SerayaGallery.com | Personal and Auto Lovers Image Gallery

Mengenalkan layanan kami SerayaGallery.com, dapat rekan2 SM manfaatkan untuk upload dan share image / foto secara GRATIS. Tidak ada batasan jumlah total file dan disk quota yang dapat digunakan.

Review kijang innova!!!

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, FRD, billyd1773dz, ChZ

Post Reply
User avatar
pinoh_boy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: 04 Mar 2004, 13:47

Review kijang innova!!!

Post by pinoh_boy » 07 Feb 2005, 14:34

Dapat dari majalah mobilmotor!!!

Akankah Sepopular Pendahulunya?

Untuk lebih mensosialisasikan produk andalan terbarunya, PT. Toyota Astra Motor (TAM) baru-baru ini mengadakan test drive Kijang Innova yang pesertanya adalah wartawan. Tidak tanggung-tanggung perjalanan kali ini dibuat cukup panjang dengan mengambil rute Jakarta – Dieng – Yogyakarta. Menurut Hendrayadi Lastiyoso selaku Marketing Communication Departemen Head, rute tersebut diambil guna menguji ketangguhan Innova pada berbagai kondisi pengendaraan mulai dari padatnya lalu lintas perkotaan, akselerasi tinggi di jalan tol, hingga jalan pegunungan yang cukup ekstrem.

Interior Dan Kelengkapan Fitur
Kesan pertama yang tertangkap di dalam ruang interior Innova adalah suasana mewah dan elegan. Perubahan besar memang terjadi bila dibandingkan dengan pendahulunya. Hal tersebut tak lain guna memenuhi tuntutan standarisasi internasional. Dominasi warna beige menyelimuti seluruh ruang, ditambah balutan bahan kulit pada jok. Mengamati disain dasbor, modelnya tampak mewah dan jika dicermati nyaris serupa pada kelas sedan menengah Toyota, seperti Altis dan Camry. Ruang interior tampak nyaman dengan ditunjang komposisi jok yang kompak dan lapang, seluruh kursinya memiliki fasilitas reclining dan dapat diatur secara fleksibel. Serta dukungan AC double blower yang memiliki sistem kontrol digital. Disain blower belakang menyatu dengan atap ruang kabin pada baris kedua dan ketiga.

Tak ketinggalan fitur-fitur terkini seperti Multi Information Display (MID) diterapkan pada Innova, dimana berguna untuk memberikan informasi yang dibutuhkan pengemudi. MID memiliki 6 menu yang dapat menginformasikan temperatur luar, rata-rata penggunaan BBM dan estimasi rata-rata konsumsi BBM yang terkoreksi setiap 10 detik. Selanjutnya durasi pemakaian mesin sejak dihidupkan, kecepatan rata-rata, dan kompas. Yang lain adalah rear parking sensor, kunci beralarm. Selain itu pedal-pedal gas, rem, dan kopling menggunakan sistem throttle by wire, yang membuatnya relatif lembut dan presisi untuk dioperasikan.

Mesin Dan Stabilitas
Innova dibekali mesin Toyota bertipe 1TR-FE 2.000 cc berteknologi VVT-i (variable valve timing intelligent). Teknologi kembangan Toyota ini memang ampuh menjadikan mesin efisien, ramah lingkungan, namun masih memiliki tarikan mantap. Dengan tenaga 134 tk tarikan mesin terasa padat pada berbagai putaran. Hal ini salah satunya didukung konstruksi silinder dengan ukuran bore and stroke 86 mm X 86 mm. Ukuran itu merupakan toleransi tepat untuk mendapatkan karakter tersebut. Selama beruji coba ketangguhan Innova sungguh teruji. Terbukti, berbagai karakter pengendaraan mulai dari padatnya kota hingga jalan-jalan luar kota dengan tanjakan berliku seperti yang ditemukan di daerah pegunungan Dieng, keandalan mesin Innova terasa tangguh saat melewatinya. Kecepatan maksimal di jalan datar dan lurus yang dapat ditempuh mencapai rata-rata 180 km/jam.

Kinerja pengeremannya pun patut diacungi jempol dengan penggunaan ABS yang didukung LSPV (Loud Sensing Proportioning Valve) yang merupakan sistem pendistribusian tekanan pada masing-masing roda pada saat pengereman. Yang menarik untuk disimak, meski dibekali teknologi canggih, mesin Innova masih dimungkinkan untuk diisi bahan bakar berkualitas leaded. Artinya, masih dapat diisi bahan bakar premium dimana saja Anda berada. Hal ini dikarenakan daerah di luar Jakarta masih banyak yang menggunakan bensin bertimbal.

Stabilitas Innova patut mendapat acungan jempol. Memang gejala negatif pengendaraan muncul namun masih dalam batas-batas kewajaran. Karakter suspensi tergolong medium yang membuatnya nyaman untuk dikendarai di jalan bergelombang maupun saat berakselerasi dengan kecepatan tinggi seperti pada saat melintasi jalan bebas hambatan.

Nilai Jual
Satu pertanyaan muncul seiring dengan terapan berbagai teknologi terkini pada Innova, apakah teknologi-teknologi tersebut sudah pantas dan familiar untuk konsumen dalam negeri? Karena praktis tidak semudah bila dibandingkan dengan pendahulunya yang sudah cukup dikenal karena mudahnya perawatan. Memang tak dipungkiri, popularnya nama besar Kijang salah satunya terdongkrak oleh hal tersebut. Menjawab hal tersebut pihak TAM menjamin, bahwa mesin Innova sangatlah low maintenance. Perawatan berkala seperti pergantian oli cukup per 10.000 km. Dan, di samping itu tercatat 150-an bengkel resmi Toyota tersebar di seluruh Indonesia serta didukung bengkel-bengkel binaan dari TAM.

Salah satu kekuatan utama Kijang adalah sisi nilai jual. Harga jual dari Innova masih sesuai dengan apa yang diberikan, seperti disain apik, interior elegan, mesin berteknologi tinggi, serta berbagai penerapan teknologi terkini. Belum lagi nilai re-sale value yang terbilang sangat stabil. Jadi, selain menjadi kendaraan yang serba guna bagi keluarga dapat juga dijadikan investasi dengan depresiasi harga yang minimal. So,..akankah Innova sepopular pendahulunya yang lekat dengan sebutan mobil rakyat Indonesia, kita tunggu sepak terjangnya. (AriE)

DATA TEKNIS

Hasil Ujicoba

Bensin
Akselerasi (detik)
0 – 100 km/jam: 13,2
0 – 80 km/jam: 9,3
0 – 60 km/jam: 5,8
0 – 40 km/jam: 3,1
0 – 20 km/jam: 1,3
0 – 400 meter: 18,8 detik @ 124,7 km/jam

Kebisingan kabin (dB)
Idle: 47,8
20 km/jam: 58,2
40 km/jam: 59,1
60 km/jam: 60,3
80 km/jam: 63,7
100 km/jam: 65,6
Konsumsi BBM: rata-rata 8,3 km/L
Nilai Uji coba: ****

Kesimpulan
Kijang Innova tampil dengan model dinamis, interior mewah, mesin tangguh, serta stabilitas yang jauh lebih baik. Ditunjang pula citra yang sudah mengakar sebagai kendaraan keluarga Indonesia serta nilai jual dengan resale-value sangat stabil. Now the choice is yours.

Plus: Mesin dengan teknologi terkini, Disain bagus, interior mewah dan fungsional, harga bersaing, memang brand image yang sangat kuat.
Minus: Warna interior terlalu muda, perawatan tidak semudah varian pendahulunya.

Komentar ATPM

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing Communication Departemen Head PT. Toyota Astra Motor

Meski terjadi revolusi dan evolusi besar-besaran pada Kijang, Innova tetap ditempatkan sebagai pemain di pasar medium MPV. Kami perlu ingatkan sekali lagi, bahwa dengan perubahan seperti ini Kijang bukan naik kelas namun naik citra. Terbukti tidak terjadi peningkatan harga terlalu jauh bila dibandingkan dengan versi terdahulu. Naiknya citra dikarenakan untuk memenuhi standar internasional karena Innova bukan hanya dipasarkan di dalam negeri, tapi lebih jauh akan menjadi konsumsi internasional. Hingga kini tercatat sudah lebih dari 32.000 unit.

Kompetitor

Honda Stream
Mesin: i-VTEC 4 silinder DOHC 1.998 cc
Transmisi: A/T 4 kecepatan Tiptronic
Dimensi: 4.550/1.695/1.590 mm
Harga: Rp241 juta

KIA Carens II
Mesin: I-4 DOHC 1.794 cc
Transmisi: M/T 5 kecepatan
Dimensi: 4.493/1.748/1.609 mm
Harga: Rp157,95 juta

Mitsubishi Kuda New Grandia
Mesin: I-4 SOHC 1.583cc
Transmisi: M/T 5 kecepatan
Dimensi: 4.455/1.750/1.830 mm
Harga: Rp129 juta

DATA KIJANG INNOVA V M/T

Mesin
Model: 1TR-FE
Tipe: I-4 2000 cc VVT-i Sistem katup: DOHC, 16 katup, Kapasitas (cc): 1.998
DiameterXLangkah: 86,0X86,0
Tenaga (tk/rpm): 134/5.600
Torsi (Nm/rpm): 182/4.000
Transmisi Tipe: 5 M/T

Sistem Gerak Roda Tipe: 4x2, gerak roda belakang
Kemudi Tipe: Rack & pinion

Suspensi (dp): Coil Spring, Double Wishbone with stabilizer
(blk): Coil Spring, 4 Link + Lateral Rod

Rem Tipe: Cakram berventilasi/tromol Sistem BBM: EFI

Harga: Rp191 juta

Dimensi
Pjg/Lbr/Tng (mm): 4.555/1.770/1.745
Kapasitas Tangki (liter): 55

Ukuran Ban: 205/65 R 15

Komentar

Jimmy Lukita

Disain umum perubahan besar bagi generasi Kijang. Model secara umum tampil aerodinamis, buritan minimalis mirip Honda Odyssey lama, sayang model gril tampak kaku.
Interior tampil mewah dengan model dasbor mirip dengan Toyota Altis. Tombol-tombol panel instrumen ergonomis dan mudah dioperasikan. Secara umum kabin lapang dan visibilitas baik.
Mesin dengan teknologi VVT-i terasa responsif pada setiap putaran. Ditunjang dengan performa rem baik dengan ABS.
Stabilitas tergolong baik, mantap dikendarai pada kecepatan tinggi. Traveling suspensi cocok untuk segala medan.
Nilai jual tidak perlu diragukan lagi dengan kemajuan teknologi dan model.
Rifat Sungkar

Bentuk bodi dari Innova tampak dinamis.
Konfigurasi bangku terbaik di kelasnya dengan space kaki lega di setiap baris bangkunya.
Peningkatan teknologi sangat drastis dari versi sebelumnya.
Ruang interior betul-betul berbeda dengan model pendahulunya, disainnya kini tampak mewah. Visualisasi ke segala arah baik, tidak ada halangan oleh pilar-pilar yang ada. Untuk ukuran tubuh orang dewasa yang rata-rata 180 cm bangku pengemudi terlalu tinggi, sehingga kaki hampir mentok stir.
Tenaga mesin jauh lebih besar daripada pendahulunya. Karakter suara mesin Kijang lama masih hadir pada Innova.
Stabilitas mantap pada setiap kondisi pengendaraan. Suspensi terasa nyaman dan empuk.
Di kelasnya sepertinya belum ada yang dapat menandingi kehebatan Kijang.
INNOVA DIESEL
Untuk varian Diesel, Kijang Innova dilengkapi mesin 2KD-FTV D-4D 2.500 cc. Mesin dilengkapi sistem distribusi bahan bakar common rail dan turbocharger. Teknologi-teknologi tersebut mampu mendapatkan performa tinggi, emisi bersih, serta suara dan getaran mesin yang rendah. Secara umum mesin Diesel ini memiliki kemampuan baik. Yang perlu diingat adalah dengan sistem D-4D membuat mesin ini sangat sensitif dengan kualitas solar. Karena kualitas solar rendah dapat membuat tersumbatnya sistem injeksi. Namun jangan terlalu khawatir akan hal itu, karena mesin ini dilengkapi filter solar dengan life time mencapai 300.000 km. Dan, bila kinerja filter tidak berfungsi dengan baik, maka indikator cek filter pada cluster meter akan menyala. Bila hal ini terjadi, sebaiknya segera periksakan ke bengkel resmi Toyota.

DIESEL
Akselerasi (detik)
0 – 100 km/jam: 20,5
0 – 80 km/jam: 12,7
0 – 60 km/jam: 7,7
0 – 40 km/jam: 4
0 – 20 km/jam: 1,6
0 – 400 meter: 21,5 detik @ 103,3 km/jam

Kebisingan kabin (dB)
Idle: 49,2
20 km/jam: 60,1
40 km/jam: 61,4
60 km/jam: 61,8
80 km/jam: 64,2
100 km/jam: 69,7
Konsumsi BBM : rata-rata 13 km/L

TOP VARIAN
Menurut rencana, TAM akan meluncurkan satu varian Kijang Innova dengan spesifikasi tertinggi pada awal 2005 atau diperkirakan Januari. Top varian tersebut akan dilengkapi mesin bertipe 2TR-FE VVT-i berkapasitas 2.700 cc. Mesin ini memiliki 170 tk dan spesifikasi standar EURO 2. Dengan kelengkapan katalitik konverter membuat mesin ini membutuhkan bahan bakar dengan kualitas baik tanpa kandungan timbal.

Selain perbedaan mesin, terdapat perbedaan-perbedaan fitur terutama soal kenyamanan dan keamanan. Contoh, konfigurasi jok berlapis kulit untuk 6 orang penumpang yang membuat ruang interiornya lebih lapang. Perbedaan lain adalah roda kemudi yang dilengkapi tombol pengatur sistem audio dan MID. Serta penggunaan head unit double DIN dengan pemutar CD yang terintegrasi langsung di dalamnya dengan daya muat 6 CD. Untuk sektor keselamatan, Innova 2.700 cc ini dilengkapi dengan kantung udara. Menurut sumber dari TAM, top varian ini akan dijual kisaran harga Rp270 jutaan.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

This topic has 96 replies

You must be a registered member and logged in to view the replies in this topic.


Register Login
 
Post Reply

Return to “Review Corner”

Who is online

Users browsing this forum: halteui, Iap, kapalrusak, kepo2601, SAP and 3 guests