan, power, viewing, handling.