Itung2an sproket motor & konsekwensinya
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Itung2an sproket motor & konsekwensinya
Ayo ngitung gir blakang/depan
Sebaiknya kita memahami itung2an hasil bagi gir blakang : gir depan motor kita dan akibatnya jika kita merubah perbandingan gir (sproket) tersebut :
Contohnya adalah perbandingan sproket beberapa type motor Pulsar :
1)PIBO UG4 -> 39 : 14 = 2.79.
2)P200 -> 38 : 14 = 2.71.
3)P220 -> 36 : 14 = 2.57.
Jika mau merubah perbandingan gir itu, inilah kuncinya (dng mesin tetap std) atau rumus yg sudah dari sononya berlaku :
- jika hasil bagi gir yg baru menjadi lebih kecil dari std-nya (disebut gir berat), maka tarikan jadi lebih lemot, dan topspeed bisa meningkat tapi perlu jarak lebih jauh
- jika hasil bagi gir yg baru menjadi lebih besar dari std (disebut gir ringan), maka tarikan jadi lebih ringan, tapi topspeed berkurang
- jika mesin sudah dimodif sehingga peak power meningkat minimal sebesar 3 s/d 5 hp, maka memang sudah seharusnya perbandingan sproket diganti dengan yg lebih berat (akselerasi tidak akan menjadi lemot karna mesin sudah lebih kuat, dan topspeed bisa meningkat tanpa perlu jarak atau panjang jalan utk gaspol yg lebih jauh)
itung2an sproket ini menjadi salah 1 acuan para mekanik balap motor.. utk trek pasar senggol (pendek2 banyak tikungan) perlu sproket yg ringan, dan utk trek2 panjang (misalnya Sentul) perlu sproket yg lebih berat
Sebaiknya kita memahami itung2an hasil bagi gir blakang : gir depan motor kita dan akibatnya jika kita merubah perbandingan gir (sproket) tersebut :
Contohnya adalah perbandingan sproket beberapa type motor Pulsar :
1)PIBO UG4 -> 39 : 14 = 2.79.
2)P200 -> 38 : 14 = 2.71.
3)P220 -> 36 : 14 = 2.57.
Jika mau merubah perbandingan gir itu, inilah kuncinya (dng mesin tetap std) atau rumus yg sudah dari sononya berlaku :
- jika hasil bagi gir yg baru menjadi lebih kecil dari std-nya (disebut gir berat), maka tarikan jadi lebih lemot, dan topspeed bisa meningkat tapi perlu jarak lebih jauh
- jika hasil bagi gir yg baru menjadi lebih besar dari std (disebut gir ringan), maka tarikan jadi lebih ringan, tapi topspeed berkurang
- jika mesin sudah dimodif sehingga peak power meningkat minimal sebesar 3 s/d 5 hp, maka memang sudah seharusnya perbandingan sproket diganti dengan yg lebih berat (akselerasi tidak akan menjadi lemot karna mesin sudah lebih kuat, dan topspeed bisa meningkat tanpa perlu jarak atau panjang jalan utk gaspol yg lebih jauh)
itung2an sproket ini menjadi salah 1 acuan para mekanik balap motor.. utk trek pasar senggol (pendek2 banyak tikungan) perlu sproket yg ringan, dan utk trek2 panjang (misalnya Sentul) perlu sproket yg lebih berat
Last edited by JESKONENG on Wed Jun 26, 2013 14:14, edited 1 time in total.
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Itung2an sproket motor & konsekwensinya
Mirip ganti final gear di mobil
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Itung2an sproket motor & konsekwensinya
dimotor jg nama nya sama oom, final gear........karena gear yg dihitung merupakan gear/sproket terakhir yg menggerakan ban.ilhami wrote:Mirip ganti final gear di mobil
btw, gear blitz yg sy pake sekarang ternyata lebih berat dr p220 nih


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Itung2an sproket motor & konsekwensinya
Wow.. apakah 36/15 itu sproket std Blitz ? mungkin power to weight ratio Blitz memang memungkinkan pake gir seberat itu ya... bobot P220 = 150kgdoq wrote:dimotor jg nama nya sama oom, final gear........karena gear yg dihitung merupakan gear/sproket terakhir yg menggerakan ban.ilhami wrote:Mirip ganti final gear di mobil
btw, gear blitz yg sy pake sekarang ternyata lebih berat dr p220 nih36:15 euy
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Itung2an sproket motor & konsekwensinya
ga lah oom.......standar nya sih 14:40 malah hahahaaha
sekarang make gir berat karena perbandingan sproket sebelum nya (14:38) masih dirasa kurang berat.........
sekarang make gir berat karena perbandingan sproket sebelum nya (14:38) masih dirasa kurang berat.........

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Itung2an sproket motor & konsekwensinya
apakah mesin Blitz nya udah dimodif sehingga powernya naik antara 2-5 hp om ? kalok mesin msh std, apakah saat melaju di tanjakan enggak terasa berat / maksa, dng gir berat itu ?doq wrote:ga lah oom.......standar nya sih 14:40 malah hahahaaha
sekarang make gir berat karena perbandingan sproket sebelum nya (14:38) masih dirasa kurang berat.........
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Itung2an sproket motor & konsekwensinya
JESKONENG wrote:apakah mesin Blitz nya udah dimodif sehingga powernya naik antara 2-5 hp om ? kalok mesin msh std, apakah saat melaju di tanjakan enggak terasa berat / maksa, dng gir berat itu ?doq wrote:ga lah oom.......standar nya sih 14:40 malah hahahaaha
sekarang make gir berat karena perbandingan sproket sebelum nya (14:38) masih dirasa kurang berat.........


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Itung2an sproket motor & konsekwensinya
udah modif lumayan oom jes.....
pnp, cam cld 330, seher jenong, 138cc (standar 112cc), klep 26/22, per klep dobel ex kaze lama, silencer ex satria FU........
gara2 seher kelewat jenong kompresi jd kegedean (belom diukur eksak) sampe2 make v power/ perta masih ngelitik klo gas dibetot mendadak
pnp, cam cld 330, seher jenong, 138cc (standar 112cc), klep 26/22, per klep dobel ex kaze lama, silencer ex satria FU........
gara2 seher kelewat jenong kompresi jd kegedean (belom diukur eksak) sampe2 make v power/ perta masih ngelitik klo gas dibetot mendadak

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Itung2an sproket motor & konsekwensinya
itu sih modif berat om... kalok pake Pertamaxplus95 masih ngelitik, bisa dicoba pake Premum + Norival Titanium, atau Drag Race, atau campuran keduanya....doq wrote:udah modif lumayan oom jes.....
pnp, cam cld 330, seher jenong, 138cc (standar 112cc), klep 26/22, per klep dobel ex kaze lama, silencer ex satria FU........
gara2 seher kelewat jenong kompresi jd kegedean (belom diukur eksak) sampe2 make v power/ perta masih ngelitik klo gas dibetot mendadak
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Itung2an sproket motor & konsekwensinya
hehhehe.......itu sih nama nya tidak memecahkan masalah oom

sekarang aja ring seher udah mulai kalah, kerasa dr kepadatan tenaga mesin yg mulai berkurang plus keluar asap tipis saat cold start..............
rencana nanti mau bentuk ulang seher pas ganti ring


sekarang aja ring seher udah mulai kalah, kerasa dr kepadatan tenaga mesin yg mulai berkurang plus keluar asap tipis saat cold start..............
rencana nanti mau bentuk ulang seher pas ganti ring

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Itung2an sproket motor & konsekwensinya
Keren2 modifnya. Beginilah punya motor gak punya cam gak punya klep. Cuma bisa ijin menyimak sambil ngelus2 reed valve.
Ready to Race
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Itung2an sproket motor & konsekwensinya
hehehheehe........romantisme 2 tak emang ga ada yg ngalahin, dulu tornado saya cuman modal knalpot kiss plus setting karbu yg tepat bisa godain tiger tuh.
4 tak lebih ribet mo bikin kenceng sih
4 tak lebih ribet mo bikin kenceng sih

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Itung2an sproket motor & konsekwensinya
Kemarin drag 210 m di Sentul, yg menang kelas 250 seekor KTM 250. Gimana gak menang, 2 tak. Setara 450 cc.
Ready to Race