Kali ini nubitol mencoba review Accord CM5 yang baru aja nubitol dapatkan untuk menggantikan Altis 9th gen ane.
Sebelum mulai ane mau mohon maaf dulu untuk beberapa hal. Yang pertama, mohon maafkan nubitol kalau review ini terasa singkat dan tidak menggairahkan, seperti halnya review-review yang dibuat oleh om HelmPutih. Ini dikarenakan pengetahuan nubitol yang lemah dalam membuat review dan dalam mencari sejarah mobil ane. Yang kedua, mohon maaf kalau perbandingan dengan mobil lain akan ane lakukan dengan tidak sepadan, alias tidak apple-to-apple, karena nubitol hanya membandingkan dengan mobil yang nubie miliki/kendarai saja, gak asal ceplas ceplos.
Perbandingan CM5 VtiL A/T ini akan dilakukan melawan Altis 9th gen G A/T , Vios 1st gen G M/T, GNKI V Lux M/T, XTrail T31 2.0 M/T, dan ANJ GE8 RS M/T. Semua yang pernah dan sedang nubi coba dalam 5 tahun terakhir.
Eksterior
Medium class sedan macam accord sama camry biasanya body nya cenderung play safe dan gak habis dimakan waktu. Penilaian disini subjektif, tapi eksterior adalah salah 1 pilihan awal untuk membeli mobil, jadi di keluarga saya, semua mobil ini bentuknya sesuai selera. Tapi kalau nubitol boleh nilai, maka nilainya adalah sebagai berikut (maks 5):
CM5 : 4
Altis : 4
Vios : 3
GNKI : 3
T31 : 4
ANJ : 2
Interior dan Akomodasi
+ Posisi panel2 pada CM5 mudah dicapai dengan tangan. Desain dashboard dengan dual tone colour sangat mewah. Optitron bekerja dengan sangat baik. Steering switch bagus. Electric power seat di driver seat. 4 airbag (depan dan samping), Jok Kulit. AC Dual Zone. Tempat penyimpanan banyak, disetiap pintu bisa taruh minum mirip ipah. Legroom dan headroom lega banget.
- HU hanya CD player, dan sangat susah diganti aftermarket karena displaynya integrated sama control AC.
Maka nilainya adalah sebagai berikut (maks 5):
CM5 : 4
Altis : 3
Vios : 2
GNKI : 3
T31 : 1
ANJ : 2
Ride, Handling, Mesin, dan Comfort:
+ Mesin 2400cc dengan power besar. Suspensi karakter keras Honda, tapi dituning supaya nyaman sepertinya. Cruise control menambah kenyamanan nyetir. Penumpang bisa tertidur dengan lelap walau kecepatan tinggi, atau nabrak lubang/poldur. Mesin K24 sangat umum dan banyak partnya diluaran.
- Lemot ditarikan awal dari berhenti.
Maka nilainya adalah sebagai berikut (maks 5):
CM5 : 4
Altis : 4
Vios : 3
GNKI : 3
T31 : 3
ANJ : 3
Yah, mungkin memang pembandingnya gak sebanding, tapi nubitol puas sama si CM5 ini. Apalagi DC nya murah banget, hehehehe. Modifikasi pun gampang, untuk eksterior, mesin, dan kaki-kaki banyak partnya diluar. Yang susah hanya audio saja.
Sekian review jelek dari nubitol. Jangan lempar bata ya, karena di SM gak ada sistem bata-cendol, jadi ane takut kalo lempar bata, pasti bata beneran,,,

