ask : ceperin doubel wishbone n leaf spring

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

ask : ceperin doubel wishbone n leaf spring

Post by walid_007 »

Halo para master n suhu smers...

ane nubitol paling nakal ini lagi pengen modip mobil, krn menurut gwe jangan ngaku sebagai otomotifman klo belom modip mobil..

Nah krn itu, gw molai blajar modip dr kecil2 an dulu...ya nyeperin dulu..

terget : lgx
current progress nyeperin: 1 daun gwe angkat

Nah untuk itu gwe mo tanya dari sisi safety ny bahaya ga bg gwe, trus klo mau gwe ambil daunny 1 lagi gimana? (Jadi total 2 gwe ambil)
terus perlukah dikasih alat tambahan karena dudukan nya kan beda jauh sekarang
perlukah absorber di potong atau dikerasken untuk stabil ny

nah untuk yg depan kan tinggal puter aja tuh wishbone, nah itu muterny bajimane agar sama antara kanandan kiri...

sekalilg gwe butuh bimbingan terutama safety gw,..
engine roaring!
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: ask : ceperin doubel wishbone n leaf spring

Post by JESKONENG »

mungkin ada baeknya konsultasi sama para ahli praktisi penceperan suspensi di sepanjang jl. H. Nawi itu... ada "Ceper Baru" ada "Ceper Jaya" dll yg suda puluhan taun menangani penceperan suspensi
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
ibar78
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1292
Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
Location: mtg, jakarta
Daily Vehicle: toyota fans boys

Re: ask : ceperin doubel wishbone n leaf spring

Post by ibar78 »

tadi lihat rush diceper abis di daerah BKT.... :wkkk: asli bikin perut sakit
:popcorn:
User avatar
WK1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Sun Sep 23, 2012 11:48

Re: ask : ceperin doubel wishbone n leaf spring

Post by WK1 »

Ane juga niat pengen ceperin captiva ane nih, ada cara lain ga ya selain ganti spring?
Kali aja master2 SM pada tau...
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: ask : ceperin doubel wishbone n leaf spring

Post by Nightster Guy »

Nyeperin Kijang? Combo antara torsion bar depan plus leaf belakang? Makanan ane 15 taun lalu neh..

:mky_03:

Utk per depan LGX torsion bar, tlg saat muter bautnya, posis mobil dlm keadaan DIDONGKRAK. Biar bautnya ulir ngga rusak. Dongkrak buaya supaya 2 kaki depan bebas terjulur ke bawah.

Biar sama? Ya pastikan aja posisi kunci ring saat memulai mengendurkan baut ada pd posisi start yg sama antara baut kiri vs kanan. Misalnya si kunci ring sama2 start dr arah jam 12. Dan pastikan jumlah putarannya sama.

Simple banget kok.

Belakang? 3 cara, dgn plus min masing2:

1) Hantam martil, diluruskan si per pikul yg pertama.

Plus:
Ngga ada. :big_slap:

Minus:
Konstanta kepegasan jd berkurang. Plus kl feeling si tukang martil ngga dapet, pasti jatuhnya mobil miring coz ngga sama impact si martil antara per kiri dan kanan.

2) Ambil salah 1 ato salah 2 lembaran per. Ada rumusnya, ane lupa.

Plus:
Cepat
Ngga merusak struktur besi si per pikul (lembar utama) coz ngga diapa2in dianya.

Minus
Konstanta kepegasan juga berkurang. Gardan bakal gampang banget mentok ke casis, coz selain jarak main (clearance) makin deket, per juga uda lemah.

3) Ganjal pake balok aluminium. Ini cara yg jamak dipake anak2 klub IKC jaman jayanya modif Kijang Grand/Kapsul mid 90an-early 2000an.

Jadi antara gardan dan per diganjal balok, otomatis si gardan makin mendekat ke casis. U bolt alias baut anting per harus diganti yg panjang. Dulu marak dijual kit ganjalan ini plus U boltnya.

Plus:
Konstanta kepegasan tidak berubah, persis asli karena per ngga diutakatik.

Minus:
Tatakan bawah per daun sering gasruk di jalan ngga rata, karena jarak si tatakan per makin mendekat ke tanah kan? Susah ngejelasinnya, mesti pake gambar.

----------

Intinya, ngga ada yg bebas dr poin downside heeeehehehe..
Das Beste oder nichts.