masalah gimana merawatnya, mendeteksi penyakit suspensi, type2 suspensi, gimana mengatas masalah2 suspensi, dll...?!
Ayo bung Digi... kita ramaikan...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Kalo memang mobil masih bisa lari lurus, gak perlu di spooring, karena akan memancing masalah. Saya sudah pengalaman dgn beberapa mobil baik bekas maupun baru.hdrw wrote: Mengenai ball joint dan arm, sebaiknya 1 tahun sekali mobil di spooring + balancing.
Saat spooring itu akan ketahuan kalau ball joint atau arm ada yang rusak, karena kalau belum rusak parah (sampai mengeluarkan bunyi atau stir sudah lari2 ngak bisa jalan lurus), susah mengetahuinya, kecuali dengan cara di spooring.
Selama mobil masih bisa jalan lurus, ngapain di spooring ?handling wrote:Kalo memang mobil masih bisa lari lurus, gak perlu di spooring, karena akan memancing masalah. Saya sudah pengalaman dgn beberapa mobil baik bekas maupun baru.
Sama seperti polemik, "makin sering tune up makin bagus". itu salah sama sekali....
Kalau baru rusak sedikit, sangat sulit memeriksa dengan cara ini, bahkan oleh yang sudah ahli sekalipun, apalagi orang awam.handling wrote:Hal yang paling gampang oleh orang awam adalah, dgn cara menekan keempat sisi mobil, pada saat dilepas gerakan mobil langsung keposisi semula
it's ok , same with me...hdrw wrote:Dua2 saya setuju, kalau masih ok, ngapain dirubah ?.handling wrote:Kalo memang mobil masih bisa lari lurus, gak perlu di spooring, karena akan memancing masalah. Saya sudah pengalaman dgn beberapa mobil baik bekas maupun baru.
Sama seperti polemik, "makin sering tune up makin bagus". itu salah sama sekali....
that's righthdrw wrote:Jadi maksud spooring dan tune up disini, tidak harus selalu menyetel arm/mesin, tapi termasuk juga memeriksa apakah ada komponen yang sudah rusak sebagian/sudah saatnya diganti..
hdrw wrote:Kalau baru rusak sedikit, sangat sulit memeriksa dengan cara ini, bahkan oleh yang sudah ahli sekalipun, apalagi orang awam.
Contoh:
- Shock baru bocor, tidak langsung bisa terdeteksi dengan cara tsb.
- Jika ada bushing yang sudah 'kemakan' sebagian, tidak akan bisa terdeteksi dengan cara tsb.
- dll.
ha..h.a..ha....baca dulu dong bung hdrw...namanya juga "yang gampang yang bisa dideteksi orang awam" kan....selebihnya yang mendetil ya mesti yang ahli......betulkan maksud bung Hdrw....handling wrote:Hal yang paling gampang oleh orang awam adalah.............