Honda Odyssey : Japan VS USA

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Honda Odyssey : Japan VS USA

Post by conan »

Let the pictures do the talking.. :mrgreen: :twisted: :mrgreen:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

setau saya gambar 1 & 2 itu odys lama (yg baru launch di indo), dan pict 3 ini kan sudah odys yang lebih baru lagi, bukan karena versi USA dan di launch th ini juga....jadi memang beda tingkatan....CMIIW
Image
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

handling wrote:setau saya gambar 1 & 2 itu odys lama (yg baru launch di indo), dan pict 3 ini kan sudah odys yang lebih baru lagi, bukan karena versi USA dan di launch th ini juga....jadi memang beda tingkatan....CMIIW
The 1st and 2nd pic = JDM Odyssey.
3rd pic = USDM Odyssey.
User avatar
gio
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Tue Oct 12, 2004 11:48
Location: surabaya

Post by gio »

kalau masalah model odyssey japan lebih menang karena tampangnya yg sporty dan keren disukai berbagai kalangan. interior sih odyssey japan sudah cukup mewah dilengkapi dg teknologi2 yg sudah maju. tetapi menurut saya odyssey us tampang luarnya anggun dan interior cukup mewah dan mungkin space room nya lebih besar karena panjang dan pintu-nya sliding door. harga sih saya kurang tau. :e-clap:
all people in seraya is very clever n so polite. :)
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Gw juga lebih prefer Odyssey Japan. Ngga sreg dgn model Odys USA yang lampu depannya keliatan aneh. Harusnya Honda cukup mengandalkan Elysion-nya untuk pasar MPV di USA.

Jadi pengkelasannya tampak lebih jelas. Odyssey dari awal kan emang ceper dan terlihat sporty. Kalo bikin lagi Odyssey USA, jadi ngga jelas maunya ke arah mana. So, harusnya cukup mengandalkan Elysion kalau memang mau menjual MPV dgn space room luas untuk pasaran USA.
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Tadi baru lihat website Odyssey USA.

Gila nih mobil ! Akhirnya saya ketemu mobil yang saya lebih suka dari Serena saya ! Meskipun tampangnya agak conventional, tapi interiornya dan featurenya paling pintar di seluruh dunia MPV yang saya tau !

Ada 8 headrests, middle section row 2 bisa di sulap. Artinya bisa jadi Serena dengan captain seat, mau jadi Kijang kapsul untuk 3 orang juga bisa ! Ada compartment rahasia untuk simpan barang mahal lagi !

Impressive ! Luckily for Toyota, Nissan, Odyssey yang datang versi Jepang yang memang tampangnya lebih OK.

Tapi jika anda lihat website honda USA, anda akan sadar, this Odyssey is the best and most practical God damn MPV/Minivan in the whole wide world at price 25000-30000 US$ range ! Pantesan dia menang banyak award !

Banding Odyssey ini, saya baru sadar bahwa Serena saya, meskipun lega, banding dia, Odyssey USA jauh lebih pintar ! Hope the New c25 is something like that and better !

Selama ini saya underestimate ini mobil. Setelah kenal, baru kaget sendiri. Jika HPM jualnya di sini dengan harga 300 jutaan saja, dia akan jadi raja ! Grandis/Serena etc. stand no chance against this genius !
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Ya, bung Szli, tapi itu setir kiri...kecuali Anda nyaman menyetir mobil stir kiri di jalur kiri juga, kekekeke :mrgreen:

Semua mobil USA built-up yang masuk Indo, seperti Hummer, semuanya versi stir kanan..berarti versi Australia atau Eropa. Sedangkan Odyssey yang dijual di Australia adalah versi Japan, dan di Eropa tidak ada Odyssey.

Kecuali Odyssey USA di-release juga versi Jepangnya, dan ini masih ada kemungkinan, karena Odyssey USA generasi sebelumnya, ada versi Jepangnya yang dinamai Odyssey LaGreat. Tapi itu dulu, sebelum ada Elysion.

Anyway, bung Szli, jika Anda ingin tahu gambaran harga Odyssey USA seandainya ada versi stir kanan dan masuk ke Indo, Anda bisa interpolasikan harga Honda MDX di sini yang Rp 750 juta. Tapi jangan lupa, di USA MDX ini bukan Honda tapi di-badged Acura supaya bisa dijual lebih mahal, jadi harga USAnya dikurangi dulu baru dikonversikan.

Kalau menurut my rough estimation, harganya akan jatuh sekitar Rp 750 jutaan juga, apalagi mesinnya 3.0L (cmiiw).

Nah, bung Szli, just curious, kalau harganya segitu, Anda ambil Odyssey USA atau Alphard 3.0L full spec, and keep the change? :P
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Wah, itu tough question ! Odyssey US jauh lebih pintar dan versatile banding Alphard pun ! Tapi Alphard lebih murah menurut hitunggan anda.

Maybe saya harus lihat Odyssey dulu. Cuman saya dari dulu sangat suka mobil yang really smart, apa saja bisa. Can do anything. 8 people can travel in comfort with headrest. Not even the Alphard / Elysion can do that !

Maybe I will take the Odyssey if I have the money. But since I don't, ya I don't want to think abt it too much ! Breaks my heart ! Mobil sebagus itu tidak bisa di miliki ! Its real close to my ideal car design. Artinya designer Odyssey itu wavelengthnya mirip ama saya punya.

I'll check again how big is this Odyssey USA. Oh, don't forget bung Conan. This Odyssey is one of the very few cars in the World yang mirip Millenium Falcon, dalam hal ada smuggling compartment ! Like Han Solo's smuggling runs !

Enak kan, bisa ngumpetin CD bajakan, handphone, tas. etc. kalau lagi parkir ! Maling saja susah carinya. Bisa di kunci lagi !

Dari ini mobil, saya baru sadar, designer Honda US ngak kalah pintarnya ama Toyota and the others. Bahkan mana ada sih mobil Toyota yang ada feature macam Odyssey ini ?

Odyssey cuman kurang overhead console Nissan Quest yang cute, mirip airline. Di jamin anda masuk dalam kepingin liburan ! If iya, almost perfect deh Odyssey ini !

The smart designer should combine these good features in future designs. Hope Nissan is noticing and make the say c25 the mother of all minivans. Odyssey USA + XTerra body + Quest.

I am dreaming, but hey, ingat slogan Honda " The Power of Dreams " !

Nanti I pelan pelan cari dari A to Z, from Audi to Volvo, ada lagi or not minivan yang interiornya lebih pintar lagi dari Odyssey US ini. Its a new " car scout job " for myself.

Bung detective Conan. why don't you help me ? find the smartest interior cabin design for people carriers ?
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

I'm afraid I don't share your enthusiasm about the USA Odyssey, Mr. Szli. Not even the slightest bit.

Bagiku, Odyssey USA hanya adalah versi besar dari Odyssey Japan generasi lama or any other MPV. Anda harus menyadari bahwa ukuran tubuh rata2 orang Amerika adalah yang paling besar di dunia, lebih besar dari orang Eropa dan jauh di atas orang Asia. Jadi Odyssey USA yang Anda lihat seperti memiliki headroom lega, legroom lega dan segalanya lega, itu sebenarnya karena ukuran mobilnya memang besar. Dan jalan-jalan di Amerika juga lebar-lebar. Jadi ukuran mobil sangat besar pun tidak jadi masalah. Tapi kalau secara proporsi, tidak ada bedanya dengan misalnya Kia Sedona.

Kalau untuk Asia, I believe bentuk minivan kotak seperti Alphard dan Elysion sudah menawarkan package yang sangat optimal. Bentuk kotak memberikan interior yang selega mungkin dengan dimensi luar tidak 'membengkak' sehingga sulit bermanuver atau parkir. Jadi, untuk jawaban pertanyaan Anda, Alphard, Elysion atau Elgrand.

Dan aku baru pertama kali mendengar ada orang yang mengatakan bahwa designer mobil USA lebih unggul atau tidak kalah dengan yang lain. Bagiku, design mobil USA itu sebagian besar very uninspiring. Bahkan, di forum mobil lain, orang2 Amerika malah menertawakan design Odyssey USA dan mereka lebih menginginkan model Odyssey Japan (biasa mereka menyebutnya Odyssey Asia-Pacific) dan juga Elysion.
Sedangkan di forum yang sama orang2 Australia bersyukur mereka mendapatkan Odyssey Japan dan bukan USA. :mrgreen:

Apakah Anda tidak merasa bahwa Odyssey USA lebih mirip Kia Sedona daripada Odyssey Japan atau Elysion? Btw, apakah Anda sudah lihat thread new Kia Sedona? I think it's the closest thing to the USA Odyssey you can actually buy, Mr. Szli. :)
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Buddy, there is a slight misunderstanding.

Saya bilang designer Honda USA, not designers of American cars yang pintar.

Also, don't get me wrong. Odyssey USA bentuknya saya kurang suka, like I said, conventional. What I love about the Odyssey USA is the layout and seat flexibility of the Odyssey. Even if the size is reduced to Asian standards, juga masih sip.

Coba deh, headrests for everybody, captain / bench seat both bisa, smuggling compartment. row 2 seats bisa di fold flat. Even My Serena cannot do this.

Now, the best is if these features di masukin ke body like Alphard. Artinya Alphard exterior + Odyssey USA interior flexibility. Thats my kind of dream minivan !
User avatar
observer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 873
Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03

Post by observer »

I 100% agree and disagree with u, Mr. Szli.

Kalau aku ada di Amerika, aku pasti akan beli Honda Odyssey sebagai mobil pertama, karena sebagai mobil keluarga, dia adalah yang terbaik di kelasnya (bahkan lebih unggul dari Toyota Sienna).

Tetapi kalau di Indonesia, as much as I like this car, aku ngak bisa bayangkan bagaimana membawanya. It's too big!!! Panjangnya sekitar 5.1m, dan lebarnya sekitar 1.96m. Coba dibawa ke gedung parkir, jangan2 get stuck ngak bisa jalan :( Apalagi mesinnya 3.500cc, pasti harganya selangit!

I still prefer my Serena. :P
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Oh yeah ? Segede gitu ? Saya tidak tahu. Artinya pasti lega banget ! Dan bisa fight ama Metro Mini dan KWK.

Tapi memang di Jakarta jangan lah ! Mr. Obs, anda pernah kah bawa Serena anda ke tempat parkir macam Mangga Dua ? Saya sudah. Dan benar, ukuran c24 PAS sekali ! Tingginya 1825 mm banding standar 1900 mm di banyak tempat parkir di sini. Itu saja seperti di mall TA, waktu lewat ceiling, kepala saya rasa ngeri banget, seperti sudah mau tubrukan atap c24.

Apalagi Alphard yang 1900 mm lebih ! Apakah bisa masuk mall mall tuh ?

Dan lebarnya 1695 mm juga pas juga. Masih bisa parkir tanpa setengah mati ! Innova 1750 mm mungkin akan butuh extra attention dan effort kalau masuk Mangga Dua.

If you think abt it, 4550x1695x1825 is pretty close to the ideal, max size family car di Indo. Not anymore bigger. At first saya agak takut, tapi setelah masuk c24 ke mangga dua for the first time, eh, not so bad !

Have U started drinking Premium ? 2400 ama 4000 masih jauh ! U can read Top Gear magazine yang ada artikel tentang test 1000 km dan uji pakai alat Dyno Test tentang Serena pakai Pertamax vs Premium.

As I expected, the power loss ngak terlalu besar banget. Dan ratio bensin turun dari 1:8.5 to 7 kata Top Gear. No ngelitik, dan kalau ke puncak, meskipun lebih berat, tapi masih tolerable. U should get a copy.

1 tahun bisa irit berapa juta. Kalau cuman irit berapa ratusan ribu mah saya pakai Pertamax ! Toh di Jakarta yang macet, whats the use of a few more horsepower and torque ?

And jika keluar kota, takut ketemu Premium timbal, tinggal isi Pertamax deh. Kalau ke tempat yang no Pertamax dan Premium timbal, ya don't bring the Serena in the first place. Dan tempat macam gitu pasti lumayan remote !

Anyway, waktu ke Pekalongan, saya perhatiin Pertamax lumayan common kok di SPBU sejalan Pantura. Maybe jalan Central Java yang lebih langka.

And have U tried a new oli ? Better performance ?

Sekarang ada accessory front, side and rear skirt for the c24, for 2 juta. cuman saya still tidak mau keluar 2 juta cuman untuk minor dress-up.

Bung Conan, I tried to Le Cost Killer, tapi APBN rumah tangga jaman sekarang pressurenya lebih tinggi. Mau irit berapa juta lagi agak susah ! Life in Jakarta is indeed not cheap ! No wonder the crime rate is so high ! If you do a spreadsheet of monthly expenses, saya saja kaget. All the little expenses adds up to a " respectable " sum !


Why don't U cerita abt yr " Ghosn Style " personal cost efficiency audit result U talked about ? Mungkin bisa bantu saya dan teman 2 kita yang mayoritas bukan owner Alphard !
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Szli wrote:Bung Conan, I tried to Le Cost Killer, tapi APBN rumah tangga jaman sekarang pressurenya lebih tinggi.
Why don't U cerita abt yr " Ghosn Style " personal cost efficiency audit result U talked about ?
Aku menerapkannya pada industri, bung Szli. Tapi aku belum pernah membaca buku2 tentang cara Ghosn, aku hanya terinspirasi oleh sebuah artikel wawancaranya di majalah CAR dulu.

Kalau untuk anggaran rumah tangga rasanya memang lebih sulit menerapkannya.. :)
User avatar
observer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 873
Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03

Post by observer »

Aku sudah pakai oli Shell, dan memang bensin jadi lebih irit sekitar 10%. Tapi pakai Premium sih sementara belum.
Btw, tetanggaku baru menggantikan Carnivalnya dengan Serena HWS. Pikir2 memang pangsanya Carnival dan Serena hampir sama ya :)
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Mr. Obs, saya sempat pusing banyak merek oli, tapi merek Shell saya lumayan percaya, soalnya saya ingat waktu masih umur sekolah dasar di Singapura saja sudah ada SPBU dan oli Shell. Jadi itu company sih benar benar tua dan established. They will be stupid to risk their name kalau bikin oli jelek !

Ya, jika anda mileagenya sedikit, tetap Petamax sebenernya masuk akal juga. U are using the most suitable and safest fuel for yr c24. Kalau Premium naik ke around 3300, saya langsung balik ke Pertamax !

Memang pasar Carnival ama c24 HWS sama. Harganya saja dekat. Cuman that neighbour of yrs did the right thing. He got rid of the most rewel minivan for a much better one. Toh Carnival terlalu curvy. Meskipun lebih besar banding c24, tapi dalam cabin rasanya sepertinya ngak beda jauh ! Those curves kan makan space ! And I think Carnival masuk Mangga Dua itu parkirnya akan susah banget ! U know that guys turning radius sangat besar !

I think with Shell and Pertamax, yr fuel ratio should be very decent !
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Ngomong ngomong Bung Obs, did yr neighbour got influenced after he talked to U abt yr Serena, or dia just did it tanpa yr influence ? And did he choose a blackie too ?

My c24 is the pioneer in my housing complex. At first c24 saya outnumbered by Innovas. Tapi sekarang mulai banyak c24 di complex saya juga. Mayoritas sih like you, blackies. So my c24 Golden ngak kesepian sekarang. Many brothers and sisters around.
User avatar
observer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 873
Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03

Post by observer »

Aku ngak pernah memuji muji Serena di depan tetangga itu, tapi dengan 4 anak kecil, aku kira memang Serenalah yang paling tepat.
Carnivalnya warna beige, tapi sekarang ikut ikutan beli Serena hitam 8)