1.top speed
2.akselerasi
3.pengendalian
4.teknologi mesin
5.resale value
6.keawetan mesin
ok yang mana?
thanx atas reply dari rekan2 forumer sekalian

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
saya akan coba beri pendapat:gauss wrote:Bro Freedayz....
sebenarnya CBR150 dan Satria F150 tidak bisa dibandingkan karena keduanya sangat berbeda, yang satu sport, yang satu lagi bebek sport.
Bro Piterr mungkin bisa memberikan review kedua motor ini, karena dia punya dua2nya.
Tapi saya mencoba memberikan pendapat :
1. TOP SPEED
Dilihat dari pendapat para pemiliknya, baik CBR dan Satria mempunya top speed yang setara (+/- 150km/h).
2. AKSELERASI
Dilihat dari bobotnya, MUNGKIN Satria memiliki akselerasi awal yang lebih baik. Tapi saya sempat mendengar dari milis SSFC, bahwa akselerasi awal Satria rada berat.
3. PENGENDALIAN
Tergantung pada kondisi jalannya. Di jalan macet, pengendalian Satria pasti lebih enak/enteng. Sedangkan di jalan panjang atau pada kecepatan tinggi, CBR memiliki tingkat stabilitas diatas Satria (theoritically/cmiiw)
4. TEKNOLOGI MESIN
Keduanya memiliki teknologi mesin yang setingkat. DOHC 150cc 4-stroke. Hanya beda pendingin, Satria pake OIL COOLER, CBR pake RADIATOR.
5. RESALE VALUE
Untuk CBR, harga secondnya turun sekitar 10% dari harga baru. Satria, karena masih baru banget (new release) jadi belom ada perkiraan harga second hand. Tapi biasanya, produk Suzuki memiliki resale value lebih rendah dibanding produk Honda CMIIW:)
6. KEAWETAN MESIN
Mesin CBR150 tergolong tangguh dengan perawatan minim. Saya tidak pernah atau jarang sekali melihat CBR150 dengan problem di mesin, baik di versi awal (2002) sampe versi 2004. Jadi menurut saya, mesin CBR150 memang OK.
Untuk Satria F150, coba kita liat setahun kedepan. OK??
Saya tidak berani memutuskan mana motor yang lebih OK, tapi sesuaikan saja dengan dana dan selera Anda sendiri. Juga sesuaikan dengan postur tubuh Anda.
Honda CBR150R cocok untuk pengendara diatas 160cm.
Suzuki Satria F150 lebih cocok untuk pengendara dibawah 165cm.
Bila Anda memiliki postur tubuh besar +80kg dan tinggi 180 cm, jangan paksakan mengendarai Satria F150. Nanti terlihat seperti gajah yang naik sepeda sirkus!!. Just JOKING!!! It's just an advice from me !!!
Happy riding guys !!!
Contohnya motor apa ya, yang menggunakan oil cooled dengan cara kerja seperti liquid cooled? setahu saya koq semua motor yang oil cooled menggunakan kisi2 pendingin, (makanya disebut air/ oil cooled (a/o c))di badan silinder dan kepala silinder nya. teknologi lama atau baru nih? wah berita bagus nih... mohon pencerahannya untuk hal ini bro Crash...Crash wrote:Bro piterr, benernya ada juga radiator yang memakai oli sebagai pendingin, cuma untuk motor sekarang2 ini, jarang dipake aja, soalnya relatif lebih berat dibandingkan radiator air.
Dari sisi pendinginan, katanya sih radiator oli lebih stabil.
Nah, mengenai Satria F150, yang saya belum mengerti sepenuhnya adalah apakah F150 memiliki oil cooler atau sistem pendinginannya oil-cooled? Apabila Oil-cooled, maka penjelasan bung gauss pada tanggal 27 Januari yang benar. Sedangkan penjelasan bro piterr pada post sebelum posting saya juga tidak salah. Hanya saja bro piterr menjelaskan oil cooler, bukan oil-cooled engine.
air/ oil cooled ya didinginkan oleh udara, namun pelumas nya didinginkan oleh oil radiator, begitu..... kalo didinginkan oleh water saya pasti nyebutnya liquid cooled, karena biasanya dalam istilah di majalah luar juga pake liquid cooled, jarang yang ngomong water cooled... kecuali majalah ostralipk wrote:sorry nambah biar bingung...
itu kata "oil" kan jelas berarti oli...
nak kalo kata "air" yang disebut2 di sini itu berarti udara atau air (water) ???
artinya, mesin itu bisa didinginkan oleh air (water) dengan bantuan radiator atau didinginkan oleh air (udara) dengan si mesin kena angin waktu jalan itu...
untuk yang pendingin oli... itu oli-nya yang dialirkan ke radiator tuh oli mesin atau bukan ? atau ada oli khusus ? sorry, aku bener2 bingung... ini aja nulisnya sampel jongkok pegangan kursi...
Teknologi lama sih benernya. Motor akhir2 ini jarang yang pakai sistem oil-cooled. Soalnya dalam selain berat, untuk menyerap panas yang sama, diperlukan volume yang lebih besar (jadi ukuran juga jadi besar)Ini pendapat saya saja. Titik didih oli kan lebih tinggi dari air, jadi oli akan bekerja lebih optimal pada suhu mesin yang panas. Namun, sekarang ini kan suhu operasional motor rata2 juga nggak sampai 100 derajat kalau lagi cruising. Motor yang saya pakai untuk balap suhu optimumnya berada di sekitar 90 derajat celcius, padahal saya geber terus sampai 15000rpm. Jadi, karena operating temprature dari mesin motor tidak terlalu tinggi, buat apa pula pakai oli sebagai pendingin?piterr wrote:Contohnya motor apa ya, yang menggunakan oil cooled dengan cara kerja seperti liquid cooled? setahu saya koq semua motor yang oil cooled menggunakan kisi2 pendingin, (makanya disebut air/ oil cooled (a/o c))di badan silinder dan kepala silinder nya. teknologi lama atau baru nih? wah berita bagus nih... mohon pencerahannya untuk hal ini bro Crash...
Bro Erwin, bedanya hanya cairan yg digunakan. Fungsinya sama, yaitu utk mendinginkan mesin. Oli yg digunakan ya oli mesin itu sendiri, jadi sirkulasi olinya melewati oil cooler dulu baru balik klg ke mesin.erwin.ian wrote:bung GAUSS, saya mau nanya nih, beda pendingin OIL COOLER sama RADIATOR. apa sih? sory soalnnya saya masih gaptek nih..
jadi bingung saya, apakah OIL COOLER harus pake oli khusus seperti pd motor 2 tak, ato cukup pake oli mesin 4 T yang ada di mesin?
mohon bantuannya ya....
tambahin dikit..kalo pendinginan dgn radiator oli seperti di motor f150 itu, yg didinginkan itu adalah bagian mesin transmisi, clutch dan konco2nya. Bagian ruang pembakaran (tempat bensin dibakar oleh busi itu lho) sendiri tidak dilalui/tidak didinginkan oli dari radiator ini.Januar74 wrote:Bro Erwin, bedanya hanya cairan yg digunakan. Fungsinya sama, yaitu utk mendinginkan mesin. Oli yg digunakan ya oli mesin itu sendiri, jadi sirkulasi olinya melewati oil cooler dulu baru balik klg ke mesin.erwin.ian wrote:bung GAUSS, saya mau nanya nih, beda pendingin OIL COOLER sama RADIATOR. apa sih? sory soalnnya saya masih gaptek nih..
jadi bingung saya, apakah OIL COOLER harus pake oli khusus seperti pd motor 2 tak, ato cukup pake oli mesin 4 T yang ada di mesin?
mohon bantuannya ya....