Kenalpot terdiri dari empat bagian:
1. Header
2. Downpipe
3. Catalytic Converter Back (cat-back)
4. Axle Back
Mengganti Header (4-2-1 ataupun 4-1) tidak akan mempengaruhi banyak didalam performa mobil. Contohnya:
Honda Civic bermesin B16A dengan mengganti Mugen's Header 4-2-1 hanya memberikan sekitar 3-5 tk pada ban depan.
Modifikasi kenalpot yang paling berpengaruh terhadap performa mobil adalah cat-back system.
2.5" 302ss untuk kendaraan N/A
3.0" 302ss untuk kendaraan turbo
Pada B16A dengan menggunakan 2.5" akan menambah antara 12-16 tk pada ban depan. Dan yang harus diperhatikan juga adalah bahan /material pembuatannya. Pipa terbaik adalah 302ss (stainless steels)
Downpipe akan mempengaruhi performa antara 2-5 tk pada ban depan, sedangkan axle-back hanya mempengaruhi suara kenalpot yang berdengung dan tidak akan menambah tenaga apapun (biasanya hanya dipasang untuk mereka yang kurang biaya tapi ingin bersuara besar :-))
Sekali lagi, semua performa tergantung essentially kepada qualitas dari product, design dan material. Bila bisa, untuk kendaraan jepang, beli product yang "bolt-on" dari nama-nama yang telah terbukti kehandalannya seperti: HKS, APEXi, Greddy, DC Sports, Blitz, Mugen, TRD, Ralliart, dll.
[email protected]
Toyota Racing Development - Canada
http://msujanto.photosite.com
Modifikasi Kenalpot
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Tue Feb 01, 2005 20:28
- Location: Toronto, Canada
Modifikasi Kenalpot
Last edited by gotboost on Wed Feb 02, 2005 4:47, edited 1 time in total.
"God created turbo lag, to give V8 a chance."
[email protected]
Toyota Racing Development - Canada
http://msujanto.photosite.com
[email protected]
Toyota Racing Development - Canada
http://msujanto.photosite.com