tanya kawasaki ninja nih

Segala motor tipe sport (GL, CBR, Tiger, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
fadly
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Fri Jul 18, 2003 15:48
Location: Jakarta

Post by fadly »

han^han wrote:
Crash wrote:Sorry, nih. Jadi diameternya digedein atau dikecilin?
dioverbost (tambah daging) lalo dikecilin
kalu dioversize cuma digedein silindernya, betul bro Han-han dioverboost itu tambah daging lalo dikecilin (dialusin) ... gw salah yak istilah overboost :shock: :shock: ngertinya nambah daging doang :P :P
Memang betul Ninja bisa dioverboost tapi ngga bisa di oversize ... ralat yeee....
User avatar
fadly
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Fri Jul 18, 2003 15:48
Location: Jakarta

Post by fadly »

id wrote:
kalu motor standar 1 liter bensin 25cc oli samping
jadi normalnya 40 liter bensin, oli samping dah mesti abis yahh? bener ga? abis ninja gw perasaan dah lebih 40 liter-an tp oli samping masih banyak aja
Untuk memastikan mendingan langsung dibuka aja dibagian kiri mesin, ada box tempat gir depan jadi satu ama setelan oli samping, dibuka lalu liat settingan standar dari pabriknya... ada batasan untuk besarin dan kecilin.
id
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Mon Dec 15, 2003 11:17
Location: Bandung

Post by id »

nanya lagi neeh, kopling di-injak tapi ga masuk2.. motor kudu di "maju-mundurin" dulu tuh napa yahh? ada yang pernah ngalamin? nyetelnya gimana?sori nih banyak nanya. 'bis kesel banget kalo di lampu merah di injek2 tapi ga masuk. :mad: trus nyetel kopling tangan biar enak gimana si? di manual "jarak main" 2-3 mm.jarak main tuhh jarak kopling dari penahan atow gimana si? trusw beda mur pengunci atas dengan yang dibawah(diatas rumah kopeling) bedanya apa yahh? mohon pencerahannya yahh :)
...
User avatar
fadly
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Fri Jul 18, 2003 15:48
Location: Jakarta

Post by fadly »

id wrote:nanya lagi neeh, kopling di-injak tapi ga masuk2.. motor kudu di "maju-mundurin" dulu tuh napa yahh? ada yang pernah ngalamin? nyetelnya gimana?sori nih banyak nanya. 'bis kesel banget kalo di lampu merah di injek2 tapi ga masuk. :mad: trus nyetel kopling tangan biar enak gimana si? di manual "jarak main" 2-3 mm.jarak main tuhh jarak kopling dari penahan atow gimana si? trusw beda mur pengunci atas dengan yang dibawah(diatas rumah kopeling) bedanya apa yahh? mohon pencerahannya yahh :)
Mmm jarak handle koplingnya mungkin kependekan yak... coba di stel bagian handle nya dulu, ninja pan ada karetnya dibuka terus ada baut dua saling mengait yg satu gede, udah longgar bautnya yg kecil dimainin, sampe ada jarak dgn setang... jangan kejauhan juga .. dikencengin lagi itu bautnya jgn lupa.. :P :P
User avatar
jimmylay87
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Sat Jan 22, 2005 8:01

Post by jimmylay87 »

teman2 mau nanya lagi neh, du hari yg lalu gue baca di koran, katanya knalpot Kawasaki ninja udah dilengkapi teknologi HSAS, yg memenuhi standard euro-II. ninja keluaran lama(sebelum taun 2005) dilengkapi gak teknologi itu?, kalo belum bisa gak dipasang?, apa aja yang perlu diganti ato ditambahkan, thanks ya :wink: :wink: :wink:
id
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Mon Dec 15, 2003 11:17
Location: Bandung

Post by id »

baca di motorplus si katanya tinggal di"aplikasikan aja" tapi apa bisa ya yg standar dipasang super kips? kayaknya musti ganti blok yahh? trus ada yang namanya HSAS. ga tau nyambungnya ke blok ato leher knalpot. btw bung fad, di mesin sebelah kiri&kanan(deket pompa radiator dan magnet) ada buletan yang bisa diputer pake koin. tuh fungsinya buat apa sih? ada yang bilang buat "ngintip" letak piston.ner ga? trus mo nanya neh cuma pengen tau aja, " bisa ga motor 2 tak jalan tanpa suplai oli samping(bensin aja)"
...
User avatar
fadly
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Fri Jul 18, 2003 15:48
Location: Jakarta

Post by fadly »

id wrote:baca di motorplus si katanya tinggal di"aplikasikan aja" tapi apa bisa ya yg standar dipasang super kips? kayaknya musti ganti blok yahh? trus ada yang namanya HSAS. ga tau nyambungnya ke blok ato leher knalpot. btw bung fad, di mesin sebelah kiri&kanan(deket pompa radiator dan magnet) ada buletan yang bisa diputer pake koin. tuh fungsinya buat apa sih? ada yang bilang buat "ngintip" letak piston.ner ga? trus mo nanya neh cuma pengen tau aja, " bisa ga motor 2 tak jalan tanpa suplai oli samping(bensin aja)"
motor 2 tak harus menggunakan oli samping, ngga ada ya bisa macet itu piston, yg diputer make koin apa ya ? gw lupa dudukannya sebelah mana...
Ini juga rada bikin bingung yg di bilang kataliser (iklan Kawak Ninja),menyaring gas buang, apa bisa efektif ? kita tunggu aja perkembangannya.
id
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Mon Dec 15, 2003 11:17
Location: Bandung

Post by id »

ooh.abis kmaren2 takut ada masalah ma pompa oli. yang bisa diputer pake koin.yang satu nempel di bagian tutup magnet(buletan kecil), satunya lagi di sebelah kanan deket pompa radiator. (ada buletan yang bertanda minus bisa diputer2 pake koin ato obeng minus gede.) bukan sekrup loh, tapi jadi satu dengan rumah kopling.penasaran banget ga tau apa fungsinya.gatel pengen diputer2 tp takut ada yg salah :)
...
User avatar
fadly
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Fri Jul 18, 2003 15:48
Location: Jakarta

Post by fadly »

id wrote:ooh.abis kmaren2 takut ada masalah ma pompa oli. yang bisa diputer pake koin.yang satu nempel di bagian tutup magnet(buletan kecil), satunya lagi di sebelah kanan deket pompa radiator. (ada buletan yang bertanda minus bisa diputer2 pake koin ato obeng minus gede.) bukan sekrup loh, tapi jadi satu dengan rumah kopling.penasaran banget ga tau apa fungsinya.gatel pengen diputer2 tp takut ada yg salah :)
Bung Id, mendingan ke bengkel langganan aja, perasaan gw blm pernah ngutik yg bagian situ, gw blm punya gambarannya .. hehehe.. takut salah informasi..
Gw juga kalu mau bongkar mesin/setting ama mekanik gw kok, tangannya mekanik suka beda ..

Ada yang nambahin ?
User avatar
jimmylay87
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Sat Jan 22, 2005 8:01

Post by jimmylay87 »

teman2 forumer pemakaian oli samping ninja 150 s gue sampe 1700 km baru abis satu liter, normal gak?, gue takut terlalu irit entar jebol piston en bloknya. soalnya itu masih standar pabrik(gak pernah gue setel pompa olinya), en memang suaranya agak kasar( ninja gue taun 2004), gue pake oli repsol 2t sintetico, pengalaman teman2 gimana?,.
User avatar
Crash
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 421
Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
Location: Jakarta

Post by Crash »

fadly wrote:
id wrote:baca di motorplus si katanya tinggal di"aplikasikan aja" tapi apa bisa ya yg standar dipasang super kips? kayaknya musti ganti blok yahh? trus ada yang namanya HSAS. ga tau nyambungnya ke blok ato leher knalpot. btw bung fad, di mesin sebelah kiri&kanan(deket pompa radiator dan magnet) ada buletan yang bisa diputer pake koin. tuh fungsinya buat apa sih? ada yang bilang buat "ngintip" letak piston.ner ga? trus mo nanya neh cuma pengen tau aja, " bisa ga motor 2 tak jalan tanpa suplai oli samping(bensin aja)"
motor 2 tak harus menggunakan oli samping, ngga ada ya bisa macet itu piston, yg diputer make koin apa ya ? gw lupa dudukannya sebelah mana...
Ini juga rada bikin bingung yg di bilang kataliser (iklan Kawak Ninja),menyaring gas buang, apa bisa efektif ? kita tunggu aja perkembangannya.
Itu maksudnya catalytic converter. Bentuknya sih kayak saringan (karena emang fungsinya saringan gas buang) yang ada di dalam knalpot. Kalau knalpot ada barang ini, emang emisi juga kurangan. Cuma, harus pakai bensin tanpa timbal, atau catalytic converternya bisa rusak (kalo gak salah tersumbat timbal).

Kekurangan cat converter yang lain lagi, ya gas buang sedikit terhambat, jadi power juga sedikit drop kalau motor yang sama diganti knalpot berukuran sama tanpa cat converter.
Image
id
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Mon Dec 15, 2003 11:17
Location: Bandung

Post by id »

teman2 forumer pemakaian oli samping ninja 150 s gue sampe 1700 km baru abis satu liter, normal gak?, gue takut terlalu irit entar jebol piston en bloknya
bung jimmy, ninja gw malah lebih irit lg.(RR) kata mekaniknya malah setengah liter (oli bawaan pabrik pas baru beli)buat 3000 kilo.jadi 1 liter buat 6000an kilo. kmaren dah jalan 700 kiloan tapi pas liat tangki oli blum turun2.kirain pompa oli macet..tp dah nanya ke mekanik emang segitu koq.lagian dibawa kesana kemari oke2 aja. blom pernah macet piston.(mudah2 an aja ga pernah :roll: )
...
User avatar
jimmylay87
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Sat Jan 22, 2005 8:01

Post by jimmylay87 »

id wrote:
bung jimmy, ninja gw malah lebih irit lg.(RR) kata mekaniknya malah setengah liter (oli bawaan pabrik pas baru beli)buat 3000 kilo.jadi 1 liter buat 6000an kilo. kmaren dah jalan 700 kiloan tapi pas liat tangki oli blum turun2.kirain pompa oli macet..tp dah nanya ke mekanik emang segitu koq.lagian dibawa kesana kemari oke2 aja. blom pernah macet piston.(mudah2 an aja ga pernah :roll: )
oh..., ninja memang irit ya oli samping nya? :roll: :roll: :roll:. soalnya wa baca2 di motorplus 1 liter oli samping dipake ut 40 liter bensin. jd kalo 6000 km baru habis 1 liter oli samping(dgn asumsi 1liter ut 30 km), perbansingan oli sampingnya jadi 1:200. bisa2 gue setengah taun baru isi oli samping.
:lol: :lol: :lol:
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

bro's, masuk aja ke forum [email protected]
disana lu orang bisa dapet info seputar ninja, tanya2 ke anggota milis seputar ninja, dll.. pokoknya lengkap deh...mekaniknya jago2 n berpengalaman. secara rutin diadain workshop (bengkel) gratis! dikerjain sama anak2 ninja berpengalaman!!! ga usah malu kalo ga mau malu2in...!!!

untuk pertanyaan di awal thread ini, mungkin telat, tapi bisa gue bantu jawab:

1. mengapa ninja 2004 (keluaran baru) suara bloknya berisik? simple aja..materialnya! kayak king aja, bedain coba king lama sama yg baru (2000 an), suaranya berisikkan mana? ninja juga sama...material ninja keluaran baru bloknya ga sekuat yg lama (96-98 an)...akibatnya suara blok ninja baru berisik krn materialnya sedikit beda. Wajar lha, ninja tipe lama, Made in Japan maaan, yg tipe baru Made in Thailand (Ninja Nangnak).
Kalo mo buat balap liar/ doyan ngebut, dianjurkan beli yg tipe lama, selain blok engin-nya kuat digeber, power outputnya juga stabil.

2. untuk service ninja, sangat tidak dianjurkan untuk service di bengkel kawak resmi!!! mengapa? karena mekaniknya rata2 pada sok tau semua, ga becus n ga profesional. Coba tolong disebutkan, bengkel kawak resmi mana yg bagus di INDONESIA? jawabannya: tidak ada satupun! buktinya? lu service besar, piston ga dibersihin! mana ada mekanik segoblok itu?
Saran gue, service ke bengkel2 terkenal yg non resmi, seperti Ciang babe di daerah jemb 5 ato cari info bengkel2 jago di motor plus!

3. buat oli: samping pake motul 510 API-TC; rp.30 rebu (dulu)
mesin pake repsol SAE 10-40 atau SAE 10-30; rp. 40 rebu (dulu)
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
jimmylay87
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Sat Jan 22, 2005 8:01

Post by jimmylay87 »

thank's bro, nanti gue sign up. btw ada gak yang tau cara nyuci knalpot ama silencer ninja??? :roll: :roll: :roll:
id
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Mon Dec 15, 2003 11:17
Location: Bandung

Post by id »

bro ke forum [email protected] aja.pernah baca disitu ; dibuka, trus di bakar, trusss... lupa :D ...
...
User avatar
Archapada
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Apr 03, 2005 15:26
Location: Palembang

Post by Archapada »

alo2 gwa anak baru nih,.. :lol:
gwa punya Kwak ninja R taon 2004 :D ada beberapa pertanyaan nih:
1. gwa dah ganti karbu standar ninja gwa yg Keihin 26 mm dengan
Keihin 28 mm petak,.. klo gwa ganti membrannya(katup buluh) dengan
v-force 3 bensinnya boros ga yach...?
2. kira2 berap sich harga V-force 3 dan dimana dapetinnya (sekalian
alamat toko aksesoris yg menjualnya) ....?
3. bisa gak kalo pengapian ninja R diganti dengan CDI Progammable
kayak Vortex, HPI(high performance Ignition).. kalo bisa
kasih petunjuknya plsss ?.. kalo gak bisa kasih alasannya knapa..?
4. Ninja R ku pengen pake Super kips bagus yg mana ya Silver ato
Gold,... dan kira2 berapa biaya itemnya(block, piston,
setang, superkips+automaticnya, dll)..?...
Sebelum dan sesudahnya terima kasih sebuanyak2nya 8)
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

>>thank's bro, nanti gue sign up. btw ada gak yang tau cara nyuci knalpot ama silencer ninja???

tergantung mo pake cara apa:
1. lu masukin bensin (kira2 aja, jangan sampe kebanyakan! meleduk kena muke baru tau rasa!) hehe...lu bakar deh...ati2...
2. beli soda api, lu masukin deh tuh soda api ke perut knalpot, lu sirem aer panas ( jgn lupa pake sarung tangan ya!!! kalo lu ga mau tangan lu copot..hehe)
3. pake minyak tanah, lu masukkin ke perut, jangan sampe ada minyak yg tumpah (tutup ujung-ujung knalpot), lu kocok2 terus lamaan kalo perlu ampe pagi :p , lu buang, n ulangi terus ampe minyak buangannya ga item/kotor lagi, berati udah bersih knalpotnya

tergantung lu mo pake cara apa, masing2 ada kelebihan n kekurangan..gut luck
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

to Arachapada
1. Bisa aja, resiko piston lu baret :p
2. cari di oscar bonjer, price? ga tau deh
3. setau gue, ninja sistem pengapiannya masih non-computerized...
4. buat ninja R/S, sebaiknya super Gold KIPS. Why? karena untuk silver KIPS, ruang innernya lebih lebar, n berarti untuk aplikasikan ke ninja R ato S, lu kudu ganti piston n belah mesin!
Super Gold KIPS murah, cuma sekitar 3,5 - 3,7 juta :p kalo mo aplikasikan ke ninja R, setau gue ga perlu ganti apa2, palingan ganti dompet lu sama yg lebih kecil ukurannya :p hehe
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
jimmylay87
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Sat Jan 22, 2005 8:01

Post by jimmylay87 »

nichol wrote:>>thank's bro, nanti gue sign up. btw ada gak yang tau cara nyuci knalpot ama silencer ninja???

tergantung mo pake cara apa:
1. lu masukin bensin (kira2 aja, jangan sampe kebanyakan! meleduk kena muke baru tau rasa!) hehe...lu bakar deh...ati2...
2. beli soda api, lu masukin deh tuh soda api ke perut knalpot, lu sirem aer panas ( jgn lupa pake sarung tangan ya!!! kalo lu ga mau tangan lu copot..hehe)
3. pake minyak tanah, lu masukkin ke perut, jangan sampe ada minyak yg tumpah (tutup ujung-ujung knalpot), lu kocok2 terus lamaan kalo perlu ampe pagi :p , lu buang, n ulangi terus ampe minyak buangannya ga item/kotor lagi, berati udah bersih knalpotnya

tergantung lu mo pake cara apa, masing2 ada kelebihan n kekurangan..gut luck
ok thanks bro :e-clap: :e-clap: :e-clap:
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

come back...
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
jihad koplo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 366
Joined: Tue Jun 29, 2004 15:53

Post by jihad koplo »

boleh tau tpo speed ninja standar ato yg rr?
1-100 dapet brapa detik
gigi1 mentok brapa?
gig2 mentok brapa ?
dstnya :)
penasaran sama powernya ninja
terima kasih sebelumnya
Scorpio Bedebah!!
kymco free LX lamban tapi nyaman
Faster Is Safer
User avatar
Archapada
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Apr 03, 2005 15:26
Location: Palembang

Post by Archapada »

jihad koplo wrote:boleh tau tpo speed ninja standar ato yg rr?
1-100 dapet brapa detik
gigi1 mentok brapa?
gig2 mentok brapa ?
dstnya :)
penasaran sama powernya ninja
terima kasih sebelumnya
Hmm,... klo 1-100 standardnya ga sempet liat ke speedo Km-nya :D hehehe... cuman aku bisa liat Rpmnya dibatasin 9500 Rpm takut stang piston ama klahar askruknya bunyi...hehehe klo KRR 10500 Rpm abis tuh motor klo di geber ampe pol pake gas spontan (klo standard masi banyak sela buat muter gas) ngangkat ban depan, boro2 liat speedo wong kita konsen liat kedepan... :P, nih yg cuman aku tahu kompresi SI "R" 6,9:1 Klo Yang SI"RR" 7,2:1 Utk Si "RR" Rasio Gigi 1-nya 27/10, 2-nya 29/17 dan Si"R" Belon tahu heheheheh.... std karbu Si "R" Keihin 26 PWL :( ,Klo Si"RR"Mikuni VM 28.....
:e-dance:
User avatar
Archapada
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Apr 03, 2005 15:26
Location: Palembang

Post by Archapada »

nichol wrote:to Arachapada
1. Bisa aja, resiko piston lu baret :p
2. cari di oscar bonjer, price? ga tau deh
3. setau gue, ninja sistem pengapiannya masih non-computerized...
4. buat ninja R/S, sebaiknya super Gold KIPS. Why? karena untuk silver KIPS, ruang innernya lebih lebar, n berarti untuk aplikasikan ke ninja R ato S, lu kudu ganti piston n belah mesin!
Super Gold KIPS murah, cuma sekitar 3,5 - 3,7 juta :p kalo mo aplikasikan ke ninja R, setau gue ga perlu ganti apa2, palingan ganti dompet lu sama yg lebih kecil ukurannya :p hehe
Bah knalpot ama silencer mo dicuci bisa tuh,.. masukin aja produk unilever rinso, sunlight, wipol ama molto buat pewanginya sekalian dijamin knalpot bersihh....heheheheheh, klo dulu aku pernah cuci pake premium dan kemudian disulut ama korek api biar keraknya ikut terbakar itu kulakukan sebanyak 3x alhasil suara motor kembali std baru beli (khusus badan knalpot), tapi silencernya ga gwa cuci,.. pasrah aja ato klo nggak mo susah2 ganti knalpot baru cholll hehehehehee...... omong2 nih choll makasih tips
peace BROOOO