Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

joehart
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Sun Jul 29, 2012 7:57

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by joehart »

madcat015 wrote:Bos nya airbus? Om Turbo ya mod? :mrgreen:

Yah begitulah peruntukannya bro ricz. Satu nya untuk menunjukkan kemampuan enjineering, satu nya untuk menunjukkan efisiensi dan kapasitas angkut.

Makanya ane pake analogi F1 vs bis double decker... :mrgreen:

Kayaknya skr bukan lomba kenceng2an lg di langit, tapi kuat2an ngangkut penumpang dengan efisien. Inilah masa A380 dan Dreamliners.

Cmiiw...
kayaknya begitu sih, sekarang airbus dan boeing berlomba bikin pesawat yg super efisien. B787 dreamliner memakai fuselage dari bahan composite yg lebih enteng dari sebelumnya, makanya airbus nyaingin b787 dengan bikin a350xwb.
tapi kalo double decker, saya lebih suka b747 dengan cockpit di lantai 2, ketimbang a380 di lantai 1. dari depan dan samping lebih proposional bentuknya...
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by madcat015 »

Betul om joe...

Bahan komposit, twin engine, lampu LED, cockpit sederhana, semuanya demi efisiensi...

B-747 mmg ikonik, susah melupakan bentuknya yg elegan. A380 lebih gempal dan kayak nya maksa.

Analogi kayak ngeliat Aston Martin Rapide vs Porsche Panamera... ampun bener dah itu bokong porsche. tobat. :big_slap:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by haristk7 »

nggak kerasa juga ya..pesawat2 tahun 1990an yang kokpitnya sudah computerized sekarang teknologinya mulai ketinggalan jaman...Boeing 767, Boeing 747-400, Airbus A300-600R, MD-11..dulu tahun 1990an di Airport besar macam Tokyo Narita, Frankfurt, JFK, ama London Heathrow banyak banget jenis pesawat bertebaran, airport lebih berwarna..sekarang..yaa pesawat yang itu2 aja.. :mky_01:

btw, Airbus A350 sebagai lawan tanding 787 akhirnya lahir juga
Image

menurut gw tampangnya kayak pesawat mainan.. :big_slap:
Betul om joe...

Bahan komposit, twin engine, lampu LED, cockpit sederhana, semuanya demi efisiensi...

B-747 mmg ikonik, susah melupakan bentuknya yg elegan. A380 lebih gempal dan kayak nya maksa.

Analogi kayak ngeliat Aston Martin Rapide vs Porsche Panamera... ampun bener dah itu bokong porsche. tobat.
B747 itu emang selalu enak dilihat dan fotogenik banget (kecuali 747SP)..A380 itu kayak ngeliat.....sesuatu yang kelihatan obesitas dan bodoh..tapi begitu A380 pake baju Thai Airways...hmm...sedikit lebih baik :mky_02: :mky_03:

Image
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
dubz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sat May 11, 2013 2:07

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by dubz »

747SP....si buntet gendut. Jelek banget modelnya hehehe...
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by Risol1 »

madcat015 wrote:Betul om joe...

Bahan komposit, twin engine, lampu LED, cockpit sederhana, semuanya demi efisiensi...

B-747 mmg ikonik, susah melupakan bentuknya yg elegan. A380 lebih gempal dan kayak nya maksa.

Analogi kayak ngeliat Aston Martin Rapide vs Porsche Panamera... ampun bener dah itu bokong porsche. tobat. :big_slap:
Tapi kalo abis liat A300 Super Transporter, si A380 jadi keliatan jauh lebih cantik :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by Risol1 »

dubz wrote:747SP....si buntet gendut. Jelek banget modelnya hehehe...
tetep lebih jelek si 747 LCF hihi... :wkkk:
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by Jambangan »

haristk7 wrote:
dulu Jatayu sempet ada wacana mau pake 757..tapi keburu tutup ya wassalam deh

767...dulu sih sempet ada Airline lokal yang pengen make (masih ada Airlinenya sekarang), tapi ya itu...manajemennya cuma mau datengin pesawatnya doang, tapi..malah bingung mau dipake kemana ini pesawat..jadinya kgk jadi datengin 767 deh :big_slap:

727 dulu yang pake di Indonesia: Mandala Airlines, Merpati, Jatayu, Indonesia Airlines, ama Efata Papua...sekarang Tri-MG make buat kargo doang..dulu waktu pas pulang dari kampus, dalam perjalanan ke Lenteng Agung dari Depok, ngeliat 727 Tri MG Take off dari Halim..langsung minggirin mobil masuk ke pom bensin negeri jiran yang sekarang udah tutup..menikmati pemandangan langka 727 lagi climbing sambil ninggalin jejak asep dari ketiga mesin Pratt and Whitney PW JT8D :D

untuk A300 ama A310, dulu juga ada Awair, Lion Air, ama Air Paradise International. A300 Air Paradise itu awalnya punya Garuda loh, trus ngungsi ke China Airlines..ujung2nya balik lagi ke Indonesia dengan Air Paradise..sayang, gara2 bom bali Air Paradise tutup..padahal pengamatan di lapangan, load factornya cukup bagus di kisaran 70-80%

duh gw jadi bingung yang mana yang pengen gw tulis di sini...the plane that change the Aviation World, A300B4...or the old work horse 727 :mky_01:

Air Paradise International Airbus A300B4-600R PK-KDK
Image

Lion Air Airbus A310-300...sekarang udah dipotong2 di padang pasir USA
Image
air paradise ane ga pernah liat aslinya bro cuma liat foto2nya doang di airliners.net
maklum jaman itu msh tinggal di kota kecil jadi airline yg mendarat ya itu2 aja. kalo ga garuda,merpati ,lion,batavia ama sriwijaya :mky_01:
wuih ternyata lion sempet punya A300 ya bro. ane kalo ngeliat livery lion yg ini inget lion air Yakovlev Yak-42. jaman2 lion baru berdiri sering bgt pesawat ini medarat di bandara kota ane. jaman2 ane msh SD tuh :mky_01:
bandaranya deket bgt ama rumah ane tinggal naik sepeda doang :mky_02:
AWAIR denger2 punyanya alm gus dur ya bro?? sekarang dah jadi air asia indonesia ya??
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by Jambangan »

ini dia :mky_08:

Image
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by Nightster Guy »

Baru denger Air Paradise.. Kalo yg Efata Air, temenan ama 1 pramugarinya org Manado heeeehehheheh.. Msh piyik, gak tega mo direndem.. Ttm ajah..

:mky_01:
Das Beste oder nichts.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by VanzMatic »

haristk7 wrote:nggak kerasa juga ya..pesawat2 tahun 1990an yang kokpitnya sudah computerized sekarang teknologinya mulai ketinggalan jaman...Boeing 767, Boeing 747-400, Airbus A300-600R, MD-11..dulu tahun 1990an di Airport besar macam Tokyo Narita, Frankfurt, JFK, ama London Heathrow banyak banget jenis pesawat bertebaran, airport lebih berwarna..sekarang..yaa pesawat yang itu2 aja.. :mky_01:

btw, Airbus A350 sebagai lawan tanding 787 akhirnya lahir juga
Image

menurut gw tampangnya kayak pesawat mainan.. :big_slap:
Tapii, kesan pertama ane liat, cuantiiiiikk..... :mky_01:
Emang yang rada bikin kebanting, desain eksterior kaca kokpitnya itu lohh.. :frm_bang_head:

Tapi...overall...cuanteeeeeeekkkk!!
:mky_02:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by ZombiEE »

A380 memang bentuk exterior nya agak "bodoh" gitu ya...tapi ride nya jauh lebih baik drpd 747...yg pasti sih jauh lebih hening..cmiiw
ngomong2 A380 ini sepertinya kurang reliable ya...ane liat di link yg dipost mod TM sepertinya di bagian sayap ada yg copot.. :e-pray:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by Hansen »

Risol1 wrote:
dubz wrote:747SP....si buntet gendut. Jelek banget modelnya hehehe...
tetep lebih jelek si 747 LCF hihi... :wkkk:
lucu juga, A300 Super Transporter & 747 LCF ini kaya pesawat lagi bunting/hamil yah bro... apalagi kalo dalem perutnya lagi bawa muatan aircraft section :mky_03: :wkkk:
Image
User avatar
dubz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sat May 11, 2013 2:07

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by dubz »

"Jauh" lebih baik sih relatif ya....bandinginnya harus sama 747-8 (saya belon pernah naik kalo ini), kalo 747-400 yg kebanyakan ada di udara sih udah pada jadoel semua. Garuda aja udah mau pensiunin 747nya. Yg saya baca memang lebih hening...tp seberapa jauh bedanya...
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by madcat015 »

@om VM: Kalo kaca kokpit di ganti, ane bakal pilih ini dibanding Dreamliner. Terlihat lebih bersih... :mky_02:
Hansen wrote:
Risol1 wrote:
dubz wrote:747SP....si buntet gendut. Jelek banget modelnya hehehe...
tetep lebih jelek si 747 LCF hihi... :wkkk:
lucu juga, A300 Super Transporter & 747 LCF ini kaya pesawat lagi bunting/hamil yah bro... apalagi kalo dalem perutnya lagi bawa muatan aircraft section :mky_03: :wkkk:
Betul om, ane malah ingat banget sama Beluga, ikonik sekali...

Image

Image

Image

Lagi beranak pinak... :mky_03:
ZombiEE wrote:A380 memang bentuk exterior nya agak "bodoh" gitu ya...tapi ride nya jauh lebih baik drpd 747...yg pasti sih jauh lebih hening..cmiiw
ngomong2 A380 ini sepertinya kurang reliable ya...ane liat di link yg dipost mod TM sepertinya di bagian sayap ada yg copot.. :e-pray:
Betul om Jembiee, seingat ane ada beberapa issue mengenai double decker ini. Nov 2010 kemaren kan sempat grounded semua gara2 A380 Qantas dari Sing harus RTB dan meninggalkan serpihan di perairan Batam. Selidik punya selidik, ternyata ada kebocoran oli di mesin RR Trent 900 nya yang menyebabkan ledakan, sementara mesin Engine Alliance GP7000 tidak bermasalah. Jadi semua A380 dengan mesin Trent 900 harus menjalani perbaikan/penggantian, terutama separuh armada A380 Qantas..

Cmiiw... :mky_01:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by Turboman »

Review singkat A 380 :

Kalo utk keheningan sih bener dah, saat take off tu RR Trent 900 suaranya cuman spt kipas angin gede aja, tapi ini posisi duduk di upper deck ya

Cuman niiii yg ane notice, ni Jumbo spt mudah goyang2.........apa mungkin karena disain sayap lebar + material2 yg ringan membuatnya jadi mirip spt "layang-layang" ?.........jadi kalo ada riak2 kecil di udara lgs kerasa

Lalu parts2 plastik komponen interior di kabin ane raba materialnya tipis tipis......mungkin supaya enteng (dan lebih murah tentunya).....ehhehehe.......jadi kalo tempat penyimpan bagasi overhead penuh semua, saat take off di kabin terdengar sedikit derit2 plastik......kriet kriet begitu........wkwkwkwkwkkwkwkw

Climate control-nya baik, penerbangan long haul udara gak dingin banget, juga gak sampe kering banget.....dibanding zaman dulu naek 744 kalo long haul rasanya dinginn dan keringgg........

Bangku (kelas ekonomi), kalo terbang 5 - 6 jam sih masih oke aja, di atas itu kerasa keras dah yg bagian didudukkin p*nt*t.....alhasil tidur agak kurang nyaman, geser kanan - kiri molo.......wkwkwkwkkwkwkwkw

Discl : sekedar feeling pribadi ajah
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by VanzMatic »

madcat015 wrote:@om VM: Kalo kaca kokpit di ganti, ane bakal pilih ini dibanding Dreamliner. Terlihat lebih bersih... :mky_02:
Soalnya ane ngebandingin sama Airbus yang lain yang sebelumnya, misalnya A330
Image
Masih gantengan gambar diatas ini om...

IMHO, desain kaca kokpit Airbus dari jaman ane kecil, ane kagumin paling ganteng desainnya...Sampe2 pengiiin sekali sekali ngerasain Airbus kalu sempet ke luar negeri...eee...jatuhnya tetep 747 mlulu....

:mky_01:

madcat015 wrote: Betul om, ane malah ingat banget sama Beluga, ikonik sekali...

Image

Image

Image

Lagi beranak pinak... :mky_03:


-cut-
:mky_03: :mky_03: Demen banget ane sama kata kata yg ane bold...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
maswewe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Tue Aug 28, 2012 12:21

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by maswewe »

Para suhu...
Kapanhari ane pas di Soeta ngelihat pesawat kargo, bentuknya gembrot nonong kek Paus Beluga. Jadi penasaran...
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by DigitALL »

Turboman wrote:Review singkat A 380 :

Kalo utk keheningan sih bener dah, saat take off tu RR Trent 900 suaranya cuman spt kipas angin gede aja, tapi ini posisi duduk di upper deck ya

Cuman niiii yg ane notice, ni Jumbo spt mudah goyang2.........apa mungkin karena disain sayap lebar + material2 yg ringan membuatnya jadi mirip spt "layang-layang" ?.........jadi kalo ada riak2 kecil di udara lgs kerasa

Lalu parts2 plastik komponen interior di kabin ane raba materialnya tipis tipis......mungkin supaya enteng (dan lebih murah tentunya).....ehhehehe.......jadi kalo tempat penyimpan bagasi overhead penuh semua, saat take off di kabin terdengar sedikit derit2 plastik......kriet kriet begitu........wkwkwkwkwkkwkwkw

Climate control-nya baik, penerbangan long haul udara gak dingin banget, juga gak sampe kering banget.....dibanding zaman dulu naek 744 kalo long haul rasanya dinginn dan keringgg........

Bangku (kelas ekonomi), kalo terbang 5 - 6 jam sih masih oke aja, di atas itu kerasa keras dah yg bagian didudukkin p*nt*t.....alhasil tidur agak kurang nyaman, geser kanan - kiri molo.......wkwkwkwkkwkwkwkw

Discl : sekedar feeling pribadi ajah
Jd kepingin nyobain A380 nih... Terutama yg kelas bisnisnya (paling atas kah?). Pernah liat videonya, sofanya bisa recline jd tempat tidur, ada pintunya utk privacy, TV besar, menu makanannya buanyak, terus ada kamar mandinya jd bisa shower-an, kerennn :frm_tumbleft: :mky_01:
nichoreinaldy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Fri Apr 19, 2013 8:56

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by nichoreinaldy »

Jd kepingin nyobain A380 nih... Terutama yg kelas bisnisnya (paling atas kah?). Pernah liat videonya, sofanya bisa recline jd tempat tidur, ada pintunya utk privacy, TV besar, menu makanannya buanyak, terus ada kamar mandinya jd bisa shower-an, kerennn
itu suite namanya om
bisa liat TR-nya di indoflyer :big_peace:
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by haristk7 »

Betul om Jembiee, seingat ane ada beberapa issue mengenai double decker ini. Nov 2010 kemaren kan sempat grounded semua gara2 A380 Qantas dari Sing harus RTB dan meninggalkan serpihan di perairan Batam. Selidik punya selidik, ternyata ada kebocoran oli di mesin RR Trent 900 nya yang menyebabkan ledakan, sementara mesin Engine Alliance GP7000 tidak bermasalah. Jadi semua A380 dengan mesin Trent 900 harus menjalani perbaikan/penggantian, terutama separuh armada A380 Qantas..
A380..yah namanya juga pesawat masih baru..kalau dianalogikan dengan software komputer, masih ada "bug" nya yang belom diselesaikan..mesinnya A380 ini super halus di kabin, sayangnya gara2 kelewat halus, sebagian pilot2 A380 komplein semua..mereka kgk bisa istirahat tidur dalam penerbangan jarak jauh gara2 suara di kabin penumpang masuk ke kamar tidur mereka. Mereka lebih prefer dengerin suara mesin pesawat yang bisa menyerap suara gaduh penumpang..
Cuman niiii yg ane notice, ni Jumbo spt mudah goyang2.........apa mungkin karena disain sayap lebar + material2 yg ringan membuatnya jadi mirip spt "layang-layang" ?.........jadi kalo ada riak2 kecil di udara lgs kerasa
itulah yang namanya aerodynamic, mau segede apapun pesawatnya..kalau aliran udara tidak merata pasti bakalan goyang :big_peace:

hmm...kayaknya waktu itu ada yang minta bahas A300B4 ya..okelah, akan ane coba bedah..

A300, the world first widebody twinjet airliner...and also the slowest widebody di udara (mach 0.78 cruising speed) ! A300B4 sebenernya pengembangan dari A300B2 yang ditambahkan Center Fuel Tank untuk menambah jarak tempuh, ia bisa menempuh jarak sekitar 6600km. Untuk pilihan mesin ada 2 jenis, mau pake PW JT9D atau GE CF6-50E2 (yang terakhir paling populer). A300B4 awalnya memiliki 3 awak kokpit, suatu hari alm Wiweko (dirut Garuda saat itu) ikut "test drive" A300B4, begitu mendarat beliau ditanya ama orang Airbus "Mr Wiweko, bagaimana menurut anda A300 ?", beliau malah balik bertanya "itu orang di belakang saya ngapain sih ?" yang dijawab "dia Flight Engineer", Pak Wiweko langsung "iya saya tau, tapi dia itu ngapain sih ? kok kayak nggak kerja ?", akhirnya orang Airbus mengakui kalau mereka sengaja menaruh Flight Engineer karena regulasi zaman itu pesawat besar harus ada Flight Engineer. Pak Wiweko dengan spontan ngomong "keluarkan kursi Flight Engineer itu, ayo kita omongin kontrak pembelian pesawat", orang Airbus berasa dapet durian runtuh dan kaget..iyaa kaget, karena Pak Wiweko maunya A300 hanya diawaki 2 orang..

sontak dunia penerbangan gempar dan mengecam habis2an Airbus dan Pak Wiweko, Boeing pun juga mengecam sekali langkah Airbus karena dianggap berbahaya..tapi Airbus dan Pak Wiweko nggak pantang menyerah, sehingga lahirlah Airbus A300B4-200FFCC (Forward Facing Crew Cockpit) yang hanya diawaki 2 orang kru kokpit, pesawat badan lebar pertama di dunia yang hanya diawaki 2 orang di kokpit. pak Wiweko langsung pesen 9 unit (1 unit akhirnya jatuh di Medan, PK-GAI) dan Airbus pun menawari nama untuk desain 2 orang awak kokpit ini, mereka menawarkan "Wiweko Design Cockpit", tapi beliau menolak dan nama yang beliau mau adalah "Garuda Design Cockpit".

Sontak dunia penerbangan langsung berubah, Boeing akhirnya menerima desain tersebut dan mengaplikasikannya ke Boeing 747-400, semua Boeing 767 yang sudah keluar dari pabrik saat itu ditawari opsi untuk mengkonversi kokpit dari 3 orang kru menjadi 2 orang kru saja. Terbukti pesawat masih bisa terbang dengan aman dan pengeluaran uang Airlines jadi menyusut. Semenjak saat itulah Airbus dan Dunia Penerbangan Indonesia punya ikatan khusus, seandainya alm Pak Wiweko nggak pernah "test drive" A300, mungkin dunia penerbangan nggak bakal kayak sekarang..siapa sangka ya, Indonesia pernah mempunyai pengaruh yang besar tahun 1980an di Dunia Penerbangan Internasional, dan pengaruh itu dari dirut Garuda Indonesia, Alm Pak Wiweko.

Take Off without flaps ? no problem ! for A300, it's just like walk in a park :big_peace:
Image

A300B4 cockpit
Image

the FFCC version
Image

Image

dari situ kelihatan kalo panel MCP (untuk ngatur speed dan ketinggian) si FFCC sudah digital

Garuda Indonesia A300B4-200FFCC
Image

Garuda Indonesia A300-600R
Image
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by Risol1 »

Hansen wrote:
Risol1 wrote:
dubz wrote:747SP....si buntet gendut. Jelek banget modelnya hehehe...
tetep lebih jelek si 747 LCF hihi... :wkkk:
lucu juga, A300 Super Transporter & 747 LCF ini kaya pesawat lagi bunting/hamil yah bro... apalagi kalo dalem perutnya lagi bawa muatan aircraft section :mky_03: :wkkk:
iye...apalagi yg Airbus Super Transport (beluga), parah bener tampangnya, kaya kepala bejol abis digebukin orang sekampung :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by Risol1 »

haristk7 wrote:Take Off without flaps ? no problem ! for A300, it's just like walk in a park :big_peace:
Image
sebenernya memang flaps bukan mandatory/gak selalu dipake buat semua pesawat asal panjang landasan cukup buat take off/landing dan juga airstrip jangan kehalang sama bangunan/gunung yg bikin pesawat harus turun nukik untuk landing.

YG paling penting buat pesawat cuma 3 deh:
1. Rudder - buat belok kiri kanan (ada di belakang vertikal)
2. Elevator - buat naik turun (di belakang deket rudder, tapi horizontal)
3. ?? lupa namanya (tapi bunyinya kaya laron laron lah) - buar roll kiri kanan (di sayap ujung)

Kalo masih ada 3 ini (+ engine pastinya), walaupun lagi emergency, pesawat mustinya musti bisa turun dgn selamat (survived).
Kalo airstrip bisa dijangkau dengan gliding, semua engine mati pun pesawat seharusnya masih bisa survived (dgn asumsi APU buat hydraulics masih idup dan skill pilot diatas rata rata :mrgreen: )

flaps perlu kalo misalnya kita mao daratin 747 atau A380 di kai tak (atau di pondok cabe airport), nah itu flaps baru mandatory hihihi :wkkk:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by Risol1 »

Turboman wrote:Lalu parts2 plastik komponen interior di kabin ane raba materialnya tipis tipis......mungkin supaya enteng (dan lebih murah tentunya).....ehhehehe.......jadi kalo tempat penyimpan bagasi overhead penuh semua, saat take off di kabin terdengar sedikit derit2 plastik......kriet kriet begitu........wkwkwkwkwkkwkwkw
kalo di mobil dibilangnya spek down, abis itu yg beli orang bodoh semua hihihi
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by Risol1 »

Turboman wrote:Review singkat A 380 :

Kalo utk keheningan sih bener dah, saat take off tu RR Trent 900 suaranya cuman spt kipas angin gede aja, tapi ini posisi duduk di upper deck ya

Cuman niiii yg ane notice, ni Jumbo spt mudah goyang2.........apa mungkin karena disain sayap lebar + material2 yg ringan membuatnya jadi mirip spt "layang-layang" ?.........jadi kalo ada riak2 kecil di udara lgs kerasa

Lalu parts2 plastik komponen interior di kabin ane raba materialnya tipis tipis......mungkin supaya enteng (dan lebih murah tentunya).....ehhehehe.......jadi kalo tempat penyimpan bagasi overhead penuh semua, saat take off di kabin terdengar sedikit derit2 plastik......kriet kriet begitu........wkwkwkwkwkkwkwkw

Climate control-nya baik, penerbangan long haul udara gak dingin banget, juga gak sampe kering banget.....dibanding zaman dulu naek 744 kalo long haul rasanya dinginn dan keringgg........

Bangku (kelas ekonomi), kalo terbang 5 - 6 jam sih masih oke aja, di atas itu kerasa keras dah yg bagian didudukkin p*nt*t.....alhasil tidur agak kurang nyaman, geser kanan - kiri molo.......wkwkwkwkkwkwkwkw

Discl : sekedar feeling pribadi ajah
belon pernah naik A380.
Bbrp waktu lalu ke Doha (Qatar) naik Emirates kirain bisa nyobain A380, ehh taunya masih pake Boeing 777

Di A380 kelas coachnya ada di deck atas ya bro?
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by haristk7 »

kalau flaps untuk landing itu malah mandatory om, kasihan bagian undercarriage nya kalo dipaksa landing kecepatan tinggi, takut nggak kuat nahan stress si airframe..flaps untuk take off secukupnya aja, tapi kalo slats...itu wajib :big_peace:
YG paling penting buat pesawat cuma 3 deh:
1. Rudder - buat belok kiri kanan (ada di belakang vertikal)
2. Elevator - buat naik turun (di belakang deket rudder, tapi horizontal)
3. ?? lupa namanya (tapi bunyinya kaya laron laron lah) - buar roll kiri kanan (di sayap ujung)

Rudder cuma buat proses mendarat dan lepas landas om (buat ngebantu pas crosswind landing), sisanya untuk belok kesana kemari (rolling) di udara paling penting make aileron..

Rudder kalo lepas dari tempatnya pesawat masih bisa mendarat dengan selamat, sudah dibuktikan oleh Air Transat 961 yang A310 nya ruddernya lepas total di udara :mky_03:

"euh Capt...where's the rudder ?" "probably on somebody backyard..."
Image
Kalo airstrip bisa dijangkau dengan gliding, semua engine mati pun pesawat seharusnya masih bisa survived (dgn asumsi APU buat hydraulics masih idup dan skill pilot diatas rata rata :mrgreen: )
kalo mesin mati di udara dan nggak bisa restart, back up electrical dan Hydraulic power berasal dari Ram Air Turbine bukan dari APU, itupun nggak semua sistem di back up ama RAT..APU sendiri itu fungsinya itu provide electrical support buat di darat

Ram Air Turbine lagi di tes
Image

closer look
Image
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"