Lexus RX400h
(07/02/2005) - Babak baru teknologi hybrid ditorehkan lewat Lexus RX400h. Inilah SUV mewah hybrid pertama yang lebih bertenaga dibandingkan versi bensinnya, mengusung teknologi otomotif tercanggih, irit bahan bakar dan mengurangi emisi gas beracun dalam jumlah signifikan tanpa mengorbankan sisi luxury dan keserbagunaanya.
Model berbasis RX300, SUV mewah terlaris dikelasnya itu dijadwalkan mulai dipasarkan April 2005 mendatang. Sampai saat ini, menurut Toyota, daftar indentnya sudah lebih dari 8000 orang.
Jantung RX400h adalah sistem Hybrid Synergy Drive yang baru dan canggih. Sistem ini mengkombinasikan mesin 3.3 liter V6 dengan motor listrik (sekaligus generator) penghasil torsi raksasa, ditambah satu motor-generator lagi di roda belakang agar mobil punya kapabilitas all-wheel drive.
Sintesa dua pabrik daya itu adalah power puncak 268hp dan yang lebih mengagumkan, potensi torsi di gardan tercatat hingga 3,500 lb-ft. Angka-angka itu mengantar RX400h melejit ke 60mph dari diam dalam 7.3 detik atau 0.5 detik lebih kencang dari RX330. Nilai plus lain dibandingkan RX330 adalah pasokan energi tanpa jeda setiap saat, kapan saja dibutuhkan. Di California yang terkenal ketat soal emisi, pendatang baru ini mendapat sertifikat Super Ultra Low Emission Vehicle (SULEV).
Konsumsi bahan bakarnya menurut estimasi Environmental Protection Agency setara dengan sedan kompak terbaru atau 33% lebih baik dariRX330. Bila digunakan dikota, konsumsi bahan bakarnya 67% lebih dirit dariRX330. Karena itu Toyota berani bilang, dibandingakn kebanyakan SUV mewah V6, selisihnya bisa 100%. Wah…
Tampilan luarnya sedikit berbeda dari RX330. Terlihat pada grille, front fascia, lampu kabut sporty, 18 inch alloy wheel dan lampu belakang LED. Diinterior, aksen aluminum menggantikan wood trim dan power meter menggantikan tachometer. Semua kenyaman dan kemewahan di interior RX330 juga hadir di RX400h. Juga keserbagunaan interiornya dan volume ruang kargonya.
Tiga motor listrik
Lexus RX400h di definisikan sebagai fully hybrid, artinya bisa beroperasi hanya dengan motor listrik saja, mesin konvensional saja atau kombinasi keduanya. Ini berbeda dengan teknologi hybrid merk lain yang mengharuskan motor listrik dan mesin bensin beroperasi berbarengan. Baterai yang digunakan adalah Nickel metal hydride 288 Volt DC yand ditempatkan dibawah kursi belakang. Sistem penggerak hybrid menggunakan tiga motor-generator, yaitu MG1, MG2 dan MGR. Masing-masing punya fungsi spesifik dan bertugas sebagai motor listrik sekaligus generator.
MG1 berfungsi sebagai stater dan tidak difungsikan untuk menghasilkan daya dorong. Sebagai generator yang digerakkan mesin, MG1 memasok arus battery atau motor listrik lain bila dibutuhkan. Power dari mesin bensin dan motor listrik penggerak depan (MG2) didistribusikan ke sistem penggerak roda melalui planetary gear-type continuously variable transmission yang menafikan specific gear ratio.
Dua unit planetary gear digunakan dalam sistem ini. Satu untuk menggerakan roda dan lainnya untuk menggerakan MG1 saat berfungsi sebagai generator. Motor Speed Reduction mengurangi kecepatan MG2 dan meningkatkan torsi hingga mendongkrak peforma akselerasi secara signifikan. Sebagai generator, MG1 -dengan mengatur jumlah listrik yang dibangkitkan, mengontrol kecepatan transaxle lewat planetary gear set tanpa kopling. Ini salah satu elemen kunci dari sistem penggerak hybrid RX400h yang menghilangkan gejala "shift shock" yang seringkali masih terasa bahkan pada transmisi automatic paling canggih sekalipun.
Electric AWD pada SUV ini menggunakan motor listrik 50kW (MGR) yang menambah torsi hingga 650 lb-ft bila dibutuhkan. Sistem ini secara electronik mengubah distribusi torsi roda depan dan belakang sesuai kondisi jalan. Kontras dengan sistem AWD konvensional, dimana bobot komponen mekanik sistem penggerak dan friksi yang diakibatnya mengurangi kemampuan akselerasi dibandingkan versi 2WD. Hal ini tidak terjadi pada sistem electronic AWD. MG2 memproduksi torsi puncak dari nol hingga 1500 rpm hingga memungkinkan kendaraan bergerak hanya dengan motor listrik saja. Kondisi ini ideal untuk kecepatan rendah atau stop-and-go.
VDIM
RX400h juga mengadopsi generasi baru sistem stabilitas kendaraan yang disebut Vehicle Dynamics Integrated Management (VDIM). Sistem ini mengantisipasi ketidakstabilan kendaraan dan membuat koreksi penyeimbang sembari tetap mempertahankan kapabilitas dinamis.Berdasarkan komando VDIM, ABS, Brake Assist, Vehicle Stability Control (VSC) dan traction control (TRAC) bekerja presisi mengontrol masing-masing roda. VDIM juga bergandengan dengan Electronic Power Steering system (EPS) baru untuk mengoptimalkan steering asisst pada setiap kondisi. Sistem ini mengeliminasi pompa power steering untuk menghemat bahan bakar dan menggantikan dengan sistem komputer. Juga lebih responsif.
Secara konstan VDIM mengkalkulasi gerakan kendaraan berdasarkan data dari yaw rate dan sensor perlambatan (deceleration sensor), sensor kecepatan dan sensor kemudi. Berdasarkan data-data itu, VDIM mengontrol seluruh aspek dinamika pengendaran mobil hingga bisa mendeteksi gejala ketidakstabilan hingga bisa langsung di koreksi. Kemampuan untuk bekerja secara proaktif ini berarti koreksi dilakukan lebih cepat , lebih akurat dan lebih halus daripada sistem tradisional.
Safety
Disain kabin berkekuatan tinggi serta sistem airbag didisain mengelola energi benturan tinggi untuk melindungi penumpangnya. Airbag meliputi dual front airbags, knee airbag untuk pengemudi dan dua airbag samping di dua kursi depan yang dirancang untuk melindungi perut, pinggul dan pinggang. Airbag ini sangat canggih karena bekerja berdasarkan besar energi benturan, bobot penumpang dan posisi tempat duduk. Side curtain airbag dirancang untuk melindungi penumpagn depan dan belakang. Airbag ini akan aktif bila sensor roll-over mendeteksi mobil miring melebihi ambang yang diijinkan.
Untuk memperbaiki pandangan, kaca depan dan jendela samping depan menggunakan lapisan anti air untuk mengusir air hujan. Camera belakang dipasang diatas plat nomor yang gambarnya diteruskan ke layar monitor. Wiper dengan teknologi sensor hujan dan High-Intensity Discharge (HID) juga masuk dalam list, termasuk Adaptive Front lightning system yang bisa melihat dikelokan.
Sistem navigasi berbasis DVD disempurnakan dengan teknologi voice activation yang mempermudah operasi.
Lexus RX400h
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
Lexus RX400h
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Sat Aug 21, 2004 19:46
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Sat Aug 21, 2004 19:46
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
Setelah saya browsing sana sini untuk mencari apa gerangan dibalik Huruf "B" di persneling Lexus ini...ternyata hasilnya sangat mengejutkan.....ternyata "B" ini artinya Becak......bukan Booster or Batman...hdrw wrote:he he he ..., bener juga bung Handling, jangan2 kalau diturunin ke 'B' langsung ngacir jadi mobil 'BATMAN' yang knalpotnya keluar api.
Soalnya nih mobil kelewat canggih.


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 96
- Joined: Thu Aug 05, 2004 7:48
Maksudnya "becak mode" itu utk menghemat bahan bakar yah ?handling wrote:Setelah saya browsing sana sini untuk mencari apa gerangan dibalik Huruf "B" di persneling Lexus ini...ternyata hasilnya sangat mengejutkan.....ternyata "B" ini artinya Becak......bukan Booster or Batman...hdrw wrote:he he he ..., bener juga bung Handling, jangan2 kalau diturunin ke 'B' langsung ngacir jadi mobil 'BATMAN' yang knalpotnya keluar api.
Soalnya nih mobil kelewat canggih.![]()


* Cara kerja "becak mode" : di bawah kaki ada pedal sepeda yg harus dikayuh utk menggerakkan mobil ... *
Masih untung bukan tombol "F" (Flinstone mode, kayuh pake kaki kayak mobil Flinstone, atau sistem penggerak "all kaki drive") ...

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Sat Aug 21, 2004 19:46
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1136
- Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47