Jelas kok penyebabnya. Faktor utama adalah kendala harga. grand livina 1.5 xv mt banding ertiga mt GX / avanza g mt aja ertiga / avanza advantage lebih murah sekitar 30 juta ! dari dulu selisih harga ini yang menghambat grand livina.
untuk segment ini, beda 30 juta itu gede. Pula interior space ertiga dan grand livina beda ngak jauh, fitur ertiga juga memang bagus, jadi grand livina ngak mungkin bisa tumbuh terus nyalip jangan bilang ertiga, mau nyalip xenia aja susah.
Lain cerita jika harga grand livina xv mt tempel di level 150-160 juta.
plus dengan harga lebih mahal 30 juta vs ertiga dan avanza, sizenya ngak beda jauh, udah lebih mahal, namun interior spacenya juga kalah gede ama innova. jadi boleh di bilang kejepit di antara class ertiga dan innova.
dari segi harga kalah bersaing ama ertiga / avanza, dari segi space mirip ama ertiga, namun kalah ama innova. cukup jelas kenapa dia ngak bisa masuk top 3.
pula grand livina udah mulai ada usia, sudah 5 tahun lebih, jadi mau booming susah. harga nanggung, size / interior space juga banyak orang rasa kurang lega dengan harga segitu. tiap bulan masih bisa laku 2000-3000an udah bagus menurut saya.
barangnya sih OK, ride handling, performance, comfort banyak orang sudah tau, namun di segment ini, harga vs space interior sangat penting. dan dari segi dua faktor ini, yaitu, grand livina kejepit.
untuk kali ini, jelas design / harga ertiga lebih bullseye. pantesan reaksi pasar begitu hebat sampai bisa cepat nyalip xenia.
nanti kendala produksi ertiga sudah selesai, versi matik dah keluar, dan apalagi jika dieselnya keluar, percaya saya deh, toyodai akan mati matian usaha pertahankan posisi avanza / xenia sebagai no.1 dan no.2 best seller di Indonesia. oh iya, bulan lalu aja no.2 udah di ambil ertiga.
Akan makin banyak insentif dari toyodai nanti. itupun jika ertiga berani keluar dieselnya, saya yakin ertiga akan tetap jadi best selling car di Indonesia nanti. kecuali toyodai berani diskon avanza / xenia 30 juta mungkin baru bisa hentikan serangan ertiga.
itupun sebenernya percuma dari segi netto kerugian, diskon 30 juta pun, paling resale valuenya ikut ambles 30 juta juga nanti. pay less awalnya, tapi saat di jual nilainya juga lebih kempes.
ngencox wrote:ohh rupanya Suzuki ada kendala teknis di produksi.....
kalo Nissan kira-kira kenapa om RV, kan Grand Livina udah 6 tahun nih sejak 2007
kok penjualanannya stabil santai saja... bukan kendala soal kapasitas produksi juga kan? kayak Suzuki barusan
boro-boro mau salip duo kaleng, eh malah kesalip Ertiga tuh
ada komentar?
Resale Value wrote:faktornya ertiga bulan lalu merosot kemungkinan :
1. mungkin suzuki ada kendala di produksi.
2. ertiga di gosipin resale valuenya hancur, baru pakai 1 tahun tinggal 80 juta kali (padahal resale valuenya sangat kuat) tau sendiri black campaign terhadap pemain baru selalu ada. seperti dulu tahun 2007 saat grand livina baru keluar dan ramai, toyota astra motor sebarkan berita grand livina ngak kuat nanjak. tau taunya sekarang muncul juga toyota nav1 yang fwd juga. kuat nanjak ngak yah ?
3. toyodai juga lagi fight back dengan banyak program incentive, selain bunga sangat rendah, juga banyak hadiah undian macam emas dll. tentu banyak orang tertarik.
sekarang tinggal suzuki berani ngak kasih insentif banyak juga ? jika toyodai tawarin hadiah emas, suzuki boleh coba diamond dll.
Jerome wrote:apa yg terjadi sm si Ertiga ? dr no. 2 di Feb. melorot jd no. 5 di Maret !, sales nya turun 50% dr sekitar 7rb-an ke cm 3rb-an di Maret pdhal senjata baru (double blower) br keluar. malah kalah sm GranMax PU !